15 Tips Usaha Air Isi Ulang sebelum Memulai Agar Sukses

04 November 2019

Wirausaha merupakan salah satu pilihan oleh banyak orang dalam melengkapi segala kebutuhan ekonomi. Saat ini berbagai macam peluang usaha dapat digeluti, salah satunya usaha air minum isi ulang. Usaha air isi ulang merupakan bisnis yang sangat pesat perkembangannya, pasalnya telah banyak tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Kebutuhan akan air bersih merupakan hal pokok oleh setiap individu ataupun setiap rumah. Memulai usaha air isi ulang bukanlah hal yang susah namun bisa menjadi sangat sulit untuk dilaksanakan, sehingga diperlukan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memulainya.

15 Tips Sukses Dalam Memulai Usaha Air Isi Ulang
Perubahan akan pola hidup masyarakat yang banyak menyita waktu dalam melakukan pekerjaan menyebabkan orang semakin sibuk, sehingga beralih memilih air minum yang praktis. Hal ini dianggap lebih efektif dibandingkan dengan merebus air minum yang membutuhkan banyak waktu.

Kondisi inilah yang dapat dijadikan peluang dalam membuka usaha air isi ulang, berikut merupakan beberapa point dan tips sukses dapat diterapkan sebelum memulainya.
usaha air isi ulang, usaha air minum isi ulang, usaha air galon, bisnis air galon, bisnis air minum isi ulang

1. Yakinlah Pada Diri Anda Bahwa Akan Berhasil
Sebelum memulai sebuah usaha hal yang harus dilakukan pertama kali adalah meyakinkan diri bahwa dapat melakukan apa yang telah diniatkan.

Percaya terhadap diri sendiri adalah modal yang harus Anda miliki sebelum memulai usaha yang diinginkan, khususnya usaha air minum ini.

2. Memilih Lokasi yang Strategis
Memilih lokasi yang tepat akan menjadi penentu utama lancar dan tidaknya usaha air isi ulang Anda. Lokasi yang strategis yaitu dapat dijangkau oleh konsumen sehingga menguntungkan karena mengurangi biaya transportasi yang Anda gunakan.

Memilih lokasi dekat dengan ruang publik seperti sekolah, kampus, asrama, wilayah perkantoran, penginapan, rumah sakit, rumah susun, apartemen dan lain-lain akan menjadikan Anda lebih mudah dalam menjangkaunya.

3. Survey Usaha yang Sama Dengan yang Akan Anda Dirikan
Melakukan survey terhadap usaha yang sama itu sangat perlu dilakukan. Pasalnya, hal ini menjadi sumber informasi yang dapat digunakan dalam memulai bisnis Anda.
usaha air isi ulang, usaha air minum isi ulang, usaha galon air, bisnis galon, bisnis galon air minum, galon air, bisnis air minum

Informasi tersebut berupa kualitas, harga yang ditawarkan, omset perhari/bulan dan cara mereka dalam melakukan promosi. Dengan kelengkapan informasi yang Anda miliki akan mempermudahkan dalam penyusunan strategi.

4. Membuat Rancangan Proposal yang Matang
Penyusunan proposal yang matang akan membantu Anda dalam meyakinkan calon investor dalam mendapatkan modal. Menjelaskan usaha secara rinci dan jelas, mengenai visi, misi serta jumlah atau perkiraan biaya yang dibutuhkan.

Selain itu, Anda juga dapat menjelaskan pandangan atau perkiraan kelangsungan usaha air isi ulang ke depannya.

5. Memilih supplier yang berkualitas
Mendapatkan supplier yang berkualitas merupakan hal yang paling penting juga karena akan menjamin kelangsungan usaha Anda ke depannya.

Disarankan untuk tidak melihat satu supplier, namun lakukan penilaian yang optimal terhadap supplier-supplier yang akan Anda pilih. Lihat harga, kualitas dan kapasitas dari peralatan yang akan Anda gunakan.
usaha air isi ulang, bisni air isi ulang, usaha air minum, bisnis air galon, usaha air galon, galon air, bisnis air galon, galon

6. Siapkan Strategi Pemasaran dan Penjualan
Dalam dunia usaha strategi pemasaran dan penjualan merupakan suatu hal yang harus menjadi modal dalam memulai bisnis.  Dengan metode pemasaran yang baik dan benar produk yang di promosikan akan dikenal oleh banyak orang.

Dengan demikian, penyusunan strategi pemasaran dan penjualan harus benar-benar matang dan maksimal.

7. Mendaftarkan Usaha Pada Dinas Terkait yang Ada di wilayah Anda
Melakukan pendaftaran usaha kepada dinas terkait merupakan nilai plus untuk mendapatkan banyak pelanggan.  Hal ini akan meningkatkan nilai kepercayaan pelanggan terhadap usaha air isi ulang yang Anda jalankan.

Selain itu, Anda akan mendapatkan prosedur dalam menjaga kebersihan air serta menjadikan Usaha lebih berkualitas. Maka dari itu, hal ini sangatlah penting dilakukan.

8. Fokus Pada Usaha yang Anda Jalani
Fokus pada usaha air isi ulang yang Anda jalani merupakan salah satu kunci utama keberhasilan usaha. Caranya dengan menyiapkan waktu untuk menangani usaha yang dijalani sehingga bisnis Anda tidak cepat gulung tikar.
usaha air isi ulang, usaha air minum, bisnis air isi ulang, usaha galon air, bisnis galon, bisnis air galon, usaha air galon, air minum, galon

Membangun usaha yang baik dan berkualitas memang tidak hanya butuh uang sebagai modal namun waktu untuk fokus juga sangat perlu. Anda juga dapat merekrut karyawan untuk bekerja bersama menangani bisnis air Anda.

9. Membuat Promosi Menggunakan Media yang Strategis
Terdapat banyak cara untuk mempromosikan usaha air isi ulang yang Anda jalani. Seperti media online, facebook, Instagram, Iklan Televisi maupun radio dan lain sebagainya.

Pilihlah media promosi sesuai dengan keinginan dan budget yang dimiliki. Selain itu, media promosi dapat dengan mudah orang-orang akan menemukannya.

10. Lakukan Pelayanan yang Cepat
Pelayanan yang cepat terhadap kebutuhan konsumen adalah hal yang wajib. Hal ini harus Anda lakukan agar konsumen tidak kecewa dengan bisnis Anda.

Jangan menunda atau telat untuk merespon pesanan dari konsumen, karena bisa menjadi hal yang sangat fatal. Jika terjadi kesalahan atau usaha Anda libur maka berikan informasi yang jelas kepada konsumen.

11. Ramah Kepada Konsumen
Ramah kepada konsumen yang dimaksud yakni selain melakukan pelayanan yang cepat dan baik Anda juga harus sering berkomunikasi. Dengan demikian, konsumen merasa istimewa dan diperhatikan.

Hal ini juga dapat memberikan dampak positif lainnya. Menjalin hubungan yang baik dapat meningkatkan jumlah konsumen yang loyal terhadap usaha yang Anda miliki.

12. Harga yang Sesuai
Sebelum mematok harga, lakukan survey terhadap konsumen akan permintaan air minum yang praktis. Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan harga yang ditawarkan.

Jangan lupa untuk memberi diskon atau gratisan pada pelanggan setia. Bisa dengan memberikan kupon gratis dengan minimal order beberapa kali.

13. Mencari Pelanggan Setiap Waktu
Agar usaha Anda semakin besar dan dikenal oleh banyak orang maka rajinlah dalam mencari pelanggan. Mencari pelanggan dapat dilakukan dengan teknik promosi yang harus Anda miliki.

Selain mencari pelanggan Anda juga harus dapat mempertahankan konsumen yang dimiliki atau yang baru menjadi konsumen sehingga dapat menjadi pelanggan Anda.

14. Menjaga Kualitas Usaha Anda
Mempertahankan kualitas usaha air isi ulang yang dimiliki adalah kewajiban agar bisnis Anda tetap bertahan dan eksis di kalangan konsumen. Pasalnya, kualitas yang baik akan mendatangkan omset yang besar.

Dengan kualitas yang bagus, otomatis pelanggan akan terus bertambah. Dan penghasilan Anda pun meningkat.

15. Melakukan Catatan Keuangan
Membuat catatan keuangan sama dengan melakukan pembukuan terhadap hasil dan pengeluaran yang Anda miliki. Ini juga merupakan salah satu jenis laporan kepada investor agar dapat mengambil tindakan untuk perusahaan Anda di masa yang akan datang.

Melakukan pembukuan dengan baik akan mengetahui arus kas serta dapat memudahkan dalam memisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan perusahaan.

Keuntungan Dalam Berbisnis Usaha Air Isi Ulang
Memulai usaha air minum isi ulang ini, Anda harus mengetahui kelemahan dan Kekuatan yang dimilikinya sehingga Anda dapat mengetahui resiko apa yang akan terjadi. Berikut merupakan beberapa keuntungan dalam memulai usaha air isi ulang.

1. Modal yang Lumayan Kecil
Memulai usaha air minum ini hal utama yang harus ada ialah modal. Usaha ini hanya memerlukan sedikit modal, karena Anda hanya membutuhkan peralatan pengisi air mineral, alat pembersih dan galon.

Namun jika menginginkan usaha yang lebih besar dan berkualitas, Anda hanya dapat membuat proposal untuk mendapatkan investor dan memberi peluang terhadap usaha yang akan dijalankan.

2. Tidak Ribet (Simple dan Praktis)
Usaha yang sangat praktis dan simple untuk dilakukan yaitu adanya kemudahan dalam menjalaninya. Sangat menguntungkan karena bahan yang diperlukan hanyalah air dan peralatan mesin air yang simple.

Hanya dengan menekan tombol pengisi air maka mesin air akan segera mengisi galon tidak perlu hal ribet lainnya.

3. Keuntungan yang Sedikit Menjanjikan
Menemukan lokasi yang strategis yakni permintaan akan air minum yang besar menjadikan usaha ini dapat menjanjikan keuntungan yang lumayan besar.

Keuntungan yang besar dapat kita raih dengan kerja keras dan promosi yang baik akan mendatangkan pelanggan, kebutuhan akan air minum yang semakin meningkat juga menjadikan keuntungan yang besar bagi usaha Anda.

4. Pasokan Bahan yang Mudah Didapatkan
Karena bahan utama dari bisnis ini adalah air maka ini merupakan hal yang sangat menguntungkan bagi Anda yang akan memulainya.

Selama pasokan air Anda tetap ada maka bisnis ini juga akan berjalan dengan lancar, namun perlu untuk memperhatikan kualitas air yang diproduksi.

5. Kemudahan Dalam Menemukan Pelanggan
Air merupakan kebutuhan pokok setiap orang ataupun rumah tangga sehingga hanya dengan mencari lokasi yang strategis konsumen akan datang sendirinya. Karena usaha air minum ini adalah salah satu jenis usaha yang praktis.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebelum memulai usaha air isi ulang agar sukses. Selain itu juga terdapat beberapa keuntungan yang dapat Anda miliki dalam berbisnis air minum, selain praktis dan simpel juga mendatangkan keuntungan bagi Anda.