Keuntungan Investasi Tanah yang Bisa Diperoleh Segera

28 Oktober 2016

Jika mengingat kata investasi apa yang anda pikirkan? Investasi adalah sebuah aktivitas yang erat kaitannya dengan kegiatan ekonomi dan keuangan. Dalam agama Islam, Alquran menjelaskan arti dan makna investasi dengan sangat indah : Satu bulir kebaikan laksana menumbuhkan tujuh bulir. Dari tujuh bulir tumbuh beberapa bulir. Allah SWT melipatgandakan pahala sesuai yang dikehendakiNya. Dalam surat Alquran dan ayat tersebut dengan sempurna Allah SWT menggambarkan pentingnya manusia melakukan sebuah investasi. Lalu Allah SWT berfirman: Wahai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan hendaklah kalian memperhatikan apa yang telah kalian perbuat untuk hari esok.

Dari ayat-ayat di atas jelas, ada beberapa unsur dalam berinvestasi yakni mendapatkan keuntungan, memerlukan proses waktu dan keuntungan di masa depan. Orang yang menahan sesuatu di hari ini maka akan mendapatkan sesuatu di masa datang. Orang yang menahan sesuatu keburukan hari ini ia akan mendapatkan investasi pahala kebaikan di masa depan. Begitu sebaliknya orang yang melakukan kejahatan sekarang ia akan memperoleh keburukan di masa mendatang. Apa yang anda tanam sekarang adalah apa yang akan anda tuai di masa depan. Itu adalah rumus investasi baku.

Lalu yang menjadi bahan perhatian penting sekarang mana masa sekarang atau masa depan (investasi) yang lebih penting? Ternyata Allah SWT memberikan jawaban bahwa masa depan (investasi) lebih baik dari masa sekarang (dunia). Oleh sebab itu, manusia hendaklah berlomba-lomba melakukan investasi kebaikan. Pepatah bijak mengatakan menabung yuk kita menabung. Walau sedikit lama-lama dapat untung. Pendek kata, dengan melakukan investasi kita akan mendapatkan keberuntungan kelak. Itulah yang diharapkan oleh manusia. Keberuntungan hidup di dunia dan akhirat.
investasi tanah, keuntungan investasi tanah, tanah, cara investasi tanah, modal investasi tanah

Keuntungan Investasi Tanah yang Diperoleh Segera Pemiliknya
Salah satu bentuk investasi adalah berinvestasi dalam bidang properti tanah. Siapa sih yang tidak mengenal tanah? Tanah adalah tempat berpijak kita. Kalau dalam permainan monopoli orang yang memiliki banyak tanah maka ia akan kaya raya. Sama seperti dalam kehidupan nyata, orang yang mempunyai banyak tanah di berbagai tempat akan kaya sebab banyak pemasukan yang ia dapatkan. Dari sewa tanah, dll.

Orang yang melakukan investasi disebut juga investor. Mereka orang yang berani menanamkam saham untuk memperoleh untung di depan atau penanam modal. Robert T Kiyosaki dalam buku Rich Dad Poor Dad menerangkan bahwa profesi sebagai investor adalah sebuah profesi yang bisa membuat kaya raya seseorang dengan sangat cepat selain melakukan bisnis. Jadi jika anda ingin mendapatkan keuntungan hidup sejahtera di masa depan mulailah berinvestasi sejak sekarang atau sejak dini.

Beragam jenis instrumen investasi terdapat di dunia ini. Beberapa mungkin sudah anda miliki. Seperti emas, reksadana, deposito, tabungan, saham, obligasi, mata uang asing, barang kuno yang antik, properti seperti rumah dan tanah dll. Setiap instrumen investasi tersebut mempunyai karakteristik berbeda-beda dari segi kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh sebab itu, sobat bisa mengambil jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan sobat.

Salah satu jenis investasi yang sangat menjanjikan dan menguntungkan adalah investasi tanah. Karena investasi tanah selalu menguntungkan dan tak pernah rugi. Investasi tanah merupakan cara klasik di dalam berinvestasi yang cocok bagi investor pemula dengan modal kecil hingga modal besar. Peluang bisnis yang sangat menjanjikan dan anti krisis atau rugi.

Kisah Keuntungan Investasi Tanah Murah Kavling
Banyak kisah sukses seseorang dalam berinvestasi tanah murah kavling. Seperti sanak kerabat penulis yaitu wanita bernama Ummi mendapatkan uang Rp 1 milyar dikarenakan tanah miliknya terkena proyek jalan kereta api. Padahal dia membeli tanah itu Rp 10 juta lima tahun lalu.

Lalu ada tetangga penulis bernama Abah di Sumedang yang mendapatkan uang sebesar Rp 2 milyar. Disebabkan tanah sawah miliknya termasuk dalam proyek pendirian bandara di sumedang. Harga tanah sawah yang dibeli Rp 1 juta sepuluh tahun lalu kini melonjak tajam hingga Rp 2 miliar.

Ada cerita lagi mengenai keuntungan investasi tanah yang cukup menggiurkan. Pada tahun 1990 saudara penulis mengetahui di daerahnya akan ada pembangunan jalan tol. Maka ia membeli tanah di sekitar area itu dengan harga Rp 9 juta. Kemudian ketika terkena proyek tol tanah itu dijual Rp 100 juta.

Dan penulis sendiri sudah melakukan investasi tanah sejak duduk di perguruan tinggi. Dalam lima tahun penghasilan bersih yang penulis dapatkan dalam berinvestasi tanah sebesar Rp 1 juta. Keuntungan kecil karena modal yang dikeluarkan terbilang kecil.

Tips Investasi Tanah
Pendek kata, tahapan dalam investasi tanah adalah membeli tanah. Belilah tanah di lokasi yang strategis. Misalnya dekat pasar, sekolah, pusat keramaian orang, pinggir jalan, dekat pusat kota dll. Karena harga tanah di lokasi itu akan naik secara cepat. Untuk mendapatkan informasi mengenai tanah yang hendak dijual di wilayah tersebut bisa dengan cara mendatangi langsung wilayah tersebut dan bertanya langsung kepada penduduk sekitar mengenai tanah yang hendak dijual. Atau sobat bisa mendapatkan informasi tanah yang hendak dijual melalui media massa surat kabar setempat, koran, majalah, website, radio dll.

Langkah berikutnya, setelah anda mendapatkan beberapa pilihan investasi tanah maka pilihlah investasi tanah yang memberikan imbal balik yang besar. Selanjutnya, periksa legalitas dan surat-surat otentik bukti sah kepemilikan tanah tersebut. Jangan sampai terjadi sengketa di kemudian hari.

Dengan kata lain pastikan tiga faktor berikut ini terdapat dalam tanah yang hendak sobat beli sebagai investasi yaitu free. Artinya tanah tersebut tidak berada dalam sengketa dan tidak dalam gugatan pihak lain. Hal ini dibuktikan dengan nama pemilik tanah cocok dengan yang tercantum dalam sertifikat tanah. Kedua, clean. Artinya pastikan tanah yang hendak dibeli terbebas dari penggunaan kegiatan ekonomi dari orang lain yang tanpa hak memakainya. Ketiga, clear. Artinya tanah tersebut sesuai ukurannya secara fisik dengan sertifikat tanah beserta batas-batasnya.

Keuntungan Investasi Tanah Kavling Murah
Untuk mengetahui lebih lanjut secara lengkap berikut ini sejumlah keuntungan dari investasi tanah yang bisa diperoleh oleh pemiliknya antara lain :

Memiliki Capital Gain
Apa itu Capital gain? Yaitu kenaikan harga tanah. Setiap orang sudah mengetahui bahwa setiap hari dan setiap tahun harga tanah mengalami kenaikan sekitar 20 persen hingga 25 persen. Bahkan dalam lima tahun ke depan harga tanah mengalami kenaikan dua kali lipat. Hal inilah yang menjadi alasan investasi tanah sangat menjanjikan terutama bagi investor profesional. Dan merupakan jenis investasi paling aman bagi investor pemula.

Penulis sudah memiliki dua investasi tanah. Pertama, tanah yang kapital gain rendah. Kedua, tanah dengan kapital gain tinggi sesuai dengan penghasilannya. Jika sobat mempunyai tanah dengan kapital gain tinggi dan penghasilan tinggi maka jangan dijual. Karena itu aset bagi anda. Coba juallah investasi tanah yang kapital gain dan penghasilan rendah untuk ditukar dengan investasi tanah yang capital gain tinggi dan pemasukan tinggi. Biasanya lokasi tanah dengan capital tinggi dan penghasilan besar berada di pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lintas kendaraan dan orang.

Investasi Modal Kecil
Dalam berinvestasi tanah tidak memerlukan modal besar. Dengan modal kecil alias minim pun bisa memulai investasi tanah dengan lahan terbatas. Begitupula dengan perawatan investasi tanah yang tidak membutuhkan modal besar. Hal ini berbeda sekali dengan investasi properti rumah, ruko atau apartemen dll yang memerlukan modal besar dengan biaya perawatan rumah yang lumayan besar pula.

Mempunyai Nilai Tambah
Kelebihan investasi tanah yang tidak dimiliki jenis investasi lainnya adalah mudah dikembangkan. Sebuah tanah luas yang berada di lokasi strategis atau pinggir jalan raya bisa dikembangkan menjadi kompleks ruko perkavling. Atau tanah kosong bisa disewakan ke pihak lain secara bulanan.

Lahan Tanah Terbatas sedangkan Permintaan Terus Naik
Hal ini tak terlepas dari jumlah penduduk Indonesia meningkat pesat belakangan ini terutama dari kalangan anak muda yang baru menikah. Tentu saja mereka membutuhkan rumah sebagai tempat tinggal keluarga membina keluarga baru. Atas itulah harga tanah terus naik tajam setiap hari. Selain itu menurut data dari pemerintah di Indonesia terdapat kesenjangan antara kebutuhan tanah yang sangat besar di masyarakat dan jumlah tanah yang sangat terbatas. Masih banyak orang yang belum memiliki rumah karena harga tanah yang sangat mahal.

Permintaan akan lahan tanah yang terus membesar sedangkan lahan tanah tetap dan terbatas menyebabkan harga tanah terus naik tajam setiap harinya. Namun untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari investasi tanah caranya mendiamkan tanah hingga lima tahun. Karena lewat waktu itulah imbal balik investasi tanah terlihat jelas dua kali lipat dan lumayan besar. Selama masa menunggu dalam masa 5 tahun itu, sobat dapat memanfaatkan tanah untuk kegiatan bisnis. Seperti dijadikan lokasi tempat parkir, sarana hiburan, taman buah-buahan, taman sayuran, lokasi dagang para pedagang kaki lima dll.

Kekurangan dan Kerugian Investasi Tanah
Namun di balik keuntungan investasi tanah ada beberapa kekurangannya. Sedangkan kekurangan investasi tanah adalah pemasukan yang kecil. Lahan tanah kosong tidak memberikan income besar beda dari investasi rumah, apartemen, ruko dan lain lain yang memberikan income besar secara bulanan.

Kekurangan investasi tanah yang utama ialah ia tidak dapat dicairkan menjadi uang dalam waktu singkat. Tidak seperti investasi emas yang bisa dicairkan menjadi uang dalam waktu singkat. Tanah yang berada di lokasi strategis dijual dengan harga sangat tinggi. Investasi tanah yang berada di tempat strategis memerlukan modal besar. Dan kelemahan dari investasi tanah jika tanah tak dimanfaatkan secara produktif bisa menguras keuangan. Seperti membayar pajak tanah, biaya perawatan dan penjagaan. Misalnya dipasang pagar pembatas berupa tembok atau kawat.