Peluang Investasi di Luar Negeri yang Menguntungkan

26 Agustus 2016

Salah satu elemen yang penting bagi perkembangan usaha dan kemajuan bangsa adalah seberapa besar investasi yang ditanamkan baik oleh kalangan pengusaha dalam negeri maupun luarnegeri. Seiring berbagai terobosan dan reformasi birokrasi dalam memulai investasi di Indonesia sangat mudah. Begitupula bagi pengusaha di tanah air yang hendak melakukan investasi di luar negeri maka pemerintah negara lain banyak yang mempermudah bagi pengusaha asing berinvestasi di negara mereka. Hal inilah yang menimbulkan peluang usaha baru yakni berinvestasi di luar negeri dengan sangat menguntungkan.

Investasi asing sangat berguna bagi suatu negara untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan kerja baru, dan mengurangi pengangguran dll. Oleh sebab itu, pemerintah terus berusaha menarik masuk para investor asing ke Indonesia. Dan dalam rangka meningkatkan jumlah investasi asing di Indonesia, pemerintah telah melakukan berbagai upaya secara langsung maupun tak langsung. Salah satunya memberikan perlindungan dan insentif pajak kepada perusahaan besar asing yang hendak berdiri di tanah air.
investasi, investasi di luar negeri, investasi yang menguntungkan, tips investasi

Hal ini berbeda sekali dengan kebijakan pemerintah Indonesia terhadap pengusaha dalam negeri yang hendak berinvestasi di luar negeri yang tidak diatur dan dilindungi. Padahal potensi investasi di luar negeri lebih menjanjikan dan menguntungkan. Misalnya negara Super Power, Amerika Serikat senantiasa menganjurkan kepada individu dan sejumlah perusahaan negeri paman sam untuk melakukan investasi di negara lain. Dengan tujuan menggali potensi pasar ekonomi secara global dan memperkokoh daya saing tingkat ekonominya sekaligus membantu mengembangkan tingkat ekonomi Negara berkembang ke taraf yang lebih baik.

Selain Negara Amerika Serikat, Negara China juga menghimbau kepada warga negaranya yang berprofesi sebagai pengusaha untuk melakukan investasi di luar negeri dengan dukungan kuat pemerintah.  Bentuknya seperti mendirikan The People’s Bank of China yang menyediakan fasilitas kredit secara tahunan bagi siapa saja yang mau berinvestasi dengan mengeksploitasi berbagai sumber daya di negara lain yang diperlukan sekali oleh Tiongkok.

Begitupula dengan Negara Malaysia, India, Inggris dan lain-lain melakukan hal yang sama dengan kebijakannya melindungi para pengusahanya dalam rangka berinvestasi di luar negeri. Misalnya pemerintahan Inggris mengeluarkan asuransi usaha investasi di luar negeri dengan nama ECGD. Apabila terjadi rintangan birokrasi dan politik di Negara asing tujuan investasi maka pemerintah Inggris akan terlibat atau campur tangan membantu perusahaan asal Inggris tersebut agar nyaman dan lancar dalam berinvestasi di luar negeri. Hal tersebut mencegah tindakan sewenang-wenang dari negara lain sebagai tujuan investasi sekaligus memberikan kenyamanan berinvestasi di luar negeri.

Seiring dengan perubahan dunia secara global, kini berinvestasi di luar negeri bukan hal mustahil tapi sudah bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki modal keuangan yang kuat. Peluang investasi di Negara lain bisa lebih menjanjikan dan menguntungkan. Karena ada beberapa Negara yang masih terdapat peluang bisnis yang lebih bagus dengan memberikan jaminan keamanan sangat tinggi dan modal yang diperlukan tidak besar. Jika dibandingkan dengan investasi di Indonesia masih bagus di luar negeri. Sehingga banyak orang di dalam negeri sekarang ini melirik peluang investasi di negara lain.

Untuk melakukan investasi di luar negeri tidak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan strategi yang matang, perhitungan untung rugi, manajemen resiko yang baik, dan lain sebagainya agar investasi yang dilakukan bisa memberikan untung sangat besar bagi sang investor. Salah satu peluang investasi bagi pengusaha Indonesia yang bisa dikembangkan di luar negeri adalah sektor usaha kerajinan tangan, meubel, agribisnis, properti dan lain-lain.

Sebagai contoh, seorang pelaku usaha mebeul di tanah air bisa melaksanakan upaya ekspansi pasar di luar negeri dengan mengakuisisi perusahaan meubel asal Negara Malaysia yang mempunyai potensi pasar yang sangat cerah tapi memiliki modal usaha yang lumayan minim. Tentu hal ini membantu perekonomian dalam negeri dan negara Malaysia sebagai tujuan investasi. Atas hal itulah, Negara tujuan investasi sangat senang dan gembira jika ada orang atau perusahaan asing hendak melakukan investasi di negaranya. Sebab bagi mereka akan membuka lapangan kerja baru bagi warga negaranya sekaligus memberikan kontribusi positif dari segi perekonomian negara.

Peluang Investasi di Luar Negeri yang Menguntungkan
Peluang usaha ada dimana-mana termasuk di dalam negeri dan luar negeri. Sobat bisa memanfaatkan peluang bisnis di luar negeri seiring terbukanya pasar bebas dunia. Dampak positif dari melakukan investasi di luar negeri semakin besarnya potensi penghasilan yang didapatkan. Namun demikian, berinvestasi di negara asing pada dasarnya tidak membuka lapangan kerja baru bagi penduduk Indonesia, tapi lapangan kerja baru terbuka bagi penduduk negara asing tersebut. Akan tetapi, dari segi pendapatan devisa masih dibutuhkan dalam membangun perekonomian dalam negeri.

Lalu yang menjadi pertanyaan, investasi dalam bentuk apa yang paling menguntungkan dijalankan di luar negeri? Banyak sekali jenis investasi yang bisa dilakukan seseorang di luar negeri. Seperti berinvestasi dalam membangun bisnis, investasi dalam sektor properti, apartement, investasi dalam bidang pertambangan, dan lain sebagainya. Kita lihat sekarang ini seiring semakin sadarnya akan arti penting sebuah investasi tak jarang kita temui orang yang melakukan investasi di luar negeri dalam sektor properti atau apartemen.

Peluang investasi di luar negeri yang menguntungkan salah satunya adalah investasi dalam sektor properti. Hal ini karena harga sewa rumah di luar negeri terbilang lumayan mahal dengan tingkat hunian tinggi. Sehingga ini menjadikan peluang usaha yang sangat menjanjikan untung besar dalam jangka panjang. Apalagi jika sang buah hati hendak disekolahkan ke luar negeri akan sangat tepat untuk melakukan investasi dalam bidang properti di luar negeri. Nantinya sang anak tidak perlu memikirkan biaya sewa tempat tinggal. Selain itu, capital gain atau keuntungan hasil investasi tersebut bisa digunakan untuk membiayai dana pendidikan sang anak di luar negeri.

Prosedur melakukan investasi di luar negeri dalam sektor properti  sama seperti berinvestasi properti di dalam negeri dimana harus dipikirkan beberapa hal agar investasi yang dilakukan tidak rugi atau sia-sia, antara lain lokasi rumah yang dipilih harus strategis, tata letak ruangan yang serasi dan harmonis, struktur bangunan kuat, pemandangan di luar rumah yang bagus dll. Hal di atas harus dilakukan supaya rumah investasi sobat di luar negeri laris manis dengan harga jual tinggi di masa depan atau tingkat hunian tetap tinggi dan selalu menguntungkan.

Langkah pertama dalam berinvestasi properti di luar negeri adalah menetapkan tujuan negara yang hendak dituju dalam membeli propertinya. Pastikan negara maju yang pasar propertinya terus berkembang. Kemudian mencari informasi untuk mengetahui cara dan syarat yang dibutuhkan untuk membeli properti di negara luar negeri tersebut. Negara maju kebanyakan mempermudah persyaratan bagi orang asing yang hendak berinvestasi properti rumah di negaranya. Hal ini tentu menjadi peluang investasi yang menguntungkan di luar negeri. Misalnya negara Singapura dan Australia memberikan syarat ringan bagi warga negara asing yang hendak berinvestasi membeli rumah di negaranya harus mempunyai pasport untuk identitas. Cukup memperlihatkan passport, seorang warga negara Indonesia bisa membeli properti di negara luar negeri dengan status hak milik selamanya. Sedangkan jumlah properti/rumah yang diperkenankan dibeli tidak dibatasi berapa jumlahnya.

Jadi, kalau di luar negeri seperti Australia dan Singapura seorang warga negara asing bisa membeli properti dengan status hak milik penuh selamanya. Berbeda sekali dengan negara Indonesia dimana jika seorang WNA membeli properti tidak memberlakukan hak milik melainkan hak sewa pakai atau hak guna bangunan. Sesuai peraturan orang berkewarganegaraan asing dilarang mempunyai hak milik tanah atau properti di Indonesia. Berbeda halnya dengan negara maju yang memperbolehkan orang berkewarganegaraan asing memiliki kewenangan hak milik atas properti di negaranya.

Selepas sobat bisa memenuhi syarat di atas yakni memiliki pasport dan uang yang mencukupi dalam jumlah besar, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah memfokuskan waktu yang tepat untuk membeli properti seperti rumah, apartemen, tanah dll. Kapan waktu yang tepat membeli properti di luar negeri? Penjualan properti di negara maju biasanya terdapat beberapa sesi, antara lain sesi prelaunching atau penjualan properti pada tahap perencanaan, sesi penjualan properti saat sedang didirikan, dan penjualan properti selepas selesai dibangun. Harga properti setiap sesi berbeda-beda. Oleh karena itu, pilihlah harga termurah dari properti di sesi tersebut.

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah lokasi properti, pemandangan indah (view), dan fasilitas lengkap dan nyaman lainnya. Hal itu akan meningkatkan nilai dan harga jual properti. Misalnya properti/apartemen berada di tempat yang strategis yang memudahkan akses  ke tempat penting yang dituju. Walaupun berinvestasi properti di luar negeri terbukti menguntungkan, tetap saja bisa merugikan jika tak memahami cara mengambil peluang investasi properti di luar negeri yang menguntungkan. Salah satu negara sangat bagus untuk tujuan investasi properti adalah Australia. Negara Australia ini menjadi negara tujuan belajar para mahasiswa Indonesia.  Sedangkan harga properti di negara kanguru ini terus meningkat setiap tahun dengan tingkat hunian properti/apartemen sangat tinggi.

Bagaimana anda tertarik mengambil peluang investasi di luar negeri yang menguntungkan dalam sektor properti? Jika berminat silahkan ikuti langkah-langkah di atas agar sukses dalam berinvestasi di luar negeri. Selamat berinvestasi!