Prospek Investasi Syariah Prudential Jangka Panjang

06 September 2016

Apa yang tertanam dalam benak anda mendengar nama Prudential? Prudential merupakan salah satu perusahaan ternama di Indonesia yang menyediakan layanan investasi syariah dan asuransi. Penulis pernah ditawari oleh salah seorang rekan untuk mengikuti asuransi syariah prudential. Tampak banyak kelebihan yang tidak didapatkan di perusahaan asuransi lain. Nama besar Prudential yang berdiri sejak lama ini menjadi jaminan kehebatan perusahaan ini mengelola dana dari masyarakat dan menggulirkannya ke berbagai sektor usaha yang halal dan menguntungkan.

Salah satu layanan yang dimiliki Prudential adalah asuransi prudential. Di negara Indonesia masih sebagian kecil orang mempunyai asuransi prudential. Mengingat masih belum tingginya tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya sebuah polis asuransi. Hal ini berbeda sekali dengan negara maju lainnya seperti singapura atau Amerika Serikat yang hampir semua penduduknya memiliki asuransi untuk mencegah atau memproteksi hal-hal yang tidak diinginkan.
investasi prudential, prudential, investasi syariah, tips investasi

Robert T Kiyosaki dalam buku terlarisnya berjudul Rich dad Poor Dad memaparkan pentingnya sebuah asuransi dalam usaha atau bisnis untuk mencegah kerugian usaha. Seperti asuransi kebakaran, asuransi kecelakaan, dan lain sebagainya. Asuransi bagaikan sebuah payung yang akan melindungi sobat dari kepanasan dan kehujanan. Sehingga jika kecelakaan atau musibah yang tak diinginkan terjadi maka keuangan sobat masih tetap sehat dan berjalan lancar.

Beragam asuransi ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi di tanah air secara gencar. Seperti asuransi sinar mas, asuransi MNC media, asuransi mandiri, manulife, asuransi syariah bank Muamalat, asuransi Jiwasraya, dan lain sebagainya. Jenis asuransi dari segi tujuan berbagai macam seperti asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi kebakaran, asuransi jiwa, dan lain-lain.

Sekarang yang menjadi pertanyaan apakah sobat sudah mempunyai asuransi yang melindungi dan menjamin kehidupan sobat? Bagi sobat yang hingga sekarang tidak mempunyai asuransi, tak ada salahnya untuk mengambil asuransi di Prudential. Karena banyak kelebihan dari asuransi prudential yang sekaligus investasi syariah. Setelah anda mempunyai asuransi dan investasi di Prudential dijamin anda akan tergiur dan mengajak orang yang dicintai untuk mengikuti polis asuransi dan investasi di prudential. 

Mengenal Prudential
Prudential sebuah perusahaan asuransi ataupun investasi syariah yang sudah mapan dan telah menguntungkan banyak orang. Pergerakan kinerja perusahaan prudential semakin baik setiap tahun sehingga sampai tahun 2016 telah mendapatkan berbagai penghargaan baik dari tingkat nasional maupun internasional. Atas hal itulah, wajar jika jumlah nasabah asuransi dan investasi syariah di prudential semakin bertambah besar setiap harinya.

Setiap usaha bisnis memiliki resiko untung dan rugi. Bahkan dalam hidup sendiri. Tapi seorang pengusaha yang sejati akan melihat peluang atau keuntungan di balik usaha ketimbang kerugian dari bisnis itu sendiri. Namun bagi asuransi syariah prudential selalu menguntungkan. Dimana selain mendapatkan proteksi diri, perlindungan investasi juga mendapatkan keuntungan dari hasil investasi syariah di prudential.

Keuntungan Investasi Syariah Prudential
Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini sejumlah keuntungan dari asuransi dan investasi syariah prudential, antara lain :

Memperoleh Jaminan Keamanan Investasi Syariah
Jika sobat sudah terdaftar sebagai anggota nasabah asuransi unit link, setiap iuran atau premi yang disetor secara bulanan praktis sebagiannya dimasukkan  atau ditambahkan ke saldo investasi sobat. Hal tersebut berlangsung sampai tahun kedua. Dan pada tahun ke-3, premi atau iuran yang disetorkan secara bulanan oleh sobat sebagian besar akan dimasukkan ke saldo investasi syariah sobat.  Pada tahun kesepuluh dan selanjutnya, seluruh premi atau iuran yang disetorkan perbulan akan dimasukkan ke dalam saldo investasi syariah sobat sampai pembayaran premi terakhir sesuai kontrak. Bisa dibayangkan berapa total investasi sobat yang akan terus bertambah seiring semakin besarnya keuntungan dari investasi syariah prudential.

Menurut pengamatan penulis dalam jangka panjang investasi syariah prudential sekaligus asuransinya akan memiliki prospek cerah yang akan diikuti banyak orang dari berbagai kalangan profesi dan status sosial. Karena asuransi dan investasi syariah di prudential sangat menguntungkan kedua belah pihak antara nasabah dan pihak pengelola. Tidak ada yang dirugikan dengan jaminan uang investasi dan asuransi yang disetorkan akan kembali dalam jumlah lebih besar.

Dari tulisan di atas jelas bahwa investasi syariah prudential termasuk dalam jenis investasi jangka panjang. Dimana hasilnya baru dirasakan seseorang beberapa puluh tahun kemudian atau saat pensiun. Ia bukanlah jenis investasi jangka pendek atau jangka menengah.

Memperoleh Jaminan Biaya Perawatan
Keuntungan lain dalam berinvestasi syariah prudential adalah nasabahnya mendapatkan bantuan jaminan biaya perawatan. Apabila sobat menyimpan uang di bank pada umumnya tidak mendapatkan jaminan kesehatan. Mungkin jika sobat sakit biasa tidak mengapalah harus membayar atas biaya sendiri. Tapi jika sobat mengalami sakit yang serius yang memerlukan biaya pengobatan dan perawatan dalam jumlah uang lumayan besar sekitar puluhan dan ratusan juta rupiah ? Tentu akan memberatkan keuangan. Dimana sobat harus menguras saldo tabungan di bank untuk membiayai pengobatan tersebut. Yang penting menurut sobat sehat seperti sedia kala. Hal ini berbeda dengan investasi di Prudential yang memberikan jaminan memperoleh biaya pengobatan di rumah sakit bagi para nasabahnya tanpa dipotong saldo investasi sobat sedikitpun. Fasilitas ini dapat diperoleh sejak tiga puluh hari setelah memperoleh polis investasi asuransi prudential. 

Memperoleh Jaminan Warisan
Hidup di dunia tidak ada yang menjamin kita akan hidup selamanya. Mungkin beberapaa tahun kemudian kita akan meninggal dunia. Orang lanjut usia meninggal. Begitupula orang yang masih muda belia. Tidak ada jaminan kepastian kita akan hidup selamanya. Suatu saat pasti akan mati yang telah ditentukan masanya oleh Allah SWT. Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang, apakah warisan berharga yang akan kita berikan kepada keluarga dan orang yang kita cintai jika kita meninggal dunia? Jangan sampai orang yang kita cintai atau keluarga yang ditinggalkan hidupnya terlantar dan miskin sepeninggal kita. Karena itu bertentangan dengan ajaran Islam. Sebagaimana firman Allah SWT : Hai orang yang beriman janganlah kalian membuat keluarga kalian cintai menjadi lemah sepeninggal kalian.

Oleh karena itu, untuk mempersiapkan warisan berharga buat keluarga dan orang yang kita cintai salah satu caranya dengan mengikuti investasi asuransi syariah prudential. Sebab investasi di prudential memberikan jaminan warisan kepada orang yang kita cintai (keluarga) dalam bentuk uang pertanggungan dalam jumlah besar yang sudah ditentukan besarannya apabila nasabahnya wafat. Tentu hal ini akan memberikan keringanan bagi keluarga yang ditinggal mati dalam menjalani hidup selanjutnya yang layak dan mencukupi.

Memperoleh Jaminan Hari Tua
Keuntungan berikutnya  yang mutlak dalam berinvestasi syariah di prudential adalah nasabahnya memperoleh jaminan hidup di masa mendatang atau masa tua. Bisa berupa biaya pensiun,  biaya pendidikan anak, dll. Sehingga jika sudah tua hidup anda tidak akan susah. Karena tinggal menuai hasil investasi di prudential. Masa depan tidak lagi suram seperti yang dialami sebagian orang di Indonesia. Masa tua yang bahagia, sejahtera, sehat yang diimpikan banyak orang. Untuk melakukan investasi syariah prudential cukup mudah. Anda tinggal menyetorkan sebagian pendapatan sobat sebagai premi asuransi secara bulanan.

Perbedaan Prudential Syariah dan Prudential Konvensional
Prudential memiliki jenis layanan investasi syariah dan konvensional. Namun yang mempunyai prospek yang sangat cerah adalah investasi syariah prudential. Disebabkan mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Sehingga menginginkan investasi yang halal dan lebih menguntungkan akhirat dan dunia. Perbedaan investasi syariah prudential dan konvensional terletak pada resiko yang dibebankan.

Resiko adalah sesuatu kejadian buruk yang mungkin terjadi pada kehidupan anda sekarang, besok maupun yang akan datang. Adalah tugas manusia yang berakal untuk memproteksinya. Agar kejadian buruk yang terjadi tidak merusak kehidupan ekonomi seseorang. Salah satu caranya dengan berinvestasi syariah prudential untuk memberikan jaminan masa depan. Sehingga ketika waktu sakit bisa diobati secara cepat ,baik dan tanpa menguras kantong keuangan sobat.

Kecelakaan dan kematian adalah peristiwa tak pasti selanjutnya yang bisa dialami oleh manusia. Untuk mencegah kerugian lebih dalam dari peristiwa tak terduga itu dibutuhkan sebuah proteksi yang dinamakan asuransi investasi syariah prudential. Sehingga resiko dari kejadian tersebut bisa dikurangi sekecil mungkin. Jadi fungsi asuransi bukan menghilangkan resiko, namun hanya mengurangi beban resiko.

Untuk prudential konvensional, perusahaan sebagai penanggung resiko, dan nasabah sebagai pihak yang tertanggung yang diharuskan membayar premi bulanan. Dimana terjadi pengalihan resiko dari nasabah kepada sebuah perusahaan polis asuransi. Dengan kata lain, terjadi jual beli resiko di prudential konvensional. Sedangkan pada investasi syariah prudential terjadi sistem berbagi resiko antara pihak perusahaan dan nasabah. Pihak perusahaan dipercaya untuk mengelola dana nasabah yang dibayarkan secara bulanan (premi asuransi). Dana nasabah disalurkan dalam bentuk investasi yang menguntungkan dan profitable.

Demikianlah prospek investasi syariah prudential yang sangat menguntungkan dalam jangka panjang. Bagaimana anda tertarik berinvestasi syariah asuransi di perusahaan prudential? Jika anda ingin memiliki masa depan yang cerah dan dijamin maka melakukan investasi prudential syariah langkah tepat bagi kehidupan anda dan orang yang anda cintai.