12 Cara Bisnis Bibit Tanaman yang Menguntungkan, Laris Pembeli

12 Mei 2020

Banyak bidang usaha yang dapat dijadikan peluang bisnis salah satunya adalah bisnis bibit tanaman. Terdapat banyak peluang usaha pada bidang pertanian yang masih sangat menjanjikan keuntungan jika dikelola dengan cara yang baik.

Peluang-peluang usaha sektor pertanian terus mengikuti perkembangan teknologi yang semakin hari semakin mempermudah Anda menemukan inspirasi dalam membuka usaha pertanian khususnya menjalankan bisnis bibit tanaman. Berikut ini beberapa ulasan cara berbisnis bibit tanaman agar menguntungkan yang dapat Anda lakukan.

12 Cara Memulai Bisnis Bibit Tanaman Agar Menguntungkan
Proses pembibitan dalam bidang pertanian termasuk hal yang mudah dan praktis untuk dijalankan alasannya ruang atau tempat yang diperlukan tidak begitu besar dan luas. Sehingga bagi Anda yang memiliki niat dan minat dapat membuatnya di area pekarangan rumah.
usaha bibit tanaman, bisnis bibit tanaman, bibit tanaman, cara bisnis bibit tanaman, cara usaha bibit tanaman, bisnis bibit tanaman menguntungkan, usaha bibit tanaman laris, bibit

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum berbisnis bibit tanaman yaitu, mengetahui resiko dan kebutuhan serta bagaimana cara melakukan perawatan terhadap bibit tanaman yang dimiliki. Berikut merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam memulai bisnis bibit tanaman.

1. Memilih Jenis Tanaman yang Akan Dibibitkan
Sebelum memulai bisnis bibit tanaman hal utama yang harus dilakukan adalah memilih jenis tanaman. Melihat keunggulan suatu tanaman merupakan salah satu cara dalam memilih tanaman yang akan dibibitkan.

Melakukan survey ke pasar penjualan dapat membantu Anda dalam menemukan jenis tanaman yang akan diproduksi. Setelah melakukan survey maka Anda harus memutuskan untuk memproduksi tanaman seperti apa, misalnya tanaman untuk kebun, reboisasi, taman, buah dan lain sebagainya.

2. Membuat Izin Usaha
Beberapa tanaman komersial memiliki syarat yang harus dipenuhi yakni memiliki izin usaha. Anda harus membuat surat izin usaha terlebih dahulu sebelum lanjut ke proses pembibitan hal ini dapat berpengaruh besar terhadap usaha Anda ke depannya.
usaha bibit tanaman, bisnis bibit tanaman, bisnis tanaman, bisnis bibit, cara usaha bibit tanaman, cara bisnis tanaman, bisnis tanaman yang menguntungkan, bibit tanaman laris

Setiap daerah mempunyai aturan yang berbeda-beda sehingga Anda harus memperhatikan yurisdiksi yang berlaku terhadap usaha Anda. Melakukan survey terhadap segala regulasi yang akan dipenuhi, jika memungkinkan Anda untuk melakukan izin usaha atau tidak.

3. Melakukan Pengamatan Terhadap Cara Pembibitan yang Benar
Melakukan survey atau pengamatan terhadap cara pembibitan tanaman merupakan cara yang tepat sebelum memulai proses pembibitan pada bisnis Anda. Pengamatan dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi secara langsung dari petani ataupun pembisnis bibit tanaman lainnya.

Hal ini sangat berguna terhadap perkembangan bisnis bibit tanaman yang akan Anda jalankan. Seperti menemukan informasi yang berkaitan dengan inovasi baru dalam pengembangan pembibitan dan lain-lain.

4. Memilih Lokasi yang Cocok untuk Pembibitan Tanaman
Lokasi yang cocok untuk melakukan pembibitan tanaman yang akan Anda produksi sangat penting karena menyangkut pertumbuhan dan perkembangan bibit tersebut. Jika tidak memiliki lahan Anda dapat membeli lokasi atau menyewa lahan.
cara bisnis bibit tanaman, usaha bibit tanaman, cara usaha bibit tanaman, bibit tanaman, bisnis bibit tanaman menguntungkan, usaha bibit tanaman laris, bibit tanaman, bibit, tanaman bibit

Pastikan Anda memiliki lokasi yang cocok untuk jenis tanaman yang telah dipilih atau yang akan diproduksi. Selain itu, lokasi Anda juga harus strategis sehingga dapat dijangkau oleh calon konsumen.

5. Memilih Material dan Peralatan yang Baik dan Berkualitas
Segala kebutuhan material dan peralatan yang Anda gunakan hendaklah memiliki kualitas yang baik. Memilih wadah yang tepat untuk bibit tanaman dan peralatan sesuai dengan kebutuhan pembibitan.

Wadah yang biasanya digunakan dalam proses pembibitan biasanya berupa pot, polybag dan lain sebagainya. Material dan peralatan yang menunjang proses pembibitan lainnya berupa kain lanskap, pengondisi tanah dan mulsa yang memiliki kualitas baik dapat Anda gunakan.

6. Menyiapkan Pasokan Air yang Cukup untuk Pertumbuhan Bibit
Air sangat dibutuhkan oleh tanaman dalam pertumbuhannya apalagi pada proses pembibitan ini sehingga jumlah air yang dibutuhkan harus sesuai dan stabil. Dalam bisnis bibit tanaman ini Anda harus mencari solusi atau menyediakan porsi air yang cukup dan strategis bagi bibit tanaman Anda.

7. Mempelajari Spesies Tanaman yang Dibibitkan
Berbagai jenis tanaman akan tumbuh lebih cepat kondisi yang tepat, biasanya akan memakan waktu sebulan bahkan setahun. Mempelajari spesies tanaman yang dibibitkan yaitu dapat membantu Anda dalam menentukan jangka waktu mulai dari penanaman awal hingga siap dipasarkan.
cara bisnis bibit tanaman, cara usaha bibit tanaman, bibit tanaman, cara bisnis bibit tanaman menguntungkan, cara usaha bibit tanaman laris, bibit, bibit tanaman

Biasanya untuk tanaman hias hanya akan membutuhkan waktu 3 bulan ataupun 2 bulan tergantung cara Anda dalam merawatnya. Sehingga sebelum memulai proses pembibitan segala kesiapan resiko ataupun hal lainnya harus dipersiapkan dengan matang.

8. Membangun Kerjasama yang Baik dengan Para Pemasok atau Investor
Kerjasama diperlukan tentunya untuk mencapai tujuan bisnis bibit tanaman Anda sesuai dengan keinginan. Membangun kerjasama yang dengan para pemasok akan membantu Anda dalam pengembangan usaha tanaman Anda.

Misalnya membangun kerjasama dengan pemasok material maka Anda akan mendapat keuntungan dengan harga yang lebih murah dibanding dengan tidak melakukan kerjasama. Dalam sebuah usaha atau bisnis bekerjasama adalah hal yang penting harus dilakukan untuk menunjang bisnis yang dijalankan.

9. Menjaga Kestabilan dan Kualitas Bibit
Menjaga kestabilan dan kualitas bibit merupakan langkah dalam perawatan bisnis bibit tanaman yang Anda jalankan. Dalam tahap ini Anda harus memperhatikan segala bentuk perubahan dan asupan yang diperlukan oleh bibit.
cara bisnis bibit tanaman, cara usaha bibit tanaman, bibit tanaman, bisnis bibit tanaman yang menguntungkan, bisnis bibit tanaman yang laris, bibit tanaman, tanaman, bibit

Melakukan perawatan dapat Anda lakukan sendiri ataupun dengan menyewa tenaga kerja agar lebih maksimal. Gunakan teori dan teknik yang Anda miliki agar proses pembibitan dan perawatan dapat berjalan dengan lancar.

10. Melakukan Pemasaran
Pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam kelangsungan dan kemajuan sebuah usaha ataupun bisnis yang dimiliki. Banyak teknik pemasaran yang dapat Anda lakukan untuk bisnis tanaman ini, salah satunya dengan memasang iklan ataupun langsung menjualnya ke pasar tanaman.

Teknik pemasaran ini harus maksimal agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar sesuai keinginan dan tujuan Anda. Mengunggulkan bibit yang diproduksi dapat Anda lakukan dalam proses pemasaran.

11. Selalu Lakukan Pengamatan Pasar Terhadap Bibit Tanaman yang Diminati
Melakukan survey atau pengamatan pasar terhadap bibit tanaman harus dilakukan untuk mengetahui jenis tanaman apa yang banyak diminati. Hal ini dapat membantu Anda dalam pengembangan jenis tanaman yang akan diproduksi.
bisnis bibit, bisnis bibit tanaman, usaha bibit tanaman, cara bisnis bibit tanaman, usaha bibit tanaman laris, usaha bisnis tanama bibit, bisnis bibit menguntungkan

12. Melakukan Inovasi Baru Terhadap Bibit Tanaman
Inovasi atau perubahan untuk perbaikan merupakan salah satu proses yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Inovasi dapat Anda lakukan dengan mencari informasi yang update mengenai segala jenis tanaman khususnya tanaman yang Anda produksi.

Menjalankan bisnis bibit tanaman adalah hal yang mudah jika Anda memperhatikan atau fokus dalam menjalankannya. Beberapa cara diatas dapat Anda jadikan inspirasi sebelum memulai usaha ataupun dalam menjalankan bisnis tanaman.

Selain memiliki pengetahuan yang cukup luas mengenai bisnis bibit tanaman yang akan dijalankan Anda juga harus memiliki jiwa pantang menyerah dan bekerja keras berusaha mengembangkannya. Berikut merupakan beberapa sajian tips dapat Anda lakukan dalam memulai dan menjalankan usaha tanaman.
bisnis bibit tanaman, usaha bibit tanaman, cara bisnis bibit tanaman, cara usaha bibit tanaman, bibit tanaman, bibit tanaman menguntungkan, bibit tanaman laris, cara bisnis tanaman laris

Tips Merawat dan Berbisnis Bibit Tanaman
1. Temukan bahan dan material yang dibutuhkan dengan harga yang rendah dan memiliki kualitas yang baik.
2. Gunakanlah peralatan yang layak dan sesuai dengan jenis tanaman yang akan diproduksi.
3. Kenali dengan baik spesifikasi tanaman yang Anda produksi.
4. Menjaga kesehatan tanaman sangat diperlukan sehingga Anda harus teliti dan fokus serta rutin dalam mengecek penyakit atau hama yang menyerang bibit Anda.
5. Dapatkan benih utama atau bibit yang berkualitas.
6. Hindari penggunaan pupuk yang berlebihan, gunakan pupuk kendang atau sejenisnya.

Melakukan perawatan terhadap bibit tanaman yang dimiliki atau yang akan diproduksi Anda harus lakukan maksimal agar menghasilkan bibit yang berkualitas. Selain itu juga akan menambah kepercayaan konsumen kepada usaha Anda dengan hasil yang memuaskan.

Banyak jenis tanaman yang dapat Anda jadikan peluang usaha seperti pembibitan tanaman hias, buah-buahan, bunga dan lain sebagainya. Dalam memilih jenis tanaman yang akan diproduksi hendaknya memilih tanaman yang banyak dibutuhkan sesuai dengan wilayah ataupun melihat celah trend tanaman yang sedang populer saat ini.

Bisnis bibit tanaman telah banyak dilakukan oleh banyak orang di berbagai sudut wilayah di Indonesia. Peluang akan keuntungan yang menjanjikan serta cara produksinya yang lumayan mudah menjadikannya salah satu bidang usaha yang menjanjikan saat ini.

Membuka bisnis dan menjadi seorang penyedia bibit merupakan peluang yang paling potensial dapat Anda lakukan. Pasalnya saat ini banyak orang menjalankan budidaya berbagai jenis tanaman namun penyedia bibit masih minim ataupun kurang adanya. Sedangkan pada setiap proses budidaya hal utama yang dibutuhkan adalah bibit. Para pelaku budidaya tidak dapat melakukan prosesnya tanpa adanya bibit, sehingga ketersediaan bibit sangatlah penting adanya.

Peluang akan bisnis bibit tanaman sangat jelas adanya apalagi jika di wilayah atau daerah tempat tinggal Anda banyak orang atau konsumen yang membutuhkannya. Selain praktis dan mudah usaha pembibitan tidak memiliki batas waktu atau masa kadaluarsa, bahkan makin banyak bibit yang diproduksi maka keuntungan yang diperoleh akan semakin besar.