Cara Membuka Usaha Bisnis Pecel Lele yang Laris Manis

21 September 2017

Saat ini mencari pekerjaan bukanlah hal mudah. Bisa dikatakan sulit. Apalagi jumlah lulusan sekolah dan universitas setiap tahun terus bertambah. Sehingga membuat persaingan sangat ketat dalam memperoleh lapangan kerja. Satu posisi lowongan kerja di sebuah perusahaan biasanya diperebutkan oleh ribuan para pelamar kerja.

Bahkan kini para lulusan sajana sulit mendapatkan kerja hingga mereka harus melamar kerja yang dikhususkan untuk SMA. Hal itu sebenarnya sudah terjadi beberapa tahun ke belakang. Dan saat ini mencapai titik puncaknya. Bagi seseorang yang sulit untuk memperoleh lapangan kerja maka tak ada salahnya untuk mencoba menciptakan lapangan kerja baru dengan cara membuka bisnis usaha berjualan pecel lele.
usaha pecel lele, bisnis pecel lele, dagang pecel lele, pecel lele, usaha bisnis pecel lele, jualan pecel lele

Keuntungan Bisnis Usaha Pecel Lele
Ada banyak keuntungan membuka bisnis pecel lele baik secara gerobak, rumahan maupun warung pecel lele permanen, antara lain:

1. Mudah Mengelola
Bisnis berjualan pecel lele tidak ribet. Anda hanya perlu menyediakan gerobak, tempat usaha, beberapa lele sebagai bahan baku pecel lele, sambal dan lain-lain.

2. Modal Kecil
Modal uang yang dikeluarkan untuk membuka bisnis usaha pecel lele tidaklah besar. Dengan modal kecil seseorang sudah bisa memulai bisnis kuliner pecel lele. Sehingga bisnis ini sangat cocok dijalankan oleh siapapun yang memiliki modal minim namun ingin untung besar dalam berwirausaha. Berikut ini rincian biaya modal usaha pecel lele, antara lain:

▪ Gerobak pecel lele harga Rp 2 juta.
Untuk menghemat keuangan maka anda bisa membuat gerobak sendiri. Cara membuat gerobak pecel lele sangat mudah. Anda bisa mempelajarinya dari para pedagang pecel lele, melalui paman google dll. Untuk desain gerobak pecel lele haruslah dibuat seunik dan semenarik mungkin

▪ Tenda. Untuk harga tenda pecel lele sekitar Rp 500 ribuan.

▪ Sewa lokasi
Untuk usaha pecel lele bisa konsep warung maupun gerobak kaki lima.Desain warung pecel lele harus mampu menarik banyak orang untuk mengunjunginya. Atau cara yang paling mudah anda bisa mencari warung pecel lele dijual kemudian anda beli dan desain ulang sehingga lebih menarik. Harga sewa lokasi usaha di tempat strategis sekitar Rp 10 juta pertahun. Harga tersebut berbeda beda di setiap daerah dan wilayah masing-masing.

3. Pangsa Pasar Sangat Besar
Jumlah penggemar kuliner pecel lele sangat banyak di Indonesia. Baik dari kalangan menengah bawah hingga atas. Makanan ini sudah merakyat dan tak asing lagi mendengarnya. Jika mendengar pecel lele maka banyak orang mengingat makanan yang enak dan lezat. Hampir semua kalangan menyukai pecel lele dari mulai anak anak hingga orang dewasa. Apalagi harga pecel lele per porsi plus sepiring nasi dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Membuat bisnis berjualan pecel lele selalu ramai dikunjungi para pembeli.

Baca juga » 17 Usaha Tanpa Modal Besar, Hasil Besar, Menguntungkan

Usaha Waralaba Pecel Lele Lela
Usaha pecel lele sangat mudah kita temukan di pinggir jalan ketika sore hari hingga malam hari dengan konsep gerobak pecel lele. Namun di sebagian daerah tertentu di Indonesia, anda akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan gerai usaha pecel lele. Inilah yang menjadi peluang bisnis bagi anda untuk membuka usaha bisnis pecel lele yang laris manis. Dikarenakan penjualan pecel lele sangat mudah. Disebabkan jumlah penggemar kuliner ini sangat besar di Indonesia dari kota hingga desa.

Jika anda kesulitan dalam membuat menu masakan pecel lele maka ada cara paling mudah dalam membuka bisnis usaha pecel lele yaitu dengan bergabung dalam waralaba pecel lele. Ada banyak franchise pecel lele. Dan yang paling populer adalah usaha pecel lele lela yang berarti lebih laku. Semua bahan baku, panduan dan peralatan usaha disediakan oleh pihak franchisor.

Untuk memulai bisnis usaha pecel lele secara waralaba maka anda harus menyiapkan modal investasi yang ditetapkan oleh pihak franchisor. Misalkan untuk waralaba pecel lele lela disyaratkan anda menyetorkan biaya investasi sebesar Rp 100 juta. Denga biaya investasi sebesar itu, anda memperoleh berbagai peralatan dan perlengkapan usaha, gerobak pecel lele, bahan baku, pelatihan usaha dan karyawan, resep pecel lele, SOP dan lain sebagainya.

Dengan membuka usaha waralaba pece lele maka anda tidak perlu repot membuka usaha pecel lele dari nol. Anda bisa langsung buka usaha pecel lele dengan mudah dan manajemen yang rapi serta terbukti berhasil. Para pelanggan dari waralaba lela sudah sangat besar di Indonesia. Dipastikan gerai usaha pecel lele waralaba lela selalu ramai didatangi para pembeli bahkan mereka harus rela antri untuk mendapatkan satu porsi menu pecel lele.  

Cara Membuka Usaha Bisnis Pecel Lele yang Laris Manis
Namun untuk membuka usaha pecel lele yang laku keras diperlukan sebuah kunci rahasia sukses dalam memulai bisnis pecel lele. Tanpa panjang lebar, berikut ini cara membuka usaha bisnis pecel lele yang laris manis, antara lain:

1. Lokasi strategis
Untuk membuka usaha berjualan pecel lele yang laku keras di pasaran, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih lokasi usaha yang sangat strategis bagi bisnis jualan pecel lele. Salah satu tempat strategis bagi usaha pecel lele adalah di pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lintas orang, dekat kampus, dekat perumahan warga yang padat penduduk, sekitar pusat perkantoran, dan tempat strategis lainnya.

Mengapa bisnis pecel lele harus dibuka di tempat strategis seperti dekat pusat perkantoran, dekat kampus dan perumahan padat penduduk? Sebab pada waktu istirahat atau ketika hendak makan siang dan makan malam maka orang-orang akan mencari makanan yang mampu mengenyangkan perut mereka. Dan salah satu pilihannya adalah menu makanan pecel lele beserta nasi dan sambal yang mantap.

Untuk memilih lokasi bagi usaha berjualan pecel lele, selain memperhatikan lokasi yang strategis, juga harus diperhatikan faktor keamanan dan kebersihan dari lokasi tersebut. Hal itu harus dilakukan supaya usaha bisnis pecel lele yang anda jalankan bisa berjalan lancar dan menguntungkan. Anda tentu tidak mau rugi jika buka usaha pecel lele kan? 

Pendek kata, dalam membuka usaha pecel lele tidaklah boleh mencari lokasi usaha yang sembarangan. Tapi harus diseleksi berdasarkan letak yang strategis, keamanan, kebersihan dari polusi dan lain sebagainya. Sebab anda akan rugi jika membuka usaha pecel lele di lokasi yang sepi dan rawan kejahatan serta tempatnya kotor.

2. Rasa Menu Pecel Lele
Dalam sebuah usaha kuliner seperti pecel lele maka yang harus diperhatikan pertama kali adalah rasa masakan dari pecel lele. Pastikan anda menjual pecel lele dengan rasa yang enak dan lezat serta berbeda dari para pesaing yang ada. Karena ini merupakan salah satu cara sukses berbisnis jualan pecel lele. Berdasarkan pengamatan penulis, jika anda menjual pecel lele yang enak dan lezat yang berbeda dengan para kompetitor maka dijamin laku keras dan orang akan berbondong-bondong membeli pecel lele di gerai gerobak usaha anda walaupun tempatnya terpencil sekalipun.

Apa yang membuat menu pecel lele jadi enak dan lezat? Berdasarkan pengalaman, menu pecel lele menjadi enak karena terbentuk dari beberapa bagian yaitu lele goreng yang enak dan lezat. Dimana digoreng ketika ikan lele masih segar. Sambal yang dibuat memiliki rasa yang enak dan lezat bercita rasa tinggi yang berbeda dengan pesaing. Lalu makanan nasi yang disajikan juga harus segar, tidak basi dan berbau. Penulis pernah makan pecel lele di sebuah restoran. Namun ternyata makanan nasi yang disajikan sudah basi sehingga muntah-muntah. Hal itu tentu membahayakan nyawa konsumen dan membuat bisnis pecel lele anda akan sepi pembeli.

Dari semua aspek itu, yang paling utama yang bisa membuat gerai usaha pecel lele laku keras adalah rasa sambal. Anda perlu melakukan berbagai uji coba sampai didapatkan sambal pecel lele yang lezat dan nikmat serta bercita rasa tinggi yang berbeda dengan para pesaing. Ada banyak orang di sekeliling anda yang pandai membuat sambal. Seperti orangtua, tetangga, sanak kerabat, dll. Anda bisa belajar dari mereka.

3. Penyajian yang Baik
Penyajian makanan pecel lele perlu diperhatikan secara seksama yang meliputi kebersihan alat-alat makan dan meja makan, penataan yang baik dari lalapan, ikan lele goreng serta sambalnya. Sehingga tampak menarik dan menggugah selera. Yang pada akhirnya memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

4. Inovasi dan Harga
Supaya para pelanggan tidak jenuh dengan menu pecel lele yang ada maka anda bisa melakukan inovasi dengan menu pecel lele dengan sambal kuah rendang yang kental misalnya. Sehingga tidak hanya mengandalkan sambal ulek terasi saja. Lalu anda bisa menambahkan dengan menu pecel ayam. Hal ini sudah terbukti sukses dijalankan di daerah Yogyakarta. Dan untuk masalah harga, pastikan harga satu porsi menu pecel lele sangat terjangkau bagi semua kalangan. Misalkan dari harga Rp 5000 sampai Rp 12 ribu per porsi lengkap beserta nasi, lalapan dan goreng tempe.

5. Nama Brand yang Unik
Untuk mengenalkan bisnis pecel lele anda kepada masyarakat umum maka anda perlu memberi nama usaha anda dengan nama yang unik dan mudah diingat dan dihafal orang. Seperti usaha pecel lele Lela yang laris manis berkat citra baik dan penamaan yang unik. Lela berarti lebih laku. Pendek kata, sebelum membuka usaha pecel lele, anda harus mempersiapkan merek atau branding bisnis pece lele sobat yang didukung oleh pelayanan yang prima, kebersihan terjaga dan rasa yang lebih lezat dari kompetitor.

6. Buka Cabang
Jika anda sukses membuka usaha bisnis pecel lele di satu tempat maka untuk meningkatkan omset dan keuntungan maka anda bisa membuka bisnis pecel lele di daerah lain yang juga potensial. Anda bisa mempekerjakan karyawan anda untuk membuka usaha pecel lele di daerah lain. Sehingga keuntungan bisa didapatkan berkali lipat. Sebagaimana hal yang dilakukan oleh usaha pecel lele lela yang membuka cabang di berbagai kota besar di Indonesia hingga ke luar negeri. Dalam sehari keuntungan bersih yang didapatkan sampai miliaran rupiah.

Demikianlah cara membuka usaha bisnis pecel lele yang laris manis yang intinya menarik banyak pembeli dan pelanggan pecel lele. Dengan melakukan cara di atas dipastikan usaha berjualan pecel lele di pinggir jalan dengan konsep restoran maupun gerobak kaki lima akan sangat menguntungkan dan laku keras serta cepat balik modal dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan.