Rincian Modal Usaha Showroom Motor hingga Buka

18 Mei 2017

Cara menghasilkan pendapatan tambahan lebih mudah. Seseorang dapat menerima dari arah tak diduga. Seperti menjadi makelar sepeda motor Honda, Yamaha maupun suzuki dan Kawasaki ataupun cara yang simpel membuka usaha showroom sepeda motor bekas. Peluang bisnis showroom jual beli motor bekas sangat menjanjikan. Dan penulis berencana membuka usaha ini di desa secara rumahan.

Bisnis Showroom Motor Second
Jangan menganggap sepele bisnis showroom motor. Karena keuntungan yang didapatkan lumayan besar. Bayangkan satu unit motor bisa diperoleh keuntungan hingga jutaan rupiah. Kalau dalam satu bulan terjual minimal 10 sepeda motor maka penghasilan minimal Rp 10 juta lebih perbulan. Bagaimana anda tertarik membuka usaha showroom motor?

Namun jika anda ingin memulai usaha showroom sepeda motor bekas harus dimulai dari bawah atau nol atau kecil. Dengan demikian anda mengetahui seluk beluk bisnis jual beli motor atau showroom mokas. Anda mempunyai fondasi yang sangat kuat dalam bisnis ini. Sehingga jika didelegasikan kepada orang lain akan mengetahui standar pelayanan yang harus diberikan beserta deskripsi pekerjaan apa saja yang mesti dilakukan.
usaha showroom motor, bisnis showroom motor, showroom motor, showroom, motor gede, harley davidson

Untuk belajar bisnis jual beli sepeda motor  dari nol, sobat bisa melamar kerja jadi marketing di sebuah dealer sepeda motor honda atau yamaha. Anda pun bisa juga menjadi tenaga makelar jual beli sepeda motor tanpa keterikatan waktu dan jam kerja. Dengan anda berhasil menjadi tenaga marketing atau tenaga makelar sepeda motor yang sukses. Berarti anda sudah mengetahui seluk beluk bisnis showroom motor. Pada saat inilah sobat bisa membuka bisnis showroom sepeda motor baru maupun bekas di depan rumah atau di lokasi strategis.

Prospek Usaha Showroom Sepeda Motor Bekas
Kendaraan roda dua yaitu sepeda motor sangat mudah kita jumpai di jalan raya. Bahkan jumlahnya lebih banyak ketimbang kendaraan  mobil. Hal ini tak terlepas dari sepeda motor merupakan sarana transportasi yang murah meriah, nyaman dipakai, ukuran yang kecil dan harga terjangkau serta praktis. Sehingga menjadi pilihan bagi mayoritas masyarakat Indonesia dalam sarana transportasi baik di desa dan kota besar di tanah air.

Pada saat jalan raya sedang macet. Kendaraan sepeda motor dapat bergerak lebih leluasa di jalan sempit apalagi luas. Sehingga irit bensin, hemat keuangan dengan biaya service yang sangat terjangkau bagi semua kalangan. Dengan demikian banyak orang lebih memilih menggunakan sepeda motor dalam berkendaraan dan kerja, silaturahmi dibandingkan mobil. Kebutuhan sepeda motor jadi kebutuhan dasar manusia modern saat ini. Dalam setiap rumah tangga dipastikan ada satu buah unit motor bahkan lebih.

Namun di tengah kondisi ekonomi masyarakat Indonesia yang sebagian besar masuk golongan miskin maka untuk membeli sepeda motor baru yang harganya Rp 14 juta ke atas sangatlah sulit. Akan tetapi warga masyarakat miskin tersebut dapat memiliki  sepeda motor yang bekas. Hal ini membuat showroom jual beli motor bekas (mokas) marak di berbagai daerah di Indonesia.

Jika anda masih bingung untuk memulai sebuah usaha yang menjanjikan untung besar dan cepat kaya maka anda tak usah bingung lagi. Saatnya sobat menjalani bisnis showroom motor di lingkungan rumah. Bisnis jual beli motor bekas lumayan menghasilkan untung besar. Dengan potensi kerugian sangat minim bahkan nol persen. Sebab sepeda motor yang sudah dibeli tunai bisa dijual lagi ke tangan konsumen dengan harga lebih tinggi.

Namun untuk sukses dalam usaha showroom sepeda motor susah-susah gampang. Dalam arti bisnis jual beli motor bekas mudah dijalankan dengan menguntungkan jika mengetahui ilmunya. Anda bisa belajar cara jual sepeda motor bekas dengan cara bergabung menjadi marketing sebuah dealer sepeda motor ternama seperti Honda, Yamaha, Suzuki dan kawasaki dll. Karena perusahaan dealer bonafide akan memberikan pelatihan cara menjual sepeda motor yang baik dan benar serta efektif.

Lalu bagaimanakah cara bisnis showroom sepeda motor untung tanpa modal? Hal ini berdasarkan pengalaman penulis yang telah puluhan tahun bergelut sebagai sales atau tenaga penjual sepeda motor Honda dan Yamaha. Langkah pertama, anda melamar kerja sebagai tenaga marketing di sebuah dealer sepeda motor terkenal.

Kemudian tugas anda adalah menjual sepeda motor sebanyak-banyaknya. Maka pihak dealer akan membuka usaha showroom di tempat yang ramai dengan sistem kontrak. Sepeda motor disediakan oleh pihak dealer dengan jaminan keamanan. Nah anda bisa membuka showroom sepeda motor di depan rumah anda. Namun sebelumnya anda harus memastikan bahwa anda mempunyai lokasi usaha yang strategis untuk berjualan sepeda motor baru. Seperti halaman rumah berada di pinggir jalan yang ramai oleh lalu lalang kendaraan bermotor. Maka pihak dealer akan bersedia menitipkan sepeda motor kepada showroom milik sobat.

Rincian Modal Usaha Showroom Motor hingga Buka
Berikut adalah rincian biaya modal usaha bisnis showroom sepeda motor bekas dari awal sampai berdiri, antara lain:

▪ Pembelian Sepeda Motor Bekas
Anda bisa membeli sepeda motor melalui berbagai cara. Seperti membeli dari rekan kerja, teman, kenalan, sahabat, anggota keluarga dan lain sebagainya. Biasanya sepeda motor yang dijual dari orang demikian harganya jauh lebih murah. Seperti yang dilakukan sahabat penulis Mang Edi yang membeli sepeda motor Honda merek Vario dengan harga Rp 5 juta. Karena orang yang menjual motor tersebut sedang butuh uang mendesak untuk keperluan tertentu. Setelah dibeli motor vario tersebut, Mang Edi menjual kembali sepeda motor itu dengan harga Rp 8 juta.

Namun pastikan anda membeli sepeda motor baru yang dalam keadaan yang layak jalan dan kondisi mesin masih bagus. Misalnya sepeda motor jarang digunakan. Untuk mengetahui mesin sepeda motor masih bagus beserta komponennya, anda bisa mengajak montir sepeda motor yang anda percayai di lingkungan rumah sekitar.

Masalah harga sebuah sepeda motor bekas tentu ada harga pasarannya yang dipatok harga tertentu. Anda harus menawar harga sepeda motor bekas di bawah harga pasaran kemudian menjual sepeda motor bekas itu sesuai harga pasaran. Bagaimana mudah bukan menjalani bisnis showroom motor dan jual beli sepeda motor bekas yang menguntungkan?

Selain itu, pastikan sepeda motor bekas yang dibeli dilengkapi surat STNK yang asli dan resmi, buku BPKB original, dan surat kelengkapan lain. Jadi ada dua aspek yang perlu diperhatikan dalam pembelian motor bekas, yakni:

1. Sepeda motor dalam kondisi mesinnya masih baik dan mulus
2. Harga sedikit lebih murah
3. Sepeda motor dilengkapi surat resmi seperti STNK  dan BPKB

▪ Biaya Promosi
Modal usaha berikutnya yang tak kalah penting adalah biaya promosi. Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan usaha showroom sepeda motor kepada khalayak ramai terutama orang di daerah sekitar. Untuk mempromosikan bisnis showroom sepeda motor bekas ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Seperti membuat brosur dan membagikan kepada lingkungan sekitar, merekrut tenaga mediator atau makelar motor, memasang spanduk, reklame, memasang iklan baris dan kolom di surat kabar lokal,memasang iklan di medsos dll.

Pada media promosi yang digunakan seperti brosur, spanduk, leaflet, reklame, iklan online di medsos dll harus ditampilkan pula foto sepeda motor bekas yang hendak dijual beserta nomor kontak dan alamat yang bisa dihubungi. Sehingga iklan menarik dan mampu meningkatkan minat beli masyarakat di showroom mokas milik anda.

Pendek kata, untuk mempromosikan usaha showroom atau jual beli sepeda motor bekas bisa dilakukan juga secara online menggunakan situs atau marketplace jual beli barang bekas online. Misalkan situs olx, bukalapak, tokopedia, facebook, blog, bbm, twitter, line, dll. Iklan di internet bersifat gratis namun cukup berhasil dan efektif menjaring konsumen berdasarkan pengalaman penulis.

▪ Lokasi Usaha
Untuk menghemat pengeluaran bisnis showroom sepeda motor bekas maka sobat bisa membuka usaha showroom motor di depan rumah yang ramai lalu lintas kendaraan bermotor. Namun jika lokasi rumah tak strategis maka anda bisa mencari lokasi usaha bagi showroom motor di daerah strategis dengan sistem sewa bulanan. Jika menguntungkan, sewa lokasi usaha showroom motor bisa diperpanjang lagi hingga satu tahun.

Tips  Sukses Bisnis Showroom Motor
Salah satu kunci sukses usaha showroom sepeda motor bekas adalah gencar melakukan promosi usaha secara masif secara konsisten seperti di atas dengan berbagai cara. Oleh sebab itu, anda harus mengeluarkan banyak uang untuk membiayai kegiatan promosi di atas agar usaha showroom motor dapat berhasil dan lancar.

Kunci keberhasilan bisnis showroom sepeda motor bekas adalah menjalin hubungan baik dengan orang lain, lingkungan sekitar dan para tenaga marketing sepeda motor baru dari dealer. Dan tak kalah penting adalah menjalin  hubungan kerjasama yang baik dengan pihak leasing. Sebab mayoritas pembelian sepeda motor baru maupun bekas di Indonesia dilakukan secara kredit.

Bisnis showroom sepeda motor berkaitan dengan bisnis jasa. Jadi pastikan pelayanan yang diberikan memuaskan konsumen. Misalkan service gratis dalam masa tertentu, pemberian hadiah langsung, ramah dan murah senyum kepada konsumen, menangani keluhan konsumen dengan baik, bersahabat dll. Sehingga konsumen yang puas akan merekomendasikan usaha showroom sepeda motor sobat kepada orang lain di sekitarnya.

Jika usaha showroom sepeda motor bekas anda berjalan dan menguntungkan maka anda bisa membuka usaha sejenis di tempat lain. Sehingga penghasilan menjadi lebih besar.