Begini Cara Membuka Usaha Warung Sembako Modal Rp 5 Juta Omzet Jutaan

07 Juli 2018

Di zaman sekarang, mencari pekerjaan akan semakin susah jika tidak dibarengi dengan keahlian. Akan tetapi jalan untuk mencari rejeki tidaklah putus sampai disitu, masih ada banyak jalan lain yang bisa ditempuh, salah satunya adalah berwirausaha. Jika Anda sudah mempunyai modal tapi bingung mau berwirausaha, maka usaha warung sembako modal 5 juta bisa menjadi solusi.

Warung adalah sebuah sektor usaha kecil sampai menengah yang banyak dijumpai di daerah perkotaan maupun pedesaan. Walaupun hanya warung, akan tetapi apakah Anda pernah berpikir bahwa semua orang membutuhkan warung? Hampir semua warung tidak pernah sepi pembeli. Hal tersebut karena barang yang dijual di warung adalah barang yang dibutuhkan oleh semua orang.

Melihat fakta tersebut, Anda harus pintar membaca peluang. Dalam mendirikan warung jenis apapun, tidak perlu mempersiapkan modal yang banyak. Mulailah dengan modal yang kecil terlebih dahulu.

Untuk modal usaha, Anda bisa memulai dari 5 juta. sekarang ini, uang 5 juta bukanlah jumlah yang besar bahkan bisa habis dalam sekejap tanpa diketahui jejaknya, akan tetapi jika digunakan untuk modal usaha, uang 5 juta pasti akan lebih bermanfaat dan mendapat untung pastinya.
warung sembako modal 5 juta, usaha warung sembako, usaha warung sembako modal 5 juta, warung sembako, sembako, bisnis sembako modal 5 juta, bisnis sembako

Apa yang didapatkan dari modal 5 juta? dengan modal sebesar itu, Anda  bisa mempersiapkan tempat seperti etalase sederhana untuk menaruh barang. Selain itu, bisa juga digunakan untuk berbelanja barang-barang yang akan dijual. Jika bangunan yang akan dijadikan untuk tempat berjualan sudah Ada maka itu akan mengurangi jumlah modal. Akan tetapi jika belum ada, Anda bisa menyewa bangunan yang tidak terlalu mahal.

Kelebihan Warung Sembako daripada yang Lain
Mengapa warung sembako? Sembako merupakan bahan pokok yang di dalamnya terdapat bahan-bahan seperti beras, gula, minyak goreng, telur dan lain-lain yang kesemuanya merupakan bahan-bahan yang setiap hari dibutuhkan.

Warung sembako juga menjadi alternatif masyarakat kelas menengah ke bawah untuk berbelanja kebutuhan pokok daripada berbelanja di supermarket. Harga sembako di warung yang lebih murah daripada supermarket juga menjadi salah satu kelebihan. Oleh karena itu, warung sembako dinilai tidak akan pernah sepi pembeli.
warung sembako modal Rp 5 juta, warung sembako modal 5 juta, bisnis sembako, bisnis sembako modal Rp 5 juta, sembako, usaha sembako, bisnis sembako

Berikut ini akan dipaparkan kelebihan-kelebihan dari berwirausaha warung sembako modal 5 juta.

1. Semua orang membutuhkan Sembako
Dikarenakan sembako merupakan bahan pokok, maka semua orang otomatis membutuhkan sembako. Pemasarannya juga tidak menarget pada kalangan tertentu akan tetapi semua kalangan bisa menjadi sasaran pemasaran. Dari kalangan bawah sampai atas bisa berbelanja sembako di warung yang akan Anda dirikan.

2. Keuntungan Stabil
Pendapatan yang diperoleh setiap hari bisa menjadi penghasilan tetap bagi Anda. Keuntungan yang didapat juga tidak main-main. Dengan warung sembako modal 5 juta Anda bisa mendapatkan keuntungan sampai jutaan rupiah tiap bulannya. Hal itu menjadikan usaha warung sebagai investasi yang menjanjikan. Untuk mencapai hal tersebut tentu harus dibarengi usaha dan strategi yang bagus.

3. Tidak Terlalu Mempedulikan Persaingan
Untuk persaingan sendiri tidak perlu diperhatikan secara berlebihan. Melihat fakta bahwa semua orang membutuhkan semua isi warung sembako, maka selama persaingannya wajar-wajar saja tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Akan tetapi tidak harus diremehkan juga, karena persaingan juga bisa mempengaruhi pendapatan.

Dalam mendirikan warung sembako modal 5 juta tentu tidak boleh asal-asalan jika tidak mau merugi. Untuk mensukseskan usaha ini perlu strategi-strategi khusus agar tidak terjadi kerugian bahkan kebangkrutan. Salah satu tips untuk mengawali usaha warung sembako adalah membuat planning atau perencanaan yang matang di awal. Dalam menjalankan bisnis sebaiknya tidak perlu terburu-buru agar usaha warung yang akan didirikan bisa langgeng dan bertahan lama.
usaha warung sembako modal Rp 5 juta, sembako modal Rp 5 juta, bisnis sembako, bisnis sembako modal 5 juta, warung sembako, usaha sembako, bisnis sembako

Tips Agar Usaha Warung Sembako Sukses dengan Modal 5 Juta
Berikut ini akan dijabarkan beberapa hal yang termasuk ke dalam perencanaan dalam mendirikan warung sembako modal 5 juta. Perencanaan termasuk jangka panjang dan jangka pendek. Mengapa harus direncanakan? Supaya modal 5 juta digunakan semaksimal mungkin dan mendapat keuntungan yang semaksimal mungkin.

1. Survey Lokasi Pendirian Warung
Langkah pertama ini sangat penting karena sangat menentukan apakah usaha warung Anda akan berhasil atau tidak. Amatilah lingkungan sekitar Anda, apakah sudah ada usaha ynag memiliki jenis sama dengan usaha warung sembako yang akan didirikan.

Walaupun persaingan tidak terlalu dipentingkan, akan lebih baik bila tidak mendirikan warung sembako berdekatan dengan warung sembako lain. Apalagi warung sembako saingan Anda sudah lebih dulu didirikan maka akan sulit mencari pelanggan.

Jika dirasa lingkungan sekitar belum ada yang melakukan bisnis yang sama, maka jangan lewatkan kesempatan tersebut untuk mendirikan sebuah warung sembako modal 5 juta. Jika lingkungan Anda sudah ada yang berjualan sembako maka dianjurkan untuk mencari area lain yang sekiranya belum ada. Hal ini untuk mempertimbangkan apakah pelanggan nantinya akan banyak atau tidak.

Selain itu, pemilihan tempat yang terjangkau juga sangat penting. Membuka warung sembako di pinggir jalan tentu lebih ramai pelanggan daripada berjualan di gang-gang sempit. Intinya berjualanlah di tempat yang terlihat banyak orang.

2. Survey Tempat Stok Jualan
Langkah kedua adalah mensurvey atau mencari tempat stok barang dan suplier. Hal ini agar Anda bisa mencari mana suplier yang menjual stok sembako dengan harga murah. Kenapa harus murah? Supaya Anda mendapatkan keuntungan yang besar. Jika harga di grosiran cenderung mahal dan mepet harga jual di pasaran maka otomatis untung yang diperoleh hanya sedikit.

Untuk beberapa jenis barang tertentu mungkin keuntungan yang didapat terlalu sedikit, akan tetapi hal itu bisa diakali atau ditutupi dengan keuntungan bahan lain yang lebih besar. Akan lebih baik bila Anda memiliki kerjasama dengan suplier.

3. Survey Harga Jual
Untuk memaksimalkan keuntungan warung sembako modal 5 juta, Anda perlu untuk mensurvey harga jual sembako yang ada di pasaran. Kegunaan dari survey ini untuk mengetahui berapakah harga jual sembako yang beredar. Untuk pemula sebaiknya tidak mematok harga yang tinggi terlebih dahulu.

Tidak mematok harga tinggi bukan berarti menjual dengan harga sangat murah, akan tetapi ambillah harga tengah. Misalnya jika minyak goreng satu liter seharaga 13 ribu rupiah maka Anda bisa menjual dengan harga 12.500 dan sebagainya.

4. Jangan Remehkan Kualitas Barang
Dalam mensurvey suplier, Anda juga harus melihat kualitas barang. Jika ternyata harga murah karena kualitas kurang bagus maka lebih baik untuk menggunakan suplier yang lain. Kualitas dari sembako yang akan dijual agaknya jangan diremehkan.

Dengan menstok barang yang kualitasnya bagus, otomatis pembeli juga akan senang dan puas. Bila pelanggan senang, Anda akan mendapatkan pelanggan tetap.

5. Utamakan Pelayanan yang Baik
Walaupun warung sembako modal 5 juta tidaklah terlalu besar, akan tetapi jangan lupakan tentang kualitas pelayanannya. Pelayanan yang tidak baik akan berimbas ke pembeli. Contohnya jangan bermuka masam terhadap pembeli, jangan teledor, dan kurang fokus yang akan mengakibatkan pembeli merasa kecewa.

Kekuatan dari satu pembeli tidak bisa diremehkan. Ia bisa saja mempengaruhi orang lain untuk membeli di warung Anda atau malah menyuruh untuk tidak membeli. Jadi usahakan untuk bersikap seramah mungkin kepada pembeli.

6. Usahakan Isi Warung Lengkap
Kelengakapan isi warung juga harus diperhitungkan. Untuk pemula, sebaiknya kelengkapan warung dilakukan secara berkala. Jika sekiranya sudah mendapatkan untung, bisa untuk membeli bahan lainnya dan seterusnya.

Warung yang lengkap akan lebih menarik di mata pembeli daripada warung yang hanya menyediakan jenis sembako tertentu. Pembeli akan merasa lebih menghemat waktu berbelanja di warung yang lengkap karena tidak harus membeli lagi di tempat lain.

7. Strategi Penjualan
Dalam merencanakan usaha warung sembako modal 5 juta, lebih baik untuk merencanakan juga  strategi penjualan yang akan dilakukan. Misalnya memberikan diskon ke sebagian barang yang dijual. Walaupun diskonnya tidak terlalu besar, biasanya pelanggan sudah senang karena merasa lebih hemat.

Pemberian diskon juga akan menarik pelanggan lain untuk berbelanja di warung Anda. Dalam strategi pemasaran ada yang namanya strategi dari mulut ke mulut. Hal itulah yang juga berlaku di masyarakat. Apalagi masyarakat pedesaan. Salah seorang pembeli akan memberitahukan tetangganya bahwa warung sembako Anda ada diskonnya dan tetangga itu akan memberitahukan ke tetangga lainnya dan seterusnya. Tentunya dengan cara itu, Anda bisa membuat usaha yang menguntungkan di desa meski jumlah pembelinya terbatas.

Kesuksesan dari suatu usaha tidak akan luput dari strategi bagaimana menjalankan usaha tersebut agar sukses. Walaupun dengan modal kecil, tidak menutup kemungkinan usaha warung sembako Anda bisa mendapatkan untung hingga jutaan. Hal yang paling penting adalah jangan menyerah dan terus berusaha.

Menambah penghasilan dengan warung sembako modal 5 juta mengapa tidak? Walaupun hanya sembako, akan tetapi peminatnya akan terus ada. Apalagi jika didirikan di dekat pemukiman yang padat penduduk. Demikian ulasan tentang bagaimana warung sembako dengan modal 5 juta bisa mendapatkan untung jutaan, semoga bermanfaat.