Tips Investasi Saham Jangka Panjang

21 November 2015

Saham merupakan salah satu kata yang sangat sering kita dengar dalam dunia bisnis. Namun apakah anda mengetahui makna sebenarnya dari saham? Saham adalah bagian kepemilikan dari suatu badan usaha atau perusahaan. Memiliki saham di suatu perusahaan berarti anda merupakan salah satu pemilik perusahaan tersebut sesuai dengan jumlah saham yang anda miliki.  Misalnya anda memiliki 5 persen saham dari perusahaan ‘maju jaya’, artinya lima persen aset perusahaan merupakan milik anda. Anda dapat menikmati lima persen dari segala keuntungan atau kerugian dari perusahaan tersebut. Saham merupakan salah satu investasi yang tak pernah mati. Oleh karena itu jika anda ingin menginvestasikan uang anda untuk masa depan anda, anda dapat melakukan investasi saham jangka panjang. 

Meskipun suatu perusahaan memiliki keuntungan dari hasil barang atau jasa yang mereka tawarkan, akan tetapi biasanya biaya operasi perusahaan lebih besar. Oleh karena itu untuk menutup biaya operasi, perusahaan menjual sahamnya kepada para investor. Selain itu alasan mengapa perusahaan biasanya menjual sahamnya karena pihak perusahaan ingin mengasuransikan asetnya apabila mengalami kebangkrutan. 

Naik turunnya saham perusahaan – perusahaan tingkat nasional maupun tingkat dunia  merupakan hal yang sangat ditunggu–tunggu oleh para investor. Investor adalah sebutan orang – orang yang melakukan investasi. Naik turunnya saham ini biasanya dipantau oleh sebuah lembaga tertentu misalnya bursa efek. Tujuan pemantauan saham ini untuk membantu para investor dalam menentukan akan membeli atau menjual saham perusahaan. Dalam kurun waktu yang sangat lama biasanya saham akan terus mangalami peningkatan, maka dalam hal ini saham merupakan salah satu investasi yang bisa digunakan jangka panjang. Investasi saham jangka panjang dapat mendatangkan keuntungan yang banyak jika investornya pandai dan cermat dalam menyusun strategi. Beberapa strategi untuk berinvestasi akan kami bahas di bawah.
investasi saham, investasi saham jangka panjang, tips investasi saham, cara investasi saham, saham

Investasi saham bisa dilakukan dengan dua cara yaitu investasi saham jangka pendek dan investasi saham jangka panjang. Investasi saham jangka pendek biasanya dilakukan oleh para pemula yang benar – benar baru terjun dalm dunia saham. Sedangkan investasi jangka panjang biasanya dilakukan oleh para profesional yang telah banyak mengenal karakteristik serta trik tertentu untuk bermain dalam dunia saham. Investasi saham bisa dilakukan oleh siapapun, baik mahasiswa maupun orang tua juga bisa menginvestasikan sahamnya. Orang yang telah mempunyai penghasilan dan telah memiliki kartu tanda pengenal atau bisa disebut telah dewasa bisa untuk bermain dengan saham. Tidak ada batasan berapa anda harus menginvestasikan saham anda. Anda bisa mulai dari harga yang tidak terlalu besar, misalnya anda bisa menginvestasikan 500 ribu rupiah. Dengan uang tersebut anda dapat mengetahui peraturan – peraturan yang ada pada perusahaan – perusahaan serta mengetahui cara main yang dapat memberikan keuntungan anda. Jika anda beruntung maka dengan uang sejumlah 500 ribu saja anda akan mendapatkan untung yang lumayan. 

Investasi saham tentunya tidak terlepas dari resiko kerugian. Saham yang turun dapat menyebabkan kerugian dari sebuah perusahaan. Jika saham perusahaan turun, maka anda sebagai investor tentunya akan merasakan kerugian juga. Apalagi jika anda melakukan investasi saham jangka panjang, anda harus cermat tentang fluktuasi harga saham di pasar saham. Jika anda dapat mengerti celah dari pasar saham maka kemungkinan anda akan mendapatkan keuntungan lebih tinggi. Apalagi bagi anda yang memiliki analisis serta prediksi yang sangat baik. Dalam dunia saham prediksi serta analisis yang baik sangat dibutuhkan untuk tetap memiliki atau menjual saham. 

Inilah alasan mengapa anda harus melakukan investasi saham jangka panjang:
1. Berinvestasi saham memungkinkan anda untuk memiliki perusahaan – perusahaan yang bagus. Selain itu berinvestasi melalui saham juga memungkikan anda untuk mengenal banyak orang terutama ketika rapat pemilik saham tahunan. Membuat koneksi dengan orang – orang tinggi akan memudahkan anda untuk mempelajari dunia bisnis dengan cepat. Hal ini juga dapat membuka peluang anda untuk sukses seperti mereka, karena kebanyakan orang – orang kaya yang ada didunia ini merupakan orang – orang yang mendapatkan untung dari perusahaannya atau dengan kata lain pebisnis. 

2. Sepanjang sejarah, saham merupakan sarana investasi yang paling menguntungkan dibandingkan dengan investasi yang lain. Hal ini dikarenakan kemudahan untuk memiliki investasi berupa saham ketimbang yang lainnya misalnya bisnis kos – kosan atau skala besarnya real estate. Meskipun fluktuasi harga saham di pasaran tidak dapat dielakkan, namun kenyataannya saham memberikan keuntungan sepuluh persen tiap tahunnya, yang mana jumlah ini lebih besar dari bunga bank atau bahkan real estate. Oleh karena itu saham dapat diandalkan untuk investasi jangka panjang anda. 

Jika anda ingin melakukan Investasi saham jangka panjang sebaiknya anda memilih perusahaan – perusahaan yang dapat berkembang di masa depan. Misalnya perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi. Seperti yang kita ketahui, teknologi merupakan sesuatu yang tak pernah berhenti berkembang oleh karena itu perusahaan yang bergerak dibidang ini, kemungkinan untuk berkembang sangat besar. Selain itu jangan hanya berinvestasi pada satu perusahaan saja, investasilah pada perusahaan yang lain agar hasil yang anda peroleh bisa lebih banyak. Tips terakhir yang harus anda perhatikan adalah selalu pantau harga saham yang ada, dengan begitu anda bisa menganalisis kemungkinan – kemungkinan yang akan terjadi di masa depan serta dapat membuat keputusan tentunya yang akan menguntungkan anda. Sekian tips mengenai investasi saham jangka panjang, semoga bermanfaat.