12 Cara Membuat Kandang Bebek Petelur Kapasitas 1.000 Ekor

22 April 2018

Usaha budidaya bebek petelur merupakan jenis usaha ternak hewan yang menjanjikan dalam waktu singkat. Usaha peternakan ini mudah sekali ditemukan di pedesaan terpencil. Sistem yang mereka gunakan kebanyakan masih bersifat tradisional atau umbaran yang membiarkan bebek mencari makan sendiri. Jika anda mau membuka bisnis ternak bebek petelur sebanyak 1000 ekor maka hal utama yang harus dipersiapkan adalah modal usaha operasional dan investasi yang memadai terutama kandang ternak bebek petelur kapasitas 1000 ekor.

12 Cara Membuat Kandang Bebek Petelur Kapasitas 1.000 Ekor
Tanpa panjang lebar dan untuk lebih lengkapnya, berikut ini 12 cara membuat kandang bebek petelur kapasitas 1000 ekor bagi pemula, yaitu:

1. Memahami bagaimana kondisi dan bentuk kandang bebek petelur yang baik dan benar
Hal utama yang harus diperhatikan dalam membuat kandang bebek adalah memastikan kondisi kandang selalu bersih. Dengan cara membuat kandang bebek dengan konsep panggung. Sehingga memudahkan dalam membersihkan kandang bebek dari kotoran supaya tidak bau.
kandang bebek petelur, kandang bebek petelur kapasitas 1000 ekor, cara buat kandang bebek petelur, bebek petelur, bebek, cara buat kandang bebek

2. Pembuatan atap kandang bebek
Tahap pembuatan kandang bebek petelur kapasitas 1.000 ekor bisa dimulai dari pembuatan pondasi kemudian atap. Adapun atap kandang pastikan dapat melindungi bebek dari kehujanan dan kepanasan. Anda bisa menggunakan atap yang terbuat dari seng maupun genting. Namun bahan yang paling bagus untuk atap kandang bebek adalah genting. Sebab bangunan atap genting bisa bertahan lama, awet, dan dapat melindungi panas dan hujan. Pastikan bangunan atap didesain secara maksimal sehingga mampu mengurangi panas dan bau dalam kandang.

3. Arah Kandang Bebek
Setelah kandang bebek petelur kapasitas 1000 ekor sudah jadi, berikutnya ditempatkan pada arah yang benar yaitu mengarah ke matahari terbit atau timur. Supaya bagian dalam kandang bisa terpapar oleh sinar matahari pagi. Sehingga lantai kandang selalu dalam kondisi kering, kandang selalu terang, bebek petelur tumbuh sehat sekaligus dapat membunuh kuman penyakit di dalam kandang.

4. Luas Kandang Bebek
Hal yang paling mendasar untuk membuat kandang bebek petelur kapasitas 1000 ekor adalah memperhatikan luas ukuran. Jangan sampai terlalu luas yang mengakibatkan kurang efisien dalam pemberian pakan. Dan jangan terlalu sempit yang menghambat pertumbuhan produktifitas bebek petelur. Sebagai patokan ukuran kandang 1 meter persegi bisa menampung 4 bebek. Sehingga bisa dilihat ukuran kandang bebek petelur 100 ekor sekitar 25 meter persegi. Dan ukuran kandang bebek 200 ekor sekitar 50 meter persegi. Jadi ukuran kandang bebek untuk 1000 ekor minimal berukuran 250 meter persegi.

5. Menutup dinding kandang
Untuk menutup dinding kandang bebek petelur kapasitas 1000 ekor bisa menggunakan bambu atau tembok dengan ketinggian 60 centimeter dari lantai. Sisanya tutup dengan bilah kayu atau kawat yang dibiarkan terbuka. Tinggi kandang maksimal 2 m yang memudahkan dalam perawatan kandang.

6. Kandang Panggung
Supaya kandang dalam kondisi hangat maka bentuk kandang disarankan bentuk panggung. Sehingga bebek bisa tumbuh sehat.

7. Membuat konsep kandang yang bisa menampung kotoran bebek
Kotoran bebek mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi. Karena bisa dijadikan pupuk kandang yang bermanfaat untuk menyuburkan tanaman. Anda bisa membuat kandang sistem panggung yang dibawahnya ada penampung kotoran bebek.

8. Membuat kandang bebek senyaman mungkin
Kandang bagi bebek bagaikan rumah bagi mereka. Kandang yang nyaman, lengkap dan suhu yang sesuai dengan kebutuhan mereka pastinya akan membuat bebek menjadi betah. Sehingga bisa menghasilkan telor dalam jumlah banyak dan pertumbuhan bebek sangat cepat dan sehat. Salah satu bentuk nyata kandang bebek yang nyaman, baik dan benar adalah mampu melindungi dari serangan penyakit dan hama dan bisa melindungi dari kepanasan dan kehujanan.

9. Konsep kandang yang mudah dirawat dan dibersihkan
Membuat kandang ternak bebek harus dipastikan dalam bentuk kandang bebek yang mudah dibersihkan. Sehingga kedalaman kandang tidak terlalu dalam. Anda bisa membuat kandang ternak bebek petelur secara bertingkat atau bersusun. Agar mudah dalam perawatan dan pembersihan kandang.

10. Lokasi kandang bebek jauh dari permukiman padat penduduk
Dikarenakan anda beternak bebek petelur dalam jumlah banyak atau sekitar 1000 ekor tentu saja akan menimbulkan polusi udara yang menyengat dari kotoran bebek. Oleh sebab itu, pastikan kandang bebek jauh dari pusat keramaian atau lingkungan permukiman warga. Supaya warga masyarakat sekitar tidak terganggu dengan usaha budidaya bebek petelur yang sobat jalani.

11. Lokasi kandang pastikan jauh dari suara bising
Bebek petelur tidak suka dengan kondisi yang bising. Yang bisa membuat mereka stres dan berdampak pada produksi dan kualitas telor menurun. Oleh sebab itu, pastikan kandang bebek petelur jauh dari suara bising dan mudah dalam pengangkutan panen telur bebek.

12. Kandang ditempatkan di daerah yang mudah mendapatkan akses air bersih
Untuk membersihkan kandang bebek petelur dibutuhkan pasokan air bersih. Sehingga pastikan kandang bebek berada di tempat yang mudah mendapatkan air bersih. Selain itu, pastikan kandang ternak bebek jauh dan aman dari jangkauan hewan buas atau pengganggu.

Bentuk dan Tipe Kandang Bebek Petelur 
Ada berbagai bentuk dan tipe kandang bebek petelur, yaitu kandang baterai, kandang postal, kandang ranch, kandang basah dan kandang kering. Semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri.

1. Kandang Baterai
Kandang bebek jenis ini disebut pula kurungan dengan ukuran 50 cm x 50cm x 45 cm. Kandang baterai biasanya diisi satu itik dewasa. Untuk membuatnya sangat mudah. Sobat dapat membuatnya dari bahan bambu atau kawat. Adapun kekurangan tipe kandang ini adalah biaya pembuatannya yang cukup mahal. Belum lagi perlu adanya tambahan inseminator. Keunggulannya adalah lebih gampang dalam pengambilan telor, pengontrolan dan penanganan penyakit.

2. Kandang Postal
Inilah tipe kandang bebek petelur yang sangat berbeda dengan tipe kandang baterai. Kandang postal dapat ditempati banyak bebek atau itik sekaligus sampai ribuan ekor. Hal ini lebih menghemat biaya dan tempat. Sehingga jika anda memutuskan untuk beternak bebek skala besar sampai1000 ekor bebek petelur maka tipe kandang postal menjadi pilihan yang sangat tepat.

3. Kandang Ranch
Disebut pula kandang umbaran atau rak. Karena bentuknya seperti rak. Tipe kandang ini merupakan hasil modifikasi dari kandang postal. Namun yang membedakannya dari kandang postal, kandang ranch mempunyai tempat bermain atau umbaran bagi bebek petelur dilengkapi dengan kolam untuk mendinginkan badan itik.

Kandang Bebek Petelur Sistem Kering
Untuk berdasarkan kondisi, kandang bebek petelur terbagi dua bagian yaitu sistem basah dan sistem kering. Untuk kandang bebek petelur sistem kering maka aktifitas bebek pada air sangat terbatas. Fungsi air sebatas minum dan mencuci muka. Sehingga bau kotoran bebek petelur yang sangat menyengat bisa dikurangi dengan baik. Hal ini berbeda dengan kandang bebek petelur sistem basah. Dimana disediakan kolam air bagi bebek untuk membantu proses perkawinan, berenang dan mandi sebebas mungkin.

Cara Membuat Kandang Bebek Petelur Sederhana dari Bambu
Usaha beternak dan budidaya bebek petelur tidak mudah. Hal utama yang harus diperhatikan adalah kondisi kandang yang sesuai dengan kondisi itik. Sebab banyak sekali para peternak bebek pemula yang mendirikan kandang bebek secara serampangan. Sehingga menyebabkan bebeknya mengalami kematian. Salah satu penyebabnya, kondisi kandang tidak dalam keadaan hangat atau dalam posisi yang tidak baik dan benar.

Untuk di Indonesia yang mempunyai iklim tropis yang dingin maka usaha beternak bebek petelur harus dilakukan di kandang yang memiliki suhu yang stabil dan hangat. Sebab kondisi kandang bebek yang dingin dapat membuat itik menjadi stres yang bisa berdampak pada produktifitas bertelur berkurang. Dan akibat terburuk adalah kematian banyak bebek akibat stres dan kedinginan. Oleh karenanya, anda harus membuat kandang bebek sistem panggung untuk mencegah kedinginan bebek.

Kandang bebek petelur sistem modern masih menggunakan cara lama yaitu sistem panggung. Dengan demikian, kondisi kandang tetap hangat. Dikarenakan kaki bebek tak bersentuhan dengan tanah. Ketimbang anda menggunakan penghangat yang membutuhkan biaya cukup besar. Kandang sistem panggung terbukti membuat betah bebek petelur di dalamnya. Yang berdampak kuantitas telor yang dihasilkan lebih banyak dengan kualitas telur bagus sekali.

Cara membuat kandang bebek petelur sederhana dari bambu gampang sekali. Tentukan luas kandang. Jika beternak bebek petelur 1000 ekor maka luas kandang sekitar 250 meter persegi. Persiapkan batang bambu dalam jumlah banyak. Kemudian membangun pondasi kandang terebih dahulu. Lalu membuat dinding kandang dengan bilah bambu dengan tingkat kerapatan yang memadai. Selanjutnya membangun pintu dan atap kandang.

Contoh Kandang Bebek Petelur Yang Baik
Untuk contoh kandang bebek petelur yang baik dan benar, sobat dapat melihatnya langsung di peternakan bebek petelur terdekat. Atau sobat dapat melihatnya di buku atau majalah peternakan maupun cara paling mudah dengan mengunjungi mesin pencarian mbah google dan menekan gambar untuk kata kunci kandang bebek yang baik. Ada banyak contoh gambar kandang bebek petelur yang baik dan benar beserta gambar dan denahnya. Seperti kandang bebek sistem baterai, postal, basah dan kering dengan bentuk persegi atau memanjang.