Daftar Harga Bibit Ikan Gurame Siap Ternak Terkini

15 April 2020

Budidaya ikan gurame semakin banyak diminati belakangan ini. Apalagi dengan membeludaknya permintaan ikan gurame untuk berbagai kebutuhan konsumsi. Para pelaku budidaya ikan gurame semua jenis juga semakin terbantu dengan harga bibit ikan gurame yang relatif murah dan bersahabat.
 
Semakin lama umur bibit ikan gurame akan semakin mahal harga bibit ikan gurame. Jenis bibit ikan gurame juga akan mempengaruhi tinggi rendah harganya. Tidak hanya umur dan jenis, bibit ikan gurame akan memiliki nilai yang tinggi apabila memiliki durasi tumbuh kembang yang  lebih cepat dari yang lain.

Harga Bibit Ikan Gurame Berdasarkan Jenisnya
Bibit ikan gurame mempunyai harga yang bervariasi tergantung dari jenis, ukuran dan wilayahnya. Informasi mengenai harga bibit tiap jenis ikan gurame harus selalu diupdate. Minimal setiap bulan ada kemungkinan perubahan harga bibit. Hal ini wajar karena adanya banyak faktor yang tidak bisa dihitung.

Saat ini Anda dapat melihat informasi terupdate mengenai harga bibit ikan yang sudah familiar dengan masyarakat Indonesia ini. Berikut daftar harga masing-masing jenis ikan gurame yang telah dirinci berdasarkan ukurannya yang terkecil, menengah dan yang paling besar. Jadi, silahkan simak baik-baik.

1. Ikan Gurame Blaster
Ikan gurame jenis blaster kerap digunakan untuk usaha budidaya karena mudahnya perawatan dan pertumbuhannya cepat. Selain itu intensitas pakan juga tidak sebanyak jenis gurame yang lain. Tentu saja ini membawa keuntungan tersendiri, ditambah lagi harga bibit cukup terjangkau.
daftar harga bibit ikan gurame, daftar harga bibit gurame, harga bibit ikan gurame, harga bibit gurame, bibit gurame, bibit ikan gurame, harga bibit gurame siap ternak

Bibit ikan gurame blaster berukuran 2-4 cm mempunyai harga Rp 1.500,- per ekor. Harga bibit  gurame blaster ukuran menengah 4-6 cm harganya Rp 3.000,- per ekor. Bibit ukuran 6-8 cm berharga Rp 5.000,- per ekor. Sedangkan, bibit ukuran 8-10 harganya Rp 7.000,- per ekor.

2. Ikan Gurame Soang
Jenis ikan gurame soang merupakan jenis yang memiliki waktu pertumbuhan yang sangat cepat. Hal ini membuat gurame soang memiliki harga bibit yang cukup tinggi namun tenang masih dalam batas kewajaran. Harga bibit ikan gurame asal Jawa Barat ini dibedakan menurut ukurannya.

Bibit ikan gurame terkecil berukuran 2-4 cm harganya Rp 1.500,- per ekor. Lalu, harga per ekor bibit ikan gurame soang yang berukuran 4-6 cm sebesar Rp 3.000,- per ekor. Sedangkan, bibit ikan gurame yang berukuran 6-8 cm dan 8-10 cm dihargai Rp 5.000,- dan Rp 7.000,- per ekor.
harga bibit gurame, daftar harga bibit gurame, harga bibit ikan gurame, bibit ikan gurame, ikan gurame, harga bibit gurame siap ternak, harga bibit gurame terbaru

3. Ikan Gurame Padang
Jenis ini merupakan gurame yang seringkali dimanfaatkan sebagai ikan hias. Tidak heran jika memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan gurame yang lainnya. Bibit ikan gurame padang juga banyak dicari karena faktor harga yang cukup menjanjikan.

Bibit ikan gurame padang ukuran paling kecil 2-4 cm harganya Rp 2.500,- per ekor. Sedangkan, untuk ukuran 4-6 cm mempunyai harga Rp 4.500,- per ekor. Harga bibit ikan gurame padang ukuran 6-8 cm harganya Rp 7.000,- per ekor. Ukuran terbesar mencapai Rp 10.000,- per ekor.

4. Ikan Gurame Paris
Ada juga jenis ikan gurame paris yang terkenal karena proses perkembangbiakannya yang tinggi. Jumlahnya dapat mencapai lebih dari 4.000 ekor setiap kali waktu pemijahan. Harga bibit ikan gurame paris tergolong murah meskipun lebih mahal dari bibit blaster dan jepun.
daftar harga bibit gurame, harga bibit ikan gurame, bibit gurame, harga bibit gurame siap ternak, bibit gurame siap terbaru, harga bibit gurame terkini

Bibit gurame paris berukuran 2-4 cm mempunyai harga Rp 2.000,- per ekor. Sedangkan yang berukuran 4-6 cm dihargai Rp 3.500,- per ekor. Untuk ukuran 6-8 cm mempunyai harga Rp 5.500,- per ekornya. Ukuran terbesarnya 8-10 cm harganya Rp 8.000,- per ekor.

5. Ikan Gurame Jepun
Kabar terkini memberitakan gurame jepun mempunyai harga bibit yang lebih mahal dibandingkan jenis gurame soang untuk beberapa ukuran. Selisihnya mencapai Rp 500,- sehingga membutuhkan anggaran sedikit lebih banyak jika ingin membudidayakan ikan gurame jepun.

Harga bibit ikan gurame jepun ukuran 2-4 cm sebesar Rp 2.000,- per ekor. Untuk bibit ikan gurame jepun ukuran 4-6 cm harganya Rp 3.500,- per ekor. Harga bibit gurame berukuran 6-8 cm Rp 5.000,- per ekor. Ukuran terbesarnya 8-10 cm dihargai Rp 7.000,- setiap ekornya.

6. Ikan Gurame Blue Safir
Blue safir, namanya terdengar bagus dan indah. Ikan ini dapat mencapai panjang maksimal lebih dari 30 cm. Syaratnya hanya perlu melakukan perawatan secara optimal. Harga bibitnya pun terjangkau dan sama dengan harga bibit ikan gurame jenis soang dan blaster.
daftar harga bibit gurame, harga bibit ikan gurame, harga bibit gurame, harga bibit gurame siap ternak, harga bibit gurame terbaru, harga bibit ikan gurame terkini

Bibit ikan gurame blue safir ukuran terbesarnya 8-10 cm dengan harga mencapai Rp 7.000,- per ekor. Untuk ukuran 6-8 cm harganya Rp 5.000,- per ekor. Lalu, bibit berukuran 4-6 cm harganya Rp 3.000,- per ekor. Sedangkan ukuran yang paling kecil 2-4 cm hanya Rp 1.500,- per ekor.

7. Ikan Gurame Kapas
Ikan gurame kapas juga termasuk yang banyak dicari. Meskipun kemampuan kembang biaknya tak sebanyak ikan gurame paris tapi cukup memberi keuntungan jika berhasil membudidayakannya. Penting sekali untuk mengetahui harga bibit ikan gurame kapas ini.

Bibit dengan ukuran 2-4 cm harganya Rp 2.000,- per ekor. Lalu untuk bibit gurame kapas berukuran 4-6 cm dihargai Rp 4.500,- per ekor. Ukuran bibit gurame 6-8 cm, Rp 7.000,- per ekor, dan untuk ukuran bibit gurame kapas yang paling besar 8-10 cm harganya Rp 10.000,- per ekor.

Strategi Mencari Bibit Ikan Gurame Terbaik
Tidak boleh sembarangan dalam membudidayakan ikan gurame apapun jenisnya. Faktor bibit yang akan dibudidayakan juga harus yang terbaik agar dapat mencapai hasil panen yang maksimal. Bibit menjadi hal utama untuk kesuksesan budidaya ikan gurame berbagai jenis. 
harga bibit ikan gurame, harga bibit gurame, harga bibit gurame terbaru, harga bibit ikan gurame terkini, daftar harga bibit gurame

Harga bibit ikan gurame bukan patokan Anda mendapatkan bibit ikan dengan kualitas terbaik. Untuk itulah perlu pengamatan yang teliti agar Anda dapat memperoleh jenis bibit terbaik. Berikut ini strategi yang tepat dan akurat dalam mencari bibit ikan gurame paling baik di antara yang lain.

1. Usahakan Beli Bibit pada Petani Secara Langsung
Belilah bibit ikan gurame pada petani secara langsung. Selain harga bibit ikan gurame di petani akan lebih murah, Anda juga bisa tahu perawatan bibit tersebut. Perawatan bibit yang intensif oleh petani pasti akan membuat bibit-bibit ikan tumbuh secara optimal sehingga siap dibudidaya.

Jadi, saat Anda mendapatkan bibit dari petani Anda juga dapat memeriksa keadaannya. Bagaimana kondisi bibit yang akan Anda beli jadi mudah terpantau. Anda hanya akan mendapatkan yang berkualitas tinggi dan hasilnya tidak akan mengecewakan saat panen.

2. Pilihlah Bibit Ikan Gurame yang Sehat
Kesehatan bibit ikan gurame tidak akan mempengaruhi harga bibit ikan gurame. Jadi jangan sampai Anda merugi karena salah pilih bibit ikan gurame. Bibit yang sehat dapat dilihat dari bentuk tubuhnya. Lihat bagian siripnya apakah ada yang tidak normal dan juga pergerakannya.
daftar harga bibit ikan gurame, harga bibit gurame, harga bibit ikan gurame, harga bibit gurame terkini, harga bibit gurame siap ternak

Jika bibit ikan gurameh sehat pasti pergerakkannya lincah. Tidak hanya itu saja tentunya, bibit ikan akan selalu terlihat bergabung dengan kelompok-kelompoknya. Untuk bibit yang tidak sehat berarti kebalikan dari ciri bibit ikan gurame sehat dari segi pergerakannya yang lambat.

3. Selalu Membentuk Kelompok Besar Saat Siang
Kumpulan-kumpulan bibit ikan gurame akan sangat ramai pada saat siang hari waktu terik. Hal itu pertanda baik, karena ini menandakan bahwa bibit ikan gurame tersebut sehat. Amati secara teratur jika Anda mempunyai banyak waktu untuk melakukannya.

Semakin teratur Anda memeriksanya maka akan semakin baik. Harga bibit ikan gurame tidak selalu sejalan dengan kesehatannya. Dengan mengetahui ciri ini, Anda dapat memilih bibit ikan gurame yang tidak hanya murah harganya, tapi juga jempolan kualitasnya.

4. Memiliki Panjang Tubuh Sama
Jika Anda melihat tempat budidaya ikan dan melihat banyaknya perbedaan panjang setiap ikannya tandanya ikan dalam keadaan yang tidak sehat. Ikan gurame juga memiliki ciri yang sama. Jadi pilihlah bibit gurame yang memiliki panjang tubuh yang sama.
daftar harga bibit ikan gurame, harga bibit ikan gurame, harga bibit ikan gurame siap ternak, harga bibit gurame terkini, bibit gurame

Anda bisa melihatnya dengan mudah saat bibit-bibit ikan tersebut bergerombol. Akan sangat terlihat jelas jika terdapat perbedaan pada panjang tubuh ikan. Tenang Anda tidak perlu menggunakan penggaris untuk mengukurnya cukup dengan indera mata saja.

5. Gesit dalam Setiap Pergerakannya
Ciri ini pasti akan sangat mudah diamati. Terutama saat bibit ikan gurame diberi pakan. Apabila respon ikan tersebut cepat dapat dipastikan bibit ikan tersebut dalam keadaan sehat dan layak untuk Anda budidayakan.

Tidak masalah jika harus membeli bibit dengan harga bibit gurame sedikit lebih mahal. Asalkan Anda mendapatkan bibit yang berkualitas terbaik. Tentu saja uang tersebut akan sebanding dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan nantinya saat panen ikan gurame.

Bibit ikan gurame memiliki kualitas yang berbeda-beda sehingga Anda perlu teliti saat memilih bibitnya di petani secara langsung. Jadi, jangan hanya terpatok pada harga bibit ikan gurame saja, namun juga kualitasnya yang paling baik.