Rincian Biaya Modal Usaha Keripik Singkong hingga Buka buat Pemula

03 Maret 2018

Usaha keripik singkong adalah salah satu jenis usaha di bidang kuliner atau cemilan yang sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Prospek usaha keripik singkong cukup menjanjikan mengingat pangsa pasar yang masih terbuka lebar. Setiap orang dari berbagai kalangan seperti anak-anak, remaja, dan orang dewasa pastinya menyukai makanan ringan ini yang enak, gurih dan renyah. Berbagai perusahaan besar hingga UKM menekuni bisnis keripik singkong mengingat keuntungan yang didapatkan cukup besar perhari.

Sementara itu, keripik singkong sangat mudah dijumpai di warung atau kantin sekolah dengan harga sangat terjangkau. Kuliner ini sering disajikan untuk menjamu tamu, dinikmati saat sedang bercengkerama dengan keluarga, saat menonton televisi, saat sedang santai dan lain sebagainya. Bentuk kemasan keripik singkong ada berbagai macam ukuran dari ukuran kecil yang cocok bagi anak sekolah. Hingga ukuran besar.
bisnis keripik singkong, usaha keripik singkong, usaha keripik, bisnis keripik, usaha keripik ubi kayu, bisnis keripik ubi

Rincian Biaya Modal Usaha Keripik Singkong hingga Buka buat Pemula
Bagi anda yang tertarik untuk membuka usaha keripik singkong secara rumahan tentu perlu menganalisis berapa modal  usaha yang dibutuhkan untuk memulai usaha snack ini. Berikut ini rincian biaya modal usaha keripik singkong hingga buka buat pemula, antara lain:

▪ Modal Investasi:
1. Toples besar Rp 60 ribu
2. Pisau iris Rp 15 ribu
3. Pisau Rp 10 ribu
4. Baskom plastik Rp 50 ribu
5. Kompor gas Rp 150 ribu
6. Wajan atau penggorengan Rp 65 ribu
7. Ember Rp 20 ribu

Total biaya investasi usaha keripik singkong sebesar Rp 370 ribu. Jika anda ingin menghemat biaya pengeluaran untuk investasi maka sobat bisa memakai perabotan yang sudah anda miliki di rumah atau dapur seperti wajan atau kompor gas, pisau, ember dan lain sebagainya.

▪ Biaya Operasional Usaha:
1. Belanja umbi singkong sebanyak 20 kilogram Rp 50 ribu
2. Bumbu tabur 1 kilogram aneka rasa Rp 40 ribu
3. Minyak goreng 2 liter Rp 24 ribu
4. Plastik kemasan 3 kilogram Rp 100 ribu
5. Biaya gas elpiji 3 kilogram Rp 20 ribu

Total biaya operasional usaha keripik singkong sebesar Rp 234 ribu.

Omset dan Keuntungan Perbulan Usaha Keripik Singkong
Dengan asumsi harga jual satu bungkus keripik singkong sebesar Rp 5000 dan dalam satu kali produksi bisa menghasilkan 40 bungkus maka omset yang diperoleh sebesar 200 ribu Rp (Rp 5000 x 40). Keuntungan bersih bisa mencapai 40 persen dari omset tersebut sekitar Rp 80 ribu. Pendek kata, satu kali produksi bisa menghasilkan untung Rp 80 ribu. Dikalikan sebulan atau 30 hari maka omset bersih perbulan usaha keripik singkong sebesar Rp 2.400.000. Balik modal dalam waktu satu bulan. Wow lumayan bukan? Inilah alasan banyak orang tertarik untuk menekuni usaha keripik singkong pedas maupun aneka rasa secara sampingan, penghasilan utama maupun rumahan.

Cara Buat Kripik Singkong Renyah
Berikut ini resep cara pembuatan keripik singkong yang paling enak, lezat dan renyah, antara lain:

▪ Menyiapkan Bahan
1. Umbi singkong
2. Air kapur satu sendok teh
3. Minyak goreng satu liter
4. Air untuk merendam singkong
5. Garam halus satu sendok kecil

▪ Menyiapkan Bumbu Pedas
1. Cabe merah ukuran besar sebanyak 5 buah yang telah dihaluskan
2. Bawang merah sebanyak empat buah yang telah dihaluskan
3. Minyak goreng untuk menumis
4. Air asam jawa sebanyak dua sendok
5. Garam halus secukupnya
6. Daun salam sebanyak dua lembar
7. Gula pasir satu sendok kecil

Langkah Pembuatan Keripik Singkong Pedas
Setelah bahan dan bumbu sudah tersedia lengkap, selanjutnya memasuki tahapan pembuatan keripik singkong pedas yang praktis, yaitu:

1. Kupas singkong lalu bersihkan dengan air bersih
2. Kemudian singkong diiris tipis menggunakan pisau iris atau alat khusus
3. Irisan singkong dimasukkan ke dalam wadah yang berisi campuran air kapur sirih yang telah diberi garam. Rendam selama 15 menit. Lalu tiriskan
4. Panaskan wajan lalu masukkan minyak goreng. Kemudian irisan singkong digoreng hingga berwarna kuning kecoklatan.
5. Bumbu pedas yang telah disiapkan tumis terlebih dahulu hingga mengental dan matang
6. Masukkan irisan singkong yang telah diiriskan ke dalam adonan bumbu yang mengental. Aduk secara merata.
7. Siap dinikmati.
8. Irisan singkong dapat dibungkus kecil-kecil untuk dipasarkan ke sejumlah warung dan kantin.

Cara Memasarkan Keripik Singkong Aneka Rasa
Untuk cara memasarkan keripik singkong sama seperti keripik ubi jalar, kripik karuhun, kripik maicih, keripik tempe, kripik buah, kripik kentang, kripik pisang, kripik nangka, dan keripik lainnya bisa ditempuh dengan berbagai cara. Berikut ini cara mudah memasarkan keripik singkong aneka rasa, antara lain:

1. Sistim konsinyasi di warung terdekat
Anda bisa menitipkan keripik singkong aneka rasa buatan anda di warung atau toko oleh-oleh terdekat. Tawarkanlah sistem konsinyasi yang memberikan keuntungan yang besar bagi pemilik warung atau toko. Supaya mereka bersedia mempromosikan keripik singkong aneka rasa buatan anda. Mulailah dari warung terdekat dengan rumah.

2. Media Sosial
Cara pemasaran keripik singkong bukan hanya bisa dilakukan secara fisik. Tapi bisa juga sistem pemasaran secara online menggunakan media sosial. Coba perkenalkan usaha keripik singkong yang sobat jalani dan jelaskan beserta foto produk keripik singkong buatan anda. Tawarkanlah produk keripik singkong buatan anda kepada teman-teman anda. Jika ada yang tertarik pastinya mereka akan menghubungi anda. Pangsa pasar yang didapatkan dari media sosial cukup besar dan menjanjikan. Pendek kata, media sosial bukan hanya bisa digunakan untuk berinteraksi dengan sesama teman. Tapi bisa juga dijadikan sebagai ajang jualan produk keripik singkong.

3. Direct Selling
Apa itu direct selling? Yaitu sistem penjualan keripik singkong secara langsung ke tangan konsumen. Caranya anda bisa membuka lapak jualan keripik singkong aneka rasa di kegiatan pasar malam, pasar kaget, pusat keramaian, momen car free day, dan tempat strategis lainnya. Pemasaran keripik singkong secara langsung dapat anda lakukan kapanpun dan dimanapun yang dimulai dari lingkungan terdekat. Seperti keluarga, tetangga, sahabat dan rekan kerja, dll.

4. Toko Online
Untuk memasarkan keripik singkong, anda bisa pula menggunakan blog toko online. Di dalam blog toko online tersebut anda menawarkan jenis-jenis produk keripik singkong buatan anda dengan berbagai rasa. Sediakan pula kontak pemesanan sehingga memudahkan calon konsumen membeli kripik singkong pada anda. Untuk membuat blog toko online saat ini cukup mudah dan gratis. Anda bisa menggunakan blogger ataupun wordpress. Untuk membuat blog toko online keripik singkong bisa secara gratisan maupun berbayar.

Tips Sukses Usaha Keripik Singkong Aneka Rasa
Berguru kepada para pengusaha keripik singkong yang sukses maka penulis bisa menarik pelajaran kiat sukses mereka. Inilah tips sukses usaha keripik singkong aneka rasa bagi pemula, antara lain:

1. Variasi keripik singkong
Jenis keripik singkong di pasaran saat ini cukup beragam. Namun yang paling populer dan laris manis adalah kripik singkong pedas balado, asin dan manis pedas atau misda. Dan terakhir ada keripik asam pedas. Namun hanya sebatas itu. Untuk memperbesar keuntungan dan mengembangkan bisnis keripik singkong tak ada salahnya anda mendobrak stigma yang ada. Misalkan membuat kripik singkong rasa stroberi, nangka, jambu, dll.

2. Promosi gencar
Anda tidak bisa mengandalkan penjualan keripik singkong dari satu jalur. Namun harus melakukan promosi usaha keripik singkong pedas dan aneka rasa melalui berbagai jalur. Misalkan mengadakan promosi bisnis keripik singkong di medsos seperti twitter, facebook, whatsapp, instagram dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan oleh usaha keripik singkong Maichih dan Karuhun yang mengandalkan penjualan lewat Twitter dan cukup berhasil.

Promosi usaha keripik singkong bisa juga dilakukan melalui media brosur, banner, spanduk, reklame, pamflet, koran, majalah dan lain sebagainya.

3. Kemasan menarik
Tips sukses lainnya adalah memastikan kemasan bagi produk keripik singkong sangat menarik. Karena hal ini bisa meningkatkan minat beli masyarakat terhadap produk kripik singkong yang kita jual. Apalagi para kompetitor bisnis kripik singkong saat ini sudah mengemas produk mereka dengan kemasan yang menarik. Jika sobat terjun dalam usaha kuliner kripik singkong maka harus memastikan kemasan yang dipilih sangat menarik pembeli dan lebih baik dari pesaing.

4. Menentukan target pasar
Setiap pangsa pasar memiliki karakteristik masing-masing. Usaha keripik singkong bisa menyasar pasar anak-anak, remaja, orang dewasa hingga orang lansia. Misalkan jika anda membidik pasar anak-anak sekolah dasar atau SD maka kripik singkong yang dijual haruslah dikemas dalam plastik kecil dengan harga jual Rp 500 sampai Rp 1000 perbuah. Mengingat daya beli anak sekolah yang sangat kecil.

5. Membuat perijinan usaha keripik singkong
Jika usaha keripik singkong pedas dan aneka rasa telah berkembang maka anda bisa mengajukan surat ijin kesehatan produk dan sertifikat halal dari MUI. Hal ini untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk kripik singkong yang anda jual. Sehingga bisa diterima pasar nasional dan internasional serta didukung oleh para reseller baik berupa perorangan maupun toko dan warung.

6. Mencari reseller sebanyak mungkin
Inilah yang menentukan kesuksesan usaha keripik singkong anda. Dengan banyaknya reseller yang anda rekrut maka akan meningkatkan keuntungan bagi bisnis anda. Berikanlah pelayanan yang prima kepada reseller. Misalkan ramah, menjual keripik singkong dengan harga lebih murah, pengiriman barang sangat cepat, dan lainnya. Dengan demikian, para pelanggan anda setiap hari akan terus bertambah.