Rincian Biaya Modal Usaha Kolam Renang dari Awal hingga Buka

13 April 2018

Setiap kita pasti mengharapkan kesuksesan dalam hidupnya. Salah satunya mempunyai suatu jenis usaha yang mampu memberikan keuntungan besar setiap hari untuk mencukupi kebutuhan hidup. Ada banyak peluang bisnis yang bisa ditangkap. Dari sekian banyak peluang usaha yang ada di sekitar kita, maka usaha kolam renang menjadi pilihan usaha yang sangat tepat. Mengingat bisnis ini selalu dicari banyak orang untuk kesehatan dan melepas rasa penat. Usaha kolam renang memiliki pangsa pasar sangat luas, non musiman dengan keuntungan sampai ratusan juta rupiah perbulan. 

Rincian Biaya Modal Usaha Kolam Renang dari Awal hingga Buka
Sekarang yang menjadi bahan pertanyaan berapa modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka usaha kolam renang? Untuk menjawabnya, berikut ini perhitungan bisnis kolam renang atau rincian biaya modal usaha kolam renang dari awal hingga buka, antara lain:
bisnis kolam renang, usaha kolam renang, kolam renang, modal usaha kolam renang, swimming pool, biaya kolam renang

▪ Biaya Investasi:
1. Persiapan lahan usaha kolam renang Rp 500 juta.
2. Pembangunan kolam renang Rp 700 juta
3. Pembuatan tempat makan dan minum atau tempat beristirahat para pengunjung Rp 60 juta.
4. Pembangunan kamar ganti, mushola atau tempat shalat yang nyaman bagi pria maupun wanita Rp 40 juta.

Total biaya investasi usaha kolam renang sebesar Rp 1,3 Milyar.

▪ Biaya Operasional:
1. Gaji karyawan Rp 10 juta perbulan
2. Biaya air dan listrik Rp 500 ribu
3. Perizinan usaha kolam renang Rp 200 ribu
4. Biaya tak terduga Rp 300 ribu

Total biaya operasional usaha Rp 11 juta perbulan.

Itulah perhitungan biaya pembuatan kolam renang umum secara lengkap. Sebenarnya untuk membuka usaha kolam renang tidak membutuhkan modal besar. Dengan modal uang sebesar Rp 10 juta, seseorang sudah dapat membuka bisnis kolam renang sederhana berukuran mini dengan proyeksi pendapatan hingga Rp 100 juta perbulan.

Strategi Bisnis Kolam Renang Mini yang Ramai Pengunjung
Untuk membuat usaha kolam renang anda berhasil dengan ciri keuntungan harian yang cukup besar dengan jumlah pengunjung setiap hari stabil dan terus meningkat diperlukan beberapa strategi bisnis kolam renang mini, antara lain:

1. Membuat kolam renang mini dengan penampilan cantik dan menawan. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung kolam renang. Misalkan dengan menambahkan Perosotan, waterboom, Ember Tumpah dari bahan fiberglass yang murah dll.

2. Pembuatan kolam renang. Untuk mengembangkan usaha kolam renang mini maka anda secara bertahap harus menambah kolam renang baru yang lebih besar. Biaya pembuatan kolam renang baru tersebut didapatkan dari keuntungan usaha kolam renang mini sebelumnya dan dari sokongan dana dari para investor.

3. Menjaga keamanan para pengunjung kolam renang. Dalam beberapa kasus yang sering terjadi pada usaha kolam renang adalah adanya tingkat keamanan yang kurang. Hal ini bisa membahayakan para pengunjung. Oleh sebab itu dengan mempunyai beberapa kolam renang maka anda bisa mencantumkan ketinggian kolam renang dengan tulisan di pinggir dinding kolam renang. Supaya menjaga keamanan para pengunjung kolam renang.

4. Harga tiket sesuai pasaran. Berdasarkan pengalaman penulis, harga tiket di setiap usaha kolam renang berbeda-beda. Namun ada satu patokan yang resmi. Harga tiket masuk kolam renang dikisaran Rp 35 ribu sampai Rp 65 ribu. Harga tiket masuk di kolam renang Karangsetra Bandung Rp 65 ribu per orang dewasa. Harga tiket masuk di kolam renang Cipantenan Sumedang Rp 50 ribu. Harga tiket masuk di kolam renang Tirtamulya Cimahi sebesar Rp 35 ribu orang dewasa. Dan anak-anak Rp 30 ribu.

Pada waktu hari libur anak sekolah atau hari minggu, harga tiket masuk bisa sedikit naik. Dengan alasan jumlah pengunjung meningkat pesat.

5. Untuk jam buka kolam renang bisa dimulai jam 8.00 WIB pagi hingga jam 5.00 sore. Untuk hari Jumat libur. Sehingga hari Senin sampai Kamis buka. Sabtu dan Minggu buka.

6. Pelayanan yang memuaskan, ramah, penuh kasih sayang dan sepenuh hati kepada konsumen. Konsumen adalah raja begitulah kata bijak. Anda harus memperlakukan konsumen sebaik mungkin. Jika anda memutuskan untuk membuka usaha kolam renang pastikan konsumen segembira dan senyaman mungkin selama berada dalam kolam renang. Hal ini membuat konsumen akan betah dan kembali lagi di lain waktu. Sehingga bisnis kolam renang anda selalu ramai. Dari konsumenlah anda mendapatkan uang atau keuntungan.

7. Menyediakan fasilitas yang lengkap. Hal yang paling diperhatikan orang ketika memilih tempat renang di jaman modern saat ini adalah fasilitas kolam renang. Semakin lengkap fasilitas sebuah usaha kolam renang maka semakin nyaman kolam renang tersebut. Dan semakin kurang fasilitas kolam renang tersebut maka semakin kurang peminatnya. Oleh sebab itu, supaya usaha kolam renang anda selalu ramai pengunjung dengan cara menyediakan fasilitas super lengkap. Yang meliputi tempat parkir yang luas dan teduh, area wifi gratis, ruang ganti yang nyaman, ruang beristirahat yang menyenangkan, penyewaan ban atau pelampung bagi pengunjung yang tak dapat berenang, dll.

Kendala Usaha Kolam Renang
Salah satu yang sering dialami dalam bisnis kolam renang adalah resiko berbahaya bagi para pengunjung yang kurang pandai berenang. Ada banyak kasus seseorang yang meninggal dunia di kolam renang akibat tenggelam. Dalam hal ini sobat bisa mengantisipasi hal itu dengan merekrut beberapa orang karyawan bagian guard atau keselamatan di kolam renang. Jangan sampai pengawasan terhadap para pengunjung terbengkalai. Sebab bukan hanya merugikan pengunjung tapi juga citra dari bisnis kolam renang sobat. 

Keuntungan Usaha Kolam Renang
Apabila dalam satu hari ada 200 pengunjung dengan tarif harga tiket masuk sebesar Rp 30 ribu maka omset yang didapatkan sebesar Rp 6.000.000 perhari (200 x Rp 30.000). Dikalikan satu bulan maka omet perbulan Rp 180.000.000. Dikurangi biaya operasional termasuk gaji bulanan karyawan maka omset bersih sekitar Rp 169 juta perbulan. Bagaimana omset yang sangat besar dan fantastis bukan? Hal inilah yang menjadi alasan bahwa bisnis kolam renang cepat menghasilkan untung besar dan cepat kaya raya.

Keuntungan usaha kolam renang sangat besar apalagi kolam renang selalu ramai pengunjung. Penghasilan yang didapatkan bersifat pendapatan pasif. Dalam arti, ketika kita sedang tidur, santai, berdiri atau duduk maka pundi-pundi uang akan terus mengalir ke dalam kocek anda setiap hari. Hal ini telah dibutktikan oleh ribuan para pengusaha kolam renang yang sukses dan kini menjadi kaya raya. Saatnya giliran anda!

Keuntungan lain dari bisnis kolam renang adalah bisnis ini bisa turun temurun dan diwariskan kepada anak cucu. Lalu jika anda membutuhkan uang dalam jumlah besar maka sobat bisa menjual kolam renang dengan harga lebih tinggi dari harga sebelumnya. Mengingat nilai properti tanah dan bangunan setiap tahun mengalami peningkatan. Atau anda bisa menyewakan usaha kolam renang kepada pengusaha yang berkepentingan.

Analisis Usaha Kolam Renang
Berdasarkan pengalaman dan pengamatan penulis di lapangan, usaha kolam renang masih minim pesaing. Hal ini disebabkan banyak pengusaha senior maupun pemula yang tidak melirik jenis usaha ini. Disebabkan modal usaha yang dibutuhkan cukup besar. Padahal permintaan masyarakat Indonesia terhadap sarana hiburan wisata air kolam renang sangat tinggi baik di kota maupun pedesaan terpencil. Sehingga usaha kolam renang mempunyai prospek cerah dan menjanjikan untuk dijalankan di perkotaan maupun desa yang tengah berkembang.

Ada banyak hal yang membuat usaha kolam renang begitu menguntungkan dan dapat berkembang menjadi lebih menjanjikan yaitu faktor kesadaran masyarakat yang sangat tinggi untuk berenang bagi kesehatan, sempitnya lahan wisata atau lahan bermain anak-anak, dll. Anda tidak akan rugi memulai usaha kolam renang.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Kolam Renang
Untuk memulai usaha kolam renang perlu persiapan yang matang terutama dari ketersediaan modalyang mencukupi. Estimasi biaya modal usaha kolam renang mencapai milyaran rupiah. Modal uang sebesar itu bisa anda dapatkan dengan cara mencairkan tabungan atau deposito milik anda, menjual aset dll.

Mengingat membuka usaha kolam renang membutuhkan modal besar hingga miliaran rupiah, jika anda tidak mempunyai uang sebesar itu maka anda bisa mengajak kerjasama atau patungan usaha kolam renang. Misalkan mencari modal usaha kolam renang dari para investor terdekat yang dimulai dari anggota keluarga, sanak kerabat, teman, rekan kerja, kenalan dll. Tawarkan kerjasama usaha kolam renang yang saling menguntungkan dengan pembagian keuntungan yang adil. Dimana anda sebagai pengelola. Sedangkan para investor sebagai penanam saham yang akan mendapatkan bagi hasil setiap bulan atau satu tahun sekali.

Alternatif lain sumber pembiayaan usaha kolam renang bisa didapatkan dari koperasi atau bank. Namun meminjam uang di bank atau koperasi memerlukan proses administrasi dan dokumen yang cukup ketat. Misalkan harus mengajukan proposal usaha kolam renang dan adanya jaminan barang setara dengan uang yang dipinjam. Misalkan sertifikat rumah atau tanah yang harganya sebanding. Untuk contoh proposal bisnis usaha kolam renang lengkap, anda bisa mencarinya di mbah google.

Cara Promosi Usaha Kolam Renang
Setelah usaha kolam renang berdiri maka untuk memperkenalkan usaha kolam renang milik sobat kepada masyarakat luas maka anda bisa melakukan berbagai cara promosi. Seperti membagikan brosur di pusat keramaian orang misalkan pasar, pusat perkantoran, sekolah, kampus, memasang spanduk, reklame, dll. Selain itu, sobat bisa pasang iklan gratis di internet melalui media sosial, marketplace, blog toko online, forum dan lain-lain.

Usaha Kolam Renang Rumahan
Ditengah perkembangan situasi ekonomi yang kian sulit di tanah air membuat setiap orang harus kreatif dalam menciptakan peluang usaha yang ada. Ada banyak peluang bisnis yang dapat diambil dari usaha makanan, jasa, perdagangan dll. Namun untuk memilih bisnis yang hendak ditekuni haruslah dipikirkan secara matang. Jangan sampai bisnis yang dijalani hanya untung sesaat. Tapi pilihlah jenis bisnis yang mudah pengelolaan dan untung terus menerus tanpa mengenal musim. Salah satunya adalah usaha kolam renang.

Usaha kolam renang merupakan salah satu jenis usaha dalam bidang hiburan atau entertainment yang menguntungkan. Jika dahulu bisnis kolam renang hanya beberapa gerai saja. Namun saat ini perkembangan dan persaingan usaha kolam renang cukup ketat. Sekarang hampir mudah dijumpai satu gerai usaha kolam renang di satu daerah dengan fasilitas sangat komplit termasuk resto dan kantin. Walaupun persaingan bisnis kolam renang sudah ketat. Tapi peluang bisnis ini masih sangat menjanjikan untung besar dengan pangsa pasar yang luas.

Membuka usaha kolam renang tidak seperti membuka usaha dunia fantasi, bioskop dan sejenisnya yang membutuhkan modal besar. Bisnis kolam renang adalah suatu jenis usaha hiburan yang bisa dimulai dengan modal kecil. Contohnya usaha kolam renang mini, usaha kolam renang umum yang sederhana, usaha kolam renang rumahan dll. Hanya sebatas itu. Untuk pengembangan usaha di masa depan kalau ada modal bisa bangun taman bermain berukuran luas.

Salah satu hal yang terpenting dalam membuka usaha kolam renang adalah ketersediaan lahan yang cukup luas atau sesuai standar. Namun hal itu bisa disiasati dengan berbagai cara. Seperti memanfaatkan pekarangan rumah yang luas untuk dijadikan usaha kolam renang. Sehingga menjalankan.bisnis kolam renang secara rumahan. Atau jika anda mempunyai lahan kebun di samping rumah yang luas maka anda bisa mengubahnya menjadi aset dengan mendirikan usaha kolam renang umum bagi anak-anak maupun orang dewasa.