Tips Investasi Emas Syariah yang Menguntungkan Anda

05 September 2016

Investasi termasuk cara mengembangkan keuangan sehingga tumbuh dan berkembang besar. Sifat dari investasi biasanya bersifat jangka panjang. Dan setelah beberapa bulan atau tahun kemudian, hasil dari investasi baru bisa dirasakan. Hal ini tak terlepas dari proses hasil investasi memerlukan waktu.

Investasi yang dilakukan orang berbeda-beda. Ada yang berinvestasi dalam bentuk bisnis, saham, emas, reksadana, tanah, asuransi, rumah, deposito dan lain sebagainya. Walaupun kebanyakan bersifat jangka panjang, ada pula investasi yang bersifat jangka pendek dan menengah. Misalnya investasi dalam bentuk forex, saham, bisnis dan lain-lain. Adapun investasi jangka panjang seperti emas, tanah, dll. Nah pada kali ini kita akan membahas investasi dalam jangka panjang yakni investasi emas syariah yang menguntungkan.
investasi emas, emas syariah, investasi, tips investasi emas, emas

Berdasarkan pengalaman langsung penulis investasi dalam bentuk emas sangat menguntungkan dan menjanjikan serta tidak akan pernah rugi. Setiap tahun harga emas bertambah naik seiring laju inflasi. Namun investasi emas di sini bukan dalam bentuk emas perhiasan. Sebab membeli emas untuk perhiasan bukanlah sebuah investasi. Karena kalau dijual kembali dalam jangka waktu tertentu harga emas tetap bahkan bisa turun yang disusul oleh potongan harga pergram. Nilai uang akan terus menyusut. Tapi investasi emas yang sebenarnya berupa investasi emas murni batangan yang terbukti menguntungkan di perbankan syariah. Misalnya di Bank Syariah Mandiri ataupun Pegadaian Syariah.

Hidup bukan untuk hari ini tapi juga untuk hari depan. Sehingga harus mempersiapkan kehidupan untuk hari depan dengan cara berinvestasi. Supaya hidup di masa depan sangat cerah dan sobat masih mempunyai aset berharga yang dapat dipakai dan dinikmati hasilnya setiap waktu. Salah satu caranya dengan investasi emas. Investasi emas syariah hampir sama dengan menabung. Tapi uangnya ditabung dalam bentuk emas. Secara perlahan uang yang ditanam dalam bentuk emas meningkat tajam pertahun. Seperti sebuah lirik lagu anak-anak mengatakan : “Menabung emas yuk menabung jangan bingung, nanti tahu-tahu sudah untung”.

Siapa yang tak mengenal jenis perhiasan emas? Semua orang tentu mengenalnya. Sejak dulu emas bukan hanya bisa dijadikan sebuah perhiasan. Melainkan juga ia bisa digunakan sebagai suatu investasi yang sangat menguntungkan. Dibandingkan jenis investasi lain seperti deposito, tabungan dll, berinvestasi dalam emas syariah lebih menjanjikan. Atas kenyataan ini sudah banyak orang yang hidup kaya raya di tanah air berkat melakukan investasi emas di perbankan syariah.

Alasan Memilih Investasi Emas Syariah
Sebelum mengupas lebih dalam tips cara melakukan investasi emas syariah yang menguntungkan anda, berikut ini alasan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam berinvestasi emas syariah, antara lain :

1. Keuntungan atau profit investasi emas lebih tinggi ketimbang menyimpan uang dalam bentuk tabungan atau deposito
2. Terhindar dari tergerus inflasi sebab harga emas mulia batangan selalu naik harganya setiap tahun sekitar 20 persen sampai 30 persen. Penurunan harga emas hanya sesaat dan pada hari berikutnya terus merangkak hingga sekarang
3. Investasi dalam emas syariah lebih menentramkan hati karena halal, menguntungkan, terbebas dari unsur riba, penipuan  dan haram lainnya
4. Pelayanan yang ramah dan lebih cepat ketimbang berinvestasi di bank konvensional
5. Investasi emas sudah dilakukan orang sejak jaman dahulu yang terbukti sangat menguntungkan dengan cara menyimpan di dalam rumah dan menjualnya ketika harga emas naik. Namun kini sesuai perkembangan jaman menyimpan emas bisa sangat aman dan menguntungkan dengan cara berinvestasi emas di pegadaian syariah dan perbankan syariah yang terpercaya
6. Simbol kemakmuran dan kejayaan. Selain menguntungkan, investasi emas bisa meningkatkan status sosial seseorang di masyarakat karena emas merupakan simbol kejayaan dan kemakmuran. Orang kaya jaman dulu hingga sekarang identik dengan memiliki emas yang banyak.

Cara Melakukan Investasi Emas Menguntungkan di Bank Syariah Mandiri
Bank Syariah Mandiri merupakan bank yang sudah terkenal di Indonesia dan telah memiliki beberapa cabang di seluruh Indonesia. Hampir di setiap kota besar di tanah air ada cabang Bank Syariah Mandiri. Seperti BSM cabang Bandung, Jakarta, Sumedang, Surabaya dll. Banyak produk investasi yang ditawarkan oleh Bank Syariah Mandiri seperti deposito, tabungan, reksadana, dan investasi emas syariah. Namun yang lebih menguntungkan tentu saja berinvestasi dalam bentuk emas syariah. Lalu bagaimana cara berinvestasi emas di bank syariah mandiri. Berikut ini cara dan penjelasan secara lengkap berkaitan tips cara berinvestasi emas di Bank Syariah Mandiri atau BSM.

Untuk melaksanakan investasi emas syariah di Bank Syariah Mandiri (BSM) sangat gampang. Sobat cukup datang ke kantor cabang terdekat dari Bank Syariah Mandiri. Kemudian mengambil nomor antrian untuk berkonsultasi dengan customer service. Ketika nomor antrian dipanggil, sobat bisa mendapatkan informasi secara lengkap mengenai cara berinvestasi emas di Bank Syariah Mandiri. Jika deal ingin melakukan investasi emas di bank tersebut maka sobat diharuskan melaksanakan pembayaran uang tunai yang selanjutnya uang itu diubah jadi harga emas pada waktu itu yang berpatokan pada London Metal Exchange. Sehingga tampaklah berapa  jumlah gram emas yang anda investasikan di Bank Syariah tersebut.

Kemudian anda akan memperoleh surat bukti pemilikan investasi emas secara fisik di BSM yang jumlahnya  tercantum di situ. Untuk dapat berinvestasi emas di Bank Syariah Mandiri minimal investasi emas sebesar 10 gram serta kelipatannya. Bagaimana mudahkan berinvestasi emas di BSM yang terbukti menguntungkan ini.

Cara Melakukan Investasi Emas Menguntungkan di Pegadaian Syariah
Anda tentu sudah familiar dengan nama pegadaian? Ya pegadaian bukan hanya untuk kepentingan menggadaikan barang berharga anda. Tapi bisa juga digunakan untuk melakukan investasi emas. Pegadaian syariah sangat mudah dijumpai di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Sehingga berinvestasi emas di lembaga ini sangat mudah. Sobat tinggal mendatangi kantor pegadaian syariah terdekat. Kemudian mengutarakan niat untuk investasi emas syariah. Setelah itu, anda diwajibkan menyetorkan uang dalam jumlah tertentu yang selanjutnya dikonversi menjadi nilai gram emas secara fisik. Pendek kata, berinvestasi emas syariah bukan hanya bisa dilakukan di perbankan syariah tapi juga bisa dilakukan melalui pegadaian syariah yang populer belakangan ini. 

Namun agar lebih menguntungkan lagi dalam berinvestasi emas murni di bank syariah mandiri dan pegadaian syariah ada trik khusus lagi. Yaitu setelah membeli investasi emas di dua lembaga itu, sobat langsung menggadaikan emas tersebut di perbankan syariah. Kemudian uang hasil gadai emas di bank syariah dipergunakan untuk menjalankan usaha/bisnis. Dan cicilan gadai emas didapatkan dari keuntungan hasil usaha. Setelah cicilan lunas atau emas dapat ditebus maka sobat memperoleh emas kembali secara utuh serta aset usaha yang sangat berharga.

Investasi Emas Syariah Secara Mencicil
Sementara itu, jika anda tidak mempunyai uang dalam jumlah besar untuk mulai berinvestasi emas di bank syariah maka dapat mengambil jalan alternatif yaitu mencicilnya hingga lunas. Jika anda ingin mencicil emas di bank syariah atau pegadaian syariah maka diharuskan membayar uang DP. Kemudian menetapkan jumlah angsuran yang diinginkan dan jangka waktu cicilan. Atau apabila sobat ingin lebih mudah dan praktis dalam mencicil emas di dua lembaga tersebut bisa dilakukan secara online dengan mengakses dan mengunjungi situs resmi mereka baik pegadaian syariah dan bank syariah online bersangkutan. Sehingga setelah cicilan emas lunas maka sobat bisa mengambil investasi emas secara utuh. Begitulah fleksibilitas dalam investasi emas batangan di bank syariah dan pegadaian yang sangat menjanjikan untung besar modal kecil.

Tips dan Strategi Investasi Emas Syariah yang Menguntungkan Anda
Meskipun investasi yang paling menguntungkan, digemari dan populer di masyarakat, tetap saja dalam berinvestasi emas memerlukan beberapa strategi dan pedoman yang perlu diperhatikan terutama bagi para pemula agar tidak merugikan, antara lain :

1. Sebelum mulai berinvestasi emas sebaiknya anda mengecek terlebih dahulu harga emas yang berlaku di pasar saat sekarang. Pada waktu harga emas turun maka saat itu waktu yang tepat untuk berinvestasi emas di pegadaian atau bank syariah. Karena harga emas di masa datang dipastikan akan naik secara terus menerus mengikuti laju inflasi.
2. Memilih tempat investasi emas syariah di lembaga yang terpercaya dan dijamin pemerintah. Seperti Bank Syariah Mandiri maupun Pegadaian Syariah. Jika anda ingin mencicil emas syariah maka pilihlah yang tawaran dengan angsuran yang ringan sekali. Agar tidak terlalu memberatkan keuangan anda.
3. Menetapkan tujuan dari investasi emas syariah, apakah untuk tujuan jangka panjang, jangka menengah atau jangka pendek. Sehingga jelas dalam menentukan waktu dan jelas pula berapa keuntungan yang ingin didapat. Misalnya jangka waktu paling singkat yakni enam bulan, atau yang terpanjang  jangka waktu tiga tahun. Piihlah sesuai kebutuhan dan rencana masa depan anda. 
4. Menetapkan strategi jitu dalam berinvestasi emas syariah secara mencicil atau cash. Karena kedua hal itu bisa dilakukan di bank syariah ataupun Pegadaian syariah. Ini merupakan kelebihan dari investasi emas murni yang berupa fleksibilitas dimana investasi emas bisa dilakukan dengan kredit atau tunai. 

Kesimpulannya, penawaran investasi emas syariah di bank syariah dan pegadaian syariah sangat menguntungkan dan cocok bagi kalangan menengah dan bawah. Karena modal uang yang dibutuhkan relatif kecil dengan fasilitas cicilan atau kredit emas perbulan menambah mudahnya dalam berinvestasi emas syariah di kedua lembaga tersebut. Pembayaran kredit emas bisa dilaksanakan tanggal berapapun asalkan tidak berganti bulan.