Keuntungan Usaha Agen dan Cara Memulai Bisnisnya

16 April 2017

Berbagai usaha berdiri di tanah air. Dari skala besar hingga kecil. Dari menggunakan merek sendiri hingga brand lain. Diantaranya jenis bisnis yang ada di Indonesia yaitu membuka usaha agen. Jenis bisnis ini merupakan pilihan yang tepat. Karena anda tak perlu direpotkan dengan masalah produksi dan lain sebagainya. Tugasnya hanya menjual dan memasarkan. Ada banyak beragam usaha agen. Seperti agen jasa pengiriman, agen gas elpiji 3 kg, agen telor ayam, agen minuman kemasan, dll.

Keuntungan Usaha Agen Gas 3 Kg Elpiji
Salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan tahun ini hingga selanjutnya adalah usaha agen gas elpiji terutama ukuran 3 kg. Disebabkan setiap rumahtangga memerlukan gas ini untuk keperluan memasak di dapur. Jenis gas elpiji ukuran 6 kg dan 12 kg harganya masih mahal tanpa adanya subsidi pemerintah serta sulit dibawa tidak sepraktis ukuran 3 kg melon. Oleh karenanya, masyarakat Indonesia sebagian besar menggunakan gas elpiji 3 kg sebagai bahan bakar sehari-hari.

Permintaan yang sangat tinggi terhadap gas elpiji 3 kg membuat peluang usaha menjadi agen gas resmi dari Pertamina menawarkan untung besar. Produk ini tidak pernah basi, kita tak perlu direpotkan dalam produksi, senantiasa laris manis, selisih untung besar, harga selalu naik dan kelebihan lainnya membuat bisnis agen gas elpiji 3 kg menggiurkan.
bisnis agen, cara buka agen, usaha agen LPG, usaha agen gas elpiji, cara bisnis agen, agen

Keuntungan usaha agen gas elpiji tergantung jumlah tabung isi yang berhasil dijual. Semakin banyak isi tabung gas 3 kg terjual maka semakin besar keuntungan. Namun untuk membuka usaha agen gas elpiji 3 kg pertamina ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain : kesediaan modal yang mencukupi, lokasi usaha yang strategis dan memadai, pengurusan perijinan dari pemerintahan setempat, dan lain-lain.

Jika diumpamakan usaha agen gas 3 kg elpiji mampu menjual isi tabung elpiji sebanyak 50 tabung perhari maka keuntungan yang bisa diperoleh sebesar Rp 100 ribu perhari (Rp 2000 x 50). Dikalikan satu bulan sekitar Rp 3 juta perbulan. Lumayan bukan? Bisnis berjualan gas elpiji 3 kg yang anti rugi, mudah dalam penjualan dan untung besar. Hal ini membuat banyak orang tertarik untuk berjualan gas elpiji 3 kg baik sebagai agen, pengecer maupun pangkalan gas.

Penulis juga berencana untuk membuka usaha agen gas elpiji 3 kg pertamina. Namun dikarenakan modal usaha terbatas maka hanya bisa memulai bisnis gas elpiji 3 kg sebagai pengecer. Tapi perlahan tapi pasti, usaha sebagai pengecer gas elpiji bisa berkembang menjadi agen gas elpiji 3 kg seiring bertambah modal, pengalaman dan relasi.

Cara Memulai Bisnis Agen Gas Elpiji 3 Kg Pertamina
Ada banyak jenis usaha di dunia ini. Namun bisnis dalam bidang pertambangan adalah sangat menjanjikan. Dikarenakan cadangan di bumi yang sangat terbatas. Sehingga setiap hari bertambah naik harganya. Dan salah satu permainan orang kaya adalah bisnis dalam bidang pertambangan yang sangat terbatas. Sebagaimana pesan dari Robert T Kiyosaki penulis buku fenomenal Rich Dad Poor Dad. Pendek kata, bisnis menjadi agen gas elpiji 3 kg pertamina menguntungkan sekali.

Semua kalangan orang, industri usaha rumahan dan rumah tangga pastinya membutuhkan gas elpiji 3 kg pertamina setiap hari dalam jumlah banyak. Hal ini dibutuhkan supaya produksi dan memasak dapat berjalan lancar dan berkesinambungan. Peluang usaha yang menggiurkan ini layak sobat ambil sebagai penambah penghasilan. Jika anda berniat memulai bisnis berjualan gas elpiji 3 kg ada 3 pilihan yang bisa anda ambil, yaitu:

▪ Agen Gas Elpiji 3 Kg
Usaha sebagai agen gas resmi pertamina mendapatkan pasokan gas langsung dari pertamina pusat. Ini merupakan agen utama. Sehingga untuk menjadi agen gas elpiji tidaklah mudah. Untuk membuka usaha agen gas, sobat harus mempunyai badan hukum berupa koperasi atau perusahaan terbatas.

Jadi jika sobat belum memiliki koperasi atau perusahaan maka buatlah terlebih dahulu. Setelah mempunyai badan hukum selanjutnya mendaftarkan diri sebagai agen gas di wilayah sobat kepada pihak Pertamina pusat. Jika pengajuan proposal anda diterima, berikutnya akan diadakan perjanjian dengan pihak Pertamina yang berisi kesanggupan menjual gas elpiji sebanyak satu ton perhari.

▪ Sub Agen Pangkalan Gas Elpiji 3 Kg
Apabila anda tidak sanggup untuk menjadi agen gas elpiji 3 kg dikarenakan modal usaha yang dimiliki terbatas maka anda bisa menjadi sub agen gas. Modal usaha yang dikeluarkan relatif kecil. Namun tetap menjanjikan untung besar. Sub agen disebut juga pangkalan gas. Tangan kedua dari pihak pertamina yang langsung mensuplai kepada para pengecer di daerah sekitar. Sama seperti di atas, untuk membuka usaha pangkalan gas elpiji 3 kg diharuskan memiliki badan hukum seperti koperasi, CV maupun PT.

▪ Pengecer Gas Elpiji 3 Kg Pertamina
Terakhir adalah pilihan usaha sebagai pegecer gas. Penjualan yang langsung ke tangan konsumen. Biasanya para pengecer berupa warung-warung kecil di suatu daerah. Dimana kebutuhan gas elpiji 3 kg dipasok langsung oleh pihak sub agen atau pangkalan setempat. Syarat menjadi pengecer gas sangatlah mudah, bebas dan siapapun boleh menjalankannya. Tanpa adanya keharusan memiliki badan usaha. Hal inilah yang membuat para pengecer gas elpiji 3 kg pertamina sangat banyak di masyarakat melebihi jumlah agen dan pangkalan gas.

Keuntungan Usaha Agen Telur Ayam
Seiring dengan tingkat pertambahan penduduk Indonesia yang bertambah banyak setiap tahun membuat bisnis penjualan telor ayam meningkat pesat. Hampir di setiap rumah pasti di dapurnya didapatkan telur ayam. Karena makanan ini sangat disukai banyak orang sebagai menu utama pendamping bagi nasi. Kandungan protein dalam telur mampu membuat tubuh manusia tetap sehat dan bugar. Bagaimanapun telur digoreng, diolah, disayur, dimasak, dan direbus tetap saja enak.

Permintaan yang tinggi terhadap telur ayam dari masyarakat membuat peluang bisnis menjadi agen telur ayam sangat menjanjikan untung besar. Apalagi jenis usaha agen ini mudah dijalankan dan bisa dijalankan secara sampingan dan rumahan. Untuk masalah pemasaran juga sangat gampang. Sobat bisa menjual ke berbagai warung, toko kelontongan, warung sembako di sekitar wilayah. Untuk menjalankan bisnis agen telur ini, sobat harus mencari distributor atau suplier yang menjual telor ayam dengan harga sangat murah.

Di desa penulis ada 10 warung yang menjual telur ayam. Namun hanya ada 1 warung yang menjual telur ayam dengan harga lebih murah. Hal ini dikarenakan mereka mendapatkan agen telor ayam yang lebih murah. Keuntungan usaha agen telur ayam sebesar Rp 700 perkilogram. Semakin banyak jumlah telur ayam yang terjual maka semakin besar penghasilan yang diperoleh. Penghasilan perbulan dari usaha agen telur ayam bisa mencapai Rp 9 juta.

Kiat sukses menjalankan usaha agen telur ayam antara lain memiliki tekad yang kuat, pantang menyerah, mempunyai pasokan telur dari distributor atau suplier telur ayam yang menjual telur dengan harga lebih murah dari pasaran, memiliki database warung-warung yang menjadi pelanggan, dan lain sebagainya.  Penulis tertarik menjadi agen telur ayam yang mensuplay langsung ke warung-warung kecil. Karena dijamin usaha agen telur ayam sangat menguntungkan. Apalagi cenderung sukses dengan syarat menjual harga telur ayam lebih rendah dari para pesaing.

Cara Memulai Bisnis Agen Telur Ayam
Kebutuhan telur ayam setiap hari bertambah besar. Hal ini disebabkan harga telur ayam murah meriah dengan banyak kandungan vitamin dan protein serta merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia atau sembako. Murah dan sehat itulah ciri khas telur yang laris manis dibeli orang setiap hari. Sehingga memulai usaha distributor telur ayam sungguh menjanjikan untung besar. Pertanyaannya sekarang bagaimana cara membuka usaha agen telur ayam?

Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan dalam memulai usaha agen telur ayam negeri yang menguntungkan, antara lain:

▪ Mencari Suplier
Hal yang membuat aneh penulis adalah terkadang harga telur ayam negeri di kampung jauh lebih mahal ketimbang di kota. Mungkin saja pasokan telur ayam dari kota berasal dari daerah Jawa yang menjual telur dengan harga sangat murah tapi berkualitas baik.

Lingkaran usaha distribusi telur ayam dimulai dari pihak peternak. Kemudian berlanjut kepada bandar atau pengepul. Selanjutnya kepada pihak distributor atau agen. Dan terakhir kepada warung-warung kecil hingga ke tangan konsumen. Untuk menjadi agen telur ayam negeri, sangat membantu jika sobat membuka usaha peternakan ayam petelur broiler. Jadi tidak mengandalkan pasokan dari petani atau bandar.  Keuntungan pasti lebih besar dan menjanjikan.

Namun jika sobat kesulitan dalam membuka usaha peternakan ayam petelur maka sobat bisa mencari supplier yang memasok telor kepada sobat dengan harga yang lebih murah. Carilah pemasok yang terdekat dengan lokasi usaha anda agar tidak terjadi kerugian yang lebih besar lagi. Anda bisa mempunyai dua pemasok telur ayam sekaligus sebagai cadangan salah satunya.

▪ Menentukan Harga Telur
Langkah berikutnya adalah menentukan harga telur ayam perkilogram ke tangan warung-warung sekitar agar sobat dapat memperoleh keuntungan. Pilihlah warung-warung paling dekat dengan lokasi agar penjualan telur cepat laku, pengiriman tak memakan waktu lama, dan resiko kerugian telur busuk dapat dihindari semaksimal mungkin.