8 Cara Membuka Bisnis Jualan Ganset Untung Jutaan per Bulan

22 Maret 2018

Usaha jualan genset merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan saat ini. Kebutuhan listrik termasuk kebutuhan utama manusia sehari-hari di zaman modern. Segala aktivitas pekerjaan dan barang-barang elektronik tidak bisa dilepaskan dari listrik. Seperti mesin cuci, menjahit, mengerjakan tugas di komputer, menanak nasi, menonton televisi dan lain sebagainya. Apalagi untuk sebuah usaha seperti warung, toko dan minimarket serta sejumlah lembaga dan instansi memerlukan pasokan lisrik yang konsisten.

Namun dikarenakan hal tertentu, pasokan listrik dari PLN terhenti. Sehingga mengganggu aktifitas pekerjaan. Atas kenyataan ini menimbulkan peluang usaha baru yakni bisnis jualan genset listrik.

8 Cara Membuka Bisnis Jualan Ganset Untung Jutaan per Bulan
Bagi anda yang ingin membuka usaha jualan ganset memerlukan panduan bagaimana cara membuka usaha jualan ganset yang sukses dari awal hingga akhir. Lalu bagaimanakah cara memulai usaha jualan ganset listrik dari awal sampai siap beroperasi? Berikut ini 8 cara membuka bisnis jualan ganset untung jutaan per bulan bagi pemula, antara lain:

1. Niatkan untuk ibadah
Sesungguhnya segala sesuatu tergantung niatnya. Untuk memulai bisnis jualan genset mesti diawali dengan niat untuk ibadah kepada Allah SWT. Sebagai ladang amal untuk menafkahi keluarga, anak dan istri. Dengan niat awal untuk ibadah maka usaha jualan ganset listrik ke depannya bisa berjalan lancar, menguntungkan dan barokah.
usaha ganset, bisnis genset, ganset, genset, mesin genset, cara bisnis genset, usaha jualan ganset

2. Pasokan genset listrik
Untuk mendapatkan ganset listrik untuk anda jual kembali maka anda bisa membeli ganset listrik di distributor besar ganset listrik di daerah anda. Atau sobat bisa membeli genset listrik di toko online terpercaya dalam jumlah banyak sehingga mendapatkan potongan harga yang cukup besar. Pendek kata, pastikan anda membeli ganset listrik dengan harga yang murah. Supaya margin keuntungan yang sobat dapatkan bisa lebih besar. Namun lebih bagus lagi jika sobat mampu membuat genset listrik sendiri yang diberi brand sendiri. Sehingga keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar.

3. Promosi usaha
Untuk membuat sukses bisnis jualan ganset tidak bisa dilepaskan dari promosi yang dilakukan. Hal ini dilakukan supaya masyarakat sekitar mengetahui keberadaan bisnis jualan ganset yang sobat lakukan. Sehingga jika mereka membutuhkan ganset listrik maka akan mendatangi atau menelepon gerai usaha jualan ganset listrik yang anda dirikan.

Ada berbagai cara promosi bisnis jualan ganset listrik, antara lain membagikan brosur kepada masyarakat sekitar, memasang poster, memasang spanduk, pamflet, neon box, reklame, promosi dari mulut ke mulut, mengikuti pameran, workshop, car free day, pasar kaget, pasar malam, dan acara lain sebagainya. Dan tak boleh dilupakan untuk melakukan promosi bisnis jualan ganset di internet. Anda bisa menggunakan media sosial, marketplace, blog dan forum untuk mempromosikan bisnis jualan ganset maupun penyewaan ganset yang anda tekuni.

4. Membuka gerai usaha jualan genset di lokasi strategis
Usaha berjualan genset listrik bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti door to door, keliling, sistem cicilan maupun dengan membuka gerai pusat penjualan genset di lokasi strategis yang mudah dijangkau oleh banyak orang. Seperti di pusat keramaian orang, pinggir jalan yang ramai oleh lalu lintas kendaraan bermotor, dekat minimarket, dekat pasar modern dan tradisional, dekat kantor dan lain sebagainya.

Namun jika anda kebetulan mempunyai rumah di tempat strategis tersebut maka anda bisa membuka gerai usaha jualan genset secara rumahan di depan rumah dengan memanfaatkan pekarangan rumah atau teras. Hal ini dilakukan sangat banyak manfaatnya antara lain mengurangi biaya pengeluaran modal usaha ganset untuk sewa tempat dan menjalankan bisnis ganset sekaligus membesarkan anak tercinta.

5. Merekrut karyawan penjualan
Untuk meningkatkan penjualan genset listrik perhari maka anda tidak bisa mengandalkan tenaga sendiri. Sobat bisa merekrut tenaga marketing dengan sistem komisi. Setiap ganset listrik yang terjual maka tenaga marketing mendapatkan komisi yang cukup besar. Semakin banyak tenaga marketing maka penjualan genset akan meningkat pesat perhari yang berdampak keuntungan yang bisa anda raih lebih besar lagi.

6. Buka cabang
Setelah satu gerai usaha jualan genset listrik di lokasi strategis berhasil maka anda bisa membuka cabang usaha jualan genset listrik di tempat lain. Dengan semakin banyak cabang maka keuntungan bisnis jualan genset akan semakin lebih besar lagi. Anda bisa merekrut karyawan baru untuk mengelola toko genset listrik yang anda miliki di tempat baru.

7. Kerja keras
Segala sesuatu bisnis dan usaha akan berhasil jika ditekuni secara serius dan kerja keras serta sesuai passion. Begitupula dalam bisnis jualan genset listrik memerlukan kerja keras supaya usaha ini bisa berhasil dan menghasilkan untung jutaan perbulan. Selain itu, pastikan anda memulai bisnis jualan dan sewa genset sesuai dengan passion anda. Sehingga anda mengerjakan bisnis ini dengan senang hati, gembira dan penuh semangat.

8. Pantang menyerah
Terakhir cara membuka bisnis jualan ganset untung jutaan perbulan dengan cara memiliki sifat pantang menyerah. Bagaimanapun dalam melakoni sebuah bisnis seperti jualan ganset listrik pastinya sobat akan mengalami kendala dan hambatan. Namun semua itu jangan menghalangi kesuksesan sobat dalam bisnis ganset. Teruslah berjuang dan terus berjualan ganset sampai sukses. Kegagalan dalam memulai bisnis ganset harus dicari solusinya.

Prospek Bisnis Jualan Genset
Untuk itulah, peluang bisnis jualan ganset menjadi pilihan usaha yang sangat bagus sekarang ini. Karena krisis akan energi listrik tidak akan pernah berakhir dan setiap hari sebuah rumah tangga atau kantor memerlukan pasokan listrik yang terus menerus. Dengan menggunakan ganset ketika arus listrik dari PLN terhenti dalam masa tertentu maka sebuah rumah atau kantor dapat terus menyala mendapatkan pasokan listrik dari genset secara otomatis. Anda bisa membuka usaha jualan ganset sekaligus usaha rental ganset serta jasa reparasi ganset untuk menambah penghasilan.

Sementara itu, mungkin anda bertanya sebutkan beberapa pangsa pasar dari usaha bisnis genset? Untuk menjawabnya sangat mudah. Pangsa pasar bisnis jualan genset sangat luas. Setiap orang membutuhkan genset listrik untuk memastikan pasokan listrik di kantor dan rumahnya terjaga dengan baik tanpa terkendala mati listrik oleh PLN. Melihat kenyataan bisnis jualan ganset sangat menguntungkan ini membuat para pengusaha pemula tertarik untuk membuka usaha ini. Peluang usaha ini bisa dijalankan oleh semua kalangan baik karyawan, ibu rumahtangga, pengangguran, anak muda, dan kalangan lain sebagainya.

Analisa Usaha Jualan Ganset
Setiap jenis usaha pastinya mempunyai kompetitor atau pesaing. Begitupula dalam bisnis jualan ganset listrik. Namun berdasarkan analisis penulis, usaha jualan genset listrik di kota sudah sangat banyak pesaing. Tapi karena pangsa pasar yang sangat luas membuat usaha jualan genset di kota masih tetap menjanjikan. Sedangkan jika anda membuka usaha jualan genset di pedesaan lebih bagus lagi sebab masih sangat jarang pesaing. Hal inilah yang membuat peluang bisnis jualan genset listrik lebih menjanjikan dijalankan di wilayah pedesaan.

Tips Sukses Bisnis Jualan Ganset
Jika anda ingin membuka bisnis jualan ganset listrik yang langsung sukses maka memerlukan beberapa tips dan strategi untuk berhasil dalam bisnis jualan ganset. Berikut ini tips sukses bisnis jualan ganset listrik bagi pemula, antara lain:

1. Menguasai dan memahami cara kerja genset
Sebuah bisnis jualan ganset bisa sukses dimulai dari pengetahuan anda terhadap genset yang anda jual yang disebut produk knowledge. Sehingga anda dengan mudah meyakinkan dan melobi konsumen untuk membeli genset listrik yang anda jual beserta kelebihannya.

2. Menentukan pangsa pasar yang hendak dibidik
Anda bisa membuka bisnis jualan ganset dengan target konsumen kalangan rumahtangga maupun kalangan kantor dan instansi pemerintah.

3. Pelayanan yang memuaskan bagi konsumen
Konsumen adalah raja. Anda harus memperlakukan konsumen dengan memberikan pelayanan terbaik dan memuaskan. Seperti menyediakan jasa layanan antar gratis, layanan service gratis, garansi satu tahun, melayani dengan ramah, sopan dan bersahabat.

4. Harga genset
Untuk membanderol harga ganset listrik maka anda bisa menyesuaikan dengan harga pasar. Namun jika anda ingin bisnis ganset laris manis maka anda bisa memenangkan persaingan bisnis ini dengan cara menjual ganset listrik lebih murah dari harga di pasaran.

5. Usaha rental genset
Selain membuka bisnis jualan genset maka anda bisa pula membuka usaha penyewaan genset. Karena usaha rental genset merupakan peluang bisnis yang cukup menggiurkan untung besar. Mengingat banyak orang lebih memilih menyewa genset listrik untuk keperluan tertentu seperti hajatan, pesta pernikahan, dan acara penting lainnya ketimbang membeli genset listrik yang harganya lebih mahal. Anda bisa menyewakan genset listrik dengan harga rental genset sesuai harga pasaran. Misalnya Rp 200 ribu perhari. Sebagai jenis usaha rental maka usaha penyewaan genset listrik hanya membutuhkan modal kecil berupa genset listrik yang baru maupun bekas. Asalkan kondisinya masih bagus.

Proposal Usaha Jualan Genset Listrik
Salah satu yang harus dipersiapkan dalam membuka bisnis jualan ganset adalah modal keuangan. Jika modal usaha jualan genset sudah memadai maka anda bisa menjalankan usaha jualan genset dengan lancar dan menguntungkan. Namun jika anda kesulitan untuk mendapatkan modal usaha untuk berjualan genset listrik maka sobat bisa mengajukan proposal usaha untuk mendapatkan permodalan. Proposal usaha bisnis ganset listrik tersebut diberikan kepada sanak kerabat, anggota keluarga, kenalan, investor, rekan kerja, sahabat, tetangga dan kalangan lain sebagainya yang tertarik menginvestasikan uang mereka pada bisnis jualan genset yang sobat miliki. Tawarkan bagi hasil yang saling menguntungkan.