Cara Gampang Mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank

15 Februari 2017

Bisnis di kalangan rakyat kecil masih jauh dari ideal. Banyak sekali kekurangan dari usaha masyarakat kecil seperti sulit mengembangkan usaha, kesukaran dalam memasarkan produk dan jasa yang dibuatnya, dan terakhir adalah masalah kekurangan modal usaha untuk memajukan bisnisnya. Oleh sebab itu, berbagai jajaran pemerintah dan kalangan civitas akademis terus berupaya mendukung kemajuan perekonomian rakyat kecil.

Misalkan saja, Kementerian Pertanian memberikan modal usaha gratis kepada penduduk desa yang hendak bertani berupa puluhan karung besar bibit jahe unggul. Kemudian program pemberdayaan masyarakat kampung berlanjut dengan diberikannya pupuk gratis atau pupuk yang diberikan secara subsidi. Hal ini dijalankan agar masyarakat desa dapat hidup mandiri, sejahtera dan meningkatkan daya tahan pangan di dalam negeri.

Langkah berikutnya dilakukan oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan di desa penulis yang memberikan benih ikan emas gratis, jala ikan, dll beserta modal uang hibah berupa uang Rp 10 juta kepada kelompok petani ikan desa. Pemberian bantuan ini sebagai wujud nyata perhatian pemerintah terhadap kemajuan dunia usaha perikanan di tanah air. Namun untuk mendapatkan modal usaha hibah dari lembaga pemerintah di atas, terlebih dahulu kelompok tani harus mengajukan proposal usaha.
cara mengajukan KUR, kredit usaha rakyat, KUR, cara mendapatkan KUR, KUR bank, kredit usaha bank

Kita lihat usaha kecil menengah di Indonesia termasuk usaha yang anti krisis. Pada tahun 1998, negara Indonesia mengalami krisis ekonomi dan finansial. Berbagai perusahaan dan bank jatuh bangkrut. Namun ada satu usaha yang tahan krisis yakni usaha kecil mikro dan menengah. Usaha ini bahkan stabil di saat krisis sekalipun dengan menyerap banyak lapangan kerja baru dan sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia. Hal inilah yang membuat pemerintah semakin perhatian terhadap bisnis rakyat kecil.

Pemerintah menyadari bahwa semakin banyak pengusaha atau wirausahawan di dalam suatu negara maka semakin maju negara bersangkutan. Oleh sebab itu, pemerintahan Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dan Jusuf Kalla terus menggenjot jumlah pengusaha muda dan senior di Indonesia. Salah satunya Kementerian Koperasi dan UKM yang mengadakan program pelatihan penciptaan satu juta pengusaha pemula dan muda. Hal tersebut perlu diapresiasi sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap usaha kecil mikro di tanah air yang kebanyakan berada di desa.

Pengertian Apa Itu KUR
Bentuk bantuan pemerintah terhadap usaha kecil mikro dan menengah serta koperasi di Indonesia bukan hanya berupa pelatihan usaha tapi juga mencakup pembiayaan usaha. Seperti dengan menggulirkan program KUR atau pinjaman kredit uang tunai untuk modal usaha dengan bunga rendah dan tanpa jaminan. Karena sebagai pihak penjamin adalah pemerintah sendiri melalui lembaga badan yang dibentuknya yakni Perum Sarana Pengembangan Usaha dan Askrindo.

KUR sendiri diresmikan langsung oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 05 Nopember Tahun 2007. Bank yang ditunjuk untuk menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) antara lain bank BRI, Bank Bukopin, Bank Mandiri,  Bank BTN, BNI, dan Bank Syariah Mandiri. Melalui bank yang disebutkan di atas para pemilik usaha kecil, menengah, mikro hingga koperasi dapat mengajukan pinjaman dana usaha kredit usaha rakyat atau KUR yang nominalnya cukup besar.

KUR singkatan dari kredit usaha rakyat. Yang berarti sebuah kredit pinjaman lunak dari pemerintah yang diberikan pada usaha kecil, menengah, mikro dan koperasi yang disalurkan oleh bank yang telah ditunjuk oleh negara. Kredit usaha rakyat ini khusus diberikan kepada bisnis rakyat kecil yang berprospek cerah menguntungkan namun tidak bankable. Hal ini dikarenakan masyarakat kecil belum mengerti betul pentingnya pembukuan, catatan laporan keuangan, dan laporan lainnya. Sehingga sulit memperoleh pinjaman dana dari perbankan yang umumnya mensyaratkan adanya laporan keuangan dan jaminan.

Jenis usaha yang dapat diberikan kredit usaha rakyat (KUR) oleh bank pada dasarnya semua jenis usaha terutama usaha pertanian, kelautan, perikanan, kehutanan, perindustrian, koperasi simpan pinjam dan jenis bisnis yang produktif lainnya. Jika anda mempunyai jenis usaha ini maka bisa mengajukan kredit pinjaman KUR di bank terdekat yang ditunjuk oleh pemerintah Indonesia.

Seperti sudah disebutkan di atas tujuan dan maksud pemerintah diadakannya KUR untuk memberdayakan usaha kecil, mikro dan menengah serta koperasi agar bisa berkembang pesat dan untung besar. Hal tersebut akan berdampak pada kesehatan perekonomian nasional. Tujuan selanjutnya adalah membuka lapangan kerja baru, mengurangi jumlah pengangguran dan mengurangi orang miskin di tanah air terutama di wilayah pedesaan yang terpencil.

Cara Gampang Mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank
Setelah mengetahui apa itu kredit usaha rakyat dan maksud serta tujuannya sekarang kita akan membahas mengenai cara mudah mengajukan dan mendapatkan dana KUR di bank. Karena informasi di masyarakat simpang siur mengenai kredit usaha rakyat kecil ini. Ada yang mengatakan dana ini banyak disalahgunakan untuk kepentingan usaha besar. Kredit pinjaman bunga kecil ini harus pakai jaminan. Dan ada yang menyatakan kredit bisnis rakyat jelata ini bisa tanpa jaminan. Dan terakhir yang membuat mereka bingung bagaimana cara mendapatkan dana KUR secara cepat dan segera.         

Baiklah akan penulis uraikan mengenai cara gampang mengajukan kredit usaha rakyat di perbankan. Pertama, para pelaku usaha kecil, mikro, koperasi dan menengah harus memahami bahwa plafon kredit pinjaman KUR yang dapat diberikan dibatasi hingga 500 juta rupiah. Modal usaha di atas itu tidak dapat dilayani dengan KUR.

Syarat untuk mendapatkan kredit usaha rakyat disingkat KUR adalah pelaku usaha mempunyai jenis usaha yang produktif, prospek cerah dan menguntungkan yang telah berlangsung selama 6 bulan ke atas. Seperti usaha yang bergerak dalam sektor restoran, warung makan, salon kecantikan, usaha jualan gorengan, bisnis pembuatan kerajinan, pertanian, perikanan dan lain sebagainya.

Selepas memiliki usaha yang jelas dan bersifat produktif, langkah berikutnya adalah menyiapkan dokumen yang diperlukan dalam proses pengajuan kredit usaha rakyat, yang meliputi : fotocopy KTP, jika tidak mempunyai KTP maka bisa menggunakan surat keterangan domisili, fotocopy Kartu Keluarga atau KK, melampirkan bukti SIUP, akte pendirian usaha, laporan keuangan usaha, TDP, proposal usaha, hingga surat ijin usaha dan berkas lain yang diperlukan oleh pihak bank.

Persyaratan di atas sudah siap kemudian bawa ke kantor Bank terdekat yang menyalurkan kredit usaha rakyat seperti bank BRI, BNI, Bukopin, BTN, BNI Syariah, Bank Mandiri, dan Bank Syariah Mandiri. Lalu katakan pada satpam hendak menuju customer service bank. Sobat akan diberikan nomor antrian. Selanjutnya setelah menunggu beberapa menit nomor anda akan dipanggil maka anda bisa meminta penjelasan kepada pihak bank mengenai simulasi kredit, cara mendapatkan kredit KUR dan berbagai persyaratan yang dibutuhkan.

Jika persyaratan umum dan khusus serta persyaratan dokumen telah bisa anda penuhi secara lengkap, maka anda bisa mengajukan formulir permohonon pinjaman KUR pada bank terkait. Setelah berkas pengajuan diterima, pihak bank akan melaksanakan survey terhadap keberadaan bisnis yang sobat jalani. Jika layak dibiayai maka dana KUR akan segera cair tanpa jaminan apapun.

Persyaratan Pengajuan KUR Dipermudah
Pada tahun 2015 hingga sekarang, persyaratan dalam pengajuan Kredit Usaha Rakyat dipermudah dengan tanpa jaminan. Karena pemerintah yang menjadi penjamin bagi usaha kecil, mikro, menengah dan koperasi di Indonesia. Hal ini tentu saja menggembirakan bagi para pelaku usaha yang bermodal minim. Dan kredit usaha rakyat (KUR) tanpa jaminan ini hampir sama dengan Kredit Tanpa Agunan disingkat KTA. 

Para pelaku usaha kecil, mikro, menengah dan koperasi dapat memperoleh pinjaman KUR sampai Rp 25 juta tanpa agunan. Kebijakan pemerintah yang meniadakan jaminan pada kredit usaha rakyat tidak mutlak. Hal itu disesuaikan dengan situasi dan kondisi dari jenis usaha yang mengajukan KUR berdasarkan penilaian bank yang ditunjuk sebagai penyalur kredit usaha rakyat. Jika usaha kecil kurang prospektif dan menjanjikan bisa saja pihak bank meminta jaminan berupa barang berharga dari pihak calon nasabah.

Menurut penuturan salah seorang pejabat bank pemerintah bahwa tabel angsuran KUR bisa dilihat di bank secara langsung. Lalu kredit usaha rakyat yang tanpa jaminan diperuntukkan bagi orang-orang tertentu. Dalam arti tak semua usaha kecil dan mikro serta menengah dan koperasi dapat memperoleh pinjaman KUR tanpa agunan. Pihak bank akan menilai dan menseleksi sendiri secara obyektif berbagai usaha yang layak diberikan kredit usaha rakyat non jaminan.

Ketika mengajukan kredit usaha rakyat ada yang ditolak dan diterima pengajuannya. Salah satu cara mudah diterima dalam mengajukan kredit KUR tanpa jaminan adalah memiliki usaha yang bagus yang telah berjalan satu tahun lebih, prospek cerah, potensial, stabil, dan menguntungkan dengan arus kas positif. Semua itu bisa dilihat secara jelas dan langsung oleh pihak bank melalui catatan laporan keuangan usaha dan terjun ke lapangan.

Demikianlah informasi yang lengkap mengenai cara gampang mengajukan kredit usaha rakyat (KUR) di bank. Anda bisa saja mengajukan dan memanfaatkan kredit pinjaman (KUR) untuk memajukan bisnis anda.