Daftar Pembeli Sarang Walet yang Membeli Mahal

19 Mei 2017

Jika anda sedang mencari tahu bagaimana cara mencari dan daftar pembeli sarang walet, anda sudah berada dilaman yang tepat. Kali ini akan dibahas lengkap seputar jual beli sarang burung walet yang menjadi kegiatan bagi sebagian orang untuk mencari nafkah. Tidak hanya sekedar menjual sarang walet, namun di sini dibahas pula bagaimana cara mencari pembeli yang mau membayar dengan harga tinggi atau mahal. Jika anda tertarik untuk mengetahuinya, ikuti terus pembahasannya berikut ini.

Sarang burung walet memang sudah terkenal sebagai sarang burung yang istimewa. Sarang burung walet sejak puluhan tahun yang lalu bahkan sudah dijadikan sumber mencari uang dengan cara membudidayakan sarang burung walet. Jika dahulu sarang burung walet hanya bisa didapatkan secara alami atau hanya berasal dari goa, saat ini sudah banyak para pengusaha sarang burung walet dengan membuat bangunan atau rumah buatan untuk tempat tinggal burung walet. Jika anda salah satunya, maka artikel ini cocok sekali untuk anda.

Jika anda baru berencana ikut terjun dalam bisnis budidaya sarang burung walet, perlu juga mengetahui pembeli sarang walet. Ya, kepada siapa sarang burung walet dijual adalah soal kedua setelah bagaimana cara membuat sarang burung walet yang efektif, cepat huni serta betah ditinggali burung walet. Tetapi, banyak orang juga yang kebingungan lantaran hanya memikirkan bagaimana membuat rumah sarang burung walet yang efektif. Banyak orang yang belum siap kepada siapa nantinya sarang burung walet akan dijual.
pembeli sarang burung walet, penjual sarang walet, bisnis sarang walet, burung walet, jual sarang walet, usaha walet

Maka dari itu, penting sekali mengetahuinya agar sarang burung walet yang bernilai jutaan rupiah perkilonya itu tidak menjadi terbuang sia sia. Terlebih, perputaran arus kas atau perbendaharaan harus tetap mengalir positif jika usaha ingin maju. Dalam usaha budidaya sarang walet, setiap harinya akan mengeluarkan banyak biaya baik biaya perbaikan maupun biaya operasional. Maka dari itu, jika sarang burung walet hanya menumpuk saja digudang padahal memiliki stok berpuluh puluh kilogram, tentunya akan sangat merugikan.

Cara Mencari Pembeli Sarang Walet di Indonesia
Sarang burung walet memang sangat menguntungkan. Bagaimana tidak, modal besar yang dibutuhkan diawal saja untuk keperluan membangun bangunan rumah burung walet. Setelah itu, hanya kebutuhan operasional saja yang harus dikeluarkan. Namun jika berhasil dan konsisten, keuntungan yang didapatkan bisa berlipat lipat dari modal yang dikeluarkan. Sarang burung walet pun bisa dipanen sekitar 2 hingga 4 kali dalam setahun. Padahal, untuk perkilonya saja bisa jutaan hingga belasan juta rupiah. Maka dari itu, perlu sekali mencari tahu bagaimana cara mencari pembelinya.

Ada beragam cara yang bisa dicoba untuk bisa menjual sarang burung walet yang anda miliki. Dari macam macam cara yang akan dibagikan, semuanya berdasarkan pengalaman para pengusaha sarang burung walet sebelumnya. Tetapi, keberhasilan dari setiap orang berbeda beda. Perlu sekali kecerdikan dan pengalaman agar bisa menemukan pembeli yang berani membayar mahal. Langsung saja, inilah cara mencari pembeli sarang walet di Indonesia:

▪ Mencari Agen Sarang Burung Walet
Cara ini dirasa sangat efektif untuk bisa membuat sarang burung walet yang dimiliki akan cepat terjual. Namun kelemahan dari cara ini adalah harga yang akan sangat ditekan oleh agen. Para agen akan membeli dengan harga serendah mungkin agar mereka bisa mendapatkan untung dengan menjualnya kembali. Akan tetapi, keunggulan dari cara ini adalah para agen sudah memiliki tujuan yang jelas kemana sarang burung walet akan didistribusikan. Para agen terutama yang sudah berpengalaman juga sangat paham bagaimana permainan sarang burung walet dalam skala nasional maupun internasional. Tidak jarang pula para agen sudah memiliki tengkulak atau pengepul besar sehingga sarang burung walet akan lebih cepat terbayar dan habis.

Keuntungan lainnya, jika anda memiliki usaha budidaya sarang burung walet maka anda bisa langganan dengan agen tersebut sehingga ketika panen selanjutnya pun tidak akan kesusahan mencari pembeli. Dan terakhir, keuntungan lainnya pun anda bisa mendiskusikan bagaimana aturan main dengan para agen misalnya dengan tidak mengurusi pengiriman baik sarang walet mentah maupun sudah diolah. Dengan para agen datang langsung ke tempat anda, transaksi lebih aman dan anda sebagai pemiliki usahapun tidak akan kerepotan. Tidak menutup kemungkinan, bisa juga biaya ongkos dan kerepotan pengiriman membuat total keuntungan menjadi tinggi.

▪ Mencari Pedagang Besar
Jika anda berhasil mendapatkan kontak dan bisa bekerja sama dengan pedagang besar, anda akan lebih untung daripada menggunakan jasa agen. Janganlah menanyakan kepada para agen sarang burung walet kemana mereka menjual karena pasti  tidak akan dijawab. Satu satunya cara adalah mencari sendiri dengan bantuan informasi orang, asosiasi pedagang sarang burung walet, sesama penjual dan pembudidaya sarang burung walet, atau juga mencarinya sendiri melalui internet.

Ya, dengan sedikit melek teknologi peluang untuk mendapatkan untung banyak akan lebih besar. carilah melalui blog blog, website, atau jejaring sosial yang biasa menjual belikan sarang burung walet. Anda tidak perlu repot memiliki website dan sebagainya jika tidak bisa memainkannya, cukup melihat lihat komentar dan juga iklan para pedagang yang membeli sarang burung walet. Biasanya, tersedia kontak baik nomor telepon rumah, nomor ponsel, maupun nomor dan pin akun chat messanger.

▪ Mencari Konsumen Langsung
Cara ini adalah cara yang bisa membuat anda untung paling banyak. Jika berhasil menemukan orang yang langsung akan membutuhkan sarang burung walet, maka harga belinya bisa sangat tinggi. Konsumen sarang burung walet bisa berasal dari dalam negeri, maupun luar negeri. Sarang burung walet adalah bahan yang biasa digunakan sebagai obat paru paru, panas dalam, atau bisa juga sebagai bahan makanan. Maka dari itu, carilah para pembeli dari sektor sektor yang telah disebutkan dengan cara yang sama seperti mencari pedagang besar yaitu manfaatkan dunia internet. Biasanya, mereka yang membutuhkan sarang burung walet tidak akan sekali dua kali saja membelinya.

Jika anda bisa memuaskan konsumen, dalam arti bisa menjaga kualitas dan kuantitas sarang burung walet, maka anda tidak akan kesusahan setiap panen akan menjual kemana. Terlebih, jika anda berhasil menemukan konsumen dari luar negeri. Kebutuhan ekspor sarang burung walet dari Indonesia sudah terkenal sejak dulu. Negara negara tetangga, dan terutama China biasa berlangganan sarang burung walet dari Indonesia. Maka dari itu, carilah kesempatan untuk bisa mengekspor sendiri sarang burung walet yang dimiliki.

Sarang burung walet bisa bernilai mahal bisa juga tidak. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Para pembeli sarang walet umumnya akan menilai sarang burung walet dari kebersihan, ketebalan, kekokohan, kemulusan, ketinggian sarang burung walet itu sendiri. Ada pula faktor yang membedakan harga sarang burung walet adalah soal jenis yaitu apakah yang berwaran putih, kuning atau hitam. Tetapi umumnya, yang paling mempengaruhi harga selain dari kekohohan dan kebersihan adalah soal bentuk. Sarang burung walet yang tertinggi adalah sarang burung walet dengan bentuk mangkok, atau bisa dibilang utuh. Lalu bentuk lain yang mengikuti ada bentuk sudut, patahan, atau juga hancuran.

Jadi jika anda berharap pembeli dengan harga yang mahal, usahakan untuk memiliki sarang burung walet yang berbentuk mangkuk dan juga bersih serta kokoh. Selain itu semua, perlu sekali diperhatikan soal kejujuran dalam penjualan. Anda yang masih awam jangan coba coba untuk meraup untung dari cara cara haram atau kecurangan. Selama ini, ada saja pembudidaya sarang burung walet yang berbuat curang misalnya dengan merendam sarang burung walet menggunakan pemutih agar warnaya lebih putih bersih, atau juga ada yang memberi tambahan lem dan sebagainya untuk menambah berat timbangan sarang burung walet. Jika anda mencobanya, dengan kata lain anda tidak menjual sarang burung walet asli. Dan jika ketahuan, bisa dibilang anda akan masuk dalam daftar hitam penjual yang curang dan bahkan bisa dituntut.

Daftar Pembeli Sarang Burung Walet
Berikut ini akan ditampilkan sedikit rangkuman yang bisa anda coba menawarkan sarang burung walet yang dimiliki. Daftar pembeli sarang walet ini diambil dari beberapa blog terkait budidaya sarang burung walet dan juga rekomendasikan cara mencari pembelinya secara detail.

▪ Blog
Melalui mesin pencari, bisa ditemukan banyak blog yang siap menampun dan membayar sarang burung walet yang anda miliki dengan bayaran mahal. Contohnya adalah blog milik Muhammad Assegaf dengan CV. Assegaf Birdness. Dalam blognya, bisa diketahui CV miliknya itu telah memiliki indusri rumah tangga dalam hal sarang burung walet yang cukup profesional. Anda bisa menawarkan sarang burung walet yang anda miliki. Selain itu, melalui laman pencarian Google juga bisa didapatkan banyak informasi pembeli dari Indonesia.

▪ Kaskus dan Facebook
Jejaring sosial seperti Kaskus dan Facebook juga sarana yang tepat yang untuk mencari pembeli sarang burung walet. Biasanya, terdapat pilihan yang cukup beragam dari kedua jejaring sosial ini karena sudah banyak pedagang, agen, tengkulak, hingga konsumen langsung yang biasa mencari sarang burung walet dari sini. Bisa diketahui diantara banyaknya pembeli seperti Anugrah Walet di forum Kaskus, atau juga Stephen Halim di Facebook.