Cara Berinvestasi Saham yang Menguntungkan dan Memilih Saham Aman

31 Oktober 2015

Investasi saham merupakan salah satu alternatif bisnis yang sering kali dilakukan oleh banyak orang. Apalagi, investasi saham bisa dijadikan bisnis sampingan ditengah pekerjaan yang tengah digeluti. Namun, kita harus mengetahui cara berinvestasi saham yang menguntungkan. Hal itu penting agar kita tidak mengalami kerugian. Karena pada dasarnya, investasi bisnis memang tidak membutuhkan usaha, tapi membutuhkan modal dan juga keberanian untuk bermain didalamnya. Yang terpenting adalah, jangan sampai kita terjebak dalam investasi bisnis palsu yang saat ini sedang marak terjadi. Siap berinvestasi saham artinya kita harus mempersiapkan modal yang tidak sedikit. Namun jangan salah, hasil yang ditawarkan juga cukup menggiurkan. Namun, resikonya juga cukup tinggi, terutama jika dilakukan dalam jangka pendek. Tapi, merupakan bisnis yang aman dan menguntungkan jika dilakukan dalam jangka panjang. Sebut saja antara 6-12 bulan. 

11 Cara Berinvestasi Saham yang Menguntungkan
Investasi saham memang merupakan bisnis yang mudah namun juga memiliki resiko yang cukup tinggi. banyak orang yang berinvestasi namun sering kali mengalami kegagalan. Karena itulah, penting bagi kita untuk mengetahui cara berinvestasi saham yang menguntungkan dibawah ini:

• Kenali lebih dahulu saham perusahaan tersebut dan juga harus mengetahui bisnis apa yang dijalankan oleh perusahaan itu. Hal itu bisa kita jadikan acuan dan pertimbangan apakah investasi saham diperusahaan itu menjanjikan atau tidak. Semakin banyak informasi yang didapat, maka semakin mudah bagi kita untuk mempertimbangkan keuntungan maupun rugi serta resiko yan dihadapi dalam bisnis investasi tersebut.

• Jangan terlalu terpengaruh dengan harga. Jangan karena harga saham sedang murah, lalu kita langsung membelinya. Justru karena saham murah, biasanya kondisii perusahaan sedang dlalam masalah. 

• Berpikirlah layaknya seorang pengusaha yang akan selalu berpikir rasional, realistik dan logis serta selalu mempertimbangkan untung, rugi dan juga resiko yang akan dihadapi

• Peluang investasi terbaik tidak datang setiap saat, karena itulah jangan terlalu terburu-buru dalam berinvestasi, tapi pertimbangkan juga waktunya yang tepat.

Selain 5 cara diatas, perhatikan pula pertimbangan investasi dibawah ini:

• Jika sudah bergelut dalam bisnis investasi, sebaiknya kita juga bergerak aktif, jangan menggantungkan semuanya pada saham saja, karena investasi tidak selalu memberikan jaminan yang baik

• Walaupun tidak boleh terburu-buru, tapi jangan sampai kita terlambat memulai investasi, karena hal bisa membuat kita kehilangan kesempatan. Karena itulah pentingnya mengetahui kapan kesempatan datang.

• Berspekulasi boleh saja, tapi jangan terlalu berlebihan karena seberani apapun anda, menempatkan semua uang yang anda miliki dalam satu investasi bukanlah pilihan yang tepat.

• Jangan samoai terjebak dalam kondisi psikologis pasar yang akan membuat anda membeli saham saat harga mahal dan menjualnya saat murah.

• Cara berinvestasi saham yang menguntungkan dan aman adalah dengan berinvestasi pada beberapa macam investasi selama satu tahun pertama, barulah melakukan investasi dalam jangka panjang. Lamanya investasi akan berpengaruh pada keuntungan yang kita dapatkan. Semakin lama investasi, maka semakin minim pula resiko kerugiannya.

• Jika tidak ingin gagal investasi, maka sebaiknya pelajari lebih dahulu cara mengelola keuangan pribadi dan berlatih untuk menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran.

Cara Memilih Saham dan Cara Berinvestasi Saham yang Menguntungkan
Selain mengetahui bagaimana berinvestasi saham agar menguntungkan, kita juga harus mengetahui, bagaimana cara kita memilih saham mana yang kemungkinan besar menguntungkan kita. Hal ini penting, karena harga saham tidak selalu sama, tapi sering kali berubah-ubah karena harga saham memang terlalu sensitif dengan kondisi sosial ekonomi. Berikut adalah cara memilih saham yang bisa dicoba saat kita akan berinvestasi:

• Mengenali perusahaan yang akan dibeli sahamnya
Hal ini wajib kita lakukan untuk menghindari kasus penipuan. Karena perusahaan yang benar-benar menerima investasi akan memberikan detailnya secara jelas dan cenderung terbuka sebagai upaya menarik minat investor. Kita harus mengenali apa produk dari perusahaan tersebut. Pelajari juga, bagaimana kondisi perusahannya. Sehatkah? Berkembangkah? Kalau perlu, kita perlu melakukan analisis keuangan perusahaan tersebut.

investasi saham menguntungkan, investasi saham, investasi saham aman, investasi saham online
Selain itu, kita juga perlu mengetahui kondisi ekonomi sosial saat ini dan apa kemungkinan dampaknya bagi perusahaan. Dengan mengenali perusahaan, maka kita sudah menerapkan cara berinvestasi yang menguntungkan.

• Pilih perusahaan yang sering membagikan dividen
Cara ini merupakan cara berinvestasi saham yang menguntungkan dan cukup rasional serta logis dalam memilih saham, walaupun memang cukup memakan waktu. Dividen sendiri merupakan hasil yang diperoleh pemegang saham dari pembelian saham perusahaan yang besarnya sesuai dengan presentase saham yang dimiliki.

• Memperhatikan kantong yang kita miliki
Sudah kita ketahui kalau dalam berinvestasi, modal yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Namun, jangan sampai memaksakan diri jika kondisi keuangan terbatas. Jangan sampai kehabisan dana ditengah jalan dan memutuskan untuk berhutang untuk keperluan investasi dan akhirnya memutuskan untuk menjualnya, bahkan saat kita belum mendapatkan keuntungan. Karena itulah, sebelum memutuskan untuk berinvestasi sebaiknya kita mematangkan perencanaan keuangan kita. Jangan sampai  memaksakan dana atau menggunakan seluruhnya untuk investasi. Karena bagaimanapun, keuntungan investasi sangat dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi pasar.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin berinvestasi saham pada suatu perusahaan. Walaupun kelihatannya simpel dan mudah, namun kenyataannya, investasi tidaklah semudah dan sesimpel itu. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan untuk melakukan investasi. Namun dengan mengetahui cara berinvestasi saham yang menguntungkan dan aman serta mengetahui cara bagaimana memilih saham yang benar, maka berinvestasi bukanlah hal yang menyulitkan.