Cara Berinvestasi Emas yang Menguntungkan dan Mudah Dilakukan

30 Oktober 2015

Dari berbagai jenis investasi yang ada, emas menjadi salah satu benda yang paling banyak disebutkan. Logam mulia ini memiliki prospek yang menjanjikan sehingga banyak diminati dari masa ke masa. Hal ini tak lain karena harganya yang terus naik. Kemungkinan harga emas turun sedikit. Risikonya pun tidak banyak. Cara berinvestasi emas yang menguntungkan akan menjadi bahasan dalam tulisan ini. Investasi emas yang menguntungkan kemudian menjadi bahasan yang penting untuk diinformasikan karena investasi ini marak dilakukan di Indonesia dari generasi ke generasi.

Emas yang merupakan benda berharga itu tidak hanya bisa digunakan untuk perhiasan saja. Logam mulia ini kemudian bisa digunakan menjadi benda yang menguntungkan jika diinvestasikan dengan cara yang benar. Keuntungan dalam investasi ini juga cukup besar sehingga banyak orang lebih baik membeli emas ketika mereka ingin menyisihkan rupiahnya. Tidak hanya itu, pertimbangan akan fleksibilitas emas juga menjadi alasan investasi ini diminati. Emas bisa dijual kapanpun karena pasarannya tidak pernah mati. Untuk memulainya, seseorang bisa membeli langsung emas (lebih baik dalam bentuk batangan) ke PT ANTAM yang telah melengkapi pembelian dengan dokumen resmi. 

Tidak hanya emas batangan, ternyata emas perhiasan dan koin emas juga bisa digunakan untuk berinvestasi. Keunggulan dari emas perhiasan adalah bisa dipakai. Sementara itu, emas batangan lebih terjamin dibandingkan dua tipe emas lainnya. Jaminan kadar atau besarnya emas batangan ini dapat ditentukan dengan sertifikat asli. Di sisi lain, jenis ketiga, yakni koin emas, juga bisa digunakan untuk investasi jangka panjang. Bentuknya lebih fleksibel untuk digunakan sewaktu-waktu. 

cara berinvestasi emas, investasi emas, investasi emas yang menguntungkan, tips investasi emas
Ada beberapa cara berinvestasi emas yang menguntungkan. Ingin tahu bagaimana caranya? Tulisan ini akan memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut untuk Anda yang ingin, sedang, atau sudah berkutat dengan emas. Ketika kita telah memilih investasi emas, kita perlu mengetahui cara-cara yang bisa ditempuh, yang akan membawa kita pada keuntungan berinvestasi. Adapun cara berinvestasi emas yang menguntungkan dapat dilihat dalam bagian-bagian berikut.

Membeli Saat Murah
Salah satu cara mudah dalam berinvestasi emas adalah membeli logam mulia tersebut ketika harganya turun. Setelah itu, Anda bisa menjualnya saat harga emas melonjak. Dari situlah keuntungan bisa didapat. Kemudian cara klasik ini juga membawa Anda memperkirakan momen terbaik untuk menjualnya. Biasanya, logam mulia yang dijual di Indonesia mengalami peningkatan harga sebanyak 20%. Kenaikan yang cukup fantastis, bukan?

Menabung Emas, Investasi untuk Masa Depan
Menabung tidak hanya berarti menyimpan uang. Menabung bisa dilakukan dengan menyimpan emas. Emas yang digunakan untuk tabungan biasanya adalah emas batangan. Untuk melakukan langkah ini, diperlukan keterampilan kalkulasi menghitung keuntungan. Selain itu, para investor emas sebaiknya punya tujuan tertentu dalam memenuhi rencana masa depan. Biasanya menabung emas dilakukan untuk beberapa hal berikut.
› Menikah 
› Haji/umroh
› Biaya pendidikan
› Berlibur
› Membeli kendaraan pribadi, dan lain sebagainya.

Menjadikan Emas sebagai Modal Usaha
Emas juga bisa dijadikan sebagai modal usaha. Caranya gampang sekali. Cara berinvestasi emas yang menguntungkan kali ini adalah menggadaikan emas dan menukarnya dengan uang. Uang hasil menggadaikan bisa diputarkan untuk menjalankan usaha. Kemudian setelah keuntungan dari bisnis atau usaha tersebut sudah ada, uangnya bisa digunakan untuk menebus emas yang telah digadaikan tersebut. Upaya ini bisa dilakukan untuk jangka waktu yang panjang. Anda bisa menggadaikannya lebih dari satu kali setelah Anda selesai membayarkan uang tebusnya.

Usaha menginvestasikan emas perlu dilakukan dengan kehati-hatian, mengingat benda ini merupakan logam mulia yang berharga. Harganya yang mahal memang menjanjikan keuntungan bagi para investornya. Risiko yang rendah juga menjadikan peluang ini lebih nyaman dilakukan, dibandingkan dengan berinvestasi benda atau jasa lainnya. Pekerjaan yang dilakukan pun tidak sulit dalam mengurus investasi emas. Terkadang bahkan emas bisa disimpan saja di deposit box yang terdapat di bank. Tapi pekerjaan ini memerlukan kehati-hatian agar benda yang diinvestasikan tetap dalam keadaan yang bagus.

Dari waktu ke waktu, emas masih menjadi salah satu bentuk investasi yang paling diminati. Sayangnya, harga emas seringkali diperkirakan dengan patokan nilai mata uang US Dollar. Inilah yang tidak bisa kita prediksi kapan naik atau turunnya. Kenaikan nilai mata uang ternyata berpengaruh juga dengan harga emas, terutama Indonesia. Tidak membuat nilai atau harga emas semakin menurun, justru kuatnya mata uang (US Dollar) memberikan emas kekuatan juga untuk tetap dijual dengan harga tinggi.

Cari beberapa cara berinvestasi yang telah dipaparkan di atas, sebagai investor emas, Anda perlu memahami prinsip kerja investasi ini dengan baik. Pertama, Anda perlu memahami tinggi-rendahnya kadar emas. Anda bisa menilai standarnya berdasarkan skala yang ditetapkan secara internasional atau hanya menghitungnya dalam satuan karat. Kadar ini juga dipengaruhi dengan ada atau tidaknya campuran dalam emas yang diinvestasikan. Sertifikat keaslian emas juga menjadi salah satu unsur penting sebelum memulai investasi emasnya. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui dengan baik perkembangan harga emas, termasuk harga beli dan harga jual. Di samping itu, pengetahuan akan kurs US Dollar juga diperlukan, mengingat kita bisa mempertimbangkan besarnya harga berdasarkan kenaikan atau penurunan nilai mata uang tersebut. Itulah beberapa cara berinvestasi emas yang menguntungkan yang bisa disampaikan kepada Anda. Anda bisa segera memilih jenis emas yang akan Anda investasikan berikut langkah-langkah atau tahapan dalam melakukan investasi emas sesuai keinginan.