Pilihan Investasi Saham Online Modal Kecil untuk Pemula

26 Juni 2017

Robert T Kiyosaki dalam buku Rich Dad Poor Dad menerangkan bahwa salah satu jalur menuju kekayaan yang berlimpah dengan cara investasi di bursa saham. Karena jenis investasi surat berharga ini menghasilkan pasif income yang lumayan besar. Dari jutaan rupiah sampai puluhan juta rupiah. Investasi saham merupakan permainan orang kaya di dunia. Seperti halnya Warren Buffet.

Pilihan Investasi Saham Online Modal Kecil untuk Pemula
Namun sebagian orang menganggap bahwa investasi saham diperuntukkan hanya bagi orang kaya dan pemilik modal besar. Anggapan tersebut kini keliru seiring dengan kebijakan terbaru Bursa Efek Indonesia yang menurunkan biaya investasi saham dari satu lot 500 lembar saham menjadi satu lot 100 lembar saham.

Dengan uang sebesar Rp 300 ribu, seseorang sudah bisa mulai bermain saham di bursa saham Indonesia. Sehingga investasi saham bukan untuk kalangan orang kaya berduit tapi untuk semua kalangan. Dari pelajar, mahasiswa, karyawan, ibu rumahtangga, petani, pedagang, pengusaha dan kalangan lainnya bisa ikut investasi saham di BEI.
investasi saham online, investasi saham online modal kecil, saham online, saham, saham pemula

Pengertian saham berdasarkan referensi dari Bursa Efek Indonesia adalah suatu bukti penyertaan modal pada sebuah perusahaan terbuka yang telah terdaftar dai BEI dengan harapan memperoleh untung atau laba sebesar-besarnya dari kenaikan nilai saham atau dari deviden.

Disebabkan seseorang telah menanamkan sejumlah uang untuk memiliki saham perusahaan berarti ia telah memiliki klaim atas aset perusahaan itu, penghasilan perusahaan dan mempunyai hak untuk hadir dalam RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham. Penghasilan bersih perusahaan disebut juga deviden dibagi-bagikan kepada para pemegang saham disesuaikan porsi masing-masing dalam kepemilikan saham. Besar tidaknya deviden atau keuntungan yang diberikan kepada investor sangat bergantung kepada situasi pasar dan kinerja perusahaan bersangkutan.

Berdasarkan klasifikasi dan golongan saham yang diperjualbelikan di Bursa Efek Indonesia terbagi ke dalam dua bagian, antara lain:

▪ Saham Biasa
Yaitu saham yang dimiliki investor dimana ia mempunyai hak untuk memperoleh deviden dan bersedia untuk menangung segala kerugian yang dialami perusahaan.

▪ Saham Preferen
Yaitu sebuah saham yang dimiliki oleh seorang investor yang lebih dari sekedar investor biasa. Dimana ia harus didahulukan dalam pembagian deviden perusahaan ketimbang pemegang saham lainnya.

Cara Bermain Saham dengan Modal Kecil
Investasi saham termasuk investasi sangat likuid. Dimana gampang diperjualbelikan dan dijadikan uang secara cepat. Tidak seperti investasi properti dan investasi lainnya. Selain itu, bermain saham bukanlah termasuk jenis investasi jangka pendek. Tapi sebuah instrumen investasi untuk jangka menengah sampai jangka panjang. Sehingga keuntungan saham tidak bisa diperoleh dalam waktu singkat. Namun memerlukan waktu hingga mendapatkan keuntungan dari kapital gain dan deviden.

Bagi pemula mungkin masih kebingungan bagaimana cara memulai investasi saham. Untuk mulai berinvestasi dalam produk saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebenarnya sangat mudah. Berikut ini cara bermain saham online modal kecil bagi pemula, yaitu dengan terlebih dahulu membuat rekening saham.

Untuk membuka rekening saham satau rekening efek, sobat terlebih dahulu harus mendatangi kantor perusahaan sekuritas atau broker saham. Kemudian mengungkapkan niat untuk bermain saham. Ada banyak perusahaan sekuritas di tanah air. Dari mulai perusahaan sekuritas milik pemerintah atau BUMN, milik swasta nasional hingga perusahaan sekuritas milik warga negara asing. Anda bisa memilih perusahaan sekuritas yang terpercaya milik pemerintah seperti Mandiri Sekuritas, Danareksa Sekuritas, Bahana Sekuritas dan BNI Securitas.

Kemudian perusahaan sekuritas akan memberikan anda formulir yang harus anda isi secara lengkap sama seperti ketika membuka rekening tabungan baru di bank. Setelah mengisi formulir itu, pihak perusahaan broker saham akan meminta dana deposit awal minimal Rp 1 juta. Selepas semuanya selesai berarti sobat sudah membuka rekening saham. Dan telah dapat memulai berinvestasi saham online di Bursa Efek Indonesia.

Sementara itu, persyaratan yang dibutuhkan untuk membuka rekening saham juga tak jauh beda ketika anda membuka tabungan di bank, antara lain:

1. Fotocopy identitas diri seperti KTP
2. Mengisi secara lengkap Formulir Aplikasi Permohonan Nasabah Efek
3. Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak jika ada

Cara Bermain Saham Online untuk Pemula
Setelah anda membuka rekening saham maka selanjutnya anda sudah bisa melakukan transaksi jual beli saham di Bursa Efek Indonesia baik secara offline maupun online. Namun berdasarkan kemudahan maka alangkah baiknya sobat memilih investasi saham secara online. Sehingga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Asalkan terkoneksi dengan internet.

Untuk bertransaksi membeli atau menjual saham secara online terlebih dahulu sobat harus menginstal aplikasi yang bernama Trading Saham Online System yang dipunyai perusahaan sekuritas tempat anda membuka rekening saham. Aplikasi saham online ini bisa diunduh melalui smartphone, ponsel gadget, tablet dan netbook atau laptop. Dengan menggunakan aplikasi Trading Saham Online System dipastikan pembelian saham dapat dilakukan online. Begitupula penjualan saham. Sehingga ini menjadi gaya baru masyarakat modern dalam investasi saham yang praktis dan mudah serta menguntungkan.

Untuk anda yang memilih perusahaan BNI Securities sebagai tempat buka rekening saham maka aplikasi yang harus diunduh adalah Esmart dan MOST Mobile Mandiri Securities. Aplikasi canggih ini bukan hanya bisa dijadikan alat untuk membeli saham secara online. Dan menjual saham kembali secara online. Tapi juga dapat dipergunakan untuk melihat perkembangan grafik saham dari detik ke detik. Sehingga pemantauan pergerakan saham dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Setelah anda mempunyai Aplikasi Trading Saham Online System di perangkat ponsel anda, berikutnya anda mesti memilih jenis saham yang hendak diinvestasikan. Ada banyak saham di lantai bursa saham yang bisa sobat pilih. Namun dalam memilih saham terbaik dan menguntungkan harus diperhatikan hal-hal seperti kinerja perusahaan. Apakah kinerja perusahaan sedang baik atau tak sehat.

Untuk melihat sebuah perusahaan sehat atau tidak, caranya sangat mudah yaitu dengan melihat grafik perkembangan saham perusahaan tersebut dari waktu ke waktu berikutnya. Lihat pula berapa besar keuntungan kapital gain dan deviden yang diberikan saham perusahaan bersangkutan dari satu waktu ke waktu lainnya. Pantau pula bagaimana jejak rekam perusahaan tersebut dalam beberapa tahun kebelakang selama di tanah air.

Misalkan saja penulis memberikan rekomendasi kepada para pemula untuk mencoba investasi dalam saham indomaret, Bank Mandiri dan PT Unilever Indonesia TBK yang termasuk saham blue chips. Pada waktu bulan November 2016, perusahaan consumer goods ini membekukan keuntungan hingga Rp 2 triliun yang dibagikan kepada para pemegang saham. Sehingga anda bisa memantau pada bulan berikutnya berapa deviden yang diberikan. Jejak rekam yang baik yang konsisten memberikan deviden yang besar menjadikan salah satu pilihan investasi saham online yang tepat bagi pemula.

Cara Membeli Saham Bagi Pemula
Sesudah mengetahui jenis investasi saham yang bakal menguntungkan maka selanjutnya pada tahap pembelian saham bersangkutan. Dengan cara membeli saham secara online menggunakan aplikasi Trading Saham Online System yang sudah diunduh sebelumnya.

Namun bagi investor dengan modal kecil sulit rasanya untuk berinvestasi dalam saham blue chips unggulan seperti saham Unilever. Karena harga saham perusahaan ini per lembar sangat mahal. Disebabkan banyak diburu orang, minim resiko kerugian, harga saham stabil, dan pembagian deviden yang besar.

Untuk kalangan pemula yang mempunyai modal kecil tapi ingin berinvestasi dalam saham yang menguntungkan bisa saja mencari saham perusahaan yang kinerjanya sedang baik. Lihat pula bagaimana layanan yang diberikan perusahaan tersebut kepada masyarakat. Apakah sudah bagus dari pesaing atau belum. Saham dari perusahaan kecil yang dikelola secara profesional akan lebih menguntungkan di masa depan. Sebab harga saham semakin meningkat pesat. Keuntungan yang didapat sangat besar dari kapital gain dan deviden.

Dahulu untuk mulai investasi dalam saham, seseorang harus membeli saham minimal sebanyak satu lot yang berisi 500 lembar saham. Saat ini kebijakan tersebut diubah dimana investor bisa memulai investasi saham dengan membeli saham satu lot yang isinya 100 lembar. Sehingga dana investasi untuk saham lebih kecil. Dan investasi saham kini bisa dilakukan oleh siapa saja baik kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan dan lain-lain. Karena dengan uang Rp 300 ribu, seseorang sudah dapat memulai investasi saham di BEI.

Kebijakan Bursa Efek Indonesia tersebut membawa angin segar bagi para investor pemula dengan modal kecil untuk ikut meramaikan bursa saham di Indonesia. Kini investasi saham bukan hanya dinikmati oleh orang kaya tapi orang bermodal kecil pun ikut-ikutan menikmati gurihnya keuntungan investasi saham. Jika sudah berpengalaman dalam investasi saham di Bursa Saham maka keuntungan bisa didapatkan hingga puluhan juta rupiah.

Menurut penulis, pilihan investasi saham online dengan modal kecil bagi pemula yang tepat adalah membeli saham PT Telkom Indonesia. Harga satu lembar sahamnya sebesar Rp 3000. Jadi untuk membeli saham PT Telkom Indonesia sebanyak satu lot atau 100 lembar membutuhkan biaya investasi sebesar Rp 300 ribu. Inilah yang dinamakan pilihan investasi yang tepat bagi investor modal kecil dan pemula. Karena kinerja perusahaan BUMN ini dari waktu ke waktu menunjukkan pergerakan yang meningkat.