Daftar Investasi Emas Syariah Terpercaya, Aman, dan Menguntungkan

24 Mei 2017

Berbagai produk investasi tersebar. Dari investasi modal kecil hingga modal besar. Dan seiring kemajuan internet lahir pula jenis investasi online. Salah satu jenis investasi yang paling banyak digemari orang adalah investasi dalam bentuk emas logam maupun batangan. Dari jaman dulu hingga kini emas dijadikan komoditi investasi yang menguntungkan, terpercaya, aman dan tak pernah rugi dari masa ke masa.

Daftar Investasi Emas Syariah yang Terpercaya, Aman, dan Menguntungkan

▪ BSM Cicil Emas
Bank Syariah Mandiri disingkat BSM mempunyai layanan produk investasi emas syariah baik dengan cara mencicil Rp 4000 perhari atau tunai. Lembaga perbankan yang tersohor ini menamakan produknya dengan nama BSM Cicil Emas. Diharapkan dengan kehadiran produk baru ini, masyarakat dapat terbantu melakukan investasi emas batangan walau dengan modal kecil.

Investasi emas syariah di Bank Syariah Mandiri ditetapkan jumlah pembelian emas minimal sebanyak 10 gram. Selama dalam proses cicilan, emas disimpan oleh bank secara aman di dalam brankas. Setelah emas lunas maka nasabah bisa menyimpan dalam rumah. BSM meluncurkan investasi cicil emas dikarenakan harga emas yang bersifat stabil dan meningkat pertahun. Menjadikan investasi yang menguntungkan bagi nasabah dan pihak bank.
investasi emas, investasi emas syariah, daftar investasi, investasi syariah, emas syariah, emas

▪ BNI Emas iB Hasanah
Anda tentu sudah mengenal bank BNI Syariah. Bank ternama di Indonesia ini memiliki produk perbankan yang unggul yakni BNI Emas iB Hasanah. Sebuah produk investasi emas syariah yang dapat mewujudkan cita-cita anda untuk mempunyai investasi emas dengan sangat gampang dan praktis. Nasabah dapat membeli emas dengan cara mencicil perbulan menggunakan akad jual beli atau murabahah. Jumlah angsuran perbulan bersifat tetap. Dan emas yang dicicil berupa emas dari PT Antam yang bersertifikat resmi.

Dengan mengambil investasi emas syariah di BNI Syariah akan ada banyak kelebihan antara lain bahwa emas di Bank BNI Syariah bisa dijadikan jaminan layanan kredit, emas diasuransikan dan terjamin aman di bank selama proses kredit, dan jika ada kebutuhan uang mendesak bisa dicairkan jadi uang melalui proses gadai.

▪ KLM BRI Syariah
Bank BRI Syariah mempunyai layanan KLM Emas yaitu sebuah produk pendanaan yang memberikan kemudahan bagi nasabah untuk memiliki emas secara kredit dengan angsuran perbulan yang bersifat tetap. Prosedurnya, harga emas berlaku sekarang, kemudian nasabah mencicil sampai lunas. Berjalan waktu harga emas akan naik dan jika dijual kembali investasi emas menjadi sangat menguntungkan.

Sementara itu, syarat bagi anda yang tertarik investasi emas syariah di BRI Syariah berikut adalah persyaratannya, antara lain:

1. Warga negara Indonesia
2. Umur minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun
3. Melampirkan KTP

▪ Emas Syariah Pegadaian
Lembaga pegadaian syariah cukup tanggap dengan prospek investasi emas yang sangat menjanjikan. Sehingga lembaga ini bukan hanya melayani gadai barang tapi juga melayani bagi siapapun yang mau investasi emas syariah dengan cara membeli secara tunai atau kredit. Untuk berinvestasi emas syariah di lembaga pegadaian syariah dengan cara mencicil dikenakan biaya materai, biaya administrasi dan biaya asuransi. Selain itu, pegadaian syariah menyediakan layanan simpan emas dengan sangat aman dan profesional.

Keuntungan Investasi Emas Syariah
Yang diinginkan dari sebuah investasi adalah keuntungan. Begitupula dalam investasi emas dimana seseorang akan memperoleh keuntungan ketika harga emas mengalami kenaikan. Adapun kenaikan harga emas pertahun dapat mengimbangi laju kenaikan inflasi. Sehingga investasi emas disebut alat hedging atau pelindung nilai uang dari akibat laju inflasi. Jadi jangan biarkan uang anda di bank tergerus arus inflasi. Gunakan investasi emas untuk melindungi kerugian nilai uang.

Setiap orang pastinya mempunyai sejumlah uang baik besar maupun kecil. Kebanyakan manusia modern saat ini menyimpan uangnya dalam rekening bank. Hal itu tentu sangat baik. Namun seiring dengan laju inflasi maka nilai uang anda akan mengecil. Maka langkah terbaik adalah menyimpan uang yang tak terpakai pada jenis investasi emas.

Investasi emas sendiri sangat banyak bentuk dan ragam. Ada investasi emas dalam bentuk logam mulia, emas batangan, emas syariah, emas antam dll. Tentu saja banyak ragam investasi emas membuat banyak pilihan dalam investasi dalam sektor pertambangan ini. Salah satunya yang sangat menguntungkan dan halal adalah investasi emas syariah yang mulai populer beberapa tahun terakhir.

Bagi investor yang masih minim pengalaman atau pemula, investasi dalam emas syariah sangat tepat dilakukan. Karena mudah dalam prosedur investasi, keuntungan yang diraih lumayan besar seiring naiknya harga emas per hari hingga pertahun, dan sesuai prinsip syariah yang halal dan menguntungkan.

Penulis sendiri pernah melakukan investasi emas syariah senilai Rp 2 juta di Bank Muamalat. Satu tahun kemudian, karena keperluan terhadap uang tunai sangat mendesak terpaksa emas syariah dijual kembali pada Bank Muamalat. Ketika jadi uang penulis mendapatkan uang sebesar Rp 2,5 juta. Jadi keuntungan investasi emas sebanyak Rp 500 ribu pertahun. Kalau diperpanjang lagi jangka waktu, tentu saja keuntungan lebih besar.

Jika dahulu hanya sebagian kecil orang yang melakukan investasi emas syariah. Tapi kini telah banyak orang berinvestasi dalam bentuk emas. Hal ini tak terlepas dari menjamurnya berbagai lembaga dan perbankan yang menawarkan investasi dalam bentuk emas syariah dimulai dari bank syariah, pegadaian syariah, bank muamalat, bank syariah mandiri, bank mega syariah, dan lain-lain.

Investasi emas syariah dapat anda lakukan secara offline dan online. Keduanya sama-sama mudah dilakukan. Jika dilakukan secara fisik atau offline maka sobat tinggal mengunjungi kantor bank syariah atau lembaga pegadaian syariah terdekat. Kemudian kepada customer service utarakan niat baik melakukan investasi emas syariah. Pihak customer sercvice akan menjelaskan prosedur dan persyaratan investasi emas syariah kepada anda secara gamblang dan jelas. Jika ada pertanyaan mereka akan menjawab dengan senang.

Tips Sukses Investasi Emas Syariah    
Robert T Kiyosaki menganjurkan setiap orang untuk melakukan investasi emas syariah. Karena ini salah satu jalur aman dan menguntungkan bagi seseorang untuk mendapatkan kelimpahan harta dan menjaganya dari inflasi. Untuk memulai investasi emas syariah ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, antara lain :

▪ Harga Emas
Pastikan saat anda membeli emas syariah harga emas sedang rendah. Sehingga keuntungan di masa depan bisa tinggi. Ciri harga emas yang sedang turun sangat mudah. Tandanya adalah diwarnai dengan nilai dollar US yang turun terhadap rupiah atau nilai tukar rupiah terhadap dolar yang semakin kuat. Saat inilah waktu yang tepat untuk beli investasi emas syariah. Jika sebaliknya, nilai tukar rupiah terhadap dolar amerika serikat melemah maka harga emas akan naik.

▪ Pilih Lembaga Investasi Emas
Setelah anda berada dalam kondisi yang tepat untuk investasi emas syariah yaitu ketika harga emas sedang turun selanjutnya segera mendatangi kantor lembaga pegadaian syariah atau bank berbasis syariah yang menyediakan investasi emas syariah. Berikut ini sejumlah daftar investasi emas syariah yang terpercaya, aman dan menguntungkan, antara lain investasi emas syariah di Bank BRI Syariah, BJB Syariah, Bank Mandiri Syariah, Bank HSBC Syariah, Pegadaian Syariah dan lain sebagainya.

Cara Investasi Menabung Emas Syariah di Bank     
Untuk prosedur dan cara investasi emas syariah di bank secara umum sebagai berikut:

1. Investor menyetorkan sejumlah uang tunai kepada pihak bank untuk dirubah jadi emas logam maupun emas batangan murni 24 karat. Untuk harga emas per gram mengikuti harga emas pada London Metal Exchange (LME) di internet.

2. Syarat minimal untuk investasi emas syariah adalah 10 gram. Jika anda mempunyai kelebihan uang maka bisa berinvestasi dengan kelipatannya seperti 20 gram, 40 gram dst

3. Setelah uang dikonversi menjadi emas batangan 24 karat dalam takaran tertentu maka anda akan mendapatkan Bukti pemilikan emas syariah berupa selembar kertas berharga. Di dalamnya tercantum jumlah berat pembelian emas yang dilakukan beserta jangka waktu investasi yang dipilih.

Cara Investasi Menabung Emas Syariah di Pegadaian
Hal yang paling menggembirakan investasi emas syariah di pegadaian dapat dilakukan dengan cara tunai maupun kredit. Jika anda mempunyai keuangan yang minim dan harga emas sedang mengalami kenaikan maka sobat bisa menyicil investasi emas syariah di pegadaian. Namun jika anda mempunyai uang yang cukup untuk beli emas maka sangat tepat untuk membeli secara tunai atau cash.

Layanan investasi emas syariah di lembaga pegadaian digemari banyak orang. Karena cara investasi emas yang ditawarkan sangat mudah, ringan dan praktis serta halal. Seorang investor bisa melakukan investasi emas syariah secara kredit. Pembayaran cicilan dilakukan perbulan seperti menabung disesuaikan dengan kemampuan finansial investor. Ada pilihan jangka waktu investasi emas syariah yakni enam bulan sampai tiga tahun.

Syarat investasi emas di pegadaian syariah lumayan gampang. Sobat tinggal mendatangi kantor pegadaian syariah terdekat. Sambil membawa uang tunai untuk dikonversi menjadi emas batangan serta membawa fotocopy KTP sebagai identitas pemilik.