Cara Buka Bisnis Salon Kecantikan Laris Pelanggan buat Pemula

27 September 2017

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia mengenai pentingnya perawatan seluruh tubuh dari ujung kaki sampai ujung kepala bagi kesehatan dan penampilan membuat bisnis salon kecantikan tumbuh subur bak jamur di musim penghujan. Usaha jasa kecantikan dan perawatan tubuh ini sangat mudah anda jumpai di berbagai sudut kota hingga sudut pedesaan. Ada salon kecantikan khusus wanita, ada juga salon kecantikan syariah, salon kecantikan konvensional pria dan wanita, dan ada pula salon kecantikan skala besar, skala menengah dan skala kecil baik secara mandiri ataupun waralaba.

Prospek Usaha Salon Kecantikan
Tingkat persaingan usaha bisnis salon kecantikan sangat ketat. Di desa penulis, dalam satu wilayah ada dua gerai salon kecantikan rumahan. Di kota persaingan semakin ketat lagi. Namun demikian, usaha salon kecantikan tetap menjanjikan untung besar bagi pemula. Pangsa pasar yang sangat besar bukan hanya dari kalangan orang dewasa tapi juga remaja dan anak anak. Hal ini terbukti dimana saat ini terus bermunculan gerai usaha salon kecantikan baru dan semuanya dipenuhi para konsumen. Bisnis salon kecantikan tidak akan pernah mati selama wanita membutuhkan untuk tampil cantik dan menarik.

Namun, pangsa pasar utama dari bisnis salon kecantikan adalah kaum wanita. Perempuan suka sekali berdandan karena mereka ingin tampil cantik dan menawan. Berapapun biaya yang harus dikeluarkan demi mempercantik diri maka mereka siap merogoh kocek dalam dalam. Sehingga akhir-akhir ini fenomena operasi plastik yang dilakukan kaum wanita dengan biaya hingga ratusan juta rupiah tak terlepas dari keinginan mereka untuk tampil lebih cantik dan menarik.
usaha salon kecantikan, bisnis salon, usaha salon, salon, modal salon

Seorang wanita ingin tampil cantik dan anggun serta menarik sudah menjadi tabiat dan sifat alami seorang kaum hawa. Dan di abad modern saat ini kebutuhan terhadap jasa perawatan tubuh untuk tampil cantik menjadi kebutuhan pokok sehari-hari yang tidak bisa ditinggalkan. Dalam satu minggu, bisa beberapa kali melakukan perawatan tubuh di salon kecantikan. Inilah yang membuat prospek usaha salon kecantikan di Indonesia sangat menjanjikan dan laris manis.

Keuntungan Usaha Salon Kecantikan
Berdasarkan analisa penulis, di berbagai kota dan desa ada beberapa salon kecantikan yang gulung tikar atau bangkrut. Kebanyakan dikelola secara asal asalan. Sehingga kalah dalam persaingan dengan salon kecantikan lain. Sedangkan usaha salon kecantikan yang menjalankan bisnis secara profesional tetap eksis hingga kini. Bahkan bisa membuka cabang di berbagai daerah di Indonesia secara mandiri maupun franchise (waralaba).

Bisnis salon kecantikan bisa dilakukan oleh siapapun terutama ibu rumahtangga yang ingin menambah penghasilan. Jika anda ingin membuka usaha salon kecantikan secara profesional maka anda terlebih dahulu harus mengetahui seluk beluk bisnis salon kecantikan dari awal sampai akhir. Sehingga usaha salon kecantikan yang anda buka kelak bisa berjalan lancar dan menguntungkan.

Ada banyak keuntungan dari seseorang membuka bisnis salon kecantikan yaitu ia menjadi bos atas diri sendiri, potensi pendapatan yang cukup menjanjikan bahkan bisa lebih besar dari gaji seorang karyawan, jam kerja lebih fleksibel, membuka lapangan kerja baru bagi orang lain, dan masih banyak keuntungan lainnya.   

Cara Buka Bisnis Salon Kecantikan Laris Pelanggan buat Pemula
Setelah melihat prospek usaha bisnis salon kecantikan di Indonesia menjanjikan sekali maka tak ada salahnya bagi anda mencobanya. Namun untuk membuka bisnis salon kecantikan tidak bisa langsung buka dan sembarangan. Diperlukan berbagai persiapan yang matang meliputi survey usaha, kelayakan usaha, pangsa pasar yang ada, persiapan modal usaha yang mencukupi, strategi promosi usaha dan lain sebagainya. Sehingga usaha salon kecantikan yang dijalani kelak berlangsung secara menguntungkan dan sukses di pasaran. Anda tidak mau kan usaha salon kecantikan anda rugi dan bangkrut secara langsung di bulan pertama. Dan membuang-buang uang modal usaha.

Tanpa panjang lebar, berikut ini cara buka bisnis salon kecantikan laris pelanggan buat pemula, antara lain:

▪ Menguasai Keterampilan Mempercantik dan Merawat Tubuh
Inilah bekal utama yang harus dikuasai sebelum seseorang memulai usaha salon kecantikan. Sama seperti usaha pangkas rambut yang mesti menguasai keterampilan mencukur rambut yang baik dan benar. Karena bisnis salon kecantikan adalah bisnis yang berkaitan dengan jasa maka jasa keterampilan yang anda jual harus sobat kuasai secara baik. Jangan sampai anda terjun ke dalam usaha salon kecantikan tanpa memupunyai skill dalam mempercantik dan merawat tubuh karena bisnis salon kecantikan anda akan sia sia dan bangkrut. Seperti ungkapan mengatakan : Serahkan sesuatu pada ahlinya. Barangsiapa yang tidak menyerahkan pada ahlinya maka bersiaplah untuk hancur.

Apabila sobat sudah memiliki keterampilan dalam merawat dan mempercantik tubuh maka itu sudah menjadi modal utama bagi anda untuk memulai bisnis salon kecantikan. Namun jika anda sama sekali belum mempunyai keterampilan merawat dan mempercantik tubuh maka ada beberapa cara yang bisa anda jalankan yaitu:

1. Anda belajar kursus kecantikan ke berbagai lembaga dan instansi pemerintah maupun swasta yang mengadakan pelatihan usaha kecantikan secara berbayar maupun gratis. Ada banyak lembaga kursus yang menyediakan bimbingan belajar pembekalan ilmu cara merawat dan mempercantik tubuh sebagai bekal ilmu membuka bisnis salon kecantikan. Anda bisa mengikutinya dengan biaya sebesar Rp 500 ribu sampai 4 jutaan sebagai persiapan membuka usaha salon kecantikan.

2. Anda bisa mempekerjakan seorang karyawan salon atau tenaga ahli dalam bidang perawatan dan kecantikan tubuh dengan gaji bulanan atau komisi

3. Belajar langsung kepada teman anda yang menguasai ilmu merawat dan mempercantik tubuh

4. Langkah yang efektif anda bisa melamar kerja ke salon kecantikan besar yang mapan dan menjadi karyawan atau magang untuk menimba ilmu cara mempercantik dan merawat tubuh beserta cara menjalankan bisnis salon kecantikan yang laris pelanggan.

▪ Lokasi Salon Kecantikan Strategis
Lokasi dan lokasi itulah yang perlu diperhatikan dalam membuka bisnis salon kecantikan yang laris manis. Tanpa adanya lokasi usaha yang strategis maka mustahil salon kecantikan bisa berkembang besar dan menguntungkan. Karena orang lebih memilih untuk menggunakan jasa salon kecantikan yang mudah dijangkau dengan harga murah. Lokasi strategis yang mudah dilihat banyak orang bagi salon kecantikan sangat penting untuk memudahkan masyarakat mengenal bisnis kecantikan anda secara cepat. Kemudian mereka tertarik untuk mencoba jasa kecantikan yang anda berikan.

Lokasi salon kecantikan yang tak strategis seperti jauh dari pusat keramaian bisa berakibat pada sepi pelanggan. Karena banyak orang tak mengenal usaha salon kecantikan anda. Oleh sebab itu, dalam membuka bisnis salon kecantikan pastikan lokasi usaha salon kecantikan berada di tempat yang sangat strategis. Seperti dekat pusat perbelanjaan, dekat pusat perkantoran, dekat sekolah dan universitas dan tempat strategis lain sebagainya.

▪ Pelayanan Terbaik
Membuka usaha salon kecantikan merupakan jenis bisnis yang berkaitan dengan jasa kecantikan dan perawatan tubuh yang diberikan. Sebagai bisnis jasa maka pelayanan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Usaha salon kecantikan harus memberikan pelayanan yang ramah kepada para konsumen secara alami. Hal ini akan memberikan rasa nyaman bagi konsumen dalam menjalani perawatan dan mempercantik tubuh. Dan jika mereka puas dengan jasa yang anda berikan maka di lain waktu maka mereka akan kembali ke gerai salon kecantikan milik anda.

Masalah pelayanan terbaik bukan hanya keramahan semata kepada konsumen. Masih banyak aspek lain dari pelayanan yang memuaskan konsumen termasuk masalah harga yang lebih murah dari pesaing, pelayanan cepat serta hasil perawatan kecantikan yang sangat bagus seperti lulur, spa, facial, creambath, rebonding, gunting kuku dan lain lain, pelayanan diberikan dengan murah senyum dan bersahabat serta pelayanan baik lainnya.

Pelayanan yang diberikan juga harus lengkap bukan hanya melayani jasa lulur, rebonding, creambath, facial, spa, gunting rambut, dan gunting kuku. Anda bisa menambahkan dengan layanan jasa pelangsingan tubuh, refleksi therapi kaki, pemutihan kulit dan lain sebagainya. Hal ini berguna untuk memanjakan konsumen dan memberikan pilihan lain yang lebih lengkap. Yang bisa menjadi pembeda antara usaha salon kecantikan sobat dengan pesaing.  

▪ Mempersiapkan Peralatan Usaha
Berikut ini bahan bahan, alat alat dan perlengkapan usaha salon kecantikan yang mesti anda persiapkan sebelum usaha salon kecantikan buka yaitu kursi khusus salon, dipan untuk facial, lemari kaca, pemanas untuk rambut, sisir, troli peralatan salon, cermin besar, handuk, gunting, meja, manicure dan pedicure, hairdryer, pancuran cuci rambut, tonic, pelembab, cream, shampo, hiasan dinding, air dingin dan panas, cat tembok yang tepat bagi usaha salon kecantikan, lampu hias dan lampu biasa. Estimasi total biaya modal untuk membeli peralatan usaha tersebut mencapai puluhan juta rupiah.

▪ Butuh Karyawan Salon
Jika anda berniat untuk membuka usaha salon kecantikan tapi anda tidak menguasai ilmu cara perawatan dan mempercantik tubuh maka jalan terbaik adalah sobat merekrut tenaga karyawan bagian kapster, hairdresser, hairstylist dan lain-lain. Sistem gaji karyawan salon kecil bisa gaji tetap maupun komisi. Semua itu terserah anda sebagai owner.

▪ Promosi Salon Kecantikan
Trik agar salon ramai berkaitan erat dengan masalah promosi. Untuk melakukan promosi salon kecantikan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalkan contoh promosi salon berupa pembagian brosur, memasang spanduk, memasang pamflet di lokasi strategis yang mudah dilihat banyak orang, memasang iklan di surat kabar cetak dan elektronik, memasang iklan di iklan baris online, memasang iklan di media sosial seperti facebook, line, instagram dll.