Investasi Emas Pegadaian Vs Emas Antam, Mana Sebaiknya Dipilih

14 Juli 2018

Emas merupakan logam mulia dengan harga yang stabil, bahkan cenderung jarang turun. Investasi emas juga termasuk cara investasi klasik karena Anda membeli emas lalu menjualnya ketika harga lebih tinggi. Ada hal menarik saat membahas emas pegadaian vs emas antam karena keduanya berasal dari perusahaan berbeda, tetapi berkecimpung dalam suatu produk yang sama yaitu emas.

Anda harus memiliki informasi cukup sebelum membandingkan emas dan jenis investasi dari keduanya. PT Aneka Tambang atau biasa disebut Antam merupakan produsen emas mayoritas di Indonesia. Jadi, emas yang banyak di pasaran berasal dari perusahaan ini. Setiap perusahaan emas memiliki ciri khusus yang tampak dari kepingan emas yang diproduksinya.

Emas Antam dapat diperoleh di berbagai tempat. Anda bisa membelinya secara langsung melalui gerai-gerai resmi dengan harga yang bervariatif. Ukuran paling kecil adalah emas batang seberat 5 gram hingga lebih dari 100 gram. Anda cukup memilih sesuai kebutuhan.
investasi emas, investasi emas pegadaian, investasi emas antam, emas pegadaian, emas antam, investasi, emas

Bagaimana dengan pegadaian? Perusahaan ini adalah BUMN milik negara yang bergerak di bidang jasa gadai. Pembahasan mengenai emas pegadaian vs emas antam memang menarik karena pegadaian bukan produsen emas, bahkan tidak mengeluarkan sertifikat emas. Jasa gadai adalah Anda seolah menjual barang kemudian menerima uang. Namun, barang tersebut masih tersimpan dan menjadi hak milik pegadaian sebelum ditebus kembali sesuai kesepakatan.

Untuk investasi emas, pegadaian memberikan dua pilihan yaitu tabungan emas dan pembelian langsung. Dalam hal ini, Anda dapat membeli emas Antam di pegadaian atau memiliki tabungan emas. Inilah yang menjadi dasar dari pembahasan emas pegadaian vs emas antam. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini.

Perbandingan Emas Pegadaian Vs Emas Antam
1. Tipe investasi
Poin pertama yang dibahas adalah mengenai tipe investasi. Yang dimaksud dengan tipe investasi adalah bagaimana emas tersebut diperlakukan. Emas Antam adalah sebuah produk dari perusahaan sehingga sama seperti ketika Anda membeli barang. Tipe emas beragam sesuai dengan produksi yang dikeluarkan dari perusahaan tersebut.

Tipe investasi untuk emas Antam adalah model klasik. Hal ini mirip jika Anda membeli properti, tanah, rumah, mobil, dan sebagainya. Anda membeli barang secara langsung dari produsen yaitu Antam lalu menyimpannya. Setelah mencapai masa tertentu, emas tersebut dijual dengan harga lebih tinggi. Selisih harga jual dan beli adalah profit yang Anda dapatkan.

Selanjutnya, emas pegadaian tidak dapat disebut sebagai emas yang mirip dengan barang produksi. Pegadaian hanya dapat dianggap sebagai perantara atau toko yang menawarkan produk, yaitu emas. Jadi, Anda dapat membeli emas secara langsung di pegadaian.

Namun, emas pegadaian vs emas antam juga memiliki perbedaan yang signifikan. Emas dari pegadaian bukan berbentuk barang utuh tetapi tabungan. Anda membuat rekening kemudian menabung dengan mata uang emas. Nilai minimum terkecil adalah 0,1 gram dan tabungan tersebut dapat dicetak untuk Anda terima dalam bentuk emas batangan.

Pada dasarnya, Anda tetap menggunakan uang untuk menabung, tetapi harga emas menjadi patokan. Setiap menabung, Anda akan dikenai jumlah uang berbeda meskipun berat emas yang ingin ditabung sama. Hal ini terkait dengan fluktuasi harga emas di pasaran sehingga harus menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

2. Harga dan lokasi
Poin penting lain dalam emas pegadaian vs emas antam adakah harga. Alasan utama berinvestasi adalah memperoleh keuntungan. Ada sebagian orang yang menggunakan emas sebagai tabungan masa depan atau keperluan tertentu. Namun, tujuan utama adalah emas yang dijual harus menguntungkan dari harga beli.

Sebagai produsen emas, Antam memberikan harga sesuai dengan standar di pasaran. Harga tersebut merupakan harga produksi murni dan akan berbeda ketika masuk ke distributor. Sebaliknya, pegadaian adalah pihak kedua yang mengambil barang dari Antam lalu menjualnya kembali.

Keduanya memberikan harga berbeda dan harus diperhatikan secara seksama. Emas pegadaian vs emas antam memiliki perbedaan terkait harga dimana emas antam lebih murah. Mengapa banyak orang yang tertarik untuk ikut investasi emas di pegadaian? Pertanyaan ini dapat dianalogikan dengan penjualan pakaian bermerek terkenal. Produsen berada di tempat yang jauh, tetapi barang tersebut tersedia di toko-toko sekitar Anda.

Antam memiliki gerai-gerai resmi di berbagai kota, tetapi hanya terbatas. Untuk dapat membeli emas Antam, Anda harus datang langsung ke gerai tersebut. Sebaliknya, pegadaian memiliki jaringan lebih luas dengan cabang yang sangat banyak. Tentu saja, Anda akan mudah berkunjung ke kantor pegadaian terdekat dibanding dengan gerai Antam tersebut. Inilah alasan mengapa kedua berbeda dalam hal harga meski menggunakan produk yang sama.

3. Sertifikat
Emas Antam tidak hanya dijual di pegadaian, tetapi juga toko-toko atau gerai lain. Mereka mirip dengan pegadaian yaitu mengambil barang berupa emas dari Antam lalu menjualnya kembali. Namun, Anda harus memperhatikan satu hal yang sangat penting. Setiap emas Antam yang asli selalu memiliki sertifikat yang sah. Ini sertifikat itu adalah tipe emas, berat, kadar, tanggal beli, dan sebagainya.

Untuk emas pegadaian vs emas antam, sertifikat menjadi hal mutlak yang tidak dapat diganggu gugat. Jika Anda membeli emas dari Antam secara langsung, sertifikat sudah tidak diragukan lagi. Hal ini juga berlaku pada emas pegadaian karena perusahaan memiliki reputasi dan jaminan keaslian produk.

Sebaliknya, Anda harus mewaspadai emas yang berasal dari tempat lain. Bagi orang awam dan pemula, risiko emas palsu sangat tinggi. Untuk menghindari emas palsu atau non sertifikat, Anda harus membeli dari tempat yang terpercaya yaitu pegadaian.

4. Kuota atau jumlah emas
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, emas pegadaian vs emas antam memiliki perbedaan tipe investasi. Emas Antam yang dibeli langsung adalah investasi klasik, tetapi memiliki kuota terbatas untuk mendapatkannya. Antam hanya menjual emas dengan jumlah tertentu setiap hari.

Di lain pihak, tabungan emas dari pegadaian tidak memiliki kuota. Nasabah dapat menabung sebanyak apapun dengan mata uang emas. Namun, Anda harus memiliki emas dengan jumlah minimum ketika ingin mencetaknya. Inilah alasan mengapa tabungan emas menjadi pilihan bagi mereka yang hanya memiliki uang untuk membeli emas dalam jumlah terbatas. Anda tidak harus membeli emas batangan langsung tetapi diangsur melalui tabungan.

5. Proses pembelian
Proses pembelian kedua juga berbeda. Emas Antam dibeli langsung dari gerai dengan tunai. Sebaliknya, Anda menggunakan sistem tabungan untuk membeli emas di pegadaian. Fleksibilitas dari emas pegadaian adalah hal yang tidak dapat dielakkan. Anda tidak perlu mengantri lama dan tersedia di banyak tempat.

Hal yang Perlu Diperhatikan Mengenai Emas Pegadaian vs Emas Antam
Pengetahuan mengenai perbandingan emas pegadaian vs emas antam sangat penting ketika terjun di investasi emas. Banyak orang yang terjerumus dengan investasi bodong karena tergiur dengan keuntungan yang berlipat. Kerugian tidak hanyak emas tetapi juga waktu.

Investasi emas tampak mudah karena termasuk investasi klasik dan sudah ada sejak lama. Selain itu, pembelian emas tidak serumit tanah, rumah, kendaraan, sertifikat berharga, saham, dan sebagainya. Anda cukup membayar sejumlah uang seharga dengan berat emas yang diinginkan. Setelah itu, emas menjadi hak milik Anda dan dapat dijual ketika membutuhkan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika investasi emas, terutama tabungan. Yang pertama adalah tujuan dari investasi itu sendiri. Profit adalah apa yang dicari setiap orang, tetapi banyak yang menggunakan emas untuk kebutuhan lain seperti dana pensiun, asuransi, dan biaya pendidikan anak. Tentukan tujuan investasi tersebut karena akan berpengaruh dari cara berinvestasi yang dipilih.

Perlu diingat, kenaikan harga emas per tahun cukup kecil dibandingkan dengan bunga tabungan. Emas akan mengalami kenaikan harga saat permintaan di pasaran meningkat karena peredaran uang di masyarakat sangat tinggi. Investasi emas adalah alternatif untuk menghabiskan uang mereka. Dalam kondisi ini, harga akan naik dengan persentase tinggi.

Selanjutnya, emas termasuk investasi jangka panjang, meskipun ada yang memanfaatkannya untuk jangka pendek. Faktor ini terkait dengan kenaikan harga sehingga harus menunggu bertahun-tahun hingga profit siap untuk diperoleh. Keuntungan lain adalah harga stabil sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika menyimpan emas dalam jumlah banyak. Karena sifatnya yang jangka panjang, pembelian emas dapat dilakukan secara bertahap dengan sistem tabungan. Tentu saja, harga emas tahun ini berbeda dengan sebelumnya dan kemungkinan naik di tahun berikutnya.

Pegadaian bukan perusahaan emas, tetapi ikut berpartisipasi menyebarkan investasi emas di masyarakat melalui tabungan emas. Antam juga mengambil keuntungan selain profit langsung yaitu jangkauan emas yang luas. Keduanya berkerjasama tetapi juga bersaing di area investasi emas. Informasi mengenai perbedaan dan perbandingan emas pegadaian vs emas antam sangat penting untuk diketahui. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan terjun ke bidang ini.