7 Keuntungan Nyata dari Berinvestasi Emas Siap Petik

17 November 2016

Pengertian investasi adalah sebuah aktivitas menanam modal atau menyimpan uang dalam bentuk barang tertentu supaya bertambah kelak di masa depan dan hasilnya diharapkan positif atau bertambah lebih besar lagi. Orang yang melakukan investasi disebut investor. Alasan berinvestasi sebab kehidupan manusia yang berlangsung lama membutuhkan biaya hidup di masa sekarang dan masa depan. Oleh sebab itu, seorang manusia hendaknya sejak dini melakukan investasi untuk membiayai kehidupan di kala tua dan masa depan.

Orang yang melakukan investasi sejak dini dan orang yang sama sekali tak pernah berinvestasi maka akan berbeda sekali kehidupannya kelak. Orang yang berinvestasi sejak awal akan hidup makmur dan kaya di usia tua. Sedangkan orang yang tak berinvestasi ketika muda maka ia akan hidup miskin dan harus terus bekerja ketika tua. Hal ini dialami oleh kakek penulis yang saat ini berusia 70 tahun tapi hidup miskin dan harus bekerja keras membiayai kebutuhan hidup sehari-hari. Hasil usaha sejak muda selalu ia habiskan. Sehingga ketika usia tua sekarang ini, ia tak memiliki apapun harta kekayaan kecuali rumah. Oleh karenanya, sebagaimana manusia kita diharuskan berinvestasi agar hidup sejahtera dalam hal keuangan atau ekonomi di masa sekarang apalagi masa depan.

Berdasarkan fakta di lapangan yang ada, di lingkungan kota maupun desa masih banyak orang yang tidak memahami pentingnya investasi. Sehingga kebanyakan manusia di kala tua hidup dalam keadaan miskin dan melarat baik di perkotaan dan desa. Hanya sebagian kecil masyarakat yang mengetahui pentingnya investasi untuk kehidupan sejahtera di masa depan.
investasi emas, keuntungan investasi emas, investasi emas online, emas, tips investasi emas, investasi emas syariah

Investasi identik dengan menabung. Semakin besar tabungan investasi yang dilakukan maka semakin besar hasil investasi yang didapatkan kelak yang siap dipetik. Itu adalah rumus baku investasi. Ada tiga sifat investasi yakni investasi jangka pendek, menengah dan panjang.

Peran Investasi Dalam Perekonomian
Para pakar finansial dan keuangan sangat menganjurkan setiap manusia melakukan investasi. Sebab orang yang melakukan investasi akan kaya dan sejahtera hidupnya di kemudian hari. Karena hartanya semakin bertambah banyak. Berbeda sekali dengan orang yang tak melakukan investasi sedikitpun hidupnya kelak akan suram. Sudah tua renta dipaksa untuk bekerja keras memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Misalkan saja jika uang yang anda punyai dalam jumlah besar hanya disimpan dalam rekening bank seperti yang banyak dilakukan orang maka uang tersebut perlahan-lahan akan mengecil nilainya sebab tergerus arus inflasi. Rugikan? Uang Rp 2 juta yang sekarang disimpan di bank nilainya akan berbeda sepuluh tahun kemudian. Nilai uang Rp 2 juta akan mengecil.

Untuk mencegah hal itu terjadi salah satu caranya adalah berinvestasi. Beragam jenis investasi yang bisa dipilih agar nilai uang semakin bertambah dan bisa menyaingi laju inflasi. Seperti investasi deposito, saham, reksadana, obligasi, emas, logam mulia, properti, tanah, rumah, apartemen, ruko  dan lain sebagainya.

Keuntungan Nyata dari Berinvestasi Emas Siap Petik
Adapun investasi dalam bentuk emas terbukti menguntungkan. Namun bukan emas yang dipakai sebagai misal cincin, kalung, gelang tapi emas dalam bentuk koin atau batangan. Sebab kalau membeli emas perhiasan di toko mas maka harga jual emas tetap sama. Bahkan berkurang dan dipotong biaya potongan emas pergram ditambah rugi waktu. Investasi emas disini maksudnya investasi logam mulia emas dalam bentuk koin dan batangan yang ketika dijual harganya semakin naik.

Jadi, investasi emas disebut investasi paling menguntungkan karena harga emas sangat jarang mengalami penurunan tapi setiap tahun harganya selalu naik. Investasi emas sama dengan investasi properti semisal tanah dan rumah. Yang harganya setiap tahun bertambah naik. Namun yang menjadi perbedaan utama dari investasi emas dan properti adalah likuid tidaknya investasi.

Adapun investasi emas termasuk  likuid sekali. Jika anda membutuhkan uang tunai dalam waktu singkat maka emas dapat dicairkan langsung menjadi uang tunai. Dengan cara menjualnya ke toko emas. Sedangkan investasi properti merupakan jenis investasi tak likuid. Apabila sobat membutuhkan uang tunai secara cepat akan sulit menguangkan investasi tanah atau rumah jadi uang tunai. Disebabkan perlu memakan waktu lama untuk terjadinya proses jual beli properti.

Suatu hari penulis membutuhkan uang tunai sebesar Rp 8 juta untuk membeli tanah. Tanpa pikir panjang investasi koin emas dijual ke toko emas seharga Rp 8 juta. Dan uang pun diterima hari itu juga yang kemudian dibelikan sebidang tanah. Lalu istri tercinta menderita sakit dan harus dioperasi kecil. Maka gelang, cincin dan kalung emas pun dijual untuk mendapatkan uang tunai biaya operasi isteri. Investasi emas keunggulannya adalah mudah dicairkan menjadi uang dan harganya naik setiap tahun. Sehingga sangat cocok dijadikan investasi masa depan bagi pemula.

7 Keuntungan Investasi Emas di Pegadaian
Berkenaan dengan investasi emas yang menguntungkan dan menjanjikan sekali maka bukan individu yang dapat memperoleh keuntungan dari investasi logam mulia emas. Tapi berbagai lembaga dan badan usaha ikut serta dalam mengeruk manisnya investasi emas yang siap panen. Salah satunya Lembaga Pegadaian. Jika mendengar Lembaga Pegadaian bukan berarti badan usaha ini hanya bergerak dalam menerima gadai barang. Tapi juga pegadaian konvensional dan syariah menerima layanan menabung emas jika seseorang hendak berinvestasi emas.

Lalu mengapa sobat harus berinvestasi emas di lembaga pegadaian? Padahal banyak tempat dan perusahaan untuk investasi emas yang bisa dipilih. Hal ini dikarenakan banyak sekali keuntungan dari seseorang berinvestasi emas batangan antam di Lembaga pegadaian syariah dan konvensional, antara lain:

Bisa Dicicil
Bagi anda yang mau membeli atau berinvestasi emas bisa dicicil atau cash. Hal ini meringankan bagi orang yang mempunyai modal keuangan terbatas tapi ingin berinvestasi. Namun berinvestasi emas di pegadaian bukan berarti beli emas sekarang lalu langsung membawa pulang emas ke rumah. Seperti membeli emas perhiasan misal kalung, gelang, dan cincin di toko emas.

Namun di lembaga pegadaian jika sekarang sobat membeli emas secara cash maka emas akan diterima sobat sekitar dua minggu kemudian. Disebabkan lembaga pegadaian tak pernah menyetok emas. Lalu jika sobat berinvestasi emas secara mencicil di pegadaian maka emas dan sertifikat suratnya akan diberikan kepada anda selepas angsuran lunas. Bagaimana anda tertarik berinvestasi emas di pegadaian? Ada pegadaian konvensional dan syariah. Tentu saja berinvestasi di pegadaian syariah sangat menguntungkan dan halal sesuai syariah.

Jika berinvestasi emas di lembaga pegadaian, anda tak perlu khawatir. Karena lembaga investasi resmi ini sudah terkenal baik, kredibel dan memperoleh kepercayaan di mata masyarakat serta mendapatkan ijin resmi dari otoritas jasa keuangan. Sehingga segala transaksi yang dilakukan aman. Seperti investasi emas cicilan atau cash di lembaga pegadaian.

Menyikapi akhir-akhir ini mengenai maraknya penipuan investasi online dan bodong, penulis berharap para pembaca dapat melakukan investasi emas secara legal di lembaga yang jelas keberadaannya dan terbukti resmi serta dijamin pemerintah. Seperti investasi emas di pegadaian syariah. Sehingga tak mengalami nasib buruk yang namanya penipuan investasi online.

Sementara itu, emas yang dijual di pegadaian adalah produksi PT Antam yang disertai sertifikat surat dari perusahaan bersangkutan. Dalam bagian depan emas itu tercantum nama PT Antam. Namun sejak beberapa waktu terakhir, kini lembaga pegadaian pun membuat emas produksi sendiri dengan nama Pegadaian.

Pelayanan Cepat
Kelebihan lain berinvestasi di pegadaian adalah pelayanan sangat cepat dan anda tidak harus antri berjam-jam untuk berinvestasi emas. Kurang dari 20 menit, sobat telah dapat menyelesaikan proses investasi atau transaksi pembelian emas secara cicilan atau tunai.

Masa Waktu
Dalam membeli atau investasi emas di pegadaian dengan cara cicilan ada beragam pilihan jangka waktu yang bisa dipilih yang meringankan. Misalnya satu bulan sampai tiga tahun atau 36 bulan. Investasi emas di pegadaian bisa dimulai dengan modal kecil. Anda bisa menyisihkan sebagian gaji perbulan untuk menyicil emas di pegadaian.

Hal menarik lainnya dari investasi emas di pegadaian jika di tengah perjalanan ada kebutuhan uang tunai yang sangat mendesak maka sobat dapat menggadaikan emas tersebut di pegadaian. Pegadaian akan menghitung total uang yang telah anda setorkan sebagai cicilan. Total uang itu jumlah maksimal yang bisa anda dapatkan. Dan jika sudah memiliki uang mencukupi bisa membayar tebusan gadai emas dan melanjutkan angsuran investasi emas.

Beragam Ukuran Emas
Anda bisa memilih investasi emas  dalam ukuran 5 gram, 10, 25, 50, 100 gr, 250 sampai 1 kilogram emas.

Aman
Jika anda merasa risau menyimpan investasi emas di rumah takut dicuri orang atau hilang maka sobat dapat menitipkan atau menyimpan emas di lembaga pegadaian dengan biaya jasa yang murah. Emas anda yang disimpan di pegadaian terjamin aman.

Harga Emas Naik
Anda tidak akan pernah rugi dalam berinvestasi emas. Disebabkan setiap tahun harga emas meningkat tajam. Sehingga apabila anda berinvestasi emas sekarang maka beberapa tahun kemudian anda akan mendapatkan keuntungan lumayan besar dari investasi emas sebelumnya.

Lambang Kekayaan
Banyak sekali keuntungan emas yang bisa dipetik antara lain emas lambang kekayaan dan kemakmuran. Orang yang memiliki emas banyak identik dengan orang kaya. Hal itu telah berlaku sejak jaman dahulu. Karena emas merupakan logam mulia yang sangat bernilai tinggi. Misalkan pada jaman firaun, ranjang dan sendoknya terbuat dari emas. Lalu pada jaman Qarun, ia mempunyai emas yang banyak sehingga harus diangkut oleh banyak orang.

Demikianlah keuntungan investasi emas yang bisa segera anda petik. Sebetulnya masih banyak lagi kelebihan dan keuntungan investasi emas. Tapi itu sudah sudah cukup mewakilinya. Silahkan sobat tambahkan sendiri.