Serba-serbi Investasi Emas Pegadaian yang Perlu Anda Ketahui

18 November 2015

Investasi emas Pegadaian merupakan salah satu cara melakukan investasi yang aman dan mudah. Emas sebagai logam mulia yang mahal dan berharga akan terus naik harga. Penurunan justru akan teramat sulit terjadi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda menjadi seorang investor emas dengan memilih lembaga terpercaya, yakni Pegadaian. Dengan melakukan investasi ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan ketika harga emas naik. Ketika akan melakukan hal ini, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa tips sebelum melakukan investasi logam mulia ini ke kantor Pegadaian. Hal ini akan memberikan gambaran kepada Anda lebih jauh mengenai tata cara atau langkah-langkah yang bisa dilakukan terkait melakukan investasi tersebut.

Tips Cerdas Melakukan Investasi Emas Pegadaian
Ada beberapa cara melakukan investasi logam mulia ini, agar Anda bisa berinvestasi dengan aman dan menguntungkan. Penjelasan mengenai tips tersebut bisa Anda simak dalam ulasan berikut.

1. Anda bisa melakukan survey harga emas terlebih dahulu untuk mengetahui kisaran harga emas yang akan dijadikan sebagai barang investasi. Anda bisa melihat perkembangan harga logam mulia ini dengan membuka website PT Antam dengan alamat situs www.logammulia.com. Jadikan harga yang tertera di situ sebagai patokan. Dalam membandingkan dengan harga di pegadaian, harga yang tertera di website tersebut paling tidak 3x lebih rendah daripada harga yang telah ditentukan oleh Pegadaian. 

2. Setelah melihat-lihat harga emas di situs tersebut, Anda perlu menyesuaikan budget Anda dengan berat emas yang akan dijadikan investasi. Biasanya tersedia emas dengan berat kelipatan 5, mulai dari 5 gram hingga 1 kg. 

3. Kemudian, Anda yang sudah siap melakukan investasi emas Pegadaian bisa mempersiapkan persyaratan mencicil emas di Pegadaian. Biasanya syarat ini berkaitan dengan kelengkapan dokumentasi. Anda nantinya juga akan diminta mengisi formulir program investasi untuk melaksanakan down payment alias DP sebesar 20% sampai dengan 30 % dari harga emas yang diinvestasikan.

4. Perlu disiapkan biaya administrasi untuk melakukan investasi emas Pegadaian ini hingga di ujung prosesnya. 

5. JIka Anda ingin untung, usahakan untuk tidak memilih jangka waktu yang lama. Hal ini akan memengaruhi harga emas yang jarang sekali mengalami penurunan.

6. Bayarlah cicilan tepat waktu agar barang yang diinvestasikan tidak dijual oleh pihak pegadaian pada akhirnya. Cicilan yang terlambat akan memunculkan denda. Selain itu, barang yang diinvestasikan bisa dijual ke tempat pelelangan.

7. Emas yang diinvestasikan akan Anda terima sekitar dua minggu atau sebulan setelah Anda melunasi cicilan.

8. Anda tidak perlu mengkhawatirkan emas investasi Anda hilang karena Pegadaian telah menyimpannya dengan baik.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sekaligus yang bisa Anda jadikan patokan sederhana dalam melakukan investasi emas Pegadaian. Anda bisa memulainya sekarang juga untuk memperoleh keuntungan dalam berinvestasi. Ini adalah kesempatan yang bagus bagi Anda yang menginginkan investasi logam mulia, terutama melalui lembaga pemerintah yaitu Pegadaian. Tidak hanya mengetahui tentang ulasan di atas, Anda juga sebaiknya mengenal dengan baik keuntungan dari investasi emas Pegadaian ini.
investasi emas pegadaian, cara investasi emas, cara investasi emas pegadaian, tips investasi emas

Beberapa Keuntungan Melakukan Investasi Emas Pegadaian
Dalam melakukan investasi emas Pegadaian, Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan. Pertama, Anda bisa membeli emas di Pegadaian dengan sistem kredit maupun tunai. Anda akan mendapatkan emas tersebut setelah dua minggu jika membeli secara tunai. Sementara itu, jika Anda membeli dengan cara kredit, maka Anda harus menunggu emas dan sertifikasinya sampai ke tangan Anda setelah cicilan yang harus Anda bayar dinyatakan lunas. Kedua, melakukan investasi emas di Pegadaian tidak memiliki risiko yang tinggi karena lembaga ini memiliki kredibilitas yang baik. Legalitasnya yang sudah terpercaya meminimalisasi adanya kecurangan dalam berinvestasi. Ketiga, emas yang Anda peroleh adalah emas asli yang dikeluarkan oleh PT Antam. Perusahaan ini telah memiliki kekuatan dalam pengelolaan logam mulia. Namun Pegadaian juga telah hadir dengan produk emasnya sendiri sehingga hal ini juga tidak perlu dipermasalahkan karena kedua perusahaan tersebut telah tersertifikasi. 

Tidak hanya itu, melakukan investasi emas Pegadaian juga membuat Anda tidak perlu menempuh proses yang rumit. Anda juga bisa menyelesaikan proses transaksi sekaligus. Soal harga, Anda sudah pasti mendapatkan harga yang pas, tidak terlalu mahal atau memberatkan. Anda juga akan diberi kebebasan menentukan jangka waktu menyicil. Rentang waktu yang diberikan adalah 1-36 bulan. Selama menyicil, Anda bisa saja berada dalam kondisi yang mendesak. Hal ini dapat diselesaikan dengan menggadaiakan emas di tempat yang sama. Uang hasil menggadaikan emas akan sesuai dengan jumlah cicilan yang Anda berikan. Di kemudian hari, Anda pun dapat memulai cicilan kembali. Biaya penyimpanan emas yang harus Anda tanggung juga tidak akan memberatkan Anda. Hal inilah yang membuat Anda tidak perlu khawatir melakukan investasi logam mulia di Pegadaian. Lembaga ini akan menyimpan barang investasi Anda dengan aman tanpa harus dikhawatirkan keberadaannya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan investasi emas dengan mempercayakannya pada Pegadaian. Anda akan mendapat keuntungan di samping menjalani proses administratif yang mudah dan tidak memberatkan Anda. Dari sinilah kemudian Anda bisa menikmati proses ini tanpa harus khawatir akan keberadaan barang dan keamanannya. Anda juga bisa menentukan sendiri seberapa besar investasi yang akan Anda lakukan. Ikutilah prosedur dari lembaga tesebut dalam perizinan investasi. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam mengurus segala bentuk administratifnya.