7 Tempat Grosir Batik Pekalongan Murah dan Berkualitas

29 Juni 2018

Baju batik yang kini sudah mendunia memiliki sejarah panjang yang tidak bisa diceritakan hanya dalam selembar kertas. Beberapa batik yang terkenal di nusantara adalah batik Yogyakarta, batik Solo, dan batik Lasem. Tetapi diantara ketiga batik tadi ada yang tidak kalah dikenal masyarakat yaitu batik Pekalongan. Grosir batik Pekalongan yang khas akan mudah ditemukan di mana-mana.

Bagi Anda yang belum mengetahuinya motif tersebut adalah Jlamprang. Semakin tren kain batik di nusantara membuat pebisnis atau pengusaha batik menjadi membludak. Tapi efeknya sangat baik dan positif dirasakan oleh konsumen. Karena kini di manapun konsumen dapat dengan mudah menemukan penjual kain maupun baju batik.

Motif batik Pekalongan yang terkenal tersebut membuat grosir batik Pekalongan ada di mana-mana. Grosir ataupun eceran sebenarnya batik yang dijual sama. Hanya saja dengan membeli grosiran atau dalam jumlah banyak, Anda bisa mendapat harga yang lebih miring tiap piecesnya. Untuk itu simak terus artikel ini supaya Anda tahu di mana tempat grosir batik di Pekalongan.
grosir batik, grosir batik pekalongan, tempat grosir batik, tempat grosir batik pekalongan, batik pekalongan, batik, tempat jual batik pekalongan

7 Grosir Batik Pekalongan Recommended
Ada banyak sekali grosir batik Pekalongan yang dapat dengan mudah Anda temukan. Bahkan di luar kota Pekalongan pun Anda dapat menemukannya. Tetapi di bawah ini adalah tempat-tempat yang direkomendasikan banyak orang sebagai tempat yang paling oke untuk belanja batik motif khas Pekalongan. Silakan disimak penjelasannya di bawah ini.

1. Pasar Setono
Salah satu sentra tempat grosir batik pekalongan yang menjadi rekomendasi adalah Pasar Setono. Di dalam pasar ini ada banyak sekali penjual batik Pekalongan. Mulai dari eceran hingga partai besar semuanya ada. Meskipun namanya pasar tapi jangan khawatir karena di dalamnya Anda bisa berbelanja dengan nyaman tanpa harus berdesakan.

2. Batik Art
Batik Art sudah sangat dikenal. Pemiliknya yang bernama Oey Soe Tjoen memadukan batik motif encim dengan motif kuku, merak, bunga. Batik ini bahkan sudah mendunia. Dan yang paling membanggakan batik ini asli berasal dari Indonesia. Pembuat batik asli ini disebut-sebut hanya tinggal beberapa orang saja.

3. Kampung Wiradeso
Di kampung ini, yang merupakan sentra pembuatan batik lokal pekalongan, akan banyak Anda jumpai grosir batik Pekalongan. Salah satu batik yang terkenal di sini adalah batik Wirakuti. Bila Anda berkunjung ke sini usahakan atau sempatkanlah untuk bertemu dengan pemiliki batik Wirakuti tadi. Karena biasanya Anda akan memperoleh informasi konkret seputar sejarah perkembangan batik Pekalongan.
grosir batik, grosir batik pekalongan, tempat grosir batik, tempat grosir batik pekalongan, batik pekalongan, batik, tempat jual batik pekalongan, batik pekalongan murah

4. Pasar Batik Gamer
Masih dari kota Pekalongan. Grosir batik Pekalongan yang satu ini berlokasi cukup dekat dengan pasar Setono. Oleh karena itu pasti Anda akan dengan mudah menemukannya. Mengusung konsep pasar sentra batik, pastinya akan ada banyak penjual yang dapat Anda jumpai di sini. Dan juga banyak pilihan motif batik khas Pekalongan yang bisa dipilih.

5. Kampung Pesindon
Tidak diketahui asal mula nama kampung ini. yang jelas semua orang yang tinggal atau bermukim di sini bisa dipastikan sembilan puluh persennya perajin batik Pekalongan. Bagi Anda yang ingin mencari grosir batik Pekalongan maka ini adalah salah satu tempat yang ingin Anda tuju. Selain belanja Anda juga bisa menjelajah kampung ini dengan berjalan kaki.

6. Kampung Kauman
Kepopuleran batik Pekalongan membuat kampung-kampung di sana menunjukkan eksistensinya dengan menjadi sentra pembuatan batik Pekalongan terbaik. Tanpa bermaksud membahas perebutan cap sebagai kampung batik, di Kauman sendiri Anda dapat dengan mudah menemukan grosir batik Pekalongan. Letaknya yang di gang sempit, menjadi ciri khas tersendiri.

7. International batik centre
Salah satu tempat yang layak dan wajib Anda kunjungi ketika sampai di Pekalongan adalah International Batik Centre. Pusat batik tulis dan cap khas Pekalongan ini menjadi salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk Anda datangi apalagi jika mencari grosir batik Pekalongan. Tempatnya nyaman dan tertata dengan apik.
tempat grosir batik, grosir batik pekalongan, grosir batik, batik pekalongan, batik pekalongan murah, batik, tempat jual batik pekalongan

Itulah tadi tujuh tempat yang patut Anda datangi bila berkunjung ke kota Pekalongan yang khas dengan motif batik Jlamprang nya. Selain memburu grosir batik Pekalongan Anda juga akan mendapat pengetahuan tambahan seputar batik yang mungkin belum pernah Anda dengar. Dengan tambahnya pengetahuan tentang batik, tentunya akan membuat Anda semakin bangga dengan batik.

Selain tujuh tempat sentra batik tadi, Anda juga bisa mendapat informasi seputar batik di sini. Ada banyak hal yang menarik untuk dikulik seputar batik. Bisa dari daerah asalnya, sejarahnya, cara pembuatannya, ataupun dari motifnya yang sangat kaya. Kali ini akan dibahas motif batik yang sangat kaya ragam juga makna yang terkandung di dalamnya.

7 Motif Batik yang Harus Anda Tahu
Di bawah ini akan dijelaskan motif-motif yang sudah dikenal di seluruh nusantara. Selain macam motifnya akan dijelaskan juga tentang filosofi yang terkandung dalam motif tersebut. Bila sudah tahu maknanya pastinya Anda akan lebih mengerti saat mengenakan dan harus memakainya di acara apa saja. Karena bentuk motif batik yang kasual akan sangat cocok digunakan untuk momen apapun.

1. Motif simbut
Motif ini berasal dari suku Badui Dalam yang sangat kental dengan adat sundanya. Motif batik ini mulai dikenal luas seiring dengan suku Badui yang juga menerima perkembangan jaman sekarang ini. Motif batik ini dikatakan sebagai motif yang paling simple. Karena batik Badui ini sudah dikenal luas, kini orang lebih mengenalnya dengan nama batik Banten.

2. Motif Pring sedapur
Motif kedua ini berasal dari Magetan, Jawa Timur. Motif ini menggambarkan pohon bambu yang dalam bahasa jawa disebut Pring. Makna dari motif ini adalah seperti laiknya pohon bambu yang mempunyai sejuta manfaat mulai dari akar hingga pohonnya. Seperti itu pulalah hidup seorang manusia, harus menjadi berguna bagi orang lain.

3. Motif Mega mendung
Motif ini merupakan penggambaran dari awan yang berarak-arak. Awan dalam bahasa jawa memang disebut Mega. Motif ini berasal dari Cirebon. Motif ini memang terkesan biasa saja, tetapi justru itulah ciri khasnya. Motif ini sangat kasual dan cocok dipakai untuk siapa saja. Dari anak muda hingga orang tua juga tetap bagus apabila memakainya.

4. Motif Sogan
Batik motif Sogan ini berasal dari kota Solo. Dahulu kala hanyalah raja atau kerabat Kasunanan Surakarta saja yang boleh mengenakan batik motif ini. seiring perkembangan jaman, kini siapapun orangnya boleh memakai motif sogan ini di baju yang dikenakan. Ciri khas batik Solo adalah warna latar kain yang dominan warna cokelatnya. Untuk motif seringnya bunga-bunga.

5. Motif Tujuh rupa
Seperti halnya motif jlamprang yang berasal dari Pekalongan, motif tujuh rupa pun berasal dari kota Pekalongan. Motif ini didominasi oleh gambar tumbuhan juga hewan. Untuk pusat grosir batik Pekalongan dapat ditemukan ketika Anda sedang berada di Pekalongan. Karena jumlah perajin batik sangat banyak, maka Anda akan dengan mudah menemukannya.

6. Motif Genthongan
Batik motif genthong ini asalnya dari Madura. Ciri khas motif ini adalah bunga-bunga berwarna cerah, seperti kuning, merah, dan hijau. Hampir mirip dengan motif batik Lasem, hanya saja motif gentongan ini lebih besar-besar. Warnanya yang selalu cerah membuat motif ini cocok bila dipakai ke mana saja.

7. Motif Keraton
Motif ini berasal dari kota pendidikan, Jogja. Motif yang satu ini benar-benar dikhususkan untuk raja-raja keraton Jogja jaman dulu. Kini orang biasa pun boleh mengenakan motif ini. makna atau arti dari motif ini adalah melambangkan kebijaksanaan, kearifan, dan pesona raja Jogja dahulu kala.

Penjelasan di atas merupakan gambaran atau hal-hal terkait dengan motif kain batik yang kini sudah mendunia. Batik tidak hanya dapat dipakai dalam acara resmi atau formal, tetapi batik dapat juga digunakan untuk acara santai. Perpaduan yang menarik dan cantik dapat Anda wujudkan dengan mengombinasi gaya kasual dengan kain motif batik sebagai atasannya.

Makna atau filosofi dari kain batik yang baru saja Anda baca dapat dicari referensi lain di buku-buku yang ada di toko buku maupun di perpustakaan. Ada banyak hal yang dapat digali atau diceritakan dari selembar kain batik. Karena merupakan warisan asli leluhur bangsa Indonesia, maka sudah sepantasnya Anda bangga. Ikut menjaga kelestarian kain batik juga merupakan wujud apresiasi.

Cari grosir batik Pekalongan? Anda dapat menemukannya langsung di kota asalnya, yakni Pekalongan. Atau kini banyak juga yang dijual secara online. Tetapi disarankan untuk datang langsung sehingga Anda bisa pilih-pilih sesuai selera. Warna dan motifnya saat ini sudah semakin beragam dan semakin modern.

Pilih batik cap atau tulis, semua dapat Anda temui di grosir batik Pekalongan. Batik merupakan peninggalan dari leluhur bangsa yang wajib Anda jaga. Jangan sampai batik diklaim oleh negara lain sebagai warisan budaya mereka. Semoga artikel ini membantu membuka wawasan Anda tentang seluk beluk kain batik khas nusantara.