Keuntungan Bisnis Showroom Mobil dan Cara Memulai Usahanya

15 Mei 2017

Zaman semakin maju. Peluang usaha semakin bertambah seiring hadirnya internet. Namun dengan jumlah penduduk Indonesia yang begitu besar membuat persaingan bisnis dan kerja sangat ketat. Satu lapangan kerja baru diperebutkan oleh ribuan orang. Begitupula dalam dunia wirausaha. Oleh sebab itu, kita harus cerdik dalam menciptakan peluang usaha. Untuk menghasilkan uang tidak harus selalu menjadi seorang karyawan. Ia bisa membuka bisnis sendiri kecil-kecilan yang keuntungan lebih menjanjikan.

Dunia karyawan tidaklah menyenangkan bagi sebagian orang. Karena tidak bebas, terikat waktu dalam bekerja dengan gaji yang terbatas. Namun berbeda dengan dunia pengusaha yang menjanjikan penghasilan tak terbatas dengan jam waktu yang fleksibel. Mereka sudah bosan menjadi pegawai dengan gaji rendah. Atas kenyataan itu, banyak kelas karyawan yang beralih menjadi pengusaha. Mereka membuka usaha sendiri. Seperti penulis yang memulai bisnis es krim murah.

Dalam memulai usaha tidaklah mudah. Diperlukan perencanaan jenis usaha yang hendak dipilih. Hal ini sangat penting sebagai fondasi awal kesuksesan sebuah bisnis. Pilihlah jenis bisnis yang sesuai dengan hobi atau passion, sesuai dengan modal yang dimiliki dan sesuai dengan bakat dan keterampilan yang dimiliki. Dan terakhir pilihlah jenis usaha yang menjanjikan saat ini dan memiliki prospek cerah di masa depan. Diantara banyak usaha yang menguntungkan adalah bisnis showroom mobil.
bisnis rental mobil, rental mobil, usaha rental mobil, usaha sewa mobil, sewa mobil, keuntungan rental mobil, cara rental mobil

Keuntungan Bisnis Showroom Mobil  
Berikut ini sejumlah keuntungan dari usaha showroom mobil bekas dan baru antara lain:

▪ Pasar Luas
Seiring dengan makin banyaknya angkatan usia muda membuat kebutuhan terhadap transportasi mobil sangat tinggi. Apalagi bagi orang yang sudah berumathangga dan mempunyai anak kecil. Tentu saja tidak bisa mengandalkan sepeda motor untuk sarana transportasi karena daya muat terbatas. Oleh sebab itu mereka membutuhkan kendaraan mobil. Dari kenyataan inilah membuat usaha showroom mobil senantiasa laris manis dan dicari orang yang membutuhkan mobil untuk menunjang aktifitas sehari-hari.

▪ Mudah Dijalankan
Bisnis showroom mobil bekas dan baru sangat mudah dijalankan oleh seorang pemula sekalipun. Anda pun bisa melakukan bisnis jual beli mobil tanpa modal yaitu sebagai makelar. Caranya sangat mudah. Carilah orang yang membutuhkan mobil bekas biasanya berasal dari lingkungan terdekat seperti sanak kerabat, teman, rekan kerja, kenalan dan lain sebagainya. Kemudian anda cari situs jual beli mobil yang terkemuka dan carilah spesifikasi mobil yang diinginkan oleh calon konsumen.

Setelah anda mendapatkan mobil sesuai yang diinginkan konsumen barulah menawarkan harga kepada pemilik mobil tersebut. Harga yang ditawarkan harus lebih murah agar keuntungan yang didapatkan dari bisnis showroom mobil lumayan tinggi. Setelah sobat membeli mobil tersebut kemudian dipajangkan di showroom mobil milik sobat dan langsung jual kepada teman atau rekan kerja anda yang membutuhkannya.

▪ Prospek Cerah
Bisnis mobil bekas masih sangat cerah dan menjanjikan. Apalagi di tahun depan tentu keuntungan semakin besar seiring membaiknya daya beli masyarakat, tumbuhnya kalangan menengah ke atas dan semakin bertambah jumlah penduduk Indonesia. Bisnis showroom mobil dikatakan cerah karena setiap orang memerlukan kendaraan roda empat ini untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Seperti pergi sekolah, pergi ke kantor, jalan-jalan, rekreasi, belanja kebutuhan hidup sehari-hari, silaturahmi dan lain-lain.

Bisnis showroom mobil baru maupun bekas akan selalu ada dan tak akan pernah sepi pembeli. Selama manusia masih hidup di muka bumi. Jika anda sedang mencari peluang usaha yang menjanjikan tak ada salahnya untuk mencoba berbisnis jual beli mobil bekas berupa showroom yang pastinya menguntungkan.

▪ Mudah Dijual
Untuk menjual mobil baru maupun bekas sangatlah mudah. Hal ini dirasakan betul oleh penulis yang sudah puluhan tahun bekerja sebagai marketing sepeda motor honda dan yamaha. Dalam satu bulan mampu menjual puluhan mobil dan sepeda motor. Yang diperlukan adalah kegigihan dalam berusaha dan pantang menyerah.

Jadi jika anda menjalani bisnis showroom mobil maka anda tak akan kesulitan dalam menjual mobil. Sebab menjual mobil itu ternyata sangat mudah. Anda bisa menjual lagi mobil ke showroom mobil, mengedarkan brosur penjualan mobil, merekrut tenaga makelar dengan diberikan jaminan fee makelar mobil yang lumayan sangat besar, penjualan bisa dilakukan secara online melalui marketplace olx,ads id, bukalapak, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa keuntungan jual beli mobil bekas atau showroom mobil. Jika anda sebagai pemula dan mau belajar jual beli mobil bekas yang sukses dan berhasil maka anda bisa berguru langsung kepada pengusaha showroom mobil yang telah lama terjun ke dalam bisnis ini.

Cara Memulai Usaha Showroom Mobil
Untuk membuka usaha showroom mobil bekas maupun baru dibutuhkan modal usaha yang lumayan besar. Namun bisa saja seseorang menjalankan bisnis showroom mobil tanpa modal. Tapi hal itu sangat sulit dilakukan oleh pemula. Berikut ini beberapa cara yang harus dilakukan dalam memulai bisnis showroom mobil dari awal hingga berhasil, antara lain:

▪ Perluas Jaringan
Anda pastinya memiliki jaringan atau relasi seperti teman, sahabat, kenalan, rekan kerja, sanak kerabat dan lain sebagainya. Hal itu bisa dijadikan sebagai modal awal anda dalam membuka usaha showroom mobil. Jika mereka membutuhkan mobil maka anda bisa menawarinya mobil yang anda jual. Oleh karenanya, sobat perlu memperluas jaringan relasi agar usaha showroom mobil baru dan bekas bisa berjalan lancar, sukses dan menguntungkan.

Dengan mempunyai jaringan relasi yang luas berarti modal utama bisnis showroom mobil telah anda raih. Selanjutnya adalah masalah teknis. Semakin banyak relasi yang anda miliki maka semakin besar kemungkinan bisnis showroom mobil bisa sukses. Di dalam jaringan anda akan menemukan para pembeli dan juga pihak suplier mobil baru dan second yang akan mendukung kesuksesan bisnis jual beli mobil bekas dan baru. Sehingga kata bijak mengatakan bahwa bisnis adalah masalah jaringan.

Perluasan jaringan atau relasi bukan hanya menyasar kalangan perorangan. Tapi juga mesti mencakup kalangan lembaga, badan pemerintahan, bank, perusahaan swasta, perusahaan leasing dan lain sebagainya. Namun bagi usaha showroom mobil yang perlu diutamakan adalah menjalin relasi yang baik dengan pihak perusahaan pembiayaan. Untuk menjalin kerjasama dengan pihak leasing, anda bisa mencoba mendatangi kantor leasing setempat dan mengutarakan niat baik anda untuk bekerjasama dalam pembiayaan usaha showroom mobil.

▪ Menyediakan Mobil Bekas
Penyediaan mobil bekas yang hendak dijajakan di showroom menjadi hal yang sangat penting. Kemudian pengetahuan seputar mobil yang dijajakan tersebut perlu diasah sebagai bentuk product knowledge. Sehingga anda tak kesulitan menjelaskan referensi atau rincian jelas soal mobil yang dijual tersebut kepada calon konsumen.

Untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi dari bisnis showroom mobil maka sobat harus mendapatkan mobil bekas yang akan dijajakan dari tangan pertama. Dari uraian ini sangat jelas pentingnya mempunyai banyak relasi dalam menjalankan usaha jual beli mobil.

▪ Promosi Usaha
Cara melakukan promosi usaha showroom mobil bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti promosi dari mulut ke mulut, membagikan selebaran brosur, membuat iklan baris di surat kabar lokal, memasang spanduk, pamflet dan reklame hingga promosi secara gratis yaitu via online menggunakan facebook, olx, twitter, bbm, blogspot, dan lain-lain. Dalam iklan promosi bisnis showroom mobil tampilkan jenis usaha dan layanan yang dijalankan beserta nomor telepon yang bisa dihubungi. 

▪ Kualitas Layanan
Setelah mampu menjaring konsumen yang datang ke showroom mobil sobat, langkah selanjutnya adalah memberikan kualitas layanan terbaik yang memuaskan konsumen. Hal ini perlu dilakukan agar konsumen menjadi loyal dan kelak jadi pelanggan setia. Salah satu cara memberikan kualitas layanan terbaik kepada konsumen adalah dengan cara memberikan produk mobil bekas yang berkualitas baik, menjajakan mobil yang sedang laris manis di pasaran baik dari segi merek dan jenis.

▪ Lokasi Usaha
Hal yang paling penting dalam membuka usaha showroom mobil adalah lokasi usaha. Dimana lokasi usaha showroom mobil bekas dan baru akan dijalankan? Pemilihan lokasi usaha yang tepat dan strategis sangat menentukan kesuksesan bisnis showroom mobil. Salah satu ciri tempat usaha yang cocok bagi bisnis jual beli mobil adalah lokasi usaha selalu ramai oleh lalu lintas orang.

Kemudian konsep ruangan showroom mobil perlu didesain semenarik mungkin, terang, bersih, ramai dan rapi yang terkesan profesional. Sehingga konsumen tertarik mendatangi showroom mobil. Yang pada akhirnya terjadi penjualan. Jika kondisi showroom kotor, berantakan maka konsumen tak akan berminat mengunjungi dealer atau showroom mobil sobat.

▪ Sikap Positif
Hal terakhir yang diperlukan untuk mendukung keberhasilan bisnis showroom mobil bekas maupun baru adalah kesediaan untuk melakukan pola pikir dan sikap positif. Akan banyak tantangan dan hambatan dalam menjalani usaha showroom mobil yang sukses. Namun selama anda memiliki sifat gigih, pantang menyerah, kreatif dan inovatif maka anda akan berhasil dan kaya dari usaha showroom mobil. Dengan sikap di atas, walaupun tingkat persaingan tinggi sekali dalam bisnis showroom mobil, anda sebagai pemula dapat memenangkannya secara sempurna.