10 Keuntungan Investasi Sukuk Tabungan yang Bakal Anda Panen

24 November 2016

Setiap hari manusia beraktivitas dari pagi hingga sore bahkan malam. Apa yang dicari mereka? Tak lain adalah keuntungan. Dan masalah keuntungan tak bisa dilepaskan dengan investasi. Beragam investasi yang bisa dilakukan oleh calon investor. Dimulai dari produk investasi modal kecil, modal besar, investasi konvensional dan syariah. Namun jika anda ingin berinvestasi yang menguntungkan, halal, berkah maka pilihan jatuh pada produk investasi syariah. Salah satunya investasi sukuk tabungan yang memiliki banyak sekali keuntungan yang sangat menarik bagi investornya. Lalu keuntungan investasi sukuk tabungan apa saja? Itu menjadi pertanyaan sebagian orang.

Apa Itu Sukuk Tabungan Seri ST 001
Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja keuntungan dari investasi sukuk tabungan yang bisa dipanen, terlebih dahulu kita mengenal pengertian sukuk tabungan. Adapun sukuk tabungan yaitu suatu produk investasi dengan basis syariah yang dikeluarkan pemerintah RI lewat kementerian keuangan republik Indonesia. Sehingga produk investasi ini sangat dipercaya masyarakat, halal dan menguntungkan sekali. Sukuk tabungan merupakan produk investasi yang belum dikenal banyak orang karena produk baru. Namun sebagai produk baru yang aman dan prospektif, Sukuk Tabungan meraih tempat tinggi di kalangan investor dan digemari para investor pemula.
investasi sukuk, tips investasi sukuk, sukuk, sukuk tabungan, keuntungan sukuk

Pemerintah Republik Indonesia pada awal Agustus 2016 menerbitkan sukuk tabungan seri T 001, sebuah produk investasi baru berbasis syariah. Sejumlah investor menyambut baik hadirnya produk sukuk tabungan. Mereka mulai menarik dananya untuk dibelikan produk investasi sukuk tabungan. Karena mereka mengetahui banyak sekali keuntungan investasi sukuk tabungan.

Sukuk tabungan ST 001 merupakan surat utang syariah yang diterbitkan oleh pemerintah RI. Para investor perorangan bisa membeli produk investasi yang sangat menjanjikan ini. Adapun investasi sukuk tabungan memiliki jangka waktu selama 2 tahun dengan keuntungan pendapatan tetap perbulan yang dibayarkan oleh pemerintah secara langsung. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk menanamkan uang mereka di produk investasi syariah sukuk tabungan.

Beragam keuntungan dari produk investasi ini. Salah satunya ketimbang menyimpan uang dalam bentuk tabungan atau deposito lebih baik diinvestasikan dalam bentuk sukuk tabungan yang memberikan pendapatan tetap perbulan dan return yang cukup bersaing dengan jenis investasi lain seperti deposito. Melihat potensi keuntungan dari sukuk tabungan, para nasabah Bank Syariah Mandiri mulai menarik dananya dan berinvestasi di sukuk tabungan walaupun dalam jumlah masih kecil.

Untuk membeli sukuk tabungan sangat mudah dan harga terjangkau bagi semua kalangan. Harga sukuk Rp 1 juta perunit. Dengan modal uang minimal sebesar Rp 2 juta, sobat sudah bisa membeli produk investasi sukuk tabungan. Adapun maksimal pembelian sukuk tabungan sebesar Rp 5 miliar.

Sementara itu, persyaratan khusus untuk berinvestasi di sukuk tabungan antara lain warga negara Indonesia, bersifat perorangan, memiliki jumlah uang minimal Rp 2 juta. Keuntungan investasi sukuk tabungan, antara lain aman karena dikelola dan dijamin oleh pemerintah, memberikan imbalan hasil yang cukup besar, memberikan pendapatan tetap setiap bulan yang dibayarkan pemerintah, halal karena dijalankan sesuai prinsip syariah, dan dikenakan pajak hasil investasi sangat rendah berkisar 15 persen. Hal ini berbeda sekali dengan investasi deposito yang dikenakan pajak sekitar 20 persen.

Masih adanya sebagian ulama yang beranggapan sistem bunga bank adalah riba membuat banyak orang lebih memilih sistem keuangan syariah beserta produk investasi syariah. Anda bisa membeli produk investasi sukuk tabungan yang dikeluarkan pemerintah ini melalui agen penjual yang terpercaya. Ada 26 agen penjual surat utang syariah ini di Indonesia yang ditunjuk pemerintah, antara lain Bank Mandiri, Bank HSBC, BRI, BCA, BTN, Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, Bank BNI, Bank Muamalat, Bank Mega, OCBC NISP, Bank Danamon, CIMB Niaga, Bank Permata, Citibank NA, Bank Panin, Bank DBS Indonesia, Bank Maybank, Standard Chartered Bank dan bank ANZ Indonesia.

Mengingat betapa besarnya keuntungan investasi sukuk tabungan, anda bisa mengambil kesempatan emas ini dengan berinvestasi sukuk tabungan sesegera mungkin. Berikut ini gambaran kasar mengenai potensi keuntungan investasi sukuk tabungan yang mempunyai masa waktu 2 tahun. Dalam masa 2 tahun tersebut, investor sukuk tabungan memperoleh pendapatan bulanan secara tetap. Sungguh menggiurkan. Besarannya lebih tinggi dari bunga deposito.

Misalkan, anda melakukan investasi sukuk tabungan dengan modal uang Rp 10 juta. Maka setiap bulan anda akan memperoleh keuntungan tetap yang dibayarkan pemerintah sekitar 7 persen atau Rp 58 ribu. Jika anda
tidak mencairkan keuntungan tersebut di bank selama masa tempo dua tahun berarti dalam dua tahun anda akan mendapatkan keuntungan total sebesar Rp 2 juta. Wow lumayan bukan?

Penulis sendiri melakukan investasi deposito dengan tempo 3 bulan sekali secara perpanjangan otomatis Return yang dihasilkan perbulan sekitar Rp 40 ribu. Coba bandingkan dengan imbal hasil yang diberikan investasi sukuk tabungan sebesar Rp 50 ribu. Tentu berinvestasi di sukuk tabungan terbukti memberikan imbal hasil yang lebih besar ketimbang investasi deposito. Hal inilah yang menjadi alasan banyak orang lebih memilih berinvestasi di sukuk tabungan ketimbang di deposito.

10 Keuntungan Investasi Sukuk Tabungan yang Bakal Anda Panen
Berikut ini sejumlah keuntungan investasi Sukuk Tabungan yang bisa anda petik segera, antara lain:

Murah
Anda tentu menginginkan sesuatu barang yang murah tapi berkualitas untuk dibeli. Begitupula produk investasi syariah. Salah satunya adalah investasi sukuk tabungan yang bisa dimulai dengan modal uang minimal Rp 2 juta. Investasi sukuk tabungan sangat terjangkau bagi semua kalangan. Sehingga investasi syariah ini sangat cocok bagi investor pemula modal kecil maupun modal besar. Apabila sobat mempunyai uang tunai Rp 2 juta atau lebih maka sobat dapat membeli investasi sukuk tabungan.

Aman
Hal lain yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi adalah faktor keamanan. Pilihlah produk investasi yang aman dan membuat tenang serta untung besar. Itu semua terdapat dalam produk investasi sukuk tabungan. Karena pemerintah sebagai pengelola, penjamin dan dibayarkan langsung keuntungan investasi sukuk tabungan oleh pemerintah RI sebagai penyelenggara negara.

Syariah
Keuntungan investasi sukuk tabungan berikutnya adalah adanya jaminan halal. Karena produk investasi sukuk ini dijalankan atas dasar prinsip syariah yang universal. Sehingga memberikan ketenangan dalam berinvestasi. Apalagi mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Selain itu, keuntungan investasi sukuk adalah turut mensupport perkembangan positif keuangan berbasis syariah di Indonesia. Apabila anda memerlukan sebuah produk investasi yang sesuai syariah atau halal, menguntungkan dunia akhirat dan mempunyai prospek yang baik dan sangat menjanjikan maka berinvestasi di sukuk tabungan menjadi pilihan yang tepat.

Return Bersaing
Berinvestasi sukuk tabungan hampir sama dengan sukuk ritel mampu memberikan imbal hasil atau return yang sangat kompetitif atau lumayan menjanjikan.

Pajak Rendah
Keuntungan lain investasi sukuk tabungan adalah pajak dari laba investasi ini yang diterapkan sangat kecil sekitar 15 persen. Sehingga menguntungkan investor sukuk dalam memperoleh laba yang besar pengeluaran rendah.

Penghasilan Tetap
Ada beberapa jenis investasi yang memberikan penghasilan tidak tetap seperti emas, saham dll. Hal ini menjadi kekurangan tersendiri dari investasi bersangkutan. Namun investasi yang menguntungkan adalah konsisten memberikan pendapatan setiap bulan. Hal ini ada dalam produk investasi sukuk tabungan yang memberikan pendapatan tetap perbulan. Sehingga sangat memudahkan para pelaku investasi ini dalam merencanakan kesuksesan finansial mereka di masa depan.

Pencairan Mudah
Apabila anda ada kebutuhan uang tunai yang sangat penting dan mendesak maka anda dapat mencairkan investasi sukuk tabungan dengan gampang. Karena ada layanan pencairan sukuk tabungan sebelum masa jatuh tempo.

Beragam keuntungan investasi sukuk tabungan tentu saja menjadi pilihan menarik dan memunculkan sukuk tabungan sebagai salah satu produk investasi yang digemari banyak investor.

Mendukung Perkembangan Investasi Syariah
Masih banyaknya masyarakat yang belum mengenal produk-produk investasi syariah membuat perkembangan keuangan syariah terhambat. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengenalkan produk investasi syariah melalui forum, seminar, penerangan dan sosialisasi lain sebagainya. Salah satu cara mendukung perkembangan pasar keuangan syariah lebih maju lagi di Indonesia adalah berinvestasi dalam produk syariah seperti sukuk ritel tabungan.

Mendukung Pembangunan Nasional
Dengan berinvestasi sukuk tabungan, keuntungan yang didapatkan selain return kompetitif adalah turut serta dalam pembangunan nasional. Karena hasil penjualan sukuk tabungan digelontorkan oleh pemerintah untuk membiayai berbagai proyek pembangunan pemerintah seperti dalam sarana prasarana dan infrastruktur jalan.

Pada saat sekarang bukan lagi jaman kemerdekaan. Tugas kita tidak lagi berperang melawan penjajah. Karena Indonesia sudah merdeka. Tapi kini tugas kita mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di berbagai sektor kehidupan. Dan keuntungan investasi sukuk tabungan merupakan bentuk partisipasi dalam pembangunan nasional. Sehingga bagi investor yang cinta tanah air menimbulkan rasa bangga dengan berinvestasi di sukuk tabungan  yakni turut membangun ekonomi bangsa dan turut andil dalam pembangunan nasional.

Berkah Dunia Akhirat
Sebuah produk investasi bukan saja harus menguntungkan tapi juga mesti halal sesuai prinsip dan kaidah ekonomi syariah. Supaya berkah, untung dan selamat di dunia dan akhirat. Keuntungan investasi sukuk tabungan lainnya adalah bersifat fleksibel. Dimana mudah dicairkan jadi uang tunai kapanpun. Dan bisa dimiliki semua lapisan kalangan orang dengan modal awal sekitar Rp 2 juta. Investasi ini tergolong berbiaya murah tapi berpotensi untung besar. 

Itulah keuntungan investasi sukuk tabungan yang bisa anda panen. Apabila anda berminat dalam melakukan investasi sukuk tabungan bisa menghubungi manajer investasi syariah terpercaya. Marilah kita jadikan keuangan syariah berikut produk investasinya sebagai gaya hidup masa kini. Agar berkah di dunia dan akhirat.