10 Keuntungan dari Berinvestasi Logam Mulia atau Emas

01 April 2023

Sekarang ini seiring dengan canggihnya zaman dan dunia investasi membuat banyak sekali jenis investasi yang bisa dipilih oleh seorang calon investor. Misalkan investasi online dalam bentuk logam mulia atau emas. Emas sudah digunakan orang sejak jaman dulu sebagai sarana perhiasan dan investasi yang sangat menguntungkan.

Jika anda memiliki uang berlebih tak ada salahnya mencoba untuk berinvestasi dalam logam mulia emas. Ada banyak kelebihan dari investasi emas logam mulia dan batangan. Seperti harga yang stabil dengan kenaikan lumayan yang mampu menyaingi laju inflasi. Atas hal itulah, banyak orang memilih investasi logam mulia emas. Disebabkan investasi logam mulia emas nyaman dan aman dalam jangka waktu lama. 

Pendek kata, jika pada waktu jaman dahulu, dijumpai bentuk emas sebagai batangan dan perhiasan. Namun kini rupa emas bisa dalam bentuk tabungan. Seperti yang ditawarkan oleh kantor Pegadaian Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan lembaga keuangan lain sebagainya. Seorang investor bisa menanamkan uang dalam bentuk tabungan emas melalui akses internet atau secara fisik. Untuk berinvestasi emas cukup mudah dengan cara membayar lunas langsung atau secara mencicil di lembaga keuangan terpercaya.
keuntungan investasi emas, investasi emas batangan, investasi emas, keuntungan investasi logam mulia
  
Sesuai kebijakan pemerintah yang terus meningkatkan sektor ekonomi masyarakat kecil maka berbagai kebijakan ekonomi terus digulirkan pemerintahan sekarang. Seperti kemudahan dalam berinvestasi logam mulia emas. Kini produk investasi emas sudah ditawarkan langsung kepada masyarakat dengan berbagai kemudahan yang disediakan. Dengan modal uang yang sudah ditentukan seseorang bisa mulai investasi emas dimulai dari modal kecil hingga modal besar.

Keuntungan Investasi Emas Syariah di Pegadaian
Sementara itu, jika masyarakat ingin berinvestasi emas yang halal dan menguntungkan maka bisa mendatangi kantor Bank Syariah Mandiri dan kantor Pegadaian Syariah terdekat yang memberikan layanan investasi emas syariah yang profitable. Dimana investor tak perlu menyimpan lalu membawa emas secara fisik ke rumah melainkan dalam bentuk tabungan emas.

Emas merupakan salah satu logam mulia yang paling banyak dicari dan disukai orang. Orang yang memiliki emas terkesan kaya raya, makmur dan terpandang. Hal itu telah dirasakan sejak jaman dulu hingga kini. Selain itu, emas merupakan logam mulia yang bisa dijadikan sebagai alat sarana investasi yang menguntungkan. Yang menjadi pertanyaan adalah apa saja keuntungan dari investasi emas ketimbang investasi dalam instrumen lain?

Keuntungan Investasi Emas Batangan dan Perhiasan
Jika anda beberapa kali mempunyai uang dalam jumlah besar. Namun setiap bulan uang itu habis. Penulis menyarankan kepada para pembaca untuk berinisiatif menginvestasikan uang dalam bentuk emas logam mulia batangan. Hal ini berdasarkan pengalaman penulis yang menginvestasikan uang dalam logam mulia emas selalu menguntungkan dengan return besar.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini 10 keuntungan dan keunggulan dalam investasi logam mulia emas yang perlu diketahui para pembaca, antara lain :

1. Harga Emas Selalu Naik
Salah satu faktor utama seseorang mesti menginvestasikan uang dalam bentuk logam mulia emas karena harga emas selalu naik. Kenaikan harga emas bisa mengikuti tingkat inflasi. Jika tahun ini harga emas pergram sekitar Rp 600 ribu maka satu tahun kemudian harga emas bisa mencapai Rp 900 ribu. Berapa keuntungan dari melakukan investasi emas ketimbang menyimpan emas dalam bentuk perhiasan.

Berbeda dengan halnya menyimpan uang dalam bentuk perhiasan emas seperti kalung, gelang, cincin dll yang harga emas ketika dibeli dan dijual sama saja. Bahkan rugi terkena biaya potongan pergram sekitar Rp 15 ribu pergram. Sungguh rugi menyimpan uang dalam bentuk emas perhiasan. Itu bukan bentuk investasi tapi berupa liabilitas atau sesuatu yang mengeluarkan uang.

Atas dasar pengalaman data grafik harga emas dalam sepuluh tahun ke depan harganya meningkat pesat sampai lebih 300 persen. Dalam arti setiap tahun harga emas mengalami kenaikan sekitar 30 persen lebih.

2. Tidak Bergantung kepada Pihak Manapun
Investasi dalam bentuk emas termasuk investasi real tangible yang nyata. Sehingga ia dapat dimiliki siapa saja dan dibawa kemana saja sesuai yang dikehendaki. Ia merupakan investasi yang tak bergantung kepada pihak manapun. Ia bersifat mandiri yang selalu menguntungkan dimana dan kapan saja. Pada waktu negara Indonesia mengalami krisis moneter dan ekonomi aset investasi dalam bentuk emas sangat aman dan tetap menguntungkan. Hal ini berbeda sekali dengan investasi intangible aset tak nyata yang mengalami kerugian besar. Seperti Lehman Brothers di Amerika Serikat pada tahun 2008 mengalami kerugian besar yang mengakibatkan investasi uang nasabahnya hangus sia-sia.

3. Daya Beli Emas Bersifat Tetap
Harga emas tidak hanya selalu naik harganya. Kadang mengalami penurunan harga. Namun penurunan harga sangat kecil dan sementara. Yang kemudian berubah menjadi kenaikan harga emas yang signifikan. Contohnya begini. Pada waktu harga emas mengalami penurunan dari 1000 dolar hingga 500 dolar maka harga beras, minyak dan gandum serta kebutuhan pokok lainnya mengalami penurunan. Sehingga daya beli masyarakat terhadap emas tetap sama. Pada waktu 1400 hijriah yang lalu pun harga emas sama. Pada saat Urwah menjual satu ekor kambing seharga satu koin mas dinar. Dan pada sekarang harga 1 koin emas dinar sama dengan Rp. 2.500.000 yang sebanding dengan satu ekor kambing.

4. Investasi Emas Selalu Menguntungkan
Pada waktu harga emas naik saat itulah investor logam mulia mengalami masa panen. Oleh karenanya apabila harga emas mengalami penurunan maka jangan panik dan khawatir. Karena itu hanya sesaat. Selanjutnya harga emas terus meningkat naik seiring tingkat inflasi. Pendek kata, harga emas tetap sesuai dengan daya beli masyarakat pada waktu itu.

5. Investasi Emas Tak Tergantung terhadap Kebijakan Pemerintah
Harga emas tetap akan naik tidak bergantung kepada keputusan pemerintah. Pemerintah mau begini atau mau begitu tetap saja harga emas tetap stabil dan terus naik setiap tahun. Sedangkan nilai mata uang rupiah sangat rentan alias tak stabil. Kadang naik dan turun. Itulah kelebihan investasi emas yang perlu sobat ketahui. Mata uang atau valas sangat fluktuatif bergantung pada kebijakan pemerintah dalam berbagai aspek seperti politik, ekonomi, moneter dll. Sedangkan investasi emas tidak terpengaruh oleh faktor apapun.

Investasi emas berada di luar sistem bank dan perbankan. Sehingga pada saat terjadi krisis moneter dan ekonomi di suatu negara tetap aman investasi logam mulia emas. Tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi, politik dan birokrasi negara. Investasi logam mulia emas sangat aman dimanapun dan kapanpun. Inilah yang membuat investasi logam mulia diincar dan disukai banyak orang.

6. Investasi Emas = Harta Tetap
Hal lain dari kelebihan investasi logam mulia emas adalah jumlah harta anda dalam bentuk investasi emas tidak akan pernah berkurang. Karena harga emas akan selalu naik lebih tinggi seiring naiknya laju inflasi. Harga emas akan naik tajam seiring naiknya kurs dollar. Oleh sebab itu, jika anda mempunyai uang yang menganggur lebih baik digunakan untuk investasi emas sejak sekarang. Pada satu tahun kemudian investasi emas anda akan memberikan return yang lumayan besar. Investasi emas sangat cocok dijadikan investasi masa depan untuk membeli rumah, naik haji, rencana pendidikan anak, rencana menikah dan lain-lain. Pendek kata, investasi emas membuat seseorang tetap kaya.

7. Investasi Emas Sangat Mudah
Dengan dana yang terbatas seseorang bisa mulai investasi emas. Selain itu, lembaga perbankan dan pegadaian yang tersebar di berbagai wilayah desa dan kota di nusantara menyediakan layanan investasi emas logam mulia bagi masyarakat luas secara gampang.

Jika direnungkan pada jaman dahulu untuk melakukan investasi logam mulia memerlukan modal keuangan yang lumayan besar. Dari modal uang sejumlah ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah. Investasi logam mulia seolah diperuntukkan bagi orang kaya raya. Namun seiring dengan perkembangan jaman yang ada dan semakin banyak dan mudah instrument investasi membuat investasi emas bisa dilakukan dengan modal uang sangat kecil. Seseorang yang mempunyai uang puluhan ribu rupiah bisa mulai investasi logam mulia batangan ini dengan cara menabung emas atau mencicil emas di bank atau pegadaian terdekat.

8. Investasi Emas Bertahan Terhadap Laju Inflasi
Kelebihan lain dari investasi logam mulia emas yang sangat menonjol dan disukai para investor adalah daya tahan terhadap laju inflasi. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan oleh seorang investor sebelum mengambil produk investasi. Salah satunya memperhatikan return atau timbal balik. Usahakan return bisa melampaui angka inflasi yang ada. Dan salah satu instrument yang mampu mengalahkan itu adalah investasi logam mulia emas. Ia jarang mengalami penurunan harga.kalau mengalami hanya sesaat. Harga emas terus menaik seiring laju inflasi. Bisa dikatakan emas salahsatu bentuk investasi yang sangat stabil dibandingkan jenis investasi yang lain seperti saham.

9. Investasi Emas Dapat Dijadikan Jaminan
Suatu hari penulis berniat meminjam uang kepada bank sebagai modal untuk membuka usaha rumahan. Setelah memasuki Bank Syariah Mandiri disambut oleh seorang wanita customer service. Ia menawarkan pinjaman modal usaha dengan jaminan BPKB mobil dan motor, sertifikat rumah dan tanah, serta jaminan deposito atau emas. Pendek kata, investasi emas bisa dijadikan sebagai jaminan untuk mendapatkan uang sebagai modal usaha di bank.

Pendek kata, jika anda memerlukan uang tunai dalam jumlah besar secara cepat maka tak ada salahnya mencoba meminjam uang ke bank syariah atau pegadaian syariah dengan jaminan investasi emas atau perhiasan emas. Mereka akan melayani anda dengan baik. Sejumlah uang yang anda pinjam akan segera cair sesuai harga emas tersebut. Itulah kelebihan investasi logam mulia emas yang tidak bisa didapatkan dari jenis instrument investasi lain.

10. Investasi Emas Mudah Diuangkan
Hidup kadang tidak menentu. Ada saatnya di atas. Dan ada saatnya di bawah. Kehidupan tidak dapat diperkirakan melalui akal logika. Suatu waktu manusia pernah yang mengalami krisis keuangan. Begitupula yang dialami oleh penulis. Di saat-saat kepepet dimana sobat memerlukan uang tunai dalam jumlah besar untuk keperluan tertentu seperti pengobatan, musibah, bencana, dll. Maka investasi emas dapat dijadikan sebagai sarana penolong efektif dimana ia bisa diuangkan secara cepat. Hal ini telah dialami penulis secara langsung. Ketika isteri tercinta sedang sakit dan membutuhkan uang puluhan juta rupiah maka pilihan jatuh dengan menjual investasi emas.