Rincian Biaya Modal Usaha Sewa Infokus dan Keuntungannya

15 Januari 2018

Perkembangan teknologi tumbuh sedemikian cepat. Berbagai perangkat canggih lahir setiap hari. Sehingga mayoritas masyarakat Indonesia sudah terbiasa menggunakan sarana teknologi mutakhir. Apalagi sarana teknologi terbaru kini dijual kepada masyarakat umum dengan harga murah. Seperti smartphone, laptop, kamera, drone, komputer multimedia dan lain sebagainya. Termasuk salah satunya dengan kehadiran peralatan infokus dan LCD proyektor untuk kebutuhan pribadi dan usaha.

Analisis Usaha Sewa Infokus
Peluang usaha jasa rental masih menjadi pilihan bisnis yang sangat menarik bagi banyak orang baik para pengusaha senior maupun pemula. Salah satunya usaha sewa infokus. Walaupun kerapkali dipandang sepele atau sebelah mata, usaha ini ternyata mampu menghasilkan keuntungan cukup besar perhari. Hal ini berdasarkan pengalaman seorang gadis yang tampil di acara hitam putih trans7. Dimana ia memperoleh omset harian sebesar jutaan rupiah perhari dari bisnis sewa infokus.

Peralatan multimedia yang diperlukan saat ini oleh berbagai kalangan akademisi dan pebisnis adalah infokus atau LCD proyektor. Karena alat ini diperlukan untuk kepentingan yang berhubungan dengan banyak hal. Seperti untuk kegiatan presentasi pemasaran atau promosi produk, presentasi tugas akhir atau seminar, presentasi pekerjaan hingga untuk sarana hiburan di masyarakat luas.
bisnis sewa infokus, usaha sewa infokus, usaha sewa proyektor, bisnis proyektor, infokus, proyektor, modal usaha infokus

Jika dilihat sekarang ini hampir setiap orang sudah memiliki perlengkapan komputer atau laptop. Namun mereka biasanya mengabaikan atau tidak melengkapi dengan sarana multimedia yang populer seperti infokus. Karena menganggap peralatan infokus sangat mahal dan dibutuhkan untuk momen tertentu bahkan bisa satu tahun sekali. Mereka pun memilih untuk tak membeli infokus tapi menyewanya. Sehingga usaha sewa infokus menjanjikan sekali untuk menambah penghasilan keluarga. Apalagi pangsa pasar yang sudah sangat jelas.

Rincian Biaya Modal Usaha Sewa Infokus dan Keuntungannya
Bagi anda yang berminat untuk membuka bisnis rental infokus, berikut ini rincian biaya modal usaha sewa infokus dan keuntungannya, antara lain:

▪ Biaya Investasi Awal:
1. Peralatan infokus dan LCD Proyektor Rp 8 juta
2. Layar LCD Proyektor/Infokus Rp 1 juta
3. Meja khusus untuk Infokus / LCD Proyektor Rp 400 ribu
4. Biaya lain-lain Rp 600 ribu

Total biaya investasi usaha sewa infokus sebesar Rp 10 juta.

▪ Biaya Operasional Bulanan:
1. Biaya transportasi Rp 100 ribu
2. Biaya telepon Rp 50 ribu
3. Biaya internet Rp 100 ribu
4. Biaya promosi usaha Rp 150 ribu
5. Biaya perawatan dan lain-lain Rp 100 ribu

Total biaya operasional perbulan usaha sewa infokus sekitar Rp 500 ribu.

Adapun biaya sewa infokus perjam sebesar Rp 50 ribu. Apabila dalam satu hari ada dua orang penyewa dalam satu jam maka keuntungan kotor sebesar Rp 100 ribu perhari. Dikalikan satu bulan maka omset usaha sewa infokus sekitar Rp 3 juta perbulan. Dikurangi biaya operasional perbulan sebesar Rp 500.000 maka omset bersih usaha rental infokus sekitar Rp 2,5 juta perbulan. Balik modal diperkirakan kurang dari enam bulan. Bagaimana lumayan bukan?

Cara Membuka Usaha Sewa Infokus untuk Pemula
Bagi anda seorang pemula yang berminat buka usaha sewa infokus, berikut ini cara membuka dan menjalankannya, antara lain:

1. Menyiapkan peralatan infokus
Anda bisa membeli infokus di toko elektronik.Harga infokus sangat mahal sekitar Rp 8 juta. Jika anda tidak mempunyai modal uang sebesar itu maka sobat bisa meminjam modal uang kepada orangtua tercinta, sanak kerabat, teman, sahabat dan lain lain untuk keperluan membeli infokus. Sebab peralatan infokus merupakan modal utama awal bagi usaha sewa infokus.

2. Menguasai cara mengoperasikan infokus
Hal ini sangat penting karena orang yang menyewa infokus kadangkala orang yang belum pernah menggunakan alat multimedia ini. Sehingga anda mesti mengajarkan pada mereka cara mengoperasikan infokus secara standar, mudah, baik dan benar. Dimulai dari cara membuka, menjalankan hingga menutupnya. Dengan cara pengoperasian infokus yang benar menghindarkan dari kerusakan infokus itu sendiri.

3. Merekrut tenaga karyawan
Tenaga karyawan diperlukan untuk bagian pemasaran sekaligus teknisi ahli dan berpengalaman yang selalu mendampingi para penyewa ketika mengoperasikan infokus untuk presentasi atau hiburan. Dengan bantuan teknisi tersebut maka akan mencegah kerusakan infokus.

4. Menentukan harga yang bersaing
Untuk tarif jasa sewa infokus bisa perjam bahkan perhari tergantung kebutuhan. Namun pastikan tarif harga sewa infokus terjangkau bagi kalangan mahasiswa yang memiliki modal terbatas. Selain itu, perlu dipahami usaha rental infokus memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Anda bisa menawarkan harga sewa infokus perjam lebih murah dari pesaing tanpa meninggalkan kualitas layanan. Sehingga calon klien memilih usaha jasa sewa infokus yang anda jalankan.

5. Menyiapkan kendaraan bermotor
Fungsi kendaraan bermotor seperti mobil sebagai alat transportasi pengiriman dan penjemputan perlengkapan infokus. Contohnya setelah kesepakatan kontrak disepakati maka anda langsung mengirimkan alat infokus pada konsumen menggunakan mobil.

6. Membuat surat pemesanan bagi konsumen beserta perjanjian kontrak secara detail point per point. Contoh, apabila infokus rusak siap menggantinya. Dan infokus dikembalikan sesuai jangka waktu yang ditentukan. Atau jika infokus hilang siap menggantinya dengan yang baru dan lain-lain. Hal ini menjadi bukti kuat jika terjadi sesuatu kesalahpahaman bisa melihat kembali perjanjian kontrak sebelumnya.

7. Menentukan syarat peminjaman
Sebagai pemilik usaha rental infokus, sobat bebas menentukan syarat peminjaman infokus. Seperti menyerahkan fotocopy ktp, membayar uang muka, dll. Hal ini berguna untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan atau kerusakan barang.

8. Pangsa pasar
Pangsa pasar yang dituju adalah kalangan mahasiswa yang hendak seminar, pengusaha, perusahaan kecil dan besar yang hendak mengadakan presentasi dengan menampilkan multimedia powerpoint.

9. Kombinasi usaha
Selain membuka usaha rental infokus, sobat bisa membuka usaha yang masih berkaitan dengannya. Seperti usaha event organiser atau EO, usaha rental laptop atau komputer, usaha pengetikan, usaha desain grafis dan lain sebagainya.

Kiat Sukses Usaha Sewa Infokus dari Nol
Berikut ini kumpulan kiat sukses usaha sewa infokus untuk pemula dari nol, antara lain:

1. Menyediakan peralatan infokus yang baru
Anda tidak ingin membuat konsumen kecewa terhadap usaha jasa sewa infokus yang anda berikan. Seperti pada saat digunakan infokus mengalami kerusakan sehingga gambar tidak jelas. Oleh sebab itu, pastikan anda menyewakan peralatan dan perlengkapan infokus atau LCD proyektor yang masih baru atau prima. Untuk menjaga peralatan infokus tetap prima maka anda harus merawatnya secara rutin.

2. Pelayanan prima
Pelayanan merupakan hal paling penting dalam bidang jasa yang menentukan sukses tidaknya bisnis jasa di masa mendatang. Begitupula dalam usaha sewa infokus. Anda mesti memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen. Sehingga mereka tidak mau beralih ke lain hati. Contohnya memberikan pelayanan jasa yang sangat cepat, persyaratan yang sangat ringan bagi penyewaan infokus dan perlengkapannya.

3. Promosi secara massif dan tertarget
Ada berbagai cara dalam melakukan promosi usaha sewa infokus. Seperti menggunakan media online atau offline. Namun untuk mempromosikan usaha rental infokus memerlukan biaya promosi yang tidak sedikit. Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membiayai promosi usaha rental infokus secara offline dan online.

Cara Mendapatkan Pelanggan Usaha Sewa Infokus
Sementara itu, untuk menjalankan bisnis rental infokus yang menguntungkan maka sobat harus mendapatkan sebanyak mungkin konsumen. Berikut ini kumpulan cara mendapatkan pelanggan usaha sewa infokus bagi pemula, antara lain:

1. Mendatangi mahasiswa
Salah satu pangsa pasar dari usaha sewa infokus adalah kalangan mahasiswa yang hendak mengadakan kegiatan seminar, workshop, pelatihan, presentasi tugas akhir dan lain sebagainya. Anda bisa menawarkan secara langsung kepada mahasiswa bersangkutan

2. Mendatangi para pengusaha
Selain menawarkan langsung kepada kalangan mahasiswa, sobat bisa pula menawarkan usaha sewa infokus kepada kalangan pengusaha kecil dan menengah. Mereka membutuhkan alat infokus dan LCD proyektor untuk kepentingan presentasi bisnis dan promosi usaha. Anda bisa mulai mendatangi para pemilik industri kecil dan menengah di sekitar daerah anda.

3. Menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan
Sebuah lembaga pendidikan baik itu sekolah SD, SMP, SMA hingga universitas membutuhkan perlengkapan LCD proyektor atau infokus untuk kegiatan proses belajar mengajar atau sarana hiburan yang mendidik. Anda bisa menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan tersebut dalam pengadaan perlengkapan infokus dengan harga bersaing.

4. Melakukan promosi gencar
Salah satu cara mendapatkan pelanggan usaha sewa infokus yang terbukti berhasil adalah sobat membagikan brosur usaha sewa infokus beserta nomor telepon yang bisa dihubungi kepada para mahasiswa, pelajar dan pengusaha. Jika mereka membutuhkan usaha sewa infokus maka mereka akan menghubungi anda. Selain membagikan brosur, untuk mendapatkan konsumen bisa dilakukan dengan cara memasang pamflet, spanduk, reklame dan lain-lain.

Hambatan Usaha Sewa Infokus
Namun yang menjadi kendala dan hambatan bisnis rental infokus berdasarkan pengalaman, antara lain:

1. Barang hilang
Mungkin bisa saja suatu hari anda mendapatkan konsumen yang tidak mengembalikan infokus atau paling parah membawa kabur infokus milik anda ke luar daerah. Oleh sebab itu, sobat perlu bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk menangkap orang tersebut.

2. Sepi konsumen
Jika usaha sewa infokus mengalami sepi orderan pasti ada yang salah dengan sistem promosi anda. Seperti promosi usaha sewa infokus yang tidak tertarget. Cara mengatasinya adalah melakukan promosi usaha dengan tertarget. Misalkan bekerjasama dengan pihak kampus atau sekolah dalam penyediaan peralatan dan perlengkapan infokus.