Rincian Modal Usaha Cuci Mobil Buat Pebisnis Pemula

10 November 2016

Setiap orang bercita-cita memiliki sebuah usaha yang menguntungkan yang mampu mencukupi kebutuhan hidupnya. Diantara banyak jenis usaha tersebut ada yang membutuhkan modal besar dan ada yang memerlukan modal kecil. Namun semua pilihan itu disesuaikan dengan keinginan dan keuangan yang anda miliki. Salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk dijalani sekarang adalah bisnis pencucian mobil. Jenis usaha cuci mobil ini sangat popular dan mudah dijumpai di sudut kota dan desa atau di pinggir jalan raya baik skala besar maupun kecil.

Potensi usaha pencucian mobil disebut sebagai bisnis yang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Disebabkan setiap tahun jumlah orang yang mempunyai mobil bertambah banyak. Dan di masyarakat pembelian jumlah kendaraan mobil bertambah banyak. Dalam satu rumah bisa memiliki satu hingga dua mobil bahkan lebih. Di jalan raya berseliweran jumlah mobil yang sangat banyak.

Mobil-mobil di jalan raya itu tentu saja membutuhkan perawatan ekstra setiap hari agar tampak bersih, enak dipandang mata dan bisa menjaga daya tahan keawetan mobil. Salah satunya dengan mencuci mobil secara rutin. Namun akibat kesibukan aktifitas seringkali manusia sekarang ingin serba praktis. Mereka tidak mau repot dimana mereka lebih memilih mencuci mobil di gerai usaha pencucian mobil terdekat dengan biaya yang tidak seberapa. Ini adalah peluang usaha yang menguntungkan dengan membuka usaha cuci mobil.
modal usaha cuci mobil, bisnis cuci mobil, modal bisnis cuci mobil, rincian modal usaha cuci mobil, cuci mobil

Untuk memulai usaha cuci mobil dengan modal kecil bisa dimulai secara rumahan. Jika rumah anda berada di pinggir jalan yang ramai maka anda bisa membuka gerai usaha pencucian mobil di garasi atau di halaman rumah secara sederhana ataupun menggunakan alat pencucian otomatis.

Rincian Modal Usaha Cuci Mobil Buat Pebisnis Pemula
Adapun yang paling penting  dalam membuka usaha pencucian mobil modal usaha yang diperlukan adalah lokasi usaha dan perlengkapan alat cuci mobil. Jika lokasi usaha berada di depan rumah anda berarti anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat usaha. Namun jika rumah anda tak memungkinkan dijadikan lokasi usaha cuci mobil maka sobat bisa menyewa lokasi usaha yang strategis dengan harga pasaran sesuai daerah setempat.

Secara lebih lengkap berikut ini rincian modal usaha cuci mobil buat pebisnis pemula, antara lain : mesin hidrolik, selang air, sikat, ember, sabun, lap, kompresor dan lain sebagainya. Pendek kata modal usaha untuk membeli perlengkapan dan peralatan usaha seperti pompa air, sabun, semir ban, kompresor, ember cuci, lap, vacuum cleaner, selang, bak penampungan air, sikat, pengkilap cat dan lain sebagainya paling tidak menghabiskan biaya sekitar Rp 5 juta sampai Rp 6 juta.

Jika anda tidak mau ribet mengurusi segala permasalahan dari merek, promosi, karyawan dan perlengkapan usaha maka bisa membuka usaha franchise usaha cuci mobil. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di internet mengenai waralaba usaha pencucian mobil yang sangat banyak dan terkenal. Anda hanya diharuskan menyiapkan lokasi usaha dan biaya investasi.

Kunci Sukses Usaha Cuci Mobil
Pada awal buka usaha mungkin usaha pencucian mobil tidak terlalu ramai. Hal ini wajar karena hanya sedikit orang yang mengetahui keberadaan usaha bisnis cuci mobil anda. Namun jika anda ingin membuka usaha cuci mobil yang langsung laris manis dan dijejali para pelanggan, sobat mesti melakukan beberapa langkah strategis berikut ini, antara lain:

Lokasi Usaha
Carilah tempat usaha cuci mobil yang strategis dan mudah dijangkau orang dari berbagai arah. Lokasi usaha yang strategis biasanya di dekat pusat perbelanjaan, dekat pusat perkantoran dll. Lengkapi pula lokasi usaha dengan sistem drainase atau saluran air sehingga ketika mencuci mobil air tak tergenang. Hal ini untuk menjauhkan kesan dari kumuh dan kotor.

Karyawan
Peran seorang karyawan sangat penting yang mendukung kesuksesan sebuah usaha cuci mobil. Rekrutlah karyawan bagian pencucian mobil yang rajin sekali atau sangat giat bekerja keras. Berikanlah mereka gaji bulanan atau bisa pula menggunakan sistem harian atau dapat pula memakai sistem komisi. Semua terserah anda disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat. Lalu rekrut pula karyawan bagian administrasi  untuk menghitung arus masuk dan keluar uang hasil usaha cuci mobil.

Kombinasi
Selain itu, usaha pencucian mobil hendaknya dikombinasikan dengan bisnis lain. Seperti bengkel mobil, warung makan, pom bensin mini, warung kecil-kecilan, cafe makanan ringan dan minuman ringan, usaha cuci motor, usaha cuci helm, penjualan helm, usaha menjual suku cadang mobil, kios majalah, minimarket, dan usaha lain sebagainya. Hal ini untuk memanjakan para konsumen usaha cuci mobil selama menunggu. Dimana untuk menghilangkan kejenuhan bisa menikmati hidangan makanan dan minuman atau membaca majalah atau koran. Sekaligus kombinasi gerai usaha cuci mobil dengan gerai usaha lainnya pasti akan meningkatkan tambahan keuntungan usaha anda. 

Harga Murah
Aspek penting lainnya yang mendukung kesuksesan usaha pencucian mobil adalah memberikan harga yang terjangkau bagi semua kalangan. Berikanlah harga yang lebih murah daripada pesaing atau kompetitor tanpa meninggalkan kualitas yang baik. Misalnya pesaing memberikan harga Rp 30 ribu sekali cuci mobil maka sobat bisa mematok tarif Rp 25 ribu sekali cuci mobil.

Promosi
Hal penting yang tak boleh dilupakan adalah anda harus melakukan promosi terhadap keberadaan usaha pencucian mobil milik sobat. Agar masyarakat sekitar mengetahui keberadaan bisnis cuci mobil sobat. Sehingga mereka tertarik dan mencuci mobil di lokasi usaha cuci mobil anda. Promosi bisa dilakukan dengan cara membuat iklan brosur dan membagikannya ke daerah sekitar.

Diskon
Untuk meramaikan dan menarik banyak pelanggan bagi usaha pencucian mobil bisa melakukan ini yakni memberikan diskon khusus. Misalnya diskon 50 persen atau lima kali cuci mobil gratis 1 kali cuci mobil, undian berhadiah, hadiah langsung dan lain sebagainya.

Pelayanan
Berikanlah pelayanan yang ramah, jujur dan cepat. Sehingga membuat konsumen puas atas pelayanan usaha jasa cuci mobil yang anda berikan. Bila mereka puas atas pelayanan sobat maka mereka akan kembali lagi ke gerai usaha cuci mobil sobat. Hingga akhirnya menjadi pelanggan setia.

Salah satu bentuk layanan terbaik adalah membersihkan mobil secara bersih dan cepat. Pakailah air yang bersih dan sabun yang bersih. Sehingga mobil benar-benar dalam kondisi bersih dan terawat.  

Kisah Pengusaha Sukses Usaha Cuci Mobil
Salah seorang pria yang berhasil membangun usaha bisnis pencucian mobil yang menguntungkan adalah pria bernama lengkap Yus Ardiansyah. Pria yang sederhana ini awalnya bercita-cita menjadi seorang dokter. Sehingga ia melanjutkan menuntut ilmu di Universitas Muslim Indonesia Makasar Fakultas Ilmu Kedokteran demi meraih cita-citanya tersebut.

Namun manusia hanya bisa berusaha. Sedangkan Allah SWT yang menentukan. Di tengah jalan karena sesuatu sebab, pria yang baik hati ini tidak bisa menyelesaikan pendidikan tingginya. Ia harus berhenti kuliah disebabkan sesuatu hal yang tak diinginkannya. Rasa kecewa menyelimutinya. Akan tetapi, ia cepat bangkit kembali dan memilih menjalani profesi sebagai pengusaha.

Banyak jenis usaha yang bisa dipilih Yus. Pada akhirnya ia mencoba membuka usaha cuci mobil tanpa air sebagai pemula. Cita-citanya sebagai seorang dokter tak pernah lepas dalam ingatannya. Ia terus terobsesi menjadi seorang dokter yang melakukan penelitian terus menerus. Tapi ia bukan dokter di rumah sakit. Namun sekarang ia menjadi dokter peneliti bagi cara mencuci mobil yang efektif dan efisien. Salah satunya menjalankan bisnis pencucian mobil tanpa air.

Lalu kenapa pria ramah ini memilih usaha cuci mobil? Dengan santainya, pria yang murah senyum ini mengatakan bahwa semua ini berawal dari borosnya air dalam mencuci mobil di wilayah Makasar. Sehingga bisa berdampak buruk pada persediaan air minum bersih dan lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, Yus berinisiatif memulai usaha bisnis cuci mobil tanpa air. Sehingga tidak menghabiskan air dan ramah lingkungan hidup.

Sesuai cita-citanya sebagai dokter peneliti justru Yus disibukkan dengan kegiatan penelitian mencari resep dan ramuan formula cuci mobil yang sangat bersih tanpa air. Akhirnya ia menemukan formula alami dari tumbuhan tersebut yang kemudian dinamakan Yussie. Resep minyak pembersih formula buatannya mampu membersihkan noda-noda kotoran di dalam maupun di luar mobil dengan sempurna sekali oles.

Harga jasa cuci mobil tanpa air yang ia tawarkan kepada konsumen sebesar Rp 50 ribu yang terjangkau bagi semua kalangan. Kesuksesannya tak terlepas dari sumber daya yang dimilikinya. Hal itu dibenarkannya. Hingga sekarang ia telah mempunyai 12 orang karyawan dengan bagian masing-masing.

Ke depannya ia mau membuka cabang usaha pencucian mobil di daerah Jakarta. Pria yang selalu tampil bersemangat ini kini bahagia. Ia bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari mengandalkan usaha pencucian mobil tanpa air. Pria yang pernah menjadi juara pertama Wirausaha Mandiri Pemula yang diadakan oleh Bank Mandiri ini berpesan kepada para generasi muda agar memilih menjadi pengusaha. Karena profesi ini membuat kita menjadi bos atas diri sendiri dengan potensi menghasilkan uang yang berlimpah.