Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah

07 Maret 2017

Pada kali ini penulis akan membahas mengenai cara mendapatkan pinjaman modal usaha dari pemerintah. Ada dua sumber pembiayaan dari lembaga pemerintah bagi usaha mikro kecil dan menengah di Indonesia. Pertama, modal usaha dari badan pemerintah berupa pinjaman lunak dengan bunga rendah seperti KUR. Kedua, modal usaha dari kalangan institusi pemerintahan yang bersifat gratis atau bantuan dana hibah gratis. Ada banyak orang yang berhasil mendapatkan modal usaha gratis dan pinjaman usaha dengan bunga kecil dari pemerintah. Anda tertarik untuk mendapatkannya?

Banyak aspek yang harus dipikirkan dalam memulai sebuah usaha. Seperti aspek pangsa pasar, pemasaran, produksi, dan modal usaha. Namun yang banyak dikeluhkan sebagian besar orang dan membuat mereka gagal membuka suatu usaha karena alasan tidak adanya modal usaha yang mencukupi. Padahal cara mendapatkan modal usaha teramat mudah bagi orang yang mengetahuinya.

Apabila anda sekarang masih kebingungan dalam mendapatkan dan mencari pinjaman modal usaha dari kalangan pemerintah maka teruslah baca artikel ini. Ada banyak cara alternatif memperoleh modal uang. Salah satu sumber modal usaha yang cukup mudah dan cepat adalah modal bisnis dari lembaga pemerintah. Misalnya BUMN, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementrian Tenaga Kerja, Kementerian Pendidikan, Dinas Sosial dan lembaga lain sebagainya. Semua lembaga yang disebutkan di atas biasa memberikan pinjaman modal usaha kepada pengusaha pemula.
modal usaha, pinjaman modal usaha, modal usaha gratis, modal usaha pemerintah, pinjaman modal

Untuk menggambarkan betapa mudahnya memperoleh pinjaman modal usaha dengan bunga rendah bahkan gratis maka penulis akan mengilustrasikan dengan sebuah peristiwa kejadian nyata yang dialami dan disaksikan penulis langsung.

Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Kementerian Koperasi dan UKM
Pada suatu hari di waktu libur dari pekerjaan di kantor secara tak sengaja penulis di dalam rumah mendengarkan iklan radio. Bukan iklan biasa. Tapi iklan yang berasal dari lembaga pemerintah yang berisi penawaran pelatihan usaha menjadi pengusaha sukses dan kaya. Dalam kegiatan yang bertemakan penciptaan satu juta pengusaha di Jawa Barat tersebut berisi pelatihan wirausaha dan pemberian modal usaha gratis. Bukan hanya ilmu yang didapat, para peserta juga akan mendapatkan modal finansial berupa dana hibah gratis di akhir acara.

Adapun syarat mengikuti program kewirausahaan mandiri ini adalah pemohon memiliki usaha yang telah berjalan dan berpotensial cerah.Untuk keterangan lebih lanjut bisa mengakses situs resmi dari dinas tenaga kerja setempat misalnya Jawa Barat. Atau sobat bisa datang langsung ke kantornya di Jalan Soekarno Hatta Bandung Jawa Barat. Pendek kata, Kementrian koperasi dan usaha kecil menengah seringkali mengadakan pelatihan usaha gratis dan wirausaha. Misalnya kegiatan penciptaan satu juta pengusaha pemula. Pada akhir acara, para peserta akan diberikan dana hibah atau pinjaman modal usaha yang mencapai Rp 1 juta per peserta.

Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Kementerian Pendidikan
Ketika itu, penulis masih lajang dan status pengangguran yang sedang mencari lowongan pekerjaan dan mencari peluang usaha baru. Sebuah surat kabar di hadapan penulis langsung dibaca pada halaman lowongan pekerjaan. Secara tak sengaja, penulis membaca di sebuah koran lokal di Bandung tersebut mengenai adanya pelatihan usaha gratis bagi kawula muda yang keadaan ekonomi miskin. Tanpa pikir panjang, penulis mendatangi kantor dinas pendidikan bersangkutan untuk menanyakan adanya pelatihan usaha gratis. Dan benar adanya pelatihan wirausaha gratis bagi kalangan menengah ekonomi ke bawah. Setelah mengurus surat keterangan tidak mampu dari kelurahan maka penulis pun bergabung dalam pelatihan gratis yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan RI.

Ada banyak pelatihan kewirausahaan yang diajarkan para mentor kepada peserta antara lain cara membuat sablon kaos, cara membikin resin dan cara menjual produk dengan laku keras dan laris manis. Semua pelatihan itu dicerna penulis dengan seksama. Dan pada penutupan acara, para peserta diberikan modal usaha gratis berupa uang dana hibah sebesar Rp 500 ribu per peserta. Lihat begitu mudahnya memperoleh dana hibah gratis dari lembaga pemerintah ini.

Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Kementerian Agama
Kementerian Agama juga menyediakan modal usaha dan dana hibah gratis serta pinjaman modal usaha bagi UKMK. Penulis sudah beberapa kali mendapatkan modal usaha gratis dari lembaga pemerintahan ini. Begitupula yang dialami oleh orang lain yang pernah mendapatkan bantuan dana dari Kementerian Agama. Cara paling mudah mendapatkan dana hibah dan pinjaman modal dari Kementerian Agama adalah mempunyai relasi dalam kementerian agama setempat.

Ada banyak kegiatan, lembaga maupun organisasi yang telah mendapatkan bantuan dana gratis dari kementerian agama. Misalnya masjid di desa penulis telah mendapatkan bantuan dana hibah sebesar puluhan juta rupiah dari Kemenag Sumedang untuk pembangunan sarana masjid dan pengembangan ekonomi. Lalu teman penulis, seorang pendiri PAUD memperoleh modal usaha gratis sebesar Rp 10 juta dari kementerian ini untuk pengembangan sekolah pendidikan anak usia dini yang dikelolanya.  

Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha dari Dinas Sosial
Kementerian Sosial melalui dinasnya seringkali mengadakan acara pelatihan usaha dan pelatihan kerja gratis kepada kaum dhuafa, kalangan keluarga tak mampu, kalangan ekonomi miskin serta orang yang ditimpa musibah. Jenis usaha yang diajarkan secara gratis meliputi usaha dalam bidang otomotif, usaha menjahit, usaha perbaikan mobil dan sepeda motor, teknik komputer, mesin las bubut, usaha kuliner dan lain sebagainya. Pada akhir acara, Dinas Sosial memberikan pinjaman dan dana hibah secara gratis bagi lulusan pelatihan secara bervariasi.  

Bantuan Pinjaman Modal Usaha Gratis
Atas dasar apa pemerintah memberikan bantuan pinjaman modal usaha kepada para pelaku usaha kecil menengah dan besar di Indonesia? Tentu sesuai dengan amanat dasar negara pancasila sila kelima yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dan landasan pembukaan UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mensejahterakan kehidupan lahir batin.

Semakin maju suatu negara maka semakin banyak pengusaha. Lalu untuk mensejahterakan rakyat Indonesia membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya, menciptakan satu juta pengusaha baru dan memberdayakan ekonomi rakyat kecil. Tujuan itu diwujudkan oleh pemerintah melalui kementerian setempat melalui kegiatan pelatihan dan pemberian pinjaman modal usaha dan dana hibah gratis.

Untuk lebih jelas, berikut ini lembaga pemerintah yang biasanya memberikan pinjaman modal usaha bahkan ada yang gratis bagi usaha kecil mikro dan menengah disingkat ukm, antara lain : Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pendidikan, Kementerian Agama, Kementerian dan Dinas Sosial, Kementerian dan Dinas Tenaga Kerja, Kementerian Pertanian, Kementerian Perikanan dan Kelautan.

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah
Langkah pertama untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dari pemerintah dengan cara membuat proposal usaha terlebih dulu. Masjid di desa penulis pernah memperoleh bantuan modal usaha gratis sebesar Rp 90 juta dengan melampirkan proposal usaha ke kantor kementerian agama setempat. Lalu kelompok petani ikan mas di desa penulis mendapatkan bantuan dana hibah berupa bibit ikan mas, dan uang sebesar Rp 10 juta. Sama seperti di atas. Sebelumnya membuat proposal usaha budidaya ikan mas secara kolektif.

Cara membuat proposal usaha sangat mudah. Cara termudah adalah melihat contohnya di internet yang banyak tersebar. Ketikkan di google kata kunci contoh proposal usaha. Maka akan banyak contoh proposal usaha yang bisa anda tiru dan sedikit modifikasi. Kemudian anda dapat membuat proposal atas ide anda sendiri yang dimulai dari pendahuluan, rincian modal usaha yang dibutuhkan hingga penutup. Agar proposal usaha anda memperoleh tanggapan positif dari lembaga pemerintahan hendaknya dibuat semenarik mungkin baik isi maupun sampulnya.

Setelah anda membuat proposal usaha yang menarik selanjutnya mendatangi berbagai kantor lembaga pemerintah. Seperti Dinas Koperasi dan UKM, dinas sosial, badan yang berada dibawah naungan Kementerian Agama, Dinas Tenaga kerja, Dinas Perindustrian, Dinas perikanan dan pertanian dan lain sebagainya. Lembaga tersebut mempunyai anggaran untuk membiayai berbagai usaha kecil di sekitarnya. Lakukan hal ini secara jemput bola untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dan dana hibah gratis. Jika anda mempunyai relasi atau kenalan di kantor pemerintahan tersebut tentu akan memudahkan sobat memperoleh dana uang gratis dan pinjaman modal usaha dengan bunga nol.

Pada suatu hari ada dua orang anak sekolah SMA yang datang ke kantor urusan agama disingkat KUA kecamatan tanjungkerta. Mereka membawa proposal usaha di sekolah untuk diserahkan ke kantor KUA sekaligus Kantor Amil Zakat. Dan mereka bermaksud meminta bantuan dana gratis. Pengelola dana zakat di KUA memberikan uang hibah gratis sebesar Rp 1 juta. Lihatlah betapa mudah cara mendapatkan modal usaha gratis dari pemerintah dengan sistem jemput bola.

Dari cerita di atas harusnya anda percaya bahwa memang ada pinjaman modal usaha dan dana hibah gratis dari badan pemerintahan. Namun semua itu memerlukan kerja keras, proposal usaha, relasi, dan keberanian. Anda bisa berkeliling mendatangi setiap kantor pemerintahan dan menanyakan adanya pinjaman modal usaha atau yang gratisan yang tepat bagi usaha sobat.

Cara lain yang bisa ditempuh untuk memperoleh pinjaman modal dan dana usaha gratis adalah melakukan akses informasi terhadap situs resmi pemerintah yang biasa memberikan pinjaman modal usaha hingga dana hibah gratis. Kemudian akses informasi pinjaman modal usaha dari pemerintah bisa dibaca melalui surat kabat lokal dan nasional. Di media tersebut biasanya ada informasi tentang dana hibah, penawaran pinjaman modal usaha bunga rendah dari badan pemerintah yang ditentukan syarat tertentu.