Keuntungan Investasi Rumah Kost

28 November 2015

Investasi rumah kost merupakan investasi yang sangat menjanjikan bagi mereka yang memiliki modal yang cukup besar untuk memulai usaha ini. Menginvestasikan sejumlah uang anda dalam beberapa bidang akan memnbantu anda untuk menikmati masa tua dengan indah. Pasalnya berinvestasi memberikan anda jaminan kestabilan finansial untuk beberapa waktu ke depan. Seperti kata pepatah, bersakit–sakit dahulu bersenang-senang kemudian, investasi layaknya pohon yang kita tanam dan buahnya akan kita nikmati kemudian. 

Memulai Investasi rumah kost memang memerlukan modal yang tidak sedikit. Untuk membuat satu rumah kost biasanya memerlukan modal sebesar anda membuat rumah sendiri atau bahkan lebih. Jika anda mempunyai modal yang besar anda bisa membuat kosan dengan banyak kamar serta menyediakan fasilitas yang layak atau bahkan mewah. Namun jika anda hanya memiliki modal yang pas-pasan anda cukup membuat kostan yang layak huni saja. 

Investasi rumah kost ini terasa begitu menjanjikan karena sekarang ini banyaknya perantauan di suatu kota seperti Jakarta yang memiliki perusahaan–perusahaan membutuhkan tempat tinggal yang layak. Dalam kondisi demikian, maka kostan merupakan hal yang paling dicari oleh para perantau. Berikut merupakan tips yang perlu diperhatikan jika anda ingin melakukan investasi rumah kost :

1. Perhatikan keamanan
Salah satu aspek penting dari rumah kost adalah keamanan. Semurah apapun harga sewa kostan jika keamanannya buruk, maka rumah kostan akan sulit laku. Calon penghuni juga tidak akan menyukai jika mereka mendapatkan hal yang tidak mengenakkan seperti kemalingan dan sebagainya. Memberikan satpam di depan kostan atau memberikan peraturan yang ketat kepada para penghuni kos dapat menjadi salah satu pilihan untuk membuat kostan anda aman. 

2. Pilih lokasi yang strategis
Memilih lokasi pembangunan rumah kost merupakan hal yang patut diperhatikan. Pasalnya anda tidak mungkin membuat rumah kostan di tengah pemukiman warga di desa bukan? Oleh karena itu pilih pasar yang sesuai. Misalnya jika anda ingin membuat rumah kost untuk mahasiswa maka anda harus memilih lokasi di dekat kampus, sedangkan jika anda ingin memilih pangsa pasarnya adalah karyawati maka anda harus memilih lokasi rumah kost di dekat kantor–kantor.
investasi rumah kost, keuntungan rumah kost, desain rumah kost, tips investasi rumah kost, bisnis rumah kost

3. Desain
Menyesuaikan desain dengan pasar yang dituju akan membuat daya tarik sendiri bagi para calon penghuni. Desain kamar dapat berupa fasilitas kamar mandi, di dalam atau di luar, berapa luasnya, berapa listriknya lalu sesuaikan dengan harganya. Anda juga dapat menambahkan fasilitas lain seperti wifi, atau mesin cuci jika diperlukan. Dengan semakin banyaknya fasilitas yang anda tawarkan maka haga kosan pun akan semakin mahal. 

Keuntungan Investasi Rumah Kost
Usaha rumah kostan bisa dibilang usaha yang cepat balik modal, karena perputaran uang tidak begitu lama. Dalam waktu kurang dari sepuluh tahun, maka modal anda sudah bisa kembali plus dengan untungnya. Investasi rumah kost ini merupakan investasi yang tidak akan pernah rugi, ketika anda memperhatikan aspek aspek di atas. Bisnis properti semacam rumah kost ini begitu menjanjikan karena harganya tidak akan pernah mengalami penurunan. Melainkan naik setiap tahunnya. Apalagi jika ada penambahan fasilitas, maka anda dapat menaikkan harga sewanya minimal sebanyak 10 – 15 persen. 

Selanjutnya jika anda benar – benar ingin berinvestasi dalam bidang sewa rumah kostan ini, maka berikut ini kami berikan informasi mengenai  kelebihan jika anda melakukan  investasi pada bidang  satu ini. Berikut beberapa kelebihan investasi rumah kost :

1. Permintaan pasar yang cukup tinggi
Anda tidak akan pernah kekurangan pelanggan, karena data menunjukkan masih ada 4 – 7 persen yang masi memerlukan kost–kostan. Apalagi jika anda membangun di dekat kampus, tidak pernah ada rumah kost-kost yang kosong karena tidak ada penghuninya. Oleh karena itu bisnis investasi ini begitu menjanjikan

2. Bisnis rumah kost-kostan akan memberikan peluang bisnis lain
Peluang bisnis yang bisa didapatkan dari investasi rumah kost adalah menyediakan jasa laundry, atau kantin yang bisa anda jaga sendiri. Jasa–jasa tersebut merupakan peluang usaha yang berpotensi untuk mendapatakan untung yang dapat anda andalkan. 

3. Capital gain yang cukup tinggi
Ketika anda terjun dalam bisnis rumah kost, akan berbeda ketika anda hanya menjual tanah kosong saja. Malakukan investasi dalam bidang ini bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Karena bisnis properti semacam ini akan memberikan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan hanya menjual lahan kosong atau rumah kontrakan. Dikatakan bahwa bisnis rumah kostan mempunyai nilai capital gain yang tinggi dibandingkan dengan bisnis rumah kontrakan atau lahan kosong saja. Hal ini dikarenakan dalam investasi jenis ini anda tidak hanya menjual fisik bangunan saja melainkan bidang jasa seperti yang telah disebutkan di poin dua. 

4. Lebih mudah dari pada bisnis sewa yang lain
Dikatakan lebih mudah karena bisnis ini memang lebih mudah dalam pelaksanaannya dari pada bisnis semacam rumah kontrakan. Yang membedakan adalah investasi rumah kost ini disewakan per kamar yang tidak perlu membarikan ruang tamu atau tambahan lainnya seperti rumah kontrakan. Anda hanya perlu memperhatikan kebutuhan perkamar, bukan kebutuhan per rumah. Oleh karena itu investasi rumah kost dikatakan lebih efisien dari pada bisnis sewa lainnya. 

Setelah mengetahui informasi investasi rumah kost di atas, anda bisa langsung bisa membuat perencanaan untuk investasi anda. Selain menguntungkan investasi pada bisang ini juga bisa menjadi investasi jangka panjang anda. selamat berinvestasi.