Daftar Harga Bibit Ayam Potong Per Ekor Terkini Siap Ternak

19 Oktober 2017

Ada beragam jenis usaha menguntungkan dalam bidang budidaya ayam. Seperti usaha beternak ayam kampung, bangkok, ayam petelur dan ternak ayam potong. Usaha beternak ayam broiler potong merupakan jenis usaha yang mempunyai prospek cerah. Mengingat permintaan daging ayam sangat tinggi di masyarakat. Jika sobat memiliki halaman rumah atau kebun kosong yang luas di samping rumah dan belum dimanfaatkan secara baik maka tak ada salahnya untuk mencoba membuka usaha peternakan ayam pedaging atau ayam potong di lahan luas tersebut. Dengan alasan keuntungan cukup besar perbulan, masa panen sangat cepat, mudah dipasarkan dan lain sebagainya.

Ternak Broiler Mandiri Rumahan
Jika anda membuka usaha ternak ayam broiler potong di samping rumah maka jenis usaha anda disebut bisnis rumahan. Usaha budidaya ayam pedaging secara rumahan memiliki banyak keuntungan ketimbang membuka usaha ternak ayam potong yang jauh dari rumah. Salah satu kelebihan yang paling utama adalah biaya modal usaha relatif sangat ringan dan mudah dalam pengontrolan.

Suatu hari salah seorang kerabat penulis membuka usaha ternak ayam potong dengan kandang di sebuah kebun yang jauh dari rumah. Ketika hujan mengguyur bumi disertai suara petir dan gemericik halilintar membuat sanak kerabat was-was khawatir kandang ayam potong tersambar petir dan terbakar. Kemudian ia mendatangi kandang ayam. Ternyata kandang ayam terbakar. Lalu ia berhasil memadamkan api. Namun beberapa ekor ayam potong mati terbakar. Di sinilah pentingnya usaha ternak broiler dijalankan secara rumahan untuk memudahkan pengontrolan setiap waktu.
harga bibit ayam, bibit ayam potong, harga bibit ayam broiler, ayam potong, ayam pedaging,

Keunggulan lain membuka usaha ternak broiler pedaging mandiri rumahan adalah tidak ada biaya sewa lokasi. Karena lahan ternak ayam milik kita sendiri. Dan jumlah tenaga kerja cukup satu. Bahkan sobat tak memerlukan tenaga kerja mengingat skala usaha masih kecil dan mudah dikelola. Sobat sendiri yang mengawasi dan mengelola usaha ternak ayam potong di samping rumah.

Pendek kata, usaha beternak ayam potong secara rumahan dapat dilakukan secara fulltime maupun sampingan. Namun sobat dapat memperoleh pendapatan bulanan yang sangat tinggi. Mengingat daya serap pasar cukup tinggi. Dan tak kalah penting, dari asalnya lahan tidak menghasilkan apapun jadi menghasilkan uang. Bagaimana anda tertarik membuka usaha ternak broiler mandiri rumahan?

Ternak Broiler Modern bagi Pemula
Mengingat harga kebutuhan pokok semakin tinggi membuat gaji seorang karyawan atau profesional tidak mencukupi. Dibutuhkan sumber pendapatan tambahan. Bagi anda seorang karyawan swasta, pegawai negeri sipil, pelajar, mahasiswa, ibu rumahtangga dan pengangguran yang ingin menambah penghasilan bisa membuka usaha ternak ayam potong secara modern dan menguntungkan.

Bagi seorang yang sudah berpengalaman tidak akan kesulitan membuka usaha ternak ayam potong secara rumahan dari nol. Namun bagi seorang pemula akan merasakan kesulitan mendirikan usaha peternakan ayam potong. Dari mana mulainya? Sebab untuk memulai usaha budidaya ayam potong yang sukses dan menguntungkan membutuhkan ilmu pengetahuan tentang cara beternak ayam potong yang baik dan benar dan menguasai lapangan seluk beluk bisnis ternak ayam pedaging.

Untuk pemula yang mau membuka bisnis ternak ayam potong secara rumahan dan modern disarankan dari skala kecil. Seiring berjalan waktu dengan bertambah ilmu dan pengalaman serta modal usaha maka anda bisa membuka usaha ternak ayam potong skala besar yang keuntungan semakin besar dan menjanjikan. Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan oleh pemula untuk memulai bisnis ternak ayam broiler potong, antara lain persiapan usaha, rincian biaya modal usaha ternak ayam potong, analisa usaha hingga menguasai cara pemasaran.

Setelah melakoni usaha beternak ayam potong broiler pastinya anda sebagai pemula akan mengalami berbagai kendala dan hambatan. Pada tahap ini sikap dan mental anda menghadapi berbagai kendala usaha ternak ayam potong sangat menentukan sukses tidaknya usaha budidaya ayam potong di masa depan. Jika anda menyerah maka anda tidak akan berhasil. Sebaliknya jika anda mempunyai sikap pantang menyerah, ulet, tekun dan sabar maka dipastikan usaha ternak ayam potong modern dan rumahan akan berhasil di masa kini dan masa mendatang.

Hambatan Usaha Beternak Ayam Potong
Berikut ini contoh hambatan usaha beternak ayam potong secara modern dan rumahan, antara lain:

▪ Ayam Mati
Kendala ini sering dialami oleh para peternak pemula maupun yang berpengalaman. Ada banyak sebab ayam potong mengalami kematian. Seperti terkena penyakit, tidak mau makan, terkena serangan virus flu burung, dimangsa predator dan lain sebagainya. Untuk mencegah ayam mati terkena penyakit maka anda mesti rutin memberikan vaksinasi ayam untuk meningkatkan kekebalan tubuh ayam potong

▪ Harga Pakan Naik
Hambatan selanjutnya yang bisa dialami oleh peternak adalah harga makanan ayam potong mengalami kenaikan yang sangat tinggi. Hal ini berakibat pada naiknya biaya operasional sehari-hari. Untuk mengantisipasi harga makanan ayam potong naik maka anda bisa membuat makanan ayam potong alternatif buatan sendiri dari bahan-bahan pakan ayam alami.

▪ Harga Ayam Potong Turun
Bisa pula terjadi harga ayam potong perkilogram mengalami penurunan sangat tajam. Seperti yang terjadi beberapa waktu tahun lalu dimana merebaknya virus flu burung membuat permintaan akan daging ayam merosot tajam dan membuat harga daging ayam turun drastis. Sebab banyak orang enggan untuk membeli daging ayam dikarenakan takut terkena virus flu burung dari ayam. Harga daging ayam potong saat ini sekitar Rp 36 ribu perkilogram.

Daftar Harga Bibit Ayam Potong Per Ekor Terkini Siap Ternak
Yang jadi pertanyaan saat ini apa saja rincian modal usaha budidaya ayam potong secara rumahan dan berapakah total biaya modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ternak ayam potong dari awal sampai berdiri? Untuk lebih jelas, inilah rincian biaya modal usaha ternak ayam potong yaitu pembuatan kandang, makanan ayam potong, tempat makan dan minum ayam, lampu penerangan, listrik, vitamin, obat-obatan, bibit ayam potong dan lain sebagainya.

Adapun daftar harga bibit ayam potong per ekor terkini siap ternak sebesar Rp 5000. Jika anda membuka usaha ternak ayam potong skala kecil dengan jumlah 200 ekor maka modal yang diperlukan untuk pembelian bibit ayam potong sebesar Rp 1.000.000. Dari sinilah jelas, modal yang diperlukan untuk buka usaha ternak ayam potong secara rumahan dan mandiri maupun kemitraan relatif sangat kecil.

Tips Sukses Ternak Ayam Potong Kemitraan
Usaha ternak ayam potong secara kecil-kecilan berakibat pada keuntungan harian juga ikut kecil. Maka tak ada salahnya, anda membuka bisnis budidaya ayam potong skala besar dengan kapasitas 5000 ekor. Namun semua itu memerlukan modal besar terutama dari segi belanja pakan dan bibit ayam. Jika anda tak mau dipusingkan dengan proses pembiayaan pakan ayam dan bibit ayam dalam nominal besar tersebut maka sobat dapat membuka usaha ternak ayam potong kemitraan.

Usaha beternak ayam potong secara kemitraan adalah cara membuka usaha budidaya ayam potong dengan menjalin kerjasama dengan perusahaan besar. Perusahaan tersebut akan memberikan bibit ayam dalam jumlah besar dimulai dari 5000 sampai 10 ribu ekor. Tugas kita adalah merawat ayam sampai siap panen. Adapun pakan diberikan secukupnya oleh pihak perusahaan besar tersebut. Ketika masa panen ayam maka pihak peternak akan mendapatkan penghasilan berdasarkan berat ayam seluruhnya.

Untuk sukses dalam bisnis beternak ayam broiler adalah keterampilan anda dalam merawat ayam potong hingga siap panen secepatnya. Dimana ayam broiler cepat besar dengan daging yang tebal dan banyak. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda lakukan sebagai tips sukses cara merawat ayam potong yang menghasilkan banyak daging, antara lain:

▪ Pemilihan Bibit Ayam
Pastikan anda memilih bibit anak ayam broiler yang baik. Ciri bibit ayam yang unggul bisa dilihat dari bentuk tubuh ayam yang bulat dan gemuk, gerakan sangat aktif, memiliki bulu yang bersih dan mengkilap, lubang hidung dan lubang anus tidak ada kotoran, dan lain sebagainya. Anda bisa membeli bibit ayam potong yang baik di usaha peternakan ayam broiler terdekat yang menjual bibit ayam potong.

▪ Kandang Ayam
Kandang ayam yang anda buat bagi ternak ayam potong pastikan terkena sinar matahari di pagi hari dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Sehingga ayam broiler bisa tumbuh dan berkembang secara sehat dan baik. Yang berdampak pada daging yang dihasilkan tebal dan berkualitas baik. Jangan sampai kandang ayam terlalu kecil dan kotor. Kandang ayam broiler haruslah luas yang membuat gerak ayam leluasa. Pastikan kandang ayam dibersihkan selalu untuk menghindari timbulnya berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang ayam potong.

▪ Saluran Pembuangan Kotoran
Untuk menjaga kandang ayam selalu bersih salah satu caranya adalah membuat saluran pembuangan kotoran ayam yang otomatis. Misalkan alas kandang ayam dibuat dari ram kawat sehingga kotoran langsung jatuh ke tanah dan tidak tercampur dengan makanan ayam potong dan minumannya. Dan jika anda pandai memanfaatkan kotoran ayam maka kotoran ayam bisa dijadikan pakan ikan. Anda bisa membuat kolam ikan di bawah kandang ayam.