Cara Membuat Rumah Burung Walet yang Disenangi Walet

26 Mei 2017

Bisnis burung walet merupakan salah satu jenis usaha yang menggiurkan. Bagaimana tidak, dari beragam jenis ternak burung, burung walet tidak dapat diternak dengan sembarangan, tetapi memiliki metode yang digunakan, baik untuk pembuatan sarang burung, lalu juga untuk membuat tertarik dengan sarang burung yang sudah anda buat, dan lain sebagainya. Memang, burung walet merupakan salah satu burung yang istimewa. Terdapat beberapa hal yang harus anda ketahui tentang burung walet, salah satunya adalah sarang walet rumahan, yang memang harus anda miliki.

Sarang burung walet tidak semudah sarang burung pada biasanya, tetapi juga membutuhkan banyak trik khusus. Terdapat banyak sekali pilihan yang dapat anda ambil, seperti membuat sarang langsung dengan menggunakan kayu yang sederhana, untuk melakukan minimalisasi budget, atau bahkan dengan metode pembuatan rumah yang dapat anda miliki, tetapi tentunya dengan budget yang lebih tinggi. pilihan tersebut memang dapat anda tentukan, dan menyesuaikan dengan budget yang anda miliki.

Lalu, apa saja kelebihan yang dimiliki oleh burung walet? Jika biasanya, anda hanya memlihara burung dengan maksud untuk melakukan penjualan dengan burung tersebut, maka berbeda dengan burung yang satu ini. Bahan yang akan anda jual, bukanlah burung tersebut, tetapi sarang atau air liur yang memang memiliki khasiat yang sangat bagus dalam bidang kesehatan. Satu sarang yang memiliki air liur yang penuh, tentu akan memiliki harga hingga tiga juta rupiah ke atas, tergantung dari seberapa beratnya air liur tersebut saat melakukan timbangan. Jadi, anda dapat melakukan ternak dengan menjual air liur tersebut.
cara membuat rumah burung walet, burung walet, rumah burung walet, sarang walet, rumah walet, walet

Tentunya, dengan mengetahui penjualan yang dapat dilakukan, bukan berarti ternak air liur ini, mudah untuk dilakukan, karena walet bukan burung yang dapat dikekang, atau ditutup seperti burung lainnya, burung walet merupakan burung yang bergerombol, yang membuat sarang, jika memang merasa nyaman, dan tidak terancam, maka dari itu sangat penting untuk mengetahui sarang walet rumahan yang diperlukan, dan dapat menjadi tempat tinggal dari burung walet tersebut.

Membuat Sarang Walet Rumahan dengan Beragam Jenis yang Berbeda

Membuat sarang walet rumahan tentunya bukan hal yang mudah, tetapi memiliki banyak tips dan juga trik yang dibutuhkan. Salah satunya adalah jika anda memang memiliki budget yang sudah disesuaikan, maka anda dapat memilih beberapa pilihan yang ada di bawah ini, tetapi jika anda memang memiliki budget yang sangat besar, maka pilih juga rumah dengan budget yang sesuai. Tetapi, belum tentu sarang yang sederhana tidak menarik bagi walet, karena banyak cara yang dapat anda pakai, untuk menarik burung walet kedalam sarang yang telah anda buat. Beberapa jenis sarang burung walet yang dapat anda buat adalah:

1. Sarang burung walet sederhana, merupakan pilihan bagi anda yang memang tidak memiliki banyak budget. Anda dapat menggunakan kayu, untuk membuat sarang walet dengan jenis 4x8 yang disesuaikan dengan kebutuhan anda. Cara pembuatannya cukup mudah, dengan balok kayu tersebut, anda dapat membuat bangunan sarang seperti burung merpati, tetapi dengan tingkat keluasan yang sangat banyak. Burung walet bukan burung yang suka berada di dalam bilik,  melainkan, langsung bergabung dengan sesame jenis dari burung walet tersebut.

Jika anda sudah mempunyai kerangka yang pas, yang tinggal anda cari adalah bagian penyekat dan juga penutup dalam sarang burung buatan anda. Usahakan, bahwa anda juga membuat penyangga yang cukup tinggi, untuk menarik perhatian dari burung walet. Selain itu, usahakan bahwa sarang dengan menggunakan kayu ini, jauh dari aktivitas rumah anda, bisa anda letakkan di kebun, atau pekarangan yang memang aman, agar burung walet tidak perlu merasa takut, bahwa sarang yang dimilikinya akan dijamah oleh yang lain.

2. Sarang burung walet, selanjutnya adalah sarang burung walet semi rumahan. Sarang burung walet ini, biasanya dipilih jika anda memang memiliki budget yang cukup tinggi, dan memiliki rumah yang dapat diberikan renovasi. Hal ini karena memang anda menginginkan burung walet untuk memiliki sarang dalam rumah anda, itu artinya anda harus meninggikan rumah anda, agar sarang yang anda buat menjadi nyaman untuk burung walet anda. Setelah anda membuat sarang dibagian paling atas rumah, maka anda dapat merenovasi pada bagian atap, dimana anda menggunakan kayu yang dibuat pola, untuk membuat pijakan bagi tempat burung walet tersebut.

Burung walet memang suka sekali membuat sarang di tempat yang memiliki pijakan. Selain itu, usahakan bahwa anda tidak meletakkan kaca atau jendela sama sekali, hal ini karena memang burung walet lebih suka untuk tenang, dan tidak terlalu banyak terkena sinar matahari. Maka dari itu, anda dapat memberikan sedikit pintu masuk saja, yang digunakan untuk burung walet melakukan aktivitas pada sarangnya.

3. Sarang burung walet rumahan, merupakan salah satu sarang burung walet yang dapat digunakan untuk anda, yang memiliki budget besar, beserta tanah atau rumah kosong yang dapat anda gunakan. Caranya cukup mudah, anda tinggal membangun gedung, seperti rumah pada umumnya seperti lantai tiga, dan tidak perlu diberi penerangan alami, dalam artian jendela dan lain sebagainya secara banyak, seperlunya saja. Tembok yang telah anda buat, maka anda dapat lapisi dengan semen bewarna abu-abu, dan tidak perlu diberi cat lainnya.

Di setiap lantai, usahakan anda memberikan bongkahan kayu, yang dapat dipakai untuk berpijak burung walet tersebut. Hal ini sangat penting, untuk membuat burung walet nyaman, dan karena anda memiliki sarang yang besar, maka hal tersebut merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan untuk menarik banyak burung walet. Terdapat beberapa lubang kecil yang nantinya akan dipergunakan untuk keluarnya walet di beberapa bagian gedung tersebut, jangan terlalu besar, tetapi hanya seperti ventilasi yang memudahkan walet untuk keluar masuk, ketika hendak mencari makanan, dan lain sebagainya.

Cara Menarik Walet Untuk Masuk Ke Sarang Walet Rumahan Anda
Setelah anda mengetahui bagaimana membuat sarang walet rumahan, yang disesuaikan dengan budget anda, tinggal bagaimana anda mencari cara yang tepat untuk menariknya masuk ke dalam sarang yang telah anda buat, beberapa cara yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut ini:

▪ Tariklah burung walet dengan menggunakan kotoran burung walet yang disebarkan dalam sarang. Hal ini tentunya untuk mengundang agar burung walet dapat masuk dan datang ke dalam sarang anda. Kotoran burung walet ini, dapat diberikan air, lalu ditempelkan ke banyak sisi, agar memudahkan penciuman dari para burung walet.

▪ Aroma buatan dari sarang burung walet yang dijus dengan air, juga merupakan salah satu cara yang dapat anda gunakan, untuk menarik perhatian dari burung walet. Seperti yang kita tahu, harga sarang burung walet memang cukup tinggi, tetapi bukan berarti anda tidak dapat mencari yang memiliki harga standar. Sekarang ini banyak sekali jenis dari sarang burung yang memang gagal dijual tinggi, karena tidak sesuai dengan standar, semisal tidak bersih, lalu terdapat hewan di dalamnya, yang mengurangi harga dari sarang burung walet. Tentunya, hal ini dapat anda jadikan sebagai terobosan untuk membuat jus dari sarang burung walet, yang diseprotkan kepada ruangan atau sarang burung yang memang telah anda buat, lalu akan menarik perhatian dari para burung walet.

▪ Semprotan aroma burung walet, dapat menjadi alternatif, jika memang anda tidak memiliki kesempatan untuk membuat adonan sendiri. Tentunya, harga yang ditawarkan oleh aroma ini beragam, mulai dari ratusan ribu, tergantung berapa liter dan jenis yang anda pilih. Cara penggunaannya juga tidak terlalu berbeda dengan cara yang lain, yaitu melakukan penyemprotan untuk menarik burung walet agar masuk ke dalam sarang yang ada di dalamnya.

Bagaimana? Ternyata memang perlu sekali mengetahui tentang cara membuat sarang walet rumahan dan juga tips untuk menarik burung walet bukan? Burung walet memang bukan burung biasa, yang dapat dibeli dan dikembangbiakan, anda harus mengetahui jenis atau kriteria burung walet lebih lanjut, jika ingin melakukan perkembangbiakan dengan sempurna. Hal ini karena memang, jika hanya membuat sarang dan menarik perhatian, dan tidak memikirkan aspek lain, maka terdapat kemungkina bahwa anda ternyata tidak mengetahui cara mengambil air liur, dan lain sebagainya. Maka dari itu, pilihlah yang memang sesuai dengan pilihan anda, dan jangan sampai setelah anda membangun sarang besar, anda tidak dapat melakukan manajemen terhadap sarang yang telah anda buat.

Banyak sekali pilihan yang tentunya dapat anda ambil, dan banyak pula referensi yang dapat anda baca. Jika anda memang serius, dan telah mengetahui setiap step di dalamnya, maka anda tentu akan dapat sukses melakukan kembang biak, untuk burung walet, dan dapat menjual air liur yang ada di dalam sarangnya, dengan harga jual yang tinggi di dalam pasaran.