Cara Membuat Pertamini Elektrik, Digital, atau Manual

23 Mei 2017

Peluang usaha saat ini sudah tersebar dimana-mana. Kemampuan seseorang untuk melihat peluanglah yang membuat banyak pebisnis sukses di bidangnya masing-masing. Sama halnya dengan bisnis berjualan BBM dalam bentuk pertamini. Dimana bisnis ini akan selalu ada dan berhasil selama kendaraan motor dan mobil masih ada di dunia ini. Melihat peluang besar tersebut, banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana cara membuat pertamini.

Pertamini yang ada saat ini dibedakan menjadi tiga macam yakni pertamini digital, pertamini manual, dan pertamini elektrik. Ketiganya memiliki fungsi yang sama yakni mengisi bensin kendaraan dengan takaran yang pas. Bedanya terletak dari cara pemesanan dan tabung yang digunakan untuk menakar bensin eceran agar sesuai dengan takaran yang dibeli konsumen.

Bisnis pertamini memang mampu menghasilkan banyak sekali keuntungan. Padahal modalnya tidak begitu besar. Dalam sebulan, Anda bisa meraup untung hingga puluhan juta. Jadi tidak mengherankan jika banyak orang yang tertarik untuk mencoba bisnis menguntungkan ini. Tak hanya di sudut kota, sekarang ini sudah banyak pebisnis pertamini yang ada di pedesaan dan dijadikan sebagai sebuah usaha sampingan dengan modal kecil.
cara membuat pertamini digital, cara membuat pertamini elektrik, cara membuat pertamini manual, bisnis pertamini, usaha pertamini, pertamini

Peluang Usaha  Terbuka Lebar Jika Anda Mengetahui Cara Membuat Pertamini Elektrik, Digital, atau Manual

Bisnis pom bensin pertamini ini bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk ibu rumah tangga sekalipun. Kata Pertamini pada dasarnya adalah nama plesetan dari perusahaan Pertamina yang memang berbisnis dalam penjualan BBM atau bahan bakar minyak. Jika pertamina menjual bensin dalam jumlah yang besar, pertamini menjual bensin secara eceran. Meskipun demikian, keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis ini sangat besar. Menjual bensin pada dasarnya sangat mudah karena dalam bisnis ini, Anda tidak perlu mencari konsumen. Karena konsumenlah yang mencari pertamini untuk membeli bensin kendaraannya.

Konsumen terbesar Anda adalah para pemilik kendaraan bermotor yang memerlukan bensin untuk menjalankan alat transportasinya. Apalagi seperti yang diketahui, dari waktu ke waktu jumlah kendaraan motor di Indonesia melonjak sangat tajam. Sehingga kebutuhan bensin pun akan semakin meningkat. Dampaknya, usaha pertamini Anda akan laris dikunjungi masyarakat yang ingin membeli bensin. Zaman dulu, menjual bensin eceran masih menggunakan dirijen dan corong. Kelemahan dari cara konvensional ini adalah takarannya yang tidak pas dan proses pengisian yang sulit. Tapi sekarang ini, usaha berjualan bensin secara eceran jauh lebih mudah dengan adanya mesin pom bensin mini. Dengan mesin ini, Anda bisa menjual bensin dengan takaran yang sesuai.

Menariknya, pembeli juga bisa melihat langsung literan atau takaran besin layaknya membeli bensin di pertamina besar biasanya. Pertamini memang menjadi alternatif terbaik untuk pedesaan-pedesaan atau daerah tertentu yang jauh dari SPBU besar. Daripada harus membeli bensin di SPBU besar yang jaraknya jauh, maka membelinya di pertamini yang dekat dengan rumah tentu lebih baik. Hal inilah yang membuat informasi mengenai cara membuat pertamini semakin menarik perhatian masyarakat.

Kelebihan dari bisnis pertamini adalah minimnya resiko kerugian. Bahkan kerugian usaha pertamini ini bisa dikatakan nol. Mengapa? Pasalnya setiap orang yang memiliki kendaraan bermotor pasti membutuhkan bensin. Jika pengelolaan keuangan dan manajemennya baik, maka dengan cepat Anda bisa balik modal dan banyak mendapatkan keuntungan.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang hendak melakukan bisnis penjualan bensin, sekarang ini ada banyak perusahaan yang menyediakan mesin pertamina. Di pasaran sendiri, ada banyak  jenis dan model pom bensin pertamini yang dapat diipilih sesuai kebutuhan dan budget yang disediakan. Ada pertamini dalam model manual, elektrik dan model digital. Bahkan adapula pertamini yan dibuat dengan sistem tanam atau portable untuk memudahkan penggunanya. Mengingat model dan spesiikasinya yang berbeda, tentu saja harga yang ditawarkan juga bervariasi. Dengan begitu, Anda bisa memilih pertamini sesuai dengan kecocokan usaha dan selera Anda.

Masyarakat yang lebih percaya dengan pertamini dibandingkan dengan penjual bensin eceran biasa tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang berbisnis pertamini ini. Sehingga tidak mengherankan bisnis ini menjanjikan untung yang besar. Jika dibandingkan dengan penjual bensin eceran dengan cara konvensional, pertamini jauh lebih aman, lebih praktis dan lebih cepat dalam proses pengisian bensin. Takarannya yang pas juga membuat konsumen merasa lebih nyaman dan aman membeli di pertamini.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis pertamini, maka harus mengetahui cara membuat pertamini. Jika tidak memiliki waktu, Anda bisa membeli mesin pertamini di perusahaan atau tempat lain yang secara khusus memang merakit mesin pertamini. Sebelum membeli, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar mesin pertamini yang dibeli sesuai dengan keinginan.

1. Keamanan mesin pertamini
2. Praktis tidaknya mesin
3. Mesin pertamini yang inovatif dan modern
4. Literan atau takaran yang pasti pas
5. Pengisian yang langsung ke motor atau mobil menggunakan nozzle layaknya di SPBU
6. Tersedianya neon box
7. Kapasitas drum penyimpanan yang besar

Cara Membuat Pertamini Sederhana
Pertamini pada dasarnya adalah sebuah mesin rakitan yang bisa dipakai untuk menjual bahan bakar minyak. Pertamini digital memungkinkan penggunanya untuk menjual bensin dengan bantuan mesin sehingga lebih pratis dan cepat. Sementara pertamini manual masih menggunakan tabung biasa untuk menakar bensin. Melihat hal tersebut, maka wajar saja jika penjual bensin lebih memilih mesin pertamini digital dibandingkan dengan mesin tabung yang masih konvensional. Mesin bensin pertamini adalah mesin rakitan yang tidak memerlukan alat tertentu untuk pengujiannya. Cukup dikerjakan menggunakan tangan yang memang sudah ahli merakit mesin, maka mesin pertamini bisa langsung digunakan untuk berjualan.  Sebelum mengetahui cara membuat pertamini, berikut ini adalah bahan-bahan yang harus Anda siapkan untuk merakit mesin.

1. CPU Komputer
2. Display bisa berupa digital ataupun segmen
3. Selang
4. Keypad
5. Swipel
6. Pompa hisap
7. Sensor (pilih salah satu, sensor water flow, assy meter atau flow sensor karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
8. Box mesin atau Kesing
9. Noozle gun
10. Fifa, selang bawah, isolasi, knie, kabel, acrilyc, double tape, dan lain sebagainya

Semua bahan-bahan dan peralatan yang disebutkan di atas bisa dengan mudah Anda dapatkan di toko elektronik. Lantas, bagaimana cara perakitan mesinnya? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

1. Pertama, Anda siapkan box mesin atau kesing lalu beri lubang pada bagian yang akan dipakai untuk tempat keluarnya selang noozle. Selain itu, jangan lupa untuk melubangi bagian depan kesing agar display dan CPU bisa dipasang sesuai selera. Beri lubang juga bagian kecil untuk meletakan mur dan baud.

2. Selanjutnya Anda pasang CPU beserta display di bagian depan kesing atas lalu tempelkan dengan baud dan mur. Beri pengamanan yang ketat agar arus tidak keluar setrumnya pada kesing ketika dipegang.

3. Langkah ketiga, pada rangka kesing bagian bawah Anda pasang pompa. Di bagian atas pompa, Anda pasang sensor. Sensor ini Anda beri tanda panah yang menunjukkan tempat bensin keluar yaitu ke noozle. Kemudian, sambungkan memakai fifa atau selang sesuai dengan ketersediaan bahan dan peralatan yang ada.

4. Mulai dari ujung sensor Anda sambungkan menuju selang. Sementara ujung selang Anda sambungkan menuju noozle. Untuk menyambungkannya, Anda bisa menggunakan siltape agar bensin tidak bocor nantinya.

5. Pasang noozle boat untuk bagian samping atau depan sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Pasalnya Noozle ini memiliki peranan yang penting untuk mempercantik desain dan tampilan pom bensin mini Anda. Agar terlihat modern dan canggih, Anda bisa memakai noozle boat yang biasa dipakai SPBU.

6. Jika semua alat sudah dipasang, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menyambungkan semua kabel menuju CPU. CPU inilah yang menjadi pusat pengoperasian mesin pertamini digital. Kabel pompa segera Anda masukkan pada soket CPU yang umumnya tertera tulisan Pump. Lalu, sambungkan kabel sensor pada CPU tertulis tulisan berupa sensor flow/assy meter. Adaptor harus Anda sambungkan ke arus DC yang ada di CPU.  Sementara arus ac bisa langsung Anda sambungkan dengan listrik. Selanjutnya, jangan lupa untuk memasang keypad lalu sambungkan pada CPU. Selain itu, Anda juga tidak boleh lupa untuk menghubungkan kabel tipis yang menjadi penghubung display berserta CPU.

7. Jika adaptor sudah Anda sambungkan ke listrik, seharusnya mesin pom mini sederhana Anda sudah bisa dioperasikan.

8. Proses tidak berhenti sampai disitu karena Anda harus menyambungkan selang yang berasal dari pompa menuju ke penampungan. Dalam proses penyambungan ini, Anda jangan lupa untuk menggunakan bok klep agar bensin tidak turun kembali setelah dipompa. Dengan begitu, selang bisa mengeluarkan bensin untuk kendaraan. Untuk mengetesnya, cobalah Anda isi penampungan dengan bensin.

9. Jangan lupa untuk selalu merapihkan kembali sambungan kabel agar aman dan terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

10. Pasang aksesoris cantik ala pom bensin pada bagian kesin depan pom bensin mini Anda.

11. Terakhir, setting CPU agar bisa digunakan untuk mengatur jumlah takaran, nominal harga dan lain sebagainya agar pengisian bensin lebih praktis dan cepat.

Demikianlah informasi mengenai cara membuat pertamini. Semoga ulasan kali ini menambah wawasan Anda.