Jenis Tanah Untuk Investasi dan Cara Berinvestasi Tanah Untung 4 Kali Lipat

02 November 2015

Salah satu bidang bisnis yang dilirik oleh banyak orang adalah investasi atau pembelian saham pada suatu perusahaan atau perseroan. Investasi jenisnya banyak, salah satunya adalah investasi tanah. Bagi orang yang tertarik berinvestasi tanah, ada baiknya mengetahui cara berinvestasi tanah untung 4 kali lipat. Investasi tanah sendiri merupakan bagian dari bisnis properti, hanya objeknya saja yang berbeda. Namun keduanya memiliki perbedaan, jika investasi tanah, adalah bisnis tanah baru, namun hanya berupa lahan saja, tanpa bangunan diatasnya. Sedangkan bisnis properti menjadi satu antara tanah dan bangunan diatasnya. Investasi tanah cukup banyak peminatnya karena bisnis ini memang cukup menjanjikan. Apalagi, tanah memang sangat diperlukan jika kita ingin mendirikan berbagai macam bangunan. Dan investasi tanah juga merupakan salah satu jenis investasi yang cukup menguntungkan.

Kenali Jenis Tanah Sebagai Cara Berinvestasi Tanah Untung 4 Kali Lipat
Jika ingin sukses dalam investasi tanah, sebelum mulai berinvestasi, kenali lebih dahulu jenis-jenis tanah untuk investasi karena merupakan salah satu cara berinvestasi tanah untung 4 kali lipat.

• Tanah yang belum berprospek pembangunan
Merupakan jenis tanah yang belum masuk kedalam rencana tata ruang spesifik. Biasanya tanah jenis ini harganya lebih miring namun spekulatif. Jika bisa memprediksi dengan tepat, bisa dibangun untuk pusat industri, pemukiman jalan dan lainnya yang akan membuat harganya merangkak naik. Namun, jika prediksi salah, maka harga tanahnya juga akan cenderung statis.

• Tanah yang ada di lokasi strategis
Tanah ini umumnya berada di pusat kota dan telah dibangun infrastruktur, terdapat akses jalan raya dan terdapat fasilitas umum dan sosial. Namun tentu saja harganya mahal karena lokasinya memang strategis.
cara berinvestasi tanah, jenis tanah investasi, investasi tanah menguntungkan, cara investasi tanah

• Tanah ideal
Maksudnya adalah ideal dari luasannya. Umumnya berpatokan lebar 40 – 75 persen dan secara konkret berukuran 8x18 meter persegi, 12x20 meter persegi dan lainnya. merupakan tanah yang ukurannya sempurna untuk dibangun diatasnya dan bentuk tanahnya umumnya adalah trapesium yang memang dicari oleh banyak orang sehingga jenis tanah ini tepat menjadi pilihan cara berinvestasi tanah untuk 4 kali lipat.

Tips Sukses Cara Berinvestasi Tanah Untung 4 Kali Lipat
Investasi tanah memang menguntungkan, namun jika tidak bisa mengaturnya dengan baik maka bukan keuntungan yang diperoleh tapi justru kerugian. Karena itulah, sebaiknya menerapkan tips dan cara berinvestasi tanah untung 4 kali lipat berikut ini:

• Lokasi tanah
Lokasi tanah sangat penting dalam berinvestasi. Apakah lokasi tanah didaerah yang ramai dipusat kota, apakah di daerah pinggiran jelas akan mempengaruhi kesuksesan dalam berinvestasi. Tentunya semakin dekat dengan pusat kota atau pusat bisnis maka harganya juga akan mahal. Lokasi tanah juga berhubungan dengan keamanan lokasi tanah yang juga akan berpengaruh pada harganya

• Melihat faktor pengungkit harga
Merupakan faktor penting yang tidak boleh dilupakan dalam berinvestasi tanah. Kita harus melihat, berapa banyak faktor yang dapat mendongkrak harga tanah. Jika faktor pengungkitnya semakin banyak, maka peluang keuntungannya juga akan semakin berlipat ganda. 

• Perhatikan faktor legalitas
Faktor legalitas juga merupakan faktor paling penting, karena berhubungan dengan surat-surat tanah tersebut apakah grik atau SHM? Selain itu, faktor legalitas penting agar tidak terjadi masalah untuk kedepannya. Masalah legalitas ini tentunya harus berhubungan dengan notaris agar bisa diselesaikan dengan baik

• Bebas sengketa
Cara berinvestasi tanah untung 4 kali lipat yang tepat adalah dengan memilih tanah yang bebas sengketa. Hal ini sebenarnya ada kaitannya dengan legalitas. Sengketa sendiri terkadang bisa dikarenakan masalah hartawarisan, tidak ada sertifikat, perkara penyitaan jaminan bank, gono gini perceraian maupun lainnya.

• Perhatikan keadaan tanah
Sebelum berinvestasi, kita harus mengetahui bagaimana keadaanya yang bisa dilihat dari bentuk tanahnya, kepadatan tanahnya, hadap tanah maupun kerataan tanahnya. Biasanya, orang-orang lebih menyukai bentuk tanah persegi, walaupun banyak juga yang menykai tanah persegi panjang dengan lebar mencapat 40-75%. Untuk hadap tanah sendiri biasanya lebih menyukai tanah yang menghadap ke selatan maupun ke utara karena curahan sinar mataharinya merata sepanjang tahun. untuk tanah sawah biasanya harganya lebih murah jika dibandingkan tanah pekarangan.

• Tawar menawar harga sebelum membeli
Seorang pebisnis yang baik tidak akan menerima keputusan harga secara langsung namun melakukan tawar menawar lebih dahulu. Namun agar lancar dalam tawar menawar, perlu mengetahui informasi harga pasaran tanah yang ada di daerah itu, agar bisa dijadikan perbandingan

• Jasa notaris
Invstasi tanah juga sebaiknya menggunakan jasa notaris yang telah terpercaya agar aman dan notaris yang ada didaerah itu karena biasanya mereka mengenal daera tersebut.

• Jangka waktu investasi
Seorang investor yang sukses juga harus memperhatikan jangka waktu dalam berinvestasi. Tentunya harus siap untuk melakukan investasi dalam jangka panjang, karena keuntungan investasi apapun, termasuk investasi tanah tidak akan terasa dalam jangkan waktu singkat. Paling tidak, butuh waktu 3 tahun agar keuntungan tersebut bisa dirasakan. Harga tanah itu sendiri umumnya akan akan naik secara signifikan dalam 5 tahun setelahnya.

• Pelajari juga keinginan pasar
Selera pasar selalu berubah-ubah, karena itulah perlu bagi kita untuk memahami seperti apa selera pasar mengenai tanah saat ini, sehingga langkah investasi yang akan kita ambil juga cepat.

Itulah beberapa tips dan cara berinvestasi tanah untung 4 kali lipat yang bisa dilakukan. Namun yang terpenting adalah siap dalam permodalan dan kesabaran dalam menunggu keuntungan yang akan diperoleh, karena sekali lagi, investasi membutuhkan waktu untuk merasakan keuntungannya.