Rincian Biaya Modal Usaha Waterboom dari Awal hingga Beroperasi

13 April 2018

Bisnis waterboom atau kolam renang kini jadi usaha yang sedang trend dan banyak peminat. Penyebabnya karena kebutuhan masyarakat terhadap hiburan dan rekreasi sangat tinggi. Salah satunya kegiatan berenang. Aktivitas renang merupakan kegiatan yang menyenangkan dan membuat gembira semua orang baik laki-laki maupun perempuan, anak-anak, bayi, remaja, orang dewasa hingga orang lanjut usia. Kita dapat dengan mudah mendapati berbagai usaha waterboom di daerah kita yang ramai pengunjung.

Rincian Biaya Modal Usaha Waterboom dari Awal hingga Beroperasi
Bagi anda yang tertarik untuk membuka usaha waterboom, maka anda perlu memahami bahwa bisnis ini memerlukan lahan yang cukup luas dan modal yang sangat besar. Untuk lebih jelas, berikut ini rincian biaya modal usaha waterboom dari awal hingga beroperasi, antara lain:

▪ Biaya Investasi
Untuk biaya investasi usaha kolam renang waterboom meliputi:

1. Pembebasan lahan
Modal yang paling utama untuk membuka usaha waterboom adalah ketersediaan lahan yang cukup luas. Anda bisa membeli lahan tersebut atau lahan tersebut sudah hak milik anda sendiri. Harga lahan di perkotaan diukur permeter dengan harga selangit. Sedangkan harga lahan untuk pembangunan waterboom di pedesaan masih cukup murah. Sehingga jika anda sedikit mempunyai modal keuangan alangkah baiknya membuka usaha waterboom di desa. Sebab biaya pembebasan lahan masih cukup murah sekitar Rp 200 juta.
bisnis waterboom, usaha waterboom, waterboom, waterpark, modal waterboom

Namun jika anda mempunyai lahan kosong yang luas dan tak terpakai alangkah bagusnya untuk dimanfaatkan bagi pembangunan usaha waterboom anak-anak dan orang dewasa yang saat ini sedang laris. Sehingga biaya modal yang dibutuhkan relatif kecil. Tinggal biaya pembangunan kolam renang waterboom saja yang cukup menghabiskan biaya besar.

Sedangkan bagi anda yang memiliki lahan kosong dengan ukuran tak terlalu luas maka anda bisa membangun usaha waterboom mini bagi anak-anak. Yang dimulai dari 1 kolam renang berukuran 6 x 11 cm dengan kedalaman sekitar 50 centimeter hingga 70 cm.Kemudian jika anda mempunyai modal usaha berikutnya maka anda bisa menambah kolam renang baru bagi kalangan remaja dan dewasa.

2. Pembangunan waterboom beserta fasilitas lengkap
Untuk pembuatan kolam renang waterboom tidak bisa dilakukan sendiri secara sembarangan. Namun memerlukan tenaga ahli dalam bidang pembuatan waterboom. Supaya bangunan kolam renang gampang perawatan, tidak bocor dan selalu dalam kondisi baik sesuai yang anda harapkan.

Selain pembangunan kolam renang bagi wahana waterboom, pembangunan fasilitas pendukung perlu diperhatikan antara lain kantin, counter makanan dan minuman, toilet, kamar ganti, mushola, tempat penitipan barang, ruangan peralatan dan lain sebagainya. Biaya pembangunan waterboom beserta fasilitas lengkap mencapai Rp 600 juta. Anda bisa mendapatkan informasi kontraktor yang ahli dalam pembuatan waterboom terbaik dan terpercaya di kalangan para pengusaha waterboom yang telah sukses. Atau anda bisa mencarinya di internet.

3. Pembuatan surat ijin usaha waterboom
Sesudah tersedia lahan untuk persiapan pembangunan usaha waterboom, langkah berikutnya adalah mengajukan surat ijin usaha waterboom kepada dinas pariwisata kota atau kabupaten setempat. Pembuatan surat izin usaha kolam renang waterboom sangat penting untuk menjamin legalitas usaha dan tidak ada orang yang menggugat keberadaan bisnis kita.

Selain membuat surat izin usaha waterboom, sobat dapat melengkapi dengan surat ijin pembuangan dan pengolahan limbah, surat ijin pemanfaatan air tanah, surat izin keramaian, dan surat perijinan lain sebagainya. Biaya pembuatan surat ijin usaha waterboom sebesar Rp 500 ribu. Untuk informasi pembuatan surat ijin usaha waterboom secara lebih lengkap anda dapat mendatangi kantor dinas pariwisata kabupaten atau kota setempat untuk bertanya langsung.

Total biaya investasi usaha waterboom dari awal hingga berdiri sebesar Rp 800.500.000.

▪ Biaya Operasional
Untuk biaya operasional usaha waterboom meliputt:

1. Gaji Karyawan
Setelah usaha waterboom berdiri maka untuk menjalankan operasional bisnis waterboom anda memerlukan para pegawai. Seperti merekrut karyawan bagian parkir, penjaga tiket masuk, keamanan waterboom, penjaga kantin, petugas kebersihan kolam renang dll. Tawarkanlah sistem gaji bulanan sesuai UMR. Total biaya gaji 12 orang karyawan perbulan Rp 15 juta.

2. Biaya perawatan waterboom
Setelah waterboom berdiri dan agar bisa dijadikan bisnis atau penghasilan pasif dalam jangka panjang maka anda harus melakukan berbagai cara. Seperti perawatan kolam renang waterboom yang harus dilakukan rutin dan berkala. Pastikan kolam waterboom bersih dan terbebas dari berbagai kotoran seperti lumut. Lalu air kolam terjaga kebersihan dengan baik dan steril. Sehingga para pengguna merasakan kenyamanan berenang di kolam renang. Biaya pemeliharaan waterboom perbulan sekitar Rp 2 juta.

3. Biaya listrik, air dan pajak perusahaan sekitar Rp 500 ribu

4. Biaya Promosi sebesar Rp 400 ribu

Total biaya operasional usaha waterboom perbulan sekitar Rp 17.900.000.

Prospek Usaha Waterboom
Jika berbicara mengenai prospek bisnis waterboom maka bisa dibilang usaha ini menjanjikan keuntungan besar dengan cara yang mudah. Pangsa pasar yang dibidik dari usaha waterboom sangat besar. Mulai dari bayi, balita, anak-anak, remaja, pelajar, mahasiswa, karyawan, orang dewasa dan orang lansia. Disebabkan hampir setiap orang menyukai kegiatan berenang. Untuk menjaga kesehatan, kebugaran tubuh sekaligus rekreasi.

Pada hari biasa seperti Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu gerai usaha waterboom mempunyai banyak pengunjung dari kalangan umum maupun anak sekolah. Apalagi pada masa liburan anak sekolah dan hari Minggu maka usaha waterboom dipenuhi banyak pengunjung. Yang membuat keuntungan bisnis kolam renang waterboom meningkat pesat.

Keuntungan usaha waterboom bukan hanya didapat dari tiket masuk para pengunjung waterboom. Tapi juga dari kantin, penyewaan ban dan alat-alat renang bagi pemula, rental konci loker, dan kursus berenang. Sehingga keuntungan yang didapatkan bersifat harian dengan omset yang fantastis. Apalagi jika usaha waterboom sobat sudah terkenal. Para pengunjung bukan hanya dari daerah sekitar bahkan bisa dari luar kota dan luar propinsi di seluruh Indonesia.

Analisis Usaha Waterboom Sederhana
Di setiap tempat atau daerah sangat mudah kita menemukan gerai usaha waterboom. Seperti di kota Cimahi Jawa Barat tepatnya di jalan Haji Gofur ada gerai usaha waterboom bernama Tirtamulya dengan jumlah 6 kolam renang air hangat maupun dingin. Lalu ada pula kolam renang ciawi tali dekat kantor pemkot Cimahi. Selanjutnya di kota kembang Bandung ada beberapa gerai bisnis waterboom. Salah satunya yang paling terkenal adalah Karangsetra yang mempunyai kolam renang sangat banyak dan luas dengan beragam fasilitas yang lengkap.

Walaupun tingkat persaingan bisnis waterboom sangat tinggi. Usaha kolam renang ini masih sangat menjanjikan. Dikarenakan pangsa pasar yang masih besar dan sangat luas. Kegiatan bermain air atau berenang disukai semua orang dari bayi, anak-anak, remaja hingga orang dewasa dan lansia sebagai sarana hiburan, melepas rasa penat dan stres serta untuk mengisi waktu kosong dengan kegiatan yang bermanfaat. Berdasarkan riset kedokteran, renang adalah salah satu jenis olahraga yang paling bagus untuk kesehatan manusia. Sebab dalam olahraga renang semua anggota badan bergerak.

Ada berbagai jenis manfaat yang didapatkan dari kegiatan berenang. Seperti membakar kalori tubuh manusia, membakar lemak dalam tubuh, melangsingkan badan, menjaga keseimbangan tubuh dll. Kegiatan berenang biasanya dilakukan secara berkelompok. Misalkan kegiatan berenang bersama anggota keluarga, teman-teman sekolah dan lain sebagainya. Sehingga keuntungan bisnis waterboom lumayan besar perhari dengan biaya perawatan yang cukup murah.

Cara Membuka Usaha Waterboom yang Sukses Ramai Pelanggan
Inilah cara membuka usaha waterboom yang cepat berhasil dan ramai pelanggan, antara lain:

1. Lokasi strategis
Pastikan usaha waterboom berada di tempat strategis. Seperti pinggir jalan yang ramai oleh lalu lintas kendaraan bermotor, dekat sekolah, dekat perumahan yang padat penduduk, dll.

2. Pelayanan ramah yang dimulai dari petugas penjaga pintu gerbang, satpam, petugas parkir, penjaga pintu masuk kolam renang, karyawan kantin hingga karyawan di dalamnya.

3. Melengkapi dengan sarana wisata lainnya. Seperti Perahu Bebek, Becak mini, restoran wisata unik, kolam pemancingan ikan, taman bermain anak-anak dll. Sehingga menambah daya tarik pengunjung. Hal ini sesuai perkembangan jaman terkini yang cenderung usaha waterboom bukan hanya untuk berenang. Tapi juga untuk menikmati pemandangan, sarana wisata dan acara rekreasi lengkap yang sangat menyenangkan bersama keluarga besar. Dengan strategi ini mampu membuat pengunjung betah dan nyaman berlama-lama di kolam renang waterboom anda.

4. Promosi
Tak kalah penting untuk mendukung kesuksesan bisnis waterboom yang ramai pelanggan perlu didukung oleh sistem promosi yang gencar. Ada banyak media promosi yang bisa dilakukan. Seperti memasang spanduk, reklame, umbul umbul, memasang pamflet, pasang iklan di media cetak, majalah, koran, pasang iklan di radio dan televisi, membagikan brosur, promosi dari mulut ke mulut, dan sistem promosi lainnya.

Selain secara offline, promosi usaha waterboom bisa dilakukan secara online menggunakan media sosial dan marketplace. Seperti line, facebook, whatsapp, instagram, twitter, telegram, bukalapak, tokopedia dll.Lalu anda bisa membuat situs, blog ataupun website usaha waterboom sobat. Yang berisi gambar dan foto usaha waterboom sobat, kelebihan dan fasilitas usaha waterboom sobat dan deskripsi lainnya.Sistem pemesanan tiket bisa melalui online lewat website tersebut.

5. Kerjasama dengan berbagai pihak sekolah
Untuk menjaga kolam renang waterboom selalu ramai pengunjung setiap hari terutama di waktu hari Senin, Selasa,Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu maka anda harus bekerjasama dengan pihak sekolah dari tingkat TK, SD, SMP, SMA untuk mengajarkan mata pelajaran olahraga renang di kolam renang usaha waterboom sobat.

6. Membentuk perkumpulan atau klub renang
Dengan demikian anda membentuk pangsa pasar tersendiri dari bisnis waterboom sobat. Adakan secara berkala lomba renang antar sekolah dan mengundang para pelatih tingkat nasional sehingga banyak orang yang tertarik bergabung dengan klub renang yang sobat dirikan.