Rincian Biaya Modal Usaha Jasa Renovasi Rumah dan Keuntungannya

04 April 2018

Akhir-akhir ini kita dapat menyaksikan pertumbuhan yang sangat pesat dari bisnis perumahan. Berbagai proyek perumahan didirikan oleh perusahaan besar maupun perorangan di perkotaan maupun di pedesaan. Hal ini tentu membawa angin segar bagi perkembangan bisnis yang berkaitan dengan rumah. Salah satunya adalah usaha jasa renovasi rumah. Usaha ini memiliki prospek cerah dan mampu menghasilkan keuntungan jutaan perbulan seiring meningkatnya jumlah rumah di berbagai daerah di Indonesia.

Rincian Biaya Modal Usaha Jasa Renovasi Rumah dan Keuntungannya
Bagi anda yang mau membuka bisnis renovasi rumah pasti akan bertanya berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha jasa perbaikan rumah? Untuk lebih jelas, berikut ini rincian biaya modal usaha jasa renovasi rumah dan keuntungannya, antara lain:

▪ Biaya Investasi
Untuk biaya investasi yang harus dipersiapkan mencakup:
1. Peralatan dan perlengkapan bangunan seperti palu, kapak, pacul, dll Rp 6 juta
2. Gerobak roda untuk mengangkut pasir atau batu Rp 1 juta

Total biaya investasi sebesar Rp 7 juta.

▪ Biaya operasional
Biaya operasional usaha jasa renovasi rumah meliputi:
1. Gaji karyawan Rp 1,5 juta perbulan
2. Sewa kantor Rp 500 ribu
3. Membeli bahan bangunan seperti semen, pasir dan lain-lain Rp 2 juta

Total biaya operasional sebesar Rp 4 juta.

Keuntungan Usaha Jasa Renovasi Rumah
Dalam memilih suatu jenis usaha yang hendak ditekuni pastinya seseorang memerlukan alasan dari menjalankan bisnis tersebut. Ia melihat dari berbagai sudut keuntungan. Begitupula dalam membuka usaha jasa renovasi rumah harus dilihat keuntungan dari bisnis jasa ini. Untuk lebih mengetahuinya, berikut ini keuntungan usaha jasa renovasi rumah bagi pemula, antara lain:
jasa renovasi rumah, usaha jasa renovasi rumah, bisnis renovasi rumah, renovasi rumah, rumah, jasa renovasi rumah

1. Prospek cerah
Seiring dengan meningkatnya jumlah pembangunan perumahan di tanah air membuat bisnis jasa renovasi rumah mempunyai prospek yang menjanjikan saat ini dan di masa mendatang. Sebuah rumah pastinya berjalan waktu akan mengalami kerusakan pada beberapa bagian. Dari rusak ringan hingga dalam jangka waktu lama menjadi rusak berat. Oleh sebab itu, mayoritas manusia lebih memilih memperbaiki rumah ketika ada kerusakan kecil.

Namun karena tidak mempunyai waktu senggang dan tidak memiliki keterampilan dalam merenovasi rumah kerapkali para pemilik rumah memilih untuk menggunakan usaha jasa renovasi rumah yang profesional dan berkualitas terbaik. Inilah yang membuat usaha jasa renovasi rumah sangat menjanjikan dan memiliki prospek sangat bagus.

2. Pasar luas
Adapun yang menjadi pangsa pasar dari bisnis renovasi rumah adalah kalangan orang yang mempunyai rumah. Dan di setiap daerah pastinya terdapat banyak rumah. Apalagi di kota besar. Hal inilah yang membuat usaha jasa renovasi rumah mempunyai pangsa pasar yang sangat luas yaitu rumah, perkantoran, gedung dan bangunan lain sebagainya.

Cara Memulai Usaha Jasa Renovasi Rumah Tanpa Modal
Untuk membuka usaha jasa renovasi rumah bagi pemula sangatlah gampang. Asalkan sobat ahli dan terampil dalam memperbaiki rumah maka anda bisa langsung memulai bisnis reparasi rumah. Namun bagi anda yang tak mempunyai keahlian dalam memperbaiki rumah tetap dapat menjalankan bisnis jasa ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara membuka usaha jasa renovasi rumah tanpa modal bagi pemula, antara lain:

1. Merekrut tukang bangunan yang terpercaya, handal dan bertanggungjawab serta terampil memperbaiki rumah. Mungkin anda mempunyai teman, sanak kerabat atau kenalan yang ahli memperbaiki rumah maka anda bisa menawarkannya untuk kerjasama yang saling menguntungkan untuk menjalankan usaha jasa renovasi rumah.

2. Mencari konsumen. Pada awalnya anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan konsumen. Karena belum banyak yang mengenal usaha jasa renovasi rumah sobat. Namun seiring dengan promosi usaha yang gencar secara perlahan sobat akan mendapatkan orderan renovasi rumah.

3. Berikan pekerjaan itu kepada tukang bangunan yang sobat rekrut. Tawarkanlah pendapatan secara borongan maupun sistem bagi hasil. Oleh karenanya, sobat mesti mengetahui daftar harga jenis pekerjaan tertentu. Misalkan mengetahui daftar harga pasaran biaya per meter pengecetan rumah, ongkos biaya penggantian daun pintu, biaya pemasangan keramik dan lain sebagainya. Biasanya tukang bangunan atau tukang memperbaiki rumah telah mengetahui patokan harga tersebut.

Cara Memasarkan Usaha Jasa Renovasi Rumah
Berkaitan dengan cara memasarkan usaha jasa renovasi rumah cukup gampang. Untuk memasarkan jasa renovasi rumah, saat ini sangat mudah dilakukan seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan menggunakan laptop yang terhubung dengan internet maka anda bisa memasarkan usaha jasa renovasi rumah di berbagai marketplace, forum, blog, toko online dan lain sebagainya.

Untuk promosi usaha jasa renovasi rumah bisa dilakukan secara online dan gratis menggunakan media sosial. Seperti facebook, twitter, surat kabar online, instagram, whatsapp, line, google plus, dan medsos lainnya. Perkenalkan bisnis jasa perbaikan rumah kepada masyarakat luas yang berada di sekitar wilayah anda.

Selain menggunakan media online, sobat dapat memasarkan usaha jasa renovasi rumah secara offline yaitu menggunakan brosur atau membagikan brosur, memasang pamflet, pasang spanduk dan umbul-umbul, memasang iklan di surat kabar elektronik dan media cetak lokal, mempromosikan secara mulut ke mulut dari mulai lingkungan keluarga, teman, sahabat, rekan kerja, kenalan, tetangga hingga sanak kerabat.

Contoh Brosur Jasa Renovasi Rumah
Untuk mendapatkan konsumen maka anda bisa melakukan langkah-langkah promosi yang efektif dan efisien baik secara online maupun offline. Namun yang paling ampuh untuk mendapatkan konsumen usaha renovasi rumah dengan cara membagikan brosur jasa perbaikan rumah. Adapun contoh brosur jasa perbaikan rumah secara garis besar adalah jenis jasa renovasi rumah yang dapat dilayani, harga renovasi rumah, alamat dan nomor kontak yang bisa dihubungi oleh calon konsumen. Untuk lebih lengkap mengenai contoh brosur jasa renovasi rumah dapat anda temukan di google.

Tips Sukses Memulai Usaha Jasa Renovasi Rumah
Untuk membuka usaha jasa renovasi rumah yang sukses dan menghasilkan omset puluhan juta rupiah perbulan memerlukan teknik dan strategi tertentu. Berikut ini strategi bisnis dan tips sukses memulai usaha jasa renovasi rumah bagi pemula, antara lain:

1. Menjaga kualitas pekerjaan
Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuka usaha jasa renovasi rumah adalah kualitas pekerjaan. Pastikan anda menyelesaikan pekerjaan memperbaiki bagian rumah yang rusak dengan tepat waktu, kualitas terbaik dan sempurna. Hal ini akan memberikan kepuasan konsumen dan di masa mendatang akan menjadi pelanggan tetap.

Kerapkali penulis melihat ada sebagian kecil usaha jasa renovasi rumah yang tidak memperdulikan kualitas hasil pekerjaan. Mereka mengerjakan perbaikan bagian rumah secara asal-asalan. Sehingga mudah rusak kembali. Jika hal ini terjadi bukan hanya merugikan konsumen tapi juga perkembangan bisnis jasa anda. Sebab para konsumen akan merasa kapok menggunakan jasa perbaikan rumah sobat. Dan seiring berjalan waktu, usaha jasa renovasi rumah sobat akan sepi konsumen.

2. Memberikan garansi
Untuk menunjukkan bisnis renovasi rumah yang anda jalankan benar-benar profesional dan terpercaya maka tak ada salahnya anda memberikan masa garansi jika bagian rumah yang telah diperbaiki rusak kembali. Hal ini bisa meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan jasa renovasi rumah yang sobat dirikan.

3. Harga bersaing
Bisnis jasa renovasi rumah mempunyai pesaing yang cukup banyak. Sehingga anda harus memenangkan persaingan supaya bisa bertahan dan eksis. Salah satu caranya selain menggunakan pelayanan terbaik dan memuaskan seperti tepat waktu dan kualitas hasil pekerjaan sangat bagus maka anda bisa menggunakan teknik tarif harga renovasi rumah yang lebih murah dari kompetitor.

4. Membangun perumahan
Untuk mengembangkan usaha jasa renovasi rumah sobat dan menambah pemasukan maka anda bisa juga mulai terjun dengan membuka usaha renovasi rumah elite, real estate, hotel, apartemen, kantor pemerintah dan membangun beberapa perumahan. Dengan cara bekerjasama dengan pihak supplier, pemborong, kontraktor, arsitektur dll. Biaya modal membangun perumahan bisa didapatkan dari para investor maupun dari hasil usaha renovasi rumah.

5. Modal usaha yang mencukupi
Jika anda tidak mempunyai modal usaha untuk membuka bisnis renovasi rumah maka anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha jasa renovasi rumah ke sanak kerabat, tetangga, rekan kerja dan pihak investor. Tawarkanlah sistem kerjasama patungan atau bagi hasil yang adil dan proporsional.

Analisa Lengkap Peluang Bisnis Renovasi Rumah
Usaha jasa perbaikan rumah memiliki prospek bagus saat ini dan di masa depan. Mengingat permintaan masyarakat yang sangat tinggi terhadap usaha jasa renovasi rumah. Karena disebabkan telah dimakan rayap dan sudah lama dipakai membuat sebuah rumah mengalami kerusakan di bagian tertentu. Contoh kerusakan bagian rumah yang sering terjadi adalah atap atau genting bocor, daun pintu rusak, engsel pintu rusak, dll. Hal ini tentu membutuhkan usaha jasa renovasi rumah. Disebabkan untuk memperbaiki bagian rumah yang rusak tersebut membutuhkan keterampilan khusus.

Kebutuhan terhadap rumah atau tempat tinggal yang nyaman dan layak huni menjadi salah satu kebutuhan primer manusia. Oleh sebab itu, tak jarang saat ini mudah ditemukan berbagai proyek pembangunan perumahan di kota dan desa. Dan penjualan rumah selalu laris manis. Fakta ini berdampak baik bagi usaha yang berkaitan dengan rumah. Salah satunya usaha jasa renovasi rumah. Seperti renovasi atap bocor, perbaikan ulang rumah, renovasi dinding yang mengalami kerusakan, pemasangan wallpaper, pengecatan rumah dll. Sebab pangsa pasar akan semakin bertambah besar