Daftar Harga Sarang Walet Terbaru Berdasarkan Kelasnya

21 Mei 2017

Semakin banyak saja orang yang tergiur dengan budidaya sarang burung walet. Ya, sarang burung walet memang terbilang remeh bagi yang belum paham. Padahal, bisnis sarang burung walet bisa menghasilkan uang hingga milyaran rupiah. Uang yang sangat banyak bukan? Bisnis sarang burung walet juga terbilang gampang gampang susah. Hal ini lantaran sarang burung walet dibentuk sendiri oleh burung walet. Burung walet memang istimewa. Mereka membuat sarangnya menggunakan air liurnya.

Sejak dulu, penelitian telah menyebutkan bahwa sarang burung walet mampu dijadikan bahan obat dan bahan makanan. Bahan obat yang terbuat dari sarang burung walet bahkan dikenal sebagai obat mujarab. Negeri yang sering mencari sarang burung walet terutama untuk dijadikan bahan obat adalah China. Obat dari negeri China yang terbuat dari sarang burung walet dikenal sebagai obat untuk masalah reproduksi, paru paru, panas dalam, dan lain sebaginya. Selain itu, di China dan beberapa negara lainnya pun menggunakan sarang burung walet untuk dijadikan bahan makanan. Itulah mengapa harga dari sarang burung walet walau terbuat dari air liur ini menjadi sangatlah mahal.
harga sarang burung walet, sarang walet, harga sarang walet, walet, burung walet, harga walet terbaru

Hal yang Membedakan Harga Sarang Walet
Bisnis sarang burung walet nampaknya sudah sangat familiar oleh masyarakat. Banyak orang yang sudah berkecimpung dengan bisnis sarang burung walet. Mulai dari daerah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara dan daerah daerah lainnya sudah mudah ditemukan para petani sarang burung walet. Hal ini dikarenakan lantaran bisnis ini terbilang mudah walau modalnya cukup besar.

Apalagi, dengan ditemukannya cara membuat rumahan sarang burung walet membuat membudidayakan sarang burung walet menjadi mudah tanpa harus pergi ke goa goa. Tetapi, untuk para pebisnis sarang burung walet yang baru berkecimpung di bisnis ini, perlu sekali mengetahui kisaran harga sarang walet. Harga yang membanderol sarang burung walet memang berbeda beda. Ada beberapa hal yang membedakan harga sarang walet. Berikut adalah penjelasannya:

▪ Bentuk
Harga dari sarang burung walet sangat tergantung berdasarkan bentuknya. Perlu diketahui, bentuk dari sarang burung berbeda beda. Yang pertama ada yang berbentuk mangkok. Sarang burung berbentuk mangkok ini adalah bentuk yang sempuna, dengan klasifikasi bentuk terbaik atau grade A. Bnetuk ini adalah bentuk yang paling diincar, asalkan tidak pecah, retak, dan juga kuat. Lalu selanjutnya adalah bentuk sudut. Bentuk ini seperti namanya berupa sarang burung yang menempel pada sudut sudut ruang. Bentuk ini juga biasa disebut dengan bentuk segitiga. Bentuk lainnya yang biasa dijual dipasaran adalah bentuk patahan. Sedangkan bentuk yang terakhir adalah hancuran atau tidak berbentuk.

▪ Warna
Ada juga perbedaan harga dari warna sarang burung walet. Sarang burung walet bisa berwarna putih, bisa juga berwarna lainnya seperti warna kekuningan atau juga berwarna kehitaman. Untuk warna yang dibanderol paling mahal adalah warna putih. Tetapi, banyak juga justru membuat kecurangan soal warna ini. Banyak ditemui sarang burung walet yang sudah diberikan pewarna tambahan agar lebih putih. Perlu sekali kecermatan agar tidak tertipu harga sarang burung putih yang sudah tidak asli lagi.

▪ Goa Atau Rumah
Harga sarang burung rumah yang diberasal dari rumahah biasanya lebih mahal dari sarang burung walet asli goa. Terlebih untuk sarang burung budidaya rumahan dengan mutu yang terjaga seperti berbentuk mangkok, berwarna putih dan juga kokoh. Harganya bisa sangat jauh dari harga yang berasal dari goa.

Bagi anda yang sedang ingin membeli sarang burung walet, perlu sekali diketahui cara membedakan mana yang asli dan palsu. Harga sarang burung walet asli dan palsu bisa saja tidak berbeda. Jika sudah begitu, para pembelilah yang akan merasakan kerugian. Perlu diketahui, harga sarang walet yang asli dengan tanpa tambahan apapun yang bersifat kecurangan memang mahal. Namun, jika untuk digunakan sebagai bahan obat atau juga bahan makanan, tentu saja pilihan utama tetaplah sarang burung walet asli. Terlebih untuk urusan ekspor. Apalagi pembeli sarang walet biasanya cukup paham masalah kualitas sarang walet.

Jika anda sedang menggiati bidang ekspor dan impor sarang burung walet yang asli, maka jangan sekali kali mencoba untuk bermain curang. Pihak luar, terutama dari negeri China biasanya sudah sangat paham dengan membedakan sarang burung asli dan yang palsu. Jika anda ingin tahu bedanya, berikut adalah caranya:

1) Dari segi baunya, untuk sarang burung walet palsu tidak berbau amis sedangkan yang asli berbau amis mirip seperti putih telur. Hal ini disebabkan oleh sumber sarang burung walet yang memang berasal dari air liur.
2) Dari segi transparansi, sarang burung asli akan lebih terlihat semi transparan sedangkan untuk yang palsu tidak transparan. Bahkan untuk sarang burung yang palsu dapat memantulkan cahaya.
3) Sarang burung walet yang asli dirasakan cenderung kering sedangkan yang palsu cenderung basah.
4) Jika pecah atau remuk, sarang burung walet akan menjadi butiran butiran kecil seperti debu sedangkan untuk yang palsu menjadi bagian bagian yang besar.
5) Jika direndam dalam air, sarang burung walet asli lebih mengembang dan bentuknya bisa menjadi dua kali lipat. Hal ini dikarenakan sarang burung walet asli memiliki daya absorpsi yang tinggi. Sedangkan untuk yang palsu tidak menyerap air.
6) Begitu juga dalam perubahan air yang digunakan untuk merendam. Jika sarang walet palsu, akan membuat air rendaman menjadi keruh atau berubah lantaran pewarna yang luntur.

Harga Sarang Walet Terbaru
Untuk anda yang sedang mencari tahu harga sarang walet, terutama untuk harga terbaru ini, anda sedang berada di laman yang tepat. Di sini akan dibagikan informasi mengenai kisaran harga terbaru. Namun sebagai catatan, harga dari sarang burung walet tidaklah pasti. Harga dari tengkulak kepada petani pun bisa sangat berbeda. Dan biasanya, para tengkulak atau pedagang besar akan merahasiakan juga harga yang disepakati dengan para pembudidaya sarang burung walet.

Sekedar informasi, harga dari sarang burung walet bisa terbilang fluktuatif. Para petani sarang burung walet sering menjerit lantaran harga jual yang begitu rendah sehingga sering tidak menguntungkan bagi para petani. Masalah umum yang paling membuat sarang burung walet menjadi sangat murah adalah kebjiakan impor walet dari Indonesia oleh Cina. Adanya pajak yang tinggi membuat para importir Cina menginginkan penurunan harga dari petani. Jika sudah begitu, para petanilah yang tidak bisa berbuat banyak. Untuk bisa memberi gambaran harga sarang burung walet terbaru yang dibudidayakan dari rumahan, berikut adalah daftarnya:

▪ Sarang Burung Walet Mangkok
Harganya berkisar antara 9 juta hingga 12 juta rupiah per kilogramnya

▪ Sarang Burung Walet Sudut
Harganya berkisar 7 juta rupiah per kilogramnya

▪ Sarang Burung Walet Patahan
Harganya berkisar antara 5 sampai 6 juta rupiah per kilogramnya

▪ Sarang Burung Walet Hancuran
Biasanya dihargai sekitar 2 juta rupiah per kilogramnya.

Harga tersebut berbeda dengan harga sarang burung walet yang dibudidayakan dari goa. Biasanya, untuk sarang burung walet mangkok berkisar antara 6 juta rupiah dan untuk bentuk sudut harganya sekitar  4 juta rupiah. Itulah kisaran harga untuk sarang burung walet ini. Anda yang sedang mencari ide bisnis apa untuk dilakoni, tidak ada salahnya untuk berbisnis sarang burung walet. Sarang burung walet memang masih menjadi sarang burung istimewa dan menjanjikan. Bagaimana tidak, dengan modal besar diawal dan biaya operasional yang tidak terlalu besar, keuntungan bisa didapatkan dimasa depan dengan tanpa batas. Untuk urusan balik modal pun terbilang cukup cepat.

Tentu saja, jika melihat dari harga sarang walet pasaran, modal besar untuk membuat bangunan rumahan yang digunakan sebagai tempat tinggal burung walet pun akan cepat kembali. Misalnya saja modal awal membutuhkan 400 juta untuk tanah, bangunan, dan segala alat bahan yang dibutuhkan untuk bisa mengundang dan membuat betah burung walet. Maka, dengan waktu tidak sampai 2 tahun sudah bisa membuat modal kembali seluruhnya. Bahkan ada pula yang bisa meraup untung banyak dengan cepat jika mengetahui tipsnya. Ya, tips untuk bagaimana membuat rumahan yang disukai burung walet adalah kunci.

Dan untuk kunci membuat burung walet betah untuk tinggal ada dua, yang pertama adalah soal kelembaban dan juga soal suhu. Buatlah rumahan yang terjaga suhunya antara 27-29 derajat saja dan juga kelembaban ruangan yang tinggi berkisar di angka 85%. Dengan begitu, anda bisa berharap hasil panen sarang burung walet yang harganya sangat tinggi. Selain itu, bagi anda yang tidak memiliki modal banyak saat ini pun sudah banyak dibagikan cara membuat sarang burung walet dengan modal terbatas namun tetap menguntungkan.

Jika dilakukan dengan tepat, maka dalam waktu setahun anda bisa memanen sarang burung walet sebanyak 2 hingga 4 kali dalam setahun. Jika rata rata sekali panen mencari 15 kilogram, bisa anda hitung sendiri berapa keuntungan yang bisa didapat. Dan juga apabila hasil panen telah konsisten, anda bahkan bisa mengatur sendiri harga sarang burung walet yang diinginkan kepada para agen, tengkulak, atau bahkan bisa ekspor dan impor sendiri.