Cara Memilih Properti yang Baik dan Menguntungkan untuk Investasi

06 Juni 2017

Properti merupakan salah satu jalan menuju kaya dan bebas finansial. Seperti yang diterangkan oleh Robert T Kiyosaki bahwa bahwa jalur cepat kaya raya adalah melakukan investasi dalam bidang properti, selain bisnis. Atas kenyataan ini investasi dalam bidang properti sangat memikat untuk dicoba karena menawarkan keuntungan bila memilikinya. Jika anda ingin menjadi orang sukses dan kaya raya bahkan jutawan maka salah satu jalannya dengan melakukan investasi properti.

Cara Investasi Properti yang Menguntungkan
Memulai investasi properti memang tidak bisa dikatakan mudah. Ada berbagai aspek yang perlu dilihat apakah investasi properti ini tepat, baik, dan menguntungkan ataukah tidak? Sebab seringkali orang terjebak pada cara memilih investasi yang kurang menguntungkan. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai cara memilih properti yang baik dan menguntungkan untuk investasi di masa mendatang.

Perlu diketahui bahwa investasi properti adalah sebuah jenis investasi yang keuntungannya diharapkan pada masa panjang. Namun ada beberapa cara membeli properti yang langsung menguntungkan sejak pembelian pertama. Investasi properti dapat dirasakan keuntungan dalam jangka pendek maupun panjang. Namun biasanya keuntungan investasi properti didapatkan pada masa mendatang setelah balik modal.


Berdasarkan sebuah riset dari sebuah perusahaan terpercaya bahwa sebesar 80 persen manusia memilih investasi properti disebabkan alasan emosi dan bukannya atas pikiran yang jernih. Hal itu menyebabkan investasi properti sia-sia. Hasil besar yang diharapkan dalam waktu singkat dan panjang tidak bisa diperoleh alias keuntungan sangat sedikit didapatkan. Rugi bukan kalau sudah begitu? Rugi waktu dan uang.

Oleh karena itu, sobat mesti mengetahui pedoman lengkap yang praktis cara membeli properti yang menguntungkan dan baik untuk investasi. Dengan cara inilah keuntungan dari memilih investasi properti tidak akan sia-sia.

Cara Memilih Properti yang Baik dan Menguntungkan untuk Investasi
Oke, inilah 5 hal yang perlu sobat lakukan untuk investasi properti yang memiliki prospek bagus dan menguntungkan, antara lain:

▪ Waktu Tepat
Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam membeli properti adalah masalah waktu yang tepat untuk membelinya. Seringkali karena terdorong emosi, seorang calon pembeli melakukan langkah ceroboh dengan membeli properti di saat waktu yang kurang tepat. Misalnya membeli properti di saat harga sedang tinggi. Oleh sebab itu, langkah bijak dalam memilih properti adalah membeli properti di saat harga sedang rendah atau turun. Dan menjual properti di saat harga sedang naik tajam sekali atau tinggi.

Seringkali orang menjual properti miliknya dengan alasan tertentu. Misalnya untuk kepentingan ibadah haji atau umroh, alasan biaya untuk berobat, pindah tempat kerja, butuh uang untuk modal usaha dan lain sebagainya. Dan diantara mereka memilih menjual properti sesuai harga pasaran. Tapi ada beberapa orang yang menjual properti di daerah strategis dengan sangat murah disebabkan butuh uang tunai mendesak seperti biaya berobat. Nah inilah waktu yang tepat bagi anda untuk membeli properti dengan harga murah di tempat strategis. Anda bisa jual kembali dengan harga yang lebih mahal atau harga pasaran yang pasti sudah membuat anda untung besar.

▪ Lokasi Tepat
Investasi properti tak bisa dilepaskan dari yang namanya lokasi. Jika properti berada di lokasi strategis maka harga properti tersebut akan lebih mahal daripada properti yang berada di daerah kurang strategis. Harga mahal tersebut sangat wajar disebabkan ada banyak keuntungan dari properti di daerah strategis. Seperti bisa menghasilkan uang dalam jumlah besar, bisa disewakan dengan harga sewa tinggi, bisa dijual kembali dengan harga lebih tinggi, kenaikan setiap tahun sangat tinggi, dan lain-lain.

Jika anda diharuskan untuk memilih membeli properti di tempat strategis dengan harga mahal atau memilih investasi properti dengan harga murah di daerah kurang strategis maka mana yang anda pilih? Tentu saja anda harus memilih investasi properti di tempat strategis dengan harga murah. Dengan demikian keuntungan besar bisa langsung didapatkan. Contoh lokasi properti yang memiliki tempat strategis adalah berada di pusat kota, dekat pusat pendidikan, sekitar pusat perkantoran, dekat pusat bisnis, sekitar pusat perbelanjaan, dll.

Dan bisa juga anda memilih properti berdasarkan atas rencana jangka panjang ada proyek yang hendak digarap pemerintah di lahan tersebut. Misalkan pembangunan bandara, jalan tol, jalur kereta api dan lain sebagainya. Hal itu dilakukan oleh rekan penulis yang bernama Abah. Ia membeli properti tanah yang berada di Ujungjaya Sumedang setelah melihat rencana pemerintah hendak membangun bandara di lahan tersebut. Benar saja lima tahun kemudian, pemerintah membangun bandara di daerah tersebut dengan membeli lahan-lahan tanah milik warga masyarakat setempat dengan harga tinggi. Abah pun mendapatkan uang hasil penjualan tanah sebesar Rp 1mliar padahal sebelumnya ia membeli tanah tersebut sebesar Rp 10 juta.

▪ Sumber Pembiayaan
Setelah anda mendapatkan properti yang baik dan menguntungkan di lokasi strategis dengan harga murah, langkah selanjutnya adalah memilih sumber pembiayaan. Apakah anda membeli properti secara cash langsung ataukah kredit atau beli tunai secara bertahap? Hal itu sangat tergantung dengan kemampuan keuangan sobat dan kemauan pihak penjual.

▪ Properti Yang Baik dan Menguntungkan
Ada beragam properti yang bisa anda dapatkan di luar sana. Namun ada properti yang baik, kurang menguntungkan, properti berprospek bagus, properti buruk bagi investasi dan lain-lain. Anda harus memastikan dalam membeli properti sudah menguntungkan sejak pembelian. Hal ini bisa dilihat dari letak lokasi yang starategis, harga yang lebih murah dari harga pasaran, dalam masa mendatang akan ada proyek pembangunan di tempat tersebut dan lain sebagainya.

Untuk lebih lengkap dan jelas, berikut ini contoh bentuk investasi properti yang memiliki prospek bagus dan menguntungkan, antara lain:

1. Properti ruko (rumah toko) atau kios
2. Properti kantor
3. Properti apartemen
4. Properti kondominium

▪ Pengembang Terpercaya
Kemudian dalam memilih membeli properti strategis yang baik dan menguntungkan, lihat pula kredibilitas pihak pengembang. Bagaimana reputasi mereka dalam pembangunan properti. Jangan sampai anda mendapatkan pengembang yang salah. Hal ini bisa mengakibatkan pembelian investasi properti menjadi tidak menguntungkan. Pilihlah pengembang terpercaya dan memiliki pamor yang baik di masyakarat luas dalam bisnis properti.

Jenis Investasi Properti Terbaik, Paling Bagus dan Menjanjikan
Telah banyak seminar-seminar diadakan mengenai bagaimana cara menghasilkan uang melalui properti atau cara membeli properti tanpa uang muka atau investasi properti tanpa modal secara gratis di berbagai daerah di Indonesia. Ilmu investasi properti tersebut sangat penting. Namun lebih baik kita mengetahui dasar-dasar ilmu bisnis properti dari pengertian investasi properti sampai rahasia suksesnya agar investasi dalam bidang properti sangat menguntungkan.

Ada beberapa jenis properti saat ini. Masing-masing jenis properti mempunyai kekurangan dan kelebihan tersendiri. Anda mesti mempelajarinya secara seksama agar mengetahui investasi properti mana yang lebih menguntungkan disesuaikan situasi dan kondisi. Berikut ini sejumlah properti yang memiliki prospek bagus dan memberikan untung besar dalam jangka panjang, antara lain:

▪ Tanah
Investasi tanah merupakan salah satu bentuk investasi dalam bidang properti yang sangat mudah. Pastikan anda membeli tanah di lahan strategis agar keuntungan dalam jangka panjang lumayan besar. Misalnya memilih membeli tanah di pinggir jalan raya lebih baik ketimbang berada di dalam perumahan. Tanah tersebut bisa disewakan pada pihak petani atau dijadikan tempat usaha.

Memilih untuk investasi tanah tak akan pernah rugi. Justeru sangat menguntungkan apalagi berada di tempat sangat strategis. Kenaikan harga tanah terjadi setiap hari sehingga investasi ini sangat menjanjikan untuk dijalani saat ini. Banyak orang yang melakukan investasi tanah sejak lama dan kini ia kaya raya dan jadi miliarder.

Ada banyak keuntungan dari investasi tanah seperti kenaikan harga yang setiap hari terjadi, mudah dalam perawatan, sangat cocok dijadikan investasi bagi pemula, harga yang relatif lebih murah daripada investasi jenis properti lain seperti rumah atau ruko maupun apartemen, dan lain-lain. Biasanya kenaikan harga tanah mengalami kenaikan yang sangat pesat setelah memakan waktu lima tahun sampai sepuluh tahun.

▪ Apartemen
Penulis melihat tumbuh apartemen di berbagai kota besar dan daerah strategis di Indonesia yang semuanya laris manis di pasaran. Sama halnya investasi tanah, investasi dalam bidang apartemen sangat menguntungkan. Sebuah apartemen bisa disewakan atau dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli sebelumnya. Jika apartemen disewakan berarti kita akan mendapatkan penghasilan pasif perbulan lumayan besar. Harga sewa apartemen bisa dimulai dari Rp 1 juta perbulan.

Untuk masalah mendapatkan penyewa rasanya sangat mudah terutama di pusat kota yang strategis. Karena ada banyak orang yang membutuhkan apartemen. Apalagi saat ini budaya masyarakat di kota-kota besar di Indonesia dan manusia modern di abad ini lebih memilih bertempat tinggal di apartemen yang dekat dengan pusat kegiatannya seperti kantor atau sekolah. Akan tetapi di balik keunggulan memilih investasi apartemen, ada kelemahannya yaitu biaya untuk membeli apartemen sangat mahal dan apartemen membutuhkan biaya perawatan.

▪ Rumah
Keuntungan investasi rumah atau bangunan adalah kita bisa mendapatkan penghasilan pasif dari sewa bulanan atau tahunan dari rumah yang kita sewakan, jika dijual kembali sangat mudah dan setiap tahun harga rumah semakin meningkat pesat, dan dapat dijadikan sebagai jaminan pinjaman uang di bank. Adapun kekurangannya adalah adanya biaya perawatan.