12 Cara Membuka Bisnis Roti Bakar yang Ramai Pembeli dan Mudah

04 Maret 2018

Siapa tak kenal roti bakar. Usaha kuliner satu ini mudah dijumpai di emperan jalan. Rasanya yang memanjakan lidah membuat roti bakar banyak digemari dan memiliki penikmat tersendiri. Di daerah penulis, bisnis roti bakar digabungkan dengan usaha martabak aneka rasa. Bisnis roti bakar laris manis dengan pangsa pasar yang luas. Dari mulai anak-anak hingga orang dewasa menyukai kuliner roti bakar dengan rasa yang manis, enak dan lezat. Setiap orang yang mencicipinya bisa dibuat ketagihan.

12 Cara Membuka Bisnis Roti Bakar yang Ramai Pembeli dan Mudah
Bagi siapapun yang tertarik untuk memulai usaha roti bakar unik, berikut ini 12 cara membuka bisnis roti bakar yang ramai pembeli dan mudah bagi pemula, antara lain:

1. Menyediakan peralatan usaha roti bakar.
Seperti gerobak cantik dan menarik, kompor gas, alat pemanggang roti dan tempat pembakaran roti, wadah selai, spatula atau alat untuk membolak balik roti supaya kematangan merata dan lain sebagainya.
usaha roti bakar, bisnis roti bakar, roti bakar, cara usaha roti bakar, roti, peluang usaha roti bakar

2. Menyediakan bahan baku.
Seperti roti tawar yang empuk atau kenyal, ukuran panjang, dengan tekstur tebal, dan tak gampang sobek. Sediakan pula selai strawberry dan selai kacang, susu kental manis, margarin atau mentega, coklat ceres, dll.

3. Menguasai cara pembuatan roti bakar yang enak.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara membuat roti bakar yang enak untuk jualan, antara lain : potong tengah roti tawar dengan ukuran memanjang, kemudian isi dengan selai stroberi dan mentega, ditambahkan di atasnya susu kental manis, lalu panaskan pemanggang roti dengan api sedang, masukkan mentega sedikit, lalu masukkan roti tersebut di alat pemanggang, tunggu hingga lima menit, kemudian bolak balik hingga berwarna kuning kecoklatan.

4. Menentukan konsep bisnis roti bakar
Untuk mengawali bisnis roti bakar anda bisa menempuh berbagai konsep seperti usaha roti bakar rumahan, pedagang kaki lima, restoran, cafe maupun gerobak keliling. Pilihlah konsep usaha yang paling mudah dan paling anda sukai dengan sumber daya yang ada. Namun yang paling banyak digunakan orang adalah konsep bisnis roti bakar secara kaki lima menggunakan gerobak atau booth.

5. Lokasi usaha strategis.
Setelah menguasai cara membuat roti bakar yang lezat untuk jualan dan mempersiapkan bahan dan alat yang ada maka selanjutnya adalah mencari lokasi yang tepat bagi bisnis roti bakar anda. Pilihlah lokasi yang ramai oleh lalu lalang orang.

6. Buka cabang
Untuk memperluas pangsa pasar maka anda bisa membuka bisnis roti bakar di tempat keramaian yang lain. Anda bisa merekrut tenaga kerja baru atau menawarkan paket kemitraan kepada masyarakat luas yang ingin bisnis roti bakar.

7. Mencari tenaga penjualan
Konsep yang digunakan jangan bersifat statis. Selain menggunakan konsep jualan kaki lima maka bisnis roti bakar pun harus dijalankan menggunakan gerobak keliling. Dengan menyusuri perumahan dan kawasan yang padat penduduk di pagi hari, siang, sore dan malam hari. Dengan demikian, masyarakat akan mengetahui brand roti bakar anda sekaligus mengetahui tampilan dan rasa yang diberikannya.

8. Pemberian sampel gratis
Pada awal usaha, masyarakat belum mengetahui bagaimana cita rasa dan bentuk roti bakar yang anda jual. Oleh sebab itu, untuk mempromosikan atau memperkenalkan roti bakar buatan anda kepada masyarakat luas maka anda bisa memberikan sampel roti bakar tersebut secara gratis kepada setiap orang yang anda temui. Dan tunjukkan letak lokasi bisnis roti bakar yang anda jalani.

9. Harga roti bakar murah
Di tengah persaingan bisnis roti bakar yang kian sengit membuat pemula dalam bisnis ini harus berpikir cerdik dan mengalahkan pesaing. Salah satu cara bisnis roti bakar yang ramai pembeli dan mudah adalah menerapkan harga roti bakar yang lebih murah dari kompetitor tanpa meninggalkan rasa dan kualitas.

10. Menyediakan pesanan antar gratis
Di tengah jaman yang modern dan penuh aktifitas ini terkadang seseorang ingin serba praktis termasuk dalam soal makanan. Jika mereka membutuhkan makanan tertentu maka tinggal memesannya lewat telpon. Hal inilah yang membuat bisnis roti bakar anda mesti menyediakan layanan pesanan antar secara gratis dalam radius tertentu.

11. Variasi rasa dan bentuk
Untuk membedakan bisnis roti bakar anda dengan pesaing maka anda harus menciptakan roti bakar yang unik dan berbeda dari pesaing. Seperti roti bakar rasa cappucino, rasa jagung manis,sosis dll. Selain itu pastikan usaha roti bakar sobat mesti lebih lengkap dalam variasi rasa dan bentuk. Seperti menyediakan juga roti bakar mini, roti bakar bandung dan roti bakar 88.

12. Promosi dan kerja keras serta pantang menyerah
Supaya bisnis roti bakar yang anda jalankan ramai pembeli dan bisa dijalani dengan mudah maka anda mesti kerja keras pada awal dalam berbagai bidang. Terutama kerja keras untuk mempromosikan bisnis roti bakar di sejumlah media cetak, surat kabar, majalah, membagikan brosur, memasang spanduk dan pamflet dan lain sebagainya.

Analisa Usaha Roti Bakar
Usaha dalam bidang kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang memiliki prospek cerah. Karena makanan dibutuhkan setiap hari oleh manusia. Manusia tidak bisa hidup tanpa adanya asupan makanan. Atas hal itulah bisnis roti bakar sangat menjanjikan. Dan berdasarkan pengamatan penulis, dari tahun ke tahun, orang yang membuka usaha roti bakar secara kaki lima terus bertambah. Mengingat peluang keuntungan yang lumayan besar perhari.

Roti bakar menjadi salah satu makanan yang disukai banyak kalangan. Karena mempunyai rasa yang enak, manis dan lezat. Dengan kandungan selai dan coklat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Ada berbagai jenis roti bakar yang beredar luas di pasaran seperti roti bakar mini, roti bakar unik, roti bakar bandung dan roti bakar 88. Harga roti bakar di kisaran Rp 8000 hingga Rp 14 ribu. Dengan harga roti bakar yang sangat terjangkau bagi semua  kalangan tersebut membuat bisnis roti bakar senantiasa laku keras di pasaran.

Untuk memanjakan konsumen dan membuat konsumen tidak bosan maka roti bakar saat ini tersedia dalam berbagai variasi rasa. Seperti roti bakar rasa stroberi, keju, melon, susu, coklat, pisang, ketan hitam, kacang, blueberry, vanilla, capucino, nangka, sirsak dan rasa lainnya. Cemilan roti bakar enak sekali dikonsumsi pada waktu pagi hari, siang, sore ataupun malam hari ketika sedang santai, menonton televisi atau saat bercengkerama dengan keluarga tercinta.

Berdasarkan hal di atas, maka peluang usaha berjualan roti bakar sangat menguntungkan. Mengingat pangsa pasar yang sangat luas dan selalu laris manis kapanpun juga tanpa mengenal musim maupun cuaca. Apabila sobat sedang mencari peluang usaha untuk menambah pemasukan maka bisnis roti bakar merupakan peluang bisnis yang sangat tepat. Karena untuk memulai bisnis roti bakar tidak memerlukan modal besar dan sangatlah mudah dijalankan.

Modal awal usaha roti bakar mencakup pembelian peralatan usaha, pembelian gerobak, sewa lokasi usaha yang strategis, belanja bahan baku roti dan bumbunya, dan gaji karyawan. Berdasarkan pengalaman para pengusaha roti bakar yang sukses dalam satu bulan omset yang bisa didapatkan sebesar Rp 10 juta lebih. Hal ini membuktikan bisnis roti bakar sangat prospeketif dan mampu memberikan keuntungan bersih per bulan cukup besar bagi para pelaku usahanya.

Tips Sukses Bisnis Roti Bakar
Agar bisnis roti bakar yang anda buka bisa berjalan sukses dan lancar diperlukan beberapa teknik dan kiat. Berikut ini tips sukses bisnis roti bakar yang menghasilkan untung besar bagi anda yang pemula sekalipun, antara lain:

1. Melayani konsumen dengan ramah dan senyum serta ucapkanlah terimakasih.

2. Lokasi bisnis roti bakar berada di tempat yang strategis. Contoh di dekat kampus, pinggir jalan yang ramai oleh lalu lintas orang, tempat wisata, taman hiburan dan pusat keramaian lainnya.

3. Kualitas rasa roti bakar yang sangat enak dan lezat. Hal ini akan membuat konsumen ketagihan yang selanjutnya menjadi pelanggan setia. Oleh sebab itu, sobat harus melakukan eksperimen sampai diperoleh resep pembuatan roti bakar yang enak dan lezat.

4. Membidik pangsa pasar yang tepat. Anda harus menentukan konsumen yang hendak dituju. Karena ini akan menentukan harga dan jenis roti bakar yang akan dijual. Misalkan anda membidik kalangan anak sekolah maka jenis roti bakar yang dijual biasanya roti bakar mini dengan harga jual murah meriah dikisaran Rp 1000 sampai Rp 2000.

Contoh Proposal Bisnis Roti Bakar
Untuk mengembangkan bisnis roti bakar yang anda jalankan tentu membutuhkan tambahan modal. Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha ke bank maupun mencari sumber permodalan usaha dari pihak investor. Namun untuk lebih meyakinkan pihak bank dan investor, anda hendaknya membekali diri dengan proposal bisnis roti bakar.

Berikut ini contoh proposal bisnis roti bakar bagi pemula yaitu terdapat kata pengantar yang berisi pendahuluan dan tujuan pembuatan proposal bisnis roti bakar, prospek usaha ke depan, modal awal usaha yang dibutuhkan, persentase keuntungan, rencana ke depan, rencana pemasaran dan pengembangan, lampiran surat ijin usaha, penutup proposal, dan lain sebagainya.