10 Cara Membuka Usaha Toko Buku dan Alat Tulis Sekolah

09 Mei 2020

Memulai usaha toko buku dan alat tulis termasuk dalam kategori yang menguntungkan. Usaha ini tidaklah begitu susah untuk dijalankan dan modal awal yang diperlukan tidak begitu besar. Membuka toko buku dan alat tulis dapat menjadi alternatif agar sukses. Sasaran bisnis ini sangatlah luas dan tidak hanya para pekerja dan siswa saja.

Jika dijalankan pada lokasi yang strategis maka akan mendatangkan pengunjung yang banyak dan tentunya penghasilannya cukup besar. Lokasi memang menjadi kunci utama suksesnya sebuah usaha karena potensi spesifiknya yaitu target pembeli yang diantaranya pelajar, karyawan, dan mahasiswa.

10 Tips Memulai Usaha Toko Buku dan Alat Tulis Sekolah
Membuka usaha toko buku atau alat tulis bisa dikatakan salah satu potensi bisnis yang mempunyai peluang yang besar dan untungnya besar hingga modalnya cepat kembali. Walaupun dari segi potensinya sangat menjanjikan, akan tetapi kesalahannya dapat mengakibatkan usaha tersebut tidak bisa sukses sesuai dengan target yang ingin dicapai. Berikut tips sukses yang bisa diterapkan dalam usaha tersebut.
usaha tokoh buku, bisnis toko buku, cara membuka usaha toko buku, usaha alat tulis, cara membuka usaha alat tulis, toko buku, bisnis alat tulis, buku, toko

1. Pilihlah lokasi yang strategis
Kunci utama dalam membangun usaha ini yaitu lokasinya karena usaha toko buku dan alat tulis ini harus sebisa mungkin cukup dekat dan terjangkau pangsa pasarnya. Contohnya dekat sekolah, kawasan kampus, atau kawasan perkantoran. Hindari lokasi yang banyak pesaingnya karena usaha seperti ini sangat rentan terhadap persaingan. Semakin banyak pesaing maka sulit untuk bertahan.

2. Sediakanlah produk-produk yang lengkap
Jadikan usaha toko buku dan alat tulis tersebut menjadi serba ada untuk semua produk buku dan alat tulis. Agar toko tersebut menjadi tempat yang sering dicari untuk kebutuhan semua alat yang diperlukan. Jika membuka usaha tersebut di kawasan yang banyak anak sekolahannya, maka maksimalkan pada produk ini dengan bertemakan kartun karena produk ini sangat disukai oleh anak-anak.

3. Siapkan etalase yang mudah bagi konsumen
Banyak konsumen cenderung untuk memilih sendiri barang yang diinginkan dan sesuai seleranya. Itulah sebabnya sediakan etalase yang mudah dicapai agar konsumen bisa memilih sendiri produk yang diinginkan.
usaha toko buku, bisnis toko buku, cara membuka usaha toko buku, usaha alat tulis sekolah, bisnis alat tulis sekolah, toko buku, alat tulis sekolah

4. Siapkan kelas harganya
Konsumen pasti datang dari berbagai tingkat ekonomi, maka usahakan untuk menjual produk dengan banyak tingkatan harga agar bisa mencakup semuanya. Akan sulit bertahan jika hanya menentukan segmen pasar yang tertentu saja.

5. Menambahkan layanan yang lain
Untuk menambah keuntungan, sebaiknya tambahkan fasilitas dalam usaha toko buku dan alat tulis ini agar menguatkan usaha tersebut. Misalnya membuka jasa fotocopy, printing digital, penjilidan, pengetikan, pemotongan, desain, penerjemah dan lainnya. Beberapa usaha yang sama menyediakan buku bacaan, buku cerita untuk anak-anak, buku mewarnai yang banyak dicari di kalangan anak sekolahan.

6. Menjalin kerjasama
Jalinlah kerjasama dengan sekolah, institusi, atau perkantoran sekitar agar menjadi supplier alat tulis. Pasti akan membantu penjualan menjadi lancar, walau biasa sistem pembayarannya diberlakukan sistem termin. Dengan cara tersebut seluruh kebutuhan akan alat tulis dan buku akan pergi ke toko ini, tentu saja dengan harga yang khusus dan imbalan usaha akan masuk dalam daftar sponsor. Dengan demikian pasti akan meningkatkan penjualan.
usaha toko buku, cara membuka usaha toko buku, bisnis toko buku, cara membuka alat tulis sekolah, toko buku, alat tulis sekolah

7. Carilah supplier yang harganya terjangkau
Lebih baik membeli langsung dari supplier resmi daripada penjual grosir. Karena biasa harganya jauh lebih murah mengambil keuntungan.

8. Membuat promosi
Pada musim ajaran baru, silahkan tambah stok barang dan buka promosi khusus dengan harga yang terjangkau. Setelah itu buatlah pengumuman promosi secara besar-besaran dengan poster atau spanduk di jalanan yang ramai di lalui oleh orang-orang dan dengan sekejap pastinya akan laku terjual. Cara ini akan mengambil modal yang besar, tetapi keuntungannya akan berlipat ganda dari biasanya.

9. Ramah dan cekatan dalam melayani konsumen
Pelayanan yang seperti ini dapat memberikan nilai tambah dalam usaha toko buku dan alat tulis tersebut. Tentunya para pembeli akan merasa sangat nyaman berbelanja di toko ini karena adanya pelayanan tersebut.

10. Desain tempat
Dalam membangun suatu usaha toko buku dan alat tulis, haruslah pertimbangkan desain ruangannya agar pengunjung lebih nyaman dan betah dalam berbelanja. Pastikan untuk menyediakan tempat duduk agar memungkinkan para konsumen melihat-lihat buku sembari bersantai. Perhatikan pula penataan bukunya untuk dipisahkan berdasarkan kategorinya. Berikan beberapa hiasan seperti lukisan dinding, bunga dan tanaman hijau. Pastikan juga jendela dan ventilasinya cukup.
toko buku, usaha toko buku, bisnis toko buku, cara membuka usaha toko buku, bisnis toko buku, alat tulis sekolah, bisnis alat tulis sekolah

Kelebihan dan Kekurangan Membuka Usaha Toko Buku dan Alat Tulis
Dalam memulai suatu usaha, pastikan mengetahui dengan baik kelebihan dan kekurangan yang akan dihadapi ketika hendak memulai usaha tersebut. Adapun kelebihan dan kekurangan usaha toko buku dan alat tulis adalah sebagai berikut.

1. Kelebihan
Buku dan alat tulis merupakan produk yang tahan lama, sehingga tidak perlu risau untuk penyimpanannya. Membuka usaha ini tidaklah merepotkan karena kegiatan operasionalnya hanyalah belanja rutin yang dilakukan seminggu sekali dan memenuhi stok barang yang kehabisan saja. Selanjutnya tinggal melayani dan menunggu para pelanggan datang.

Selain sangat mudah dijalankan, juga bisa dijalankan dengan modal awal yang minim jadi tidak perlu takut untuk mencoba usaha tersebut. Dalam usaha toko buku dan alat tulis tersebut tersebut tidak perlu membutuhkan software yang susah jika dibanding dengan usaha yang lain sehingga pengelolaannya lebih gampang.
usaha toko buku, bisnis toko buku, cara membuka usaha toko buku, usaha alat tulis sekolah, cara membuka bisnis alat tulis sekolah

2. Kekurangan
Kendala terbesar yang sering terjadi yaitu persaingannya yang banyak. Banyaknya kebutuhan buku dan alat tulis memberikan kemudahan untuk menjalankan usaha tersebut dan sebagian besar orang tertarik untuk membuka usaha toko buku dan alat tulis.

Sehingga jumlah pedagangnya semakin meningkat dan persaingan semakin ketat. Kendala lainnya yaitu naiknya harga bahan baku, apalagi pada saat memasuki ajaran baru. Biasanya harga menjadi mahal dari biasanya dan sebaiknya persiapkan stok sebelum momen tersebut tiba.

Strategi Pemasaran dalam Membuka Usaha Toko Buku dan Alat Tulis
Untuk mendukung pemasaran, strategi yang bisa dilakukan yaitu memberikan tawaran diskonan atau bonus-bonus pada saat tertentu saja. Contohnya, pada saat tahun ajaran baru karena permintaan konsumen sangat meningkat. Bisa juga menyebarluaskan informasi dari usaha toko buku dan alat tulis ini dengan membagikan pamflet atau brosur di sekitarnya agar bisa diketahui oleh masyarakat.
cara membuka usaha toko buku, bisnis toko buku, usaha toko buku, bisnis alat tulis sekolah, cara membuka usaha toko buku, alat tulis sekolah, buku

Dan mulai berkembang ke banyak orang melalui mulut ke mulut. Saat ini pun banyak pembisnis yang menggunakan kemajuan teknologi seperti internet untuk mempromosikan usahanya. Setiap saat banyak toko online yang menawarkan produk utamanya. Cara tersebut banyak dipilih karena biayanya sangatlah murah dan bisa dijangkau oleh semua konsumen dimana pun berada.

Usaha ini memberikan hasil yang sangat menguntungkan jika bisa tekun dan bekerja keras memulainya. Selanjutnya bisa dikembangkan secara perlahan hingga jaringannya bisa diperluas. Itulah ulasan mengenai cara membuka usaha toko buku dan alat tulis. Dengan penerapan yang baik, usaha ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Jika berniat membuka usaha tersebut, tidak ada salahnya  untuk mencoba.