12 Cara Budidaya dan Beternak Lebah Madu serta Memasarkannya

16 April 2018

Usaha budidaya dan beternak lebah madu merupakan salah satu peluang bisnis yang masih jarang pesaing di beberapa daerah di tanah air. Jenis usaha ternak hewan lebah berpotensi menjanjikan keuntungan yang sangat besar. Mengingat permintaan akan madu terus bertambah besar di berbagai daerah di Indonesia. Seperti di Banjarmasin, Kebumen, Bandung, Cimahi, Jakarta, Bogor, Cirebon, Palembang, Medan, Balikpapan dan daerah lain sebagainya. Jika anda sedang mencari peluang usaha yang menguntungkan dalam bidang peternakan maka usaha budidaya lebah menjadi pilihan bisnis yang bagus.

12 Cara Budidaya dan Beternak Lebah Madu serta Memasarkannya
Bagi anda pemula pastinya akan kesulitan bagaimana cara memulai usaha beternak lebah madu. Untuk sobat yang tertarik untuk membuka usaha budidaya dan ternak lebah madu, berikut ini 12 cara budidaya dan ternak lebah madu bagi pemula dan memasarkannya, antara lain:
budidaya lebah madu, cara budidaya lebah, cara beternak lebah, cara beternak lebah madu, lebah, cara budidaya lebah madu, lebah madu

1. Niatkan untuk ibadah
Dalam memulai usaha beternak dan budidaya lebah madu hal pertama yang harus dilakukan adalah diniatkan untuk ibadah kepada Allah SWT. Semata-mata menjalankan ibadah untuk mencari rezeki yang halal lewat budidaya dan ternak lebah madu.

2. Memilih lokasi usaha yang mendukung
Lokasi usaha yang cocok untuk budidaya dan beternak lebah madu adalah kondisi lingkungan yang sejuk dan tak panas. Sebab lebah tidak menyukai bertempat tinggal di lingkungan yang panas. Selain itu tidak ada asap. Dikarenakan koloni lebah madu tak betah bersarang di tempat yang banyak polusi udara seperti asap.

3. Memanfaatkan pekarangan rumah
Usaha beternak dan budidaya lebah madu supaya cepat sukses dan panen melimpah memerlukan pengontrolan dan pengawasan yang sangat ketat setiap hari. Jika anda membuka bisnis budidaya dan ternak lebah madu di tempat yang jauh pastinya akan sulit melakukan kontrol yang baik. Oleh sebab itu, pastikan anda membuka usaha budidaya lebah madu di lokasi terdekat yang mudah dijangkau. Seperti di pekarangan rumah.

Cara budidaya dan beternak lebah madu secara rumahan tak membutuhkan proses waktu yang lama dan relatif cukup mudah dilakukan. Anda bisa memanfaatkan atap rumah maupun pohon di halaman rumah. Asalkan kondisi lingkungan pekarangan rumah sesuai dengan habitat asli lebah madu. Baik dalam suhu maupun ketersediaan makanan. Sehingga lebah madu suka bergerombol di sekitar area tersebut. Tetangga penulis juga membuka usaha budidaya lebah madu di pekarangan rumah dan terbukti berhasil.

4. Memilih bibit lebah madu yang unggul
Dengan pemilihan bibit lebah yang baik maka lebah akan berkembang biak dengan cepat dan menghasilkan banyak madu dengan kualitas terbaik. Anda bisa membeli bibit lebah madu yang unggul di internet. Dengan mengetikkan kata kunci “jual bibit lebah madu”.

5. Membuat kotak sarang lebah
Langkah berikutnya adalah membuat kotak sebagai tempat bersarang lebah dan menghasilkan madu. Kotak kecil tersebut disimpan di dalam atap rumah maupun di bawah pohon jambu atau kopi coklat. Satu kotak itu berisi satu kerajaan lebah yang akan bertambah banyak jumlah lebah dari hari ke hari. Cara membuat kotak-kotak lebah madu sangat mudah. Anda dapat membuatnya dari papan kayu pohon sengon atau waru. Mengapa harus berbentuk kotak? Karena dengan ukuran kotak akan membuat nyaman dan betah para lebah madu untuk bertempat tinggal di dalamnya.

6. Kontrol yang baik setiap hari
Setelah kotak lebah tersimpan dengan baik di atap atau pohon di pekarangan rumah, langkah berikutnya adalah melakukan pengontrolan setiap hari. Untuk memastikan kotak lebah terjaga aman dan semakin bertambah banyak lebah dan anakannya setiap hari. Satu kotak lebah yang mempunyai satu ratu akan menghasilkan banyak anak. Namun jika satu kotak memiliki dua ratu maka dengan sendirinya akan terpisah dan terbentuk dua kubu lebah.

7. Memberikan makanan setiap hari
Salah satu kelebihan usaha budidaya dan beternak lebah madu adalah pemberian makan dilakukan secara alami. Sehingga biaya modal makanan bagi lebah nol persen. Pemberian makan dengan cara menamam bunga-bunga di area ternak lebah yang sangat disukai lebah. Seperti bunga mangga, bunga klengkeng, bunga akasia, bunga marenggo, bunga rambutan, bunga karet, bunga tembakau, bunga kangkung, puspa mangga, bunga kaliandra, bunga randu, bunga palm, bunga kopi, bunga jagung dll.

8. Setelah membuat kotak kandang lebah madu dengan kayu bambu atau waru dan pada bagian atas terbuka, selanjutnya adalah membuat penutup kotak dari kayu.

9. Kemudian tutup kotak diletakkan pada bagian atas koloni lebah madu. Beberapa saat kemudian dengan menggunakan telapak tangan giringlah koloni lebah secara hati-hati hingga lebah madu menggantung dan berpindah ke tutup kotak bagian bawah.

10. Lalu mencari ratu lebah dengan ciri berwarna kuning muda, ukuran bentuk badan yang paling panjang dan paling besar. Kemudian mengambil ratu lebah madu. Lalu memotong bagian sayap sehingga ratu lebah tidak dapat terbang. Sebab jika ratu lebah terbang akan diikuti oleh lebah lainnya. Usahakan ratu lebah tidak jatuh ke tanah ataupun terinjak. Tugas ratu lebah adalah bertelur dan tidak akan menyengat. Sebab jika ratu lebah menyengat maka ia akan mati. Sedangkan ia tidak ingin mati untuk bertelur dan menghasilkan madu.

11. Simpan ratu lebah di kotak sebagai salah satu cara mengundang lebah madu. Secara perlahan-lahan, lebah-lebah lainnya akan mengetahui keberadaan sang ratu. Hingga mereka mengerumuninya.

12. Kerja keras dan pantang menyerah. Setiap usaha agar berhasil tidak bisa dengan berleha-leha dan berpangku tangan. Usaha beternak dan budidaya lebah madu harus dijalankan secara serius, fokus dan kerja keras serta pantang menyerah. Anda bisa mempelajari cara budidaya ternak lebah madu yang baik dan benar melalui buku, makalah budidaya lebah madu dan situs peternakan di internet.

Cara Memasarkan Madu Lebah Original
Untuk memasarkan madu lebah relatif mudah. Dikarenakan banyak orang yang mencari produk madu lebah yang asli untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Berikut ini cara memasarkan madu lebah bagi pemula hingga berhasil, antara lain:

1. Keliling
Untuk memasarkan madu lebah ori, sobat dapat berkeliling dari satu perumahan ke perumahan lain secara door to door. Tawarkan kepada orang yang anda temui di jalan. Utarakan kelebihan madu yang anda jual ketimbang pesaing. Pemasaran madu lebah secara keliling bisa dilakukan dengan berjalan kaki, menggunakan sepeda motor, mobil pick up, sepeda biasa dll.

2. Titipkan di warung dan toko serta apotek maupun supermarket
Untuk menjual madu lebah lebih banyak, sobat dapat menitipkan madu lebah ke sejumlah warung dan toko makanan atau minuman terdekat terutama toko jamu.

3. Jual secara online di forum, marketplace, sosial media dan toko online. Cara ini terbukti efektif berhasil. Karena pemasaran madu asli bisa menjangkau ke semua orang di seluruh dunia.

4. Buka toko penjualan madu lebah asli di tempat strategis. Misalkan di pusat keramaian orang, dekat minimarket, dll.  Dalam tahap awal permulaan usaha, sobat bisa menawarkan madu lebah asli kepada anggota keluarga, sanak kerabat, tetangga, teman, rekan kerja, dan kenalan lainnya.

Prospek dan Tempat Budidaya Lebah Madu
Usaha budidaya dan beternak lebah madu liar merupakan salah satu peluang usaha yang mempunyai prospek cerah. Dikarenakan permintaan pasar terhadap produk madu berkualitas terbaik dan asli sangatlah besar. Madu digunakan dan dikonsumsi banyak orang sebagai obat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Seiring dengan perkembangan jaman yang kian canggih, saat ini banyak produsen madu yang menjual madu dengan kemasan menarik dan dijual di pasar modern, minimarket dan supermarket.

Yang namanya persaingan usaha pasti ada. Begitupula dalam persaingan bisnis madu. Ada banyak produsen madu yang menggunakan merk sendiri maupun merek terkenal.Namun untuk memulai usaha beternak dan budidaya lebah madu diperlukan persiapan yang matang. Salah satunya adalah mempersiapkan kandang lebah madu. Hal ini merupakan penunjang kesuksesan bagi usaha budidaya dan ternak lebah madu secara tradisional, rumahan dan modern.

Sobat harus memperhatikan suhu dan kondisi kandang lebah dengan baik. Pastikan suhu dan kandang  sesuai lingkungan yang diharapkan. Jika diumpamakan kotak kandang lebah layaknya tempat tinggal yang harus dijaga kenyamanannya. Fungsi kandang lebah sangat banyak. Selain memberikan kenyamanan sebagai rumah juga berfungsi melindungi lebah dari serangan penyakit dan hama, binatang pemangsa serta melindungi lebah dari kehujanan dan kepanasan.

Syarat Kandang Ternak Lebah yang Baik
Untuk pembuatan kandang dan kotak lebah tidak boleh sembarangan. Untuk lebih lengkap dan jelas, berikut ini beberapa syarat kandang lebah madu yang ideal, antara lain:

1. Jauh dari suara bising dan tempat keramaian
2. Kemudahan dalam perawatan
3. Kemudahan sarana transportasi. Hal ini untuk memudahkan pengambilan dan pengiriman barang madu hasil produksi kepada pihak konsumen.
4. Terbebas dari binatang buas, pengganggu atau pemangsa

Keuntungan Usaha Budidaya Lebah Madu Modern
Yang diambil manfaat dari usaha budidaya dan ternak lebah madu adalah madunya. Permintaan akan produk madu alami sangat tinggi di Indonesia dan luar negeri. Sedangkan pasokan madu sangat terbatas. Sehingga permintaan yang besar terhadap madu asli di dalam negeri tersebut belum bisa dipenuhi secara baik oleh para peternak madu di tanah air. Hal inilah yang membuat peluang usaha budidaya ternak lebah sangat manis keuntungannya semanis madu.

Kelebihan dan keuntungan lainnya usaha ternak lebah madu adalah mudah dalam pemeliharaan, biaya produksi usaha yang sangat murah, harga madu yang saat ini di pasaran cukup tinggi dan stabil, dan kondisi alam di negara Indonesia yang mendukung sekali perkembangan usaha ternak lebah madu serta madu digemari oleh semua kalangan. Dari bayi hingga orang dewasa dan lanjut usia. Sehingga anda tidak akan kesulitan menjual atau memasarkan madu asli. Ada berbagai jenis madu di dunia. Namun madu paling laris saat ini adalah madu kaliandra dan madu randu. Disebabkan mempunyai rasa yang enak dengan harga sangat terjangkau bagi semua kalangan.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Budidaya Lebah Madu
Untuk membuka usaha budidaya dan ternak lebah madu memerlukan modal yang tidak sedikit. Apalagi bagi anda yang mempunyai modal kecil. Berikut ini cara mendapatkan modal usaha budidaya dan beternak lebah madu bagi pemula, antara lain:

1. Tabungan pribadi baik berupa rekening tabungan maupun deposito
2. Meminjam uang pada orangtua
3. Meminjam uang kepada sanak kerabat seperti adik atau kakak
4. Meminjam uang kepada teman dan sahabat
5. Meminjam uang kepada rekan kerja, tetangga dan kenalan
6. Meminjam uang kepada bank maupun koperasi dengan membuat proposal usaha ternak dan budidaya lebah madu.