Rincian Biaya Modal Usaha Jasa Sedot WC dan Keuntungannya

30 Maret 2018

Peluang usaha sedot wc menjadi kesempatan bisnis yang cukup menjanjikan saat ini. Mengingat keperluan setiap rumahtangga, perkantoran, industri, perusahaan dan lainnya sangat tinggi untuk membuang limbah atau menguras wc yang penuh dan mampet. Berdasarkan pengakuan para pengusaha sedot wc di tanah air dalam sebulan bisa meraup omset bersih hingga Rp 8 juta. Dan diwaktu sepi pelanggan, penghasilan perbulan minimal Rp 2,5 juta.

Rincian Biaya Modal Usaha Jasa Sedot WC dan Keuntungannya
Mungkin anda bertanya berapa biaya modal untuk membuka usaha sedot wc? Apakah memulai usaha sedot wc bisa dimulai dengan modal kecil? Pada dasarnya jika anda berminat untuk membuka usaha jasa sedot wc maka anda harus menyediakan modal usaha yang cukup besar meliputi pembelian mobil penyedot atau truk tangki pembuangan limbah wc, gaji karyawan, dll.

Berdasarkan pengalaman, untuk membuka usaha jasa sedot wc memerlukan modal awal sebesar Rp 40 juta sampai Rp 50 juta. Untuk lebih lengkap dan rinci, berikut ini rincian biaya modal usaha sedot wc dari awal hingga berdiri bagi pemula, antara lain:
usaha jasa sedot wc, bisnis sedot wc, bisnis sedot tinja, biaya usaha sedot wc, wc, bisnis sedot septic tank

▪ Modal Investasi
1. Pembelian mobil bekas penyedot limbah wc harga Rp 30 juta
2. Pembelian mesin pompa bekas untuk menyedot kotoran wc dan tinja harga Rp 4 juta
3. Selang khusus untuk menyedot kotoran atau limbah harga Rp 1 juta.

Total biaya investasi sebesar Rp 35 juta.

▪ Modal Operasional
1. Biaya promosi Rp 500 ribu
2. Upah karyawan Rp 1 juta
3. Biaya tak terduga Rp 400 ribu
4. Sewa lokasi usaha Rp 300 ribu

Total biaya operasional sebesar Rp 2,2 juta perbulan.

Besaran modal usaha sedot wc bisa diperkecil dengan berbagai cara. Seperti memanfaatkan mobil dan truk yang tak terpakai untuk dijadikan mobil dan truk sedot wc yang telah dimodifikasi sebelumnya. Namun agar lebih leluasa, anda dapat menggunakan truk sedot wc yang mempunyai kapasitas pengisian limbah yang lebih besar. Harga mobil sedot tinja bekas sekitar Rp 30 juta. Anda bisa mendapatkannya di dealer mobil atau toko penjualan mobil bekas setempat.

Keuntungan Usaha Jasa Sedot WC
Ada beberapa keuntungan membuka bisnis sedot wc terutama laris manis. Sebab di jaman modern saat ini, mayoritas manusia ingin lebih praktis dan nyaman. Ketimbang membuat septictank baru yang biayanya lebih mahal, mereka lebih memilih menghubungi jasa sedot wc setempat. Karena proses yang sangat gampang dan cepat. Harga jasa sedot wc pun cukup murah ketimbang membuat septictank yang baru.

Untuk harga jasa sedot wc sekitar Rp 200 ribu sampai Rp 800 ribu. Dengan biaya yang sangat terjangkau membuat usaha jasa sedot wc laris manis di pasaran. Bagi anda yang ingin mendapatkan harga jasa sedot wc yang lebih murah lagi maka sobat dapat mengajak tetangga untuk bersamaan menggunakan jasa sedot septictank wc .

Untuk meningkatkan pelayanan kepada komsumen dan pelanggan, anda bisa membuka usaha jasa layanan lainnya yang masih berkaitan dengan jasa sedot WC. Hal ini untuk menambah pemasukan dan melengkapi bisnis sedot wc anda. Seperti jasa pembuatan resapan dan septictank baru, perbaikan saluran pipa yang tersumbat dan mampet, dan jasa sedot limbah industri.

Cara Memasarkan Bisnis Sedot WC
Untuk memperkenalkan bisnis usaha sedot wc yang sobat jalani ke masyarakat luas memerlukan promosi yang gencar. Hal ini diperlukan untuk mendapatkan konsumen dan pelanggan sebanyak mungkin. Promosi yang massif memerlukan biaya promosi yang cukup besar. Misalkan untuk membuat brosur, pamflet, reklame, biaya koneksi internet untuk promosi secara online, dan biaya promosi lainnya.

Untuk lebih jelas, berikut ini cara promosi usaha sedot wc yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Memasang iklan di radio
2. Pasang iklan di televisi lokal
3. Memasang iklan di media cetak, majalah, koran, tabloid
4. Pasang iklan di website dan media sosial

Dalam cara promosi yang digunakan di berbagai media di atas tersebut pastikan tercantum alamat lokasi perusahaan jasa sedot wc sobat dan mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi 24 jam oleh calon klien dan konsumen.

Analisis Usaha Jasa Sedot WC
Persaingan bisnis sedot wc dan tinja masih lemah sekali di Indonesia. Tidak banyak perusahaan yang berkecimpung dalam jenis usaha jasa ini yang terbilang menjijikkan. Sehingga potensi omset harian cukup besar didapatkan. Dengan pangsa yang sangat besar jumlahnya dan terus meningkat pesat setiap tahun seiring bertambahnya gedung dan proyek perumahan di sejumlah daerah di tanah air.

Setiap bisnis apapun pastinya mempunyai pesaing. Begitupula dalam usaha sedot wc. Namun usaha sedot wc masih minim kompetitor. Untuk mengalahkan pesaing salah satu hal yang bisa dilakukan dengan cara menentukan harga jasa sedot wc lebih murah dari kompetitor. Untuk menentukan harga sedot wc harus dihitung berdasarkan berbagai pertimbangan yaitu volume tinja yang akan disedot, harga pasaran jasa sedot wc dan biaya transportasi. Umumnya harga jasa sedot wc di kisaran Rp 300 ribu sampai Rp 900 ribu.

Pada saat wc septictank penuh atau macet apa yang harus anda lakukan? Tentu saja ada dua pilihan yang bisa sobat lakukan. Pertama, anda membuat wc septictank baru. Kedua memanggil perusahaan jasa sedot wc mampet dan penuh. Usaha jasa sedot WC tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Misalkan di kota Bandung terdapat perusahaan yang melayani jasa sedot  wc mampet dan penuh. Begitupula di kota Cimahi ada perusahaan jasa sedot wc yang melayani area wilayah Bandung dan Cimahi dengan pelayanan 24 jam nonstop.

Pangsa Pasar Usaha Jasa Sedot WC Septictank
Dalam membuka usaha jasa sedot wc sangatlah mudah dalam pemasaran. Karena pangsa pasar yang sangat luas. Untuk mengetahuinya, berikut ini beberapa pangsa pasar yang bisa anda bidik dalam membuka usaha jasa sedot wc, antara lain:

1. Perkantoran dan ruko
Anda bisa mendapatkan dengan mudah berbagai kantor di berbagai wilayah dan sudut kota di Indonesia. Bahkan pertumbuhan kantor sangat pesat setiap tahunnya. Hal inilah yang menjadikan bisnis sedot wc septictank sangat menjanjikan. Karena pusat perkantoran bertambah banyak dan merupakan sasaran atau target market dari usaha jasa sedot wc. Dengan jumlah karyawan yang banyak membuat septictank wc kantor cepat penuh dan mampet.

2. Perumahan
Setiap rumahtangga merupakan pangsa pasar utama dari usaha jasa sedot wc. Dengan jumlah penghuni rumah yang cukup banyak dan seiring gaya hidup masyarakat yang suka mengkonsumsi makanan berlemak membuat septictank wc cepat penuh dan mampet. Ada banyak perumahan di Indonesia dan setiap tahun bertambah banyak.

3. Kota besar
Usaha jasa sedot wc lebih menjanjikan untuk dijalankan di kota besar yang padat penduduk ketimbang membuka usaha sedot wc di pedesaan terpencil. Pola gaya hidup masyarakat kota yang ingin serba praktis dan tumbuhnya berbagai proyek perumahan, ruko dan pusat perkantoran di perkotaan membuat bisnis jasa sedot wc dan tinja mempunyai prospek cerah saat ini dan masa mendatang.

4. Dinas kebersihan
Dalam membuka usaha jasa sedot wc dan tinja maka anda perlu bekerjasama dengan pihak dinas kebersihan setempat. Karena instansi pemerintah ini akan banyak menggunakan jasa sedot wc septictank dan limbah untuk urusan kebersihan fasilitas umum.

Tantangan dan Resiko Usaha Jasa Sedot WC
Dalam setiap jenis usaha pasti ada tantangan dan resiko tersendiri yang harus ditanggung. Begitupula dalam memulai bisnis jasa sedot wc septictank. Untuk mengetahuinya, inilah tantangan dan resiko bagi anda yang memutuskan untuk membuka jasa sedot wc, antara lain:

1. Selang sedot tinja dan wc bocor
Salah satu kendala yang sering dialami oleh para pelaku usaha jasa sedot wc adalah selang sedot wc mengalami kebocoran. Yang berdampak pada kotoran dan tinja berserakan dimana-mana. Kalau hal ini terjadi maka anda harus membersihkannya dan membuang kata jijik. Kemudian menutup atau memperbaiki selang yang bocor dengan menambal atau memperbaikinya.

2. Biaya diluar dugaan
Pada waktu menuju ke lokasi konsumen seringkali usaha jasa sedot wc harus membayar biaya lewat jalan di lahan terbatas, biaya keamanan untuk tenaga keamanan setempat, biaya preman, dan lain-lain. Oleh sebab itu, anda harus mempersiapkan sejak dini biaya tak terduga tersebut.

3. Tempat pembuangan limbah tinja dan kotoran
Salah satu yang menjadi hambatan, tantangan dan resiko dari bisnis sedot wc septictank adalah ketersediaan pembuangan akhir limbah dan kotoran yang sangat terbatas. Hal ini tak terlepas dari keinginan masyarakat yang ingin rumahnya jauh dari bau dan kotor. Oleh sebab itu, untuk memulai usaha jasa sedot wc maka sebelumnya anda mesti mempunyai tempat pembuangan limbah dan kotoran yang jauh dari permukiman warga.

Dengan berbagai kendala, hambatan dan resiko dari usaha jasa sedot wc di atas jangan lantas membuat anda menyerah. Anda harus mempunyai sikap pantang menyerah dan membuang jauh rasa jijik untuk sukses dalam bisnis jasa sedot wc. Fokuslah pada solusi dari setiap permasalahan yang anda hadapi.