Cara Menjual Sarang Burung Walet dengan Harga Tinggi

15 Agustus 2016

Bisnis sarang burung walet merupakan jenis usaha di bidang peternakan yang digeluti sebagian orang di tanah air dengan keuntungan finansial sangat besar. Hal penting dalam menunjang kesuksesan bisnis sarang walet setelah mampu memproduksi sarangnya adalah keterampilan cara menjual sarang burung walet dengan harga tinggi. Sebab percuma saja jika dalam sebulan mampu menghasilkan puluhan kilogram sarang walet tapi tidak bisa menjual. Hanya menumpuk di kandang dan tidak mempunyai pemasukan atau arus kas positif. Modal usaha yang ratusan juta rupiah bisa hangus jika peternak tak memiliki kemampuan menjual sarang walet.

Hal ini tak terlepas dari kegiatan menjual sebuah elemen utama yang sangat menentukan sukses tidaknya sebuah usaha. Sarang walet yang bagus akan bisa dipasarkan kepada konsumen secara baik lewat sistem marketing yang jitu. Aspek lain yang perlu diperhatikan untuk keberhasilan usaha sarang walet adalah cara pembayaran. Hal ini berpengaruh sekali terhadap arus kas atau masuk keluar uang. Sebuah usaha yang sukses adalah yang mampu menjaga arus keluar masuk uang dengan positif.
harga sarang walet, sarang walet, harang sarang burung walet, harga walet, cara menjual sarang walet

Cara Menjual Sarang Burung Walet dengan Harga Tinggi secara Online
Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, sekarang untuk menjual sarang burung walet dengan harga tinggi tidak susah. Penjualan bisa dilakukan secara online menggunakan media internet dengan pangsa pasar di seluruh dunia. Harga sarang walet perkilogram bisa ditentukan sendiri atau mengikuti harga pasar. Seringkali dalam sistem penjualan online antara penjual dan pembeli tak harus bertatap muka. Di sini akan terjadi tawar menawar harga. Sebagai penjual sobat bisa menjual sarang walet perkilogram dengan harga tinggi asalkan disertai kualitas yang sangat baik.

Selain bisa menjual sarang burung walet secara langsung ke berbagai restoran, hotel dll yang menyajikan menu kuliner sarang walet, anda pun bisa menjualnya secara online dengan pangsa pasar luas. Ditambah pengguna internet dan orang yang berbelanja secara online semakin besar di Indonesia dan dunia. Orang yang memerlukan barang tertentu seperti sarang walet akan mencarinya di internet. Sehingga sayang sekali penjualan sarang walet online untuk dilewatkan mengingat potensinya yang sangat besar dan menguntungkan.

Dalam menjalankan jualan online sarang walet di internet sangat gampang. Ada berbagai cara yang bisa sobat tempuh, antara lain:
1. Membuat blog sendiri. Di dalam blog atau website tersebut anda bisa memperkenalkan usaha bisnis anda berjualan sarang walet. Misalnya membuka toko online sarang burung walet
2. Promosi di komentar blog orang lain
3. Promosi di marketplace atau tempat jual beli online seperti olx, bukalapak, tokopedia, kaskus, ads id bisnis umum, bersosial dll     

Perlu diketahui, penjualan sarang walet di kalangan petani biasanya sudah ada penampungnya. Sehingga petani walet tak kesulitan dalam menjual hasil produksinya. Namun karena ketergantungan pada satu penampung tersebut, seringkali petani kesulitan menjual sarang walet dengan harga tinggi disebabkan kurang info terkini tentang harga di pasaran apalagi jika penampungnya tak ada. Permainan harga naik atau turun ditentukan penampung.

Pendek kata, petani sarang walet harus mengetahui harga dan kondisi pasar sekarang secara akurat. Karena ini termasuk aspek paling utama dan penting dalam usaha budidaya sarang burung walet yang menguntungkan. Sebab masih adanya informasi bisa yang berbeda di lapangan. Para petani sarang walet bisa mendapatkan informasi harga sarang walet yang tepat dari sumber yang dapat dipercaya secara real yang mereka memerlukan sarang secara langsung. Seperti kalangan restoran, hotel, eksportir dll. Dapat pula mengetahui harga sarang walet perkilogram secara nyata dari lembaga terkait. Seperti Asosiasi Petani Walet Indonesia. Sehingga perlu sekali peternak walet bergabung di organisasi ini.

Selain melakukan pengecekan harga sarang walet di lapangan secara langsung agar informasi tak semu, langkah lain yang perlu dilaksanakan mendatangi kantor eksportir setempat untuk menanyakan harga sarang walet sekaligus apakah kran ekspor sarang burung walet asal tanah air sudah dibuka dan memang ada. Hal ini dikarenakan beberapa tahun ke belakang pemerintah Indonesia telah melarang ekspor sarang walet ke berbagai negara tujuan seperti china. Tanyakan jika ada ekspor sarang walet ke negara cina dan negara lainnya maka frekwensi seberapa sering dan jumlah volume berapa besar. Sehingga dari informasi tersebut kita dapat mengetahui gambaran harga real sarang perkilogram serta pangsa ekspor dan volume penjualan. Perlu diketahui bahwa pangsa dan harga sarang burung walet di Indonesia masih diwarnai bias informasi dan black market.

Terjadinya penjualan sarang walet karena adanya penjual dan pembeli yang membutuhkan. Sedangkan permintaan sarang walet cukup besar di berbagai negara seperti cina. Potensi keuntungan besar membuat transaksi jual beli sarang burung walet acapkali dilakukan secara sembunyi untuk menghindari tindakan pencurian dan perampokan rumah sarang burung walet. Oleh karena itu, petani sarang burung walet biasanya menjual sarang walet kepada penyalur atau pengepul yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya.

Hal ini disebabkan banyak orang yang mengaku dirinya sebagai pengepul. Namun penyalur atau pengepul yang memiliki akses ke banyak pasar nyata dan tempat sekarang ini masih sedikit. Sehingga harus selektif dalam memilih penyalur. Kebanyakan penyalur dan pengepul sarang walet cuma sebagai mediator atau perantara yang hanya mengambil untung dengan menjual lagi ke orang yang memerlukannya dengan selisih harga yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu, pesan penulis kepada para petani walet yang ingin menjual sarang burung walet dengan harga tinggi harus melek informasi. Lihat dan pantau terus harga sarang walet terkini melalui surat kabar, internet, tabloid, majalah dll yang menampilkan harga sarang burung walet terupdate. Pendek kata, sebelum memulai usaha budidaya sarang walet dipikirkan dahulu cara pemasarannya agar tidak menyesal di kemudian hari.

Salah seorang pengusaha yang sukses menjual sarang walet dengan harga tinggi adalah pria bernama lengkap Nanang Isminarno. Ia mampu menjual sarang walet dengan harga tinggi karena ia tidak menjualnya dalam kondisi mentah melainkan diolah terlebih dulu sampai menjadi makanan siap saji. Hal itu tentu saja lebih meningkatkan harga jualnya ketimbang dijual secara mentah. Harganya dikisaran jutaan rupiah sampai belasan juta rupiah perkg. Harga yang terbilang cukup tinggi untuk saat ini.

Ia tidak hanya menjual sarang burung walet tapi juga sriti. Harga yang ditawarkan bervariasi sehingga memberikan banyak pilihan kepada konsumen. Cara pengolahan sarang burung walet dimulai dari pemisahan kotoran dan bulu sampai diolah lagi hingga siap konsumsi.

Menurutnya harga sarang burung walet perkilogram untuk sekarang ini tidak semahal pada tahun 2000 an. Namun melihat kecenderungan pasar yang terus menggeliat membuat prospek usaha budidaya sarang walet sangat cerah ke depannya. Harga sarang walet perkgnya bisa mencapai harga pada waktu awal tahun 2000.

Seperti yang dirasakan oleh Nanang Isminarno yang dapat menjual sarang burung walet siap makan sebesar 30 kilogram sampai 50 kilogram perbulan. Keuntungan rata-rata perbulannya sebesar Rp 300.000.000 lebih. Penghasilan yang luarbiasa besar. Apalagi jika menjelang tahun baru dan imlek, omset penjualan melonjak tajam sampai satu kwintal. Yang berdampak pada keuntungan bersih lebih besar dari musim biasa.

Sekarang pangsa pasar bisnis sarang burung walet siap saji kepunyaan Nanang bukan hanya dipasarkan di dalam negeri tapi juga sudah dipasarkan ke luar negeri seiring dibukanya kran ekspor ke luarnegeri untuk sarang walet. Walaupun demikian Nanang mengakui ia merasa kesulitan untuk mengekspor sarang burung walet yang sudah jadi dengan harga tinggi. Menurutnya hal ini tak terlepas telah dikuasainya pasar ekspor sarang walet oleh importir, pengepul, dan cukong kelas atas. Sehingga penentuan dan permainan harga oleh mereka. Nanang tak dapat menentukan harga sarang walet perkilogram menurut kehendaknya. Jelaslah hal ini merugikan petani sarang walet seperti dirinya dimana mereka menjualnya dengan harga rendah. Sedangkan pengepul kelas atas menjual kembali dengan harga sangat tinggi untuk pasar ekspor.

Oleh sebab itu, kini pria yang akrab disapa Nanang ini memilih berjualan sarang burung walet siap makan melalui perantara para penyalur kelas atas di dalam negeri yang membelinya dengan harga tinggi. Selain itu, pria tampan ini berusaha memasarkan sarang burung walet ke berbagai mancanegara dengan cara bekerjasama dengan beberapa pihak tenaga kerja Indonesia yang masih bekerja di luarnegeri untuk menjual sarang walet secara langsung kepada konsumen. Seperti TKW maupun TKI di negara Singapura, Jepang, Hongkong, Taiwan, China dll baik itu langsung maupun tak langsung dengan sistem prosentase keuntungan menggiurkan. Cara tersebut terbukti efektif untuk mendongkrak keuntungan usaha walet sekaligus penetrasi pasar baru di luar negeri.

Sementara itu, selain menggunakan media internet untuk meningkatkan pangsa pasar dalam negeri, khususnya meraih pembeli sarang walet, ia juga mengandalkan promosi dari mulut ke mulut untuk mendongkrak penjualan. Saat ini daerah pemasarannya meliputi seluruh Indonesia terutama Bali, Batam dan Jakarta yang memiliki paling banyak pelanggan. Sebab di daerah inilah banyak supermarket, restoran besar dan orang asing yang bersedia menerima sarang waletnya dan menjual lagi dalam jumlah besar.