Rincian Modal Usaha Showroom Mobil hingga Buka

07 Januari 2017

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai seluk beluk modal usaha membuka dealer atau showroom mobil beserta tips sukses menjalankan bisnis ini. Mengingat banyaknya simpang siur berapa modal usaha biaya mendirikan showroom mobil. Jika Anda mempunyai hobi dalam bidang otomotif dan utak atik mobil maka bisa mendirikan usaha showroom kendaraan bermotor roda empat ini.

Prospek Usaha Showroom Mobil
Menurut pandangan penulis yang tajam, usaha showroom mobil sangat menjanjikan untung besar saat ini. Karena kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap mobil sangat tinggi. Setiap orang memerlukan alat transportasi ini untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan keluarga. Sehingga tak aneh setiap orang di Indonesia mempunyai satu buah mobil bahkan lebih. Trend penjualan barang otomotif seperti sepeda motor dan mobil mengalami peningkatan setiap tahun. Apalagi daya beli masyarakat sudah membaik akhir-akhir ini.

Apabila anda menyukai dunia otomotif mobil maka sangat cocok untuk membuka usaha showroom mobil. Walau persaingan bisnis showroom mobil sangat besar. Dimana hampir di setiap daerah desa dan kota terdapat usaha ini. Bisnis showroom kendaraan bermotor roda empat tetap menjanjikan dan menguntungkan sekali. Sebab pangsa pasar luas yang masih terbuka lebar.

Kadang suatu keadaan memaksa. Asalnya seorang yang tak membutuhkan mobil, berjalan waktu setelah ia menikah dan mempunyai empat orang anak membutuhkan kendaraan roda empat. Sepeda motor tidak mempunyai ruang yang mencukupi untuk membawa semua anaknya. Hal inilah yang menjadi pangsa pasar atau target market dari bisnis showroom mobil. Apalagi bagi pengantin baru ingin tampil eksis dengan mempunyai mobil baru.
showroom mobil, bisnis showroom mobil, mobil, usaha showroom mobil, bisnis showroom

Penulis sudah memiliki pengalaman dalam bisnis showroom produk otomotif sepeda motor dan mobil. Usaha showroom mobil laris manis diserbu banyak orang. Keuntungan usaha ini lumayan besar per bulan. Dan kebanyakan para pembeli mobil membeli dengan cara utang kredit mengandalkan jaminan gaji dan usaha. Banyak kelebihan dan kekurangan kredit mobil. Kelemahannya kredit mobil membuat harga mobil lebih mahal ketimbang membeli mobil dengan cara cash. Namun jika kredit mobil maka cicilan bulanan sangat ringan sampai lunas.

Perbandingan orang yang membeli kendaraan bermotor roda empat secara kredit dan cash tunai sekitar 10 : 2. Maksudnya 2 orang yang membeli mobil secara tunai maka akan ada 10 orang yang membeli mobil secara kredit melalui leasing atau bank. Dengan jaminan BPKB. Keuntungan uang dari jual  mobil bekas dan baru secara kredit lebih besar ketimbang penjualan mobil secara tunai. Sehingga ada iklan di sebuah showroom mobil di daerah Subang yang menganjurkan para konsumen untuk membeli mobil secara kredit.

Dari cerita di atas jelaslah bahwa bisnis showroom mobil sangat menjanjikan untung besar dan tepat dijadikan sebagai peluang usaha menguntungkan bagi anda. Lalu bagaimana modal usaha dan tips sukses membuka bisnis showroom mobil hingga buka?

Rincian Modal Usaha Showroom Mobil hingga Buka
Cara membuka showroom atau dealer mobil Toyota dan Honda di Indonesia memerlukan biaya modal usaha uang sebesar Rp 500 juta. Menurutnya, ada empat aspek modal usaha dalam membuka bisnis showroom mobil. Pertama, sewa tempat. Pilihlah lokasi usaha showroom mobil yang sangat strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat luas dari berbagai arah. Kedua, belanja atau membeli mobil baru maupun bekas. Ketiga, merekrut karyawan terutama bagian sales penjualan. Keempat, membeli peralatan pendukung usaha showroom mobil. Terakhir, mempersiapkan dana cadangan untuk biaya operasional bisnis showroom mobil ke depan beserta perhitungan biaya tak terduga.

Tips Sukses Bisnis Showroom Mobil
Berikut ini kiat sukses mendirikan usaha showroom mobil dari awal sampai berhasil, antara lain :

Membina Relasi
Sobat tidak bisa hidup sendiri. Begitupula dalam dunia wirausaha. Dibutuhkan suatu kerjasama beberapa pihak agar usaha showroom mobil dapat berjalan berhasil dan lancar. Syarat pertama untuk membuka bisnis showroom mobil hingga berdiri beroperasi maka Anda harus menjalin hubungan relasi kerjasama dengan pihak leasing atau bank. Sebab mereka sebagai lembaga penyedia pembiayaan kredit pemilikan mobil. Seperti Busan Finance, BCA finance, FIF, Adira Finance, Tunas finance dan lain sebagainya.

Lembaga leasing penyedia kredit mobil tersedia di berbagai daerah di Indonesia. Tugas Anda adalah mendatangi kantor leasing terdekat dan mengutarakan niat membuka usaha showroom mobil dan mengajak serta pihak leasing bersangkutan untuk mengambil bagian. Mereka pastinya menyambut baik niat anda tersebut. Dan akan mensurvey lokasi usaha showroom mobil sobat. Hal itu dialami dan dirasakan betul oleh penulis.

Lembaga leasing juga sama sebagai marketing tapi dalam soal marketing uang. Mereka baru dapat memiliki keuntungan usaha jika sudah dapat menjual uangnya kepada orang jujur, amanah terpercaya. Mereka memperoleh keuntungan dari bunga kredit mobil. Sehingga mereka juga berusaha meningkatkan penjualan mobil di showroom kendaraan bermotor milik sobat. Dengan cara memberikan hadiah, mengadakan program diskon besar, cashback, dll.

Pihak lainnya yang Anda harus jalin kerjasama relasi yang baik adalah dengan pihak mediator, karyawan lepas bagian sales, dll. Karena Anda tak bisa menjual mobil sendiri. Diperlukan bantuan dari beberapa pihak untuk terjadinya penjualan mobil dalam jumlah besar dan timbulnya keuntungan usaha jual beli mobil bekas dan baru.

Informasi Mobil Dijual
Kiat sukses membuka bisnis showroom mobil berikutnya adalah selalu mencari informasi mengenai mobil bekas yang akan dijual. Oleh sebab itu, inilah pentingnya seorang pengusaha pelaku usaha showroom mobil memiliki banyak kenalan dan relasi. Informasi ini bisa didapatkan melalui relasi di perkantoran, perumahan, kampus, dan lain sebagainya.

Selanjutnya Anda harus bisa memilih dan membeli mobil yang bagus baik dari segi mesin dan bodi serta sedang laku di pasar saat ini. Semakin banyak mobil yang terjual maka semakin untung. Untuk mobil bekas pastikan dalam situasi layak pakai jalan, surat-surat lengkap termasuk BPKB pajak atau STNK dan bodi maupun mesin dalam kondisi sangat baik alias tak rusak. Apabila anda tak memahami soal seluk mobil dan mesin mobil maka bisa mengajak kerjasama kepada rekan yang mengerti soal itu.

Promosi
Dan terakhir untuk mempromosikan bisnis showroom mobil bisa dilakukan dengan cara memasang iklan di media elektronik seperti radio atau media cetak seperti koran dan majalah. Selain itu iklan usaha showroom mobil bisa dipasang di internet dalam rupa toko online, blog, marketplace seperti olx atau bukalapak, media sosial seperti caption instagram dll.

Belajar Jual Beli Mobil
Apabila Anda mendengar kata bisnis apa yang terlintas di benak anda? Uang, keuntungan, cepat kaya dan modal usaha yang diperlukan itulah mungkin yang anda pikirkan. Tepat sekali melakukan bisnis memerlukan yang namanya modal usaha. Adapun cara mendapatkan modal usaha bisa dengan memperoleh pinjaman dari teman terdekat, anggota keluarga, tabungan pribadi, sampai meminjam ke bank.

Salah satu jalur menuju kekayaan dengan cepat seperti yang diungkapkan oleh Robert T Kiyosaki adalah melalui berbisnis. Ada banyak jenis bisnis menjanjikan yang bisa ditekuni seseorang. Dari modal kecil sampai usaha modal besar. Misalnya toko online, usaha pertamini, bisnis sepatu, buka apotek, mendirikan spa dan salon kecantikan, dll. Semua jenis wirausaha itu jika ditekuni secara serius bisa membuat seseorang kaya raya di usia muda. Seperti usaha showroom mobil.

Kejarlah cita-citamu setinggi langit. Itu adalah sebuah peribahasa bijak untuk memotivasi seseorang agar jangan pernah takut bermimpi. Sukses dalam bisnis adalah hak setiap orang termasuk dalam bisnis showroom mobil. Jika Allah SWT menghendaki, impian Anda mempunyai usaha showroom mobil dapat tercapai. Hal itu dialami langsung oleh salah seorang pengusaha bidang otomotif bernama Tiffany Aviana.

Wanita ini sudah bercita-cita sejak lama untuk membuka bisnis showroom mobil dibandingkan usaha lainnya. Hal ini dikarenakan ia sudah mempunyai banyak pengalaman dalam seluk beluk jenis mobil yang laku keras dibeli pembeli dan paham bisnis jual beli kendaraan bermotor roda empat selama beberapa tahun sebelumnya. Ternyata mudah menjalankan usaha jual beli mobil ketika bekerja sebagai karyawan. Dan untuk saat ini, perempuan cerdas ini ingin memiliki bisnis showroom mobil milik sendiri. Apalagi teman-temannya telah terlebih dahulu menekuni usaha showroom mobil yang cukup menjanjikan untung besar ini. 

Wanita cantik ini berusaha untuk mewujudkan cita-citanya. Ia memerlukan modal usaha berupa uang yang lumayan besar untuk membuka bisnis showroom mobil. Banyak sumber modal usaha yang ia pikirkan termasuk meminta pinjaman uang ke orangtua tercinta. Tapi niat tersebut diurungkan. Karena wanita ramah ini ingin menekuni bisnis jual beli mobil bekas tanpa modal alias modal nol. Dimana ia harus menjalani proses dari nol, berjuang keras sampai berhasil.

Keresahan dan kebimbangan meliputi wanita murah senyum ini. Ia terus berpikir bagaimana caranya mendapatkan modal usaha showroom mobil. Dan beruntung ia mempunyai banyak sahabat yang telah sukses menjalankan bisnis ini. Kepada sahabat karib ia bertanya cara dan syarat mendirikan showroom mobil dan mengungkapkan rencana belajar jual beli mobil dalam jangka panjang.

Setelah melaksanakan salat tahajud terlintaslah ide untuk mendapatkan modal usaha membuka showroom mobil dengan cara meminjam kredit ke bank di bank BRI sebanyak Rp 500 juta. Dengan modal uang itulah ia sukses membuka usaha dealer mobil yang menguntungkan. Yang kemudian menghantarkan jadi pengusaha bidang otomotif yang kaya raya dan sukses di usia dini.

Pengusaha Showroom Mobil Sukses
Pada suatu hari salah seorang pengusaha sukses bisnis franchise showroom mobil ternama di Sumedang, Ganjar Kabul mengatakan kepada penulis bahwa enak sekali menjadi karyawan. Setiap bulan mendapatkan gaji tanpa perlu repot memikirkan usaha. Padahal banyak resiko dari seorang yang berstatus karyawan. Ada banyak kelebihan dan kekurangan sebagai karyawan dan pengusaha. Jika sebagai wirausahawan harus siap menghadapi usaha bangkrut atau rugi yang membuat harta benda berkurang. Misalkan pengusaha sale pisang ambarsari bernama Ganjar Kabul harus merelakan kehilangan satu buah mobil mewahnya untuk menggaji karyawan. Sebab keuntungan usaha sale pisang tidak mencukupi untuk membayar gaji karyawan dan usaha sedang lesu.

Seperti halnya wanita bernama lengkap Olivia Antoni. Ia mengalami kegagalan beberapa kali dalam membuka usaha. Sehingga segala aset berharga dan harta benda miliknya habis tak tersisa sedikitpun. Yang tersisa hanyalah utang-utang yang menumpuk semakin besar. Hal ini membuat rumah tangganya yang telah dibangun puluhan tahun sedikit goyah karena terpaan tekanan krisis ekonomi keluarga. Akhirnya suami tercinta meninggalkannya. Keharmonisan suami isteri tak bisa dipertahankan, rumah tangga wanita periang ini harus kandas di tengah jalan sebab banyak utang usaha.

Namun wanita ini tak patah arang. Ia terus membuka suatu usaha yang kali ini pada bidang usaha otomotif yakni bisnis showroom mobil. Hal ini karena ia pernah bekerja sebagai karyawan pada bagian penjualan mobil dengan predikat the best sales di sebuah dealer Daihatsu terkenal di kota Cilegon. Pengalaman manis itulah yang membulatkan tekadnya membuka usaha showroom mobil berbekal data prospek dan pelanggan miliknya. Setelah bisnis showroom mobilnya berdiri dari nol, ia melakukan berbagai upaya kesuksesan. Berjalan waktu keuntungan yang didapatkan dari usaha jual beli mobil bekas dan baru sekitar Rp 100 juta lebih perbulan. Untuk melebarkan sayap, ia membuka waralaba showroom mobil bernama Aldo Mobilindo yang sukses di pasaran dengan biaya franchise sangat murah dan terjangkau.