Cara Membuat Kandang Burung Puyuh Modern Kapasitas 1.000 Ekor

24 April 2018

Peluang bisnis dalam bidang peternakan masih menyimpan potensi keuntungan yang sangat menjanjikan. Salah satunya usaha budidaya burung puyuh petelur maupun pedaging. Keuntungan yang bisa didapatkan jutaan rupiah perbulan. Untuk membuka usaha budidaya burung puyuh sebanyak 1000 ekor pastinya membutuhkan modal yang besar yaitu pembelian bibit puyuh dan pembuatan kandang puyuh. Kandang bagi burung puyuh merupakan sarana untuk bertempat tinggal atau rumah. Berdasarkan pengalaman penulis, dalam memulai usaha beternak burung puyuh peranan kandang sangat penting yang menentukan keberhasilan usaha ternak burung puyuh di masa sekarang dan mendatang.

Cara Membuat Kandang Puyuh Modern yang Baik
Untuk membuat kandang burung puyuh modern yang baik sangat mudah. Anda bisa menggunakan berbagai macam bahan yang murah sampai yang termahal dengan berkualitas baik. Tapi jika modal uang anda terbatas tidak ada salahnya membuat kandang puyuh dengan bahan murah. Dengan pemilihan bahan baku kandang burung puyuh yang murah akan mampu memperkecil biaya modal usaha ternak puyuh. Salah satu bahan kandang burung puyuh yang kerapkali digunakan oleh para peternak adalah bambu dan kayu strimin yang dilengkapi dengan penggunaan kawat srimin.
cara buat kandang burung puyuh, kandang puyuh, kandang puyuh kapasitas 1000 ekor, cara bikin kandang puyuh, kandang puyuh, puyuh

Desain atau model kandang puyuh yang salah bisa berakibat pada produksi telur tersendat dan pertumbuhan burung puyuh kurang optimal. Oleh sebab itu, ketika anda hendak merencanakan untuk mendirikan usaha ternak burung puyuh maka harus mempelajari cara membuat kandang burung puyuh yang baik dan benar. Supaya peranan kandang bisa maksimal dan memberikan pengaruh positif yang sangat besar terhadap perkembangan burung puyuh cepat besar dan banyak bertelur.

Ada berbagai contoh desain dan model kandang burung puyuh bagi kapasitas 1000 ekor yang bisa sobat buat sendiri. Dari kandang burung puyuh yang sederhana berbiaya murah, kandang puyuh modern hingga kandang puyuh canggih dan rumit dengan biaya pembuatan sangat mahal. Apapun pilihannya bisa disesuaikan dengan modal yang anda miliki. Cara paling mudah tentu saja membeli kandang burung puyuh kapasitas 1000 ekor yang sudah jadi di para peternak lokal terdekat. Atau anda membeli kandang burung puyuh secara online di marketplace bukalapak, tokopedia, shopee dan toko online.

Cara Membuat Kandang Burung Puyuh Modern Kapasitas 1.000 Ekor
Untuk lebih lengkap dan rinci, berikut ini cara membuat kandang burung puyuh modern kapasitas 1000 ekor bagi para pemula, antara lain:

1. Pemilihan bahan yang tepat
Langkah pertama, ketika hendak membuat kandang burung puyuh adalah menentukan bahan utama yang hendak digunakan. Apakah membuat kandang puyuh besi yang menggunakan bahan besi yang terkenal awet. Ataukah menggunakan bahan kayu yang bisa menjaga suhu di dalam kandang stabil. Apapun pilihannya, anda harus bisa mempertimbangkannya secara matang. Sebab ini disesuaikan dengan modal keuangan yang anda miliki serta selera.

Kandang burung puyuh yang terbuat dari besi pastinya mempunyai kelebihan dari segi daya tahan yang sangat lama atau awet. Sedangkan kandang burung puyuh dari bahan kayu bambu dan kayu reng memiliki daya tahan dalam masa tertentu. Namun selama anda merawat dengan baik, kandang burung puyuh yang terbuat dari kayu bambu dan kayu reng bisa tahan lama dan awet hingga lima tahun lebih. Tak kalah dibandingkan dengan kandang burung puyuh dari bahan besi.

2. Menentukan luas kandang
Bagi anda yang memilih untuk beternak burung puyuh sebanyak 1000 ekor tentu akan bertanya berapa ukuran kandang puyuh kapasitas 1000 ekor?  Sebenarnya tidak ada patokan khusus ukuran kandang burung puyuh kapasitas 1000 ekor.  Tapi berdasarkan keterangan para peternak burung puyuh di pedesaan bahwa ukuran kandang burung puyuh modern kapasitas 1000 ekor sekitar 90 cm untuk panjang, 60 centimeter untuk lebar dan 170 centimeter untuk tinggi kandang. Kandang tersebut dibuat bertingkat. Dalam satu kandang terdapat 100 ekor. Jadi untuk beternak burung puyuh kapasitas 1000 ekor membutuhkan 10 kandang.

Jika anda kesulitan untuk membuat kandang burung puyuh modern kapasitas 1000 ekor maka anda bisa mencari cara paling mudah dan praktis dengan membeli kandang burung puyuh di para peternak yang jual kandang puyuh. Harga kandang burung puyuh kapasitas 1000 ekor menggunakan bahan kayu reng dan bambu dikombinasikan dengan kawat strimin lengkap sebesar Rp 2,5 juta.

3. Menentukan model kandang puyuh modern
Rumah kandang puyuh laksana rumah bagi burung puyuh itu sendiri. Sehingga harus dibuat senyaman mungkin. Seiring dengan perkembangan jaman saat ini, cara membuat kandang puyuh 2018 sangat berbeda dengan cara lama yang masih tradisional. Anda bisa membuat kandang puyuh baterai maupun bertingkat.

Untuk tipe dan model kandang burung puyuh ada tiga pilihan yaitu : tipe kandang boks, tipe kandang liter dan tipe kandang baterai. Namun kandang puyuh tipe baterai sering digunakan untuk ternak burung puyuh petelur kapasitas 1000 ekor. Keunggulan kandang burung puyuh tipe baterai adalah mudah dalam pembuatan, gampang sekali dipindahkan ke tempat yang diinginkan, dapat dibikin bertingkat-tingkat, dan tak memerlukan lahan yang luas. Dengan lahan sempit pun di pekarangan rumah maka seorang pemula bisa menjalankan usaha ternak puyuh dengan sistem kandang baterai.

4. Persiapan bahan dan alat
Inilah bahan-bahan dan alat yang harus dipersiapkan untuk membuat kandang burung puyuh tipe baterai yaitu paku, karpet, triplek, kawat strimin, kayu reng, bilahan bambu, gergaji, palu dan lain sebagainya.

5. Pembuatan rangka
Setelah semua peralatan dan bahan telah ada, langkah berikutnya adalah membuat pondasi atau rangka kandang ternak burung puyuh petelur dan pedaging.

6. Pembuatan dinding kandang
Setelah pembuatan rangka sudah jadi menggunakan tiang besi atau bambu, selanjutnya memasang dinding memakai bilahan bambu, kayu reng dan kawat. Pada bagian dinding memggunakan bilahan bambu harus dijaga kerapatan sehingga burung puyuh tidak bisa keluar.

7. Pembuatan alas kandang
Kemudian bagian bawah kandang bisa menggunakan kawat striming untuk menjaga kandang selalu bersih. Sebab kotoran langsung jatuh ke bawah ke tempat penampungan kotoran puyuh yang terbuat dari karpet plastik atau triplek. Karena kotoran burung puyuh bisa dijual lagi atau dimanfaatkan untuk pupuk kandang.

Kelebihan Kandang Puyuh Modern Bertingkat Kapasitas 1.000 Ekor
Bagi anda yang memilih untuk membuat kandang puyuh modern bertingkat untuk budidaya puyuh sebanyak 1000 ekor maka itu pilihan yang sangat tepat. Mengingat ada banyak atau beberapa kelebihan dari sistem kandang puyuh modern bertingkat, antara lain:

1. Gampang dalam perawatan kandang. Jika ada kandang burung puyuh yang rusak maka dapat segera diperbaiki secara langsung.

2. Pembuatan sangat mudah. Untuk membuat kandang burung puyuh bertingkat dapat dilakukan dengan mudah dan dalam tempo cepat.

3. Mudah dalam pembersihan kotoran burung puyuh. Kelebihan lainnya, kandang burung puyuh modern sistem bertingkat sangat mudah untuk dibersihkan.

4. Mudah sekali untuk dipindahkan apabila dibutuhkan. Dengan cara diangkut satu persatu kandang.

5. Tak membutuhkan biaya besar. Untuk membuat kandang burung puyuh modern bertingkat tak membutuhkan modal yang besar. Dengan modal kecil, pembuatan kandang puyuh bertingkat bisa selesai dalam waktu singkat.

Cara Penempatan Kandang Puyuh yang Baik
Setelah kandang burung puyuh sudah jadi, berikutnya adalah menempatkan kandang burung puyuh di tempat yang cocok dengan habitatnya, antara lain:

1. Menempatkan kandang puyuh yang jauh dari suara bising atau jauh dari permukiman penduduk. Hal ini dilakukan supaya usaha budidaya burung puyuh tidak mengganggu masyarakat sekitar. Disebabkan polusi yang diakibatkannya. Selain itu, dengan lokasi kandang yang jauh dari permukiman warga supaya burung puyuh tidak mudah stres dan lebih tenang dan nyaman dalam berkembang biak dan menghasilkan banyak telor.

2. Lokasi strategis. Yang dimaksud lokasi strategis bagi usaha ternak burung puyuh adalah mudah dijangkau dengan sarana kendaraan roda dua maupun roda empat. Hal ini akan memudahkan dalam trasnsportasi atau pendistribusian telur dan burung puyuh dari tingkat hulu hingga tingkat konsumen akhir.

3. Menempatkan kandang puyuh di lokasi yang aman dari banjir, longsor dan bebas dari serangan penyakit berbahaya.

Usaha Budidaya Burung Puyuh untuk Pemula
Sebagai seorang pemula dalam usaha budidaya burung puyuh tentu akan kesulitan untuk membuka usaha ini dari awal hingga berdiri. Apalagi modal yang dimilikinya sangat terbatas. Mengingat untuk mendirikan usaha ternak burung puyuh sebanyak 1000 ekor membutuhkan biaya besar. Untuk modal pembelian bibit puyuh sudah mencapai Rp 7 juta. Belum ditambah biaya pakan dan biaya pembuatan kandang burung puyuh. Ada banyak hal yang harus dipelajari. Dimulai dari mencari supplier atau pemasok bibit puyuh, pembuatan kandang puyuh, perawatan burung puyuh, hingga pemasaran. Semua itu bisa dipelajari secara mudah satu persatu.

Bagi seorang pemula sangat dianjurkan untuk membuka usaha budidaya burung puyuh secara kecil-kecilan. Dengan dimulai 100 ekor bibit burung puyuh. Hal ini berguna jika usaha ternak burung puyuh gagal maka anda tidak mengalami kerugian yang terlalu besar. Mengingat usaha budidaya burung puyuh bagi seorang pemula sangat tinggi tingkat resiko kegagalan dan kerugian. Seperti burung puyuh mengalami kematian, burung puyuh kabur, dll.

Begitu pula dalam pembuatan kandang burung puyuh bagi pemula disarankan sekali menggunakan desain dan model kandang yang sedehana, simpel dan berbiaya murah. Namun tetap nyaman ditempati burung puyuh. Misalkan pembuatan kandang burung puyuh dari bambu atau sisa limbah kayu. Sehingga tidak mengeluarkan banyak uang untuk pembuatan kandang puyuh.