Cara Membuka Usaha Angkringan Modern Lengkap dengan Menunya

01 Agustus 2017

Pada kesempatan berbahagia ini, penulis ingin mengupas cara membuka usaha angkringan modern lengkap dengan menunya, serta bagaimana konsep bisnis angkringan yang sesuai dijalankan di zaman modern sekarang ini. Jika sobat sekarang sedang mencari peluang usaha terbaru atau berniat membuka suatu jenis bisnis yang menguntungkan maka bisnis dalam bidang makanan dan minuman bisa menjadi pilihan tepat. Salah satunya memulai usaha angkringan dengan konsep modern.

Prospek Usaha Angkringan Gaul
Pengertian angkringan sendiri berarti sebuah konsep dari warung makan yang masih bersifat tradisional. Di tengah persaingan bisnis rumah makan, restoran dan waralaba cepat saji maka usaha angkringan masih bisa tetap bertahan sampai sekarang. Hal ini tak terlepas dari citra usaha angkringan yang murah meriah bagi semua kalangan dengan tempat dan suasana yang sangat nyaman secara lesehan atau menggunakan bangku dan kursi.

Suatu hari penulis bekerja di sebuah perusahaan kompor gas Quantum daerah Purwakarta. Pada malam hari di sepanjang pinggir jalan Purwakarta berjejer usaha angkringan kopi, gerobak usaha angkringan pecel lele dan nasi goreng yang gaul dan jenis angkringan lainnya. Dan semua gerobak kaki lima angkringan padat oleh para konsumen. Hal ini membuat bisnis angkringan secara kaki lima dan modern memiliki prospek yang sangat cerah.
cara usaha angkringan modern, usaha angkringan modern, bisnis angkringan, bisnis angkringan modern, angkringan

Penulis menyarankan bagi para pembaca yang mau membuka usaha angkringan hendaknya membuka bisnis angkringan dengan konsep yang modern dan gaul. Jangan pernah membuka usaha angkringan yang biasa dan tradisional. Karena penulis melihat saat ini banyak para pengusaha yang membuka usaha angkringan dengan konsep lama yang jadul yang membuat bosan konsumen dan tak ada nilai tambah atau perubahan yang menarik konsumen.

Cara Bisnis Angkringan Sukses
Dalam memulai suatu bisnis tentu yang diharapkan adalah kesuksesan dari bisnis tersebut. Begitupula dalam menjalani usaha angkringan, kita harus menjalaninya dengan sungguh-sungguh, fokus dan ulet agar sukses. Lalu bagaimana caranya? Caranya sangat gampang. Anda harus melakukan survey terlebih dahulu mengenai potensi usaha warung makan angkringan. Siapa pasar yang dituju dan berapa banyak pasar di sekitar?

Yang membedakan usaha angkringan dengan usaha restoran, rumah makan, cafe dan warung makan adalah gerai usaha yang digunakan adalah gerobak. Sebuah gerobak dengan tampilan yang menarik dan bisa berpindah tempat. Kesan dari bisnis angkringan adalah harga kuliner yang ditawarkan sangat murah. Sekitar Rp 7000 per porsi. Sehingga banyak orang yang menjadi pelanggan dari usaha angkringan baik di kota maupun desa.

Namun seiring berjalan waktu, perubahan konsep usaha angkringan turut berubah. Sekarang tahun 2017 jaman modern maka segala sesuatu harus modern dan berubah jadi lebih baik. Begitupula usaha angkringan menjadi ikut berubah gaya, konsep dan trend. Hal ini tak terlepas dari persaingan bisnis restoran, rumah makan, warung nasi dll yang semakin ketat. Sehingga usaha angkringan pun harus lebih modern dan trend untuk bisa eksis di masyarakat.

Penulis melihat persaingan usaha angkringan di pedesaan masih sangat lemah. Sangat jarang usaha angkringan di desa yang dibuat dengan konsep modern. Kalau gerai usaha angkringan di desa banyak hanya konsep masih tradisional. Seperti yang penulis lihat di sebuah lahan sawah berdiri usaha angkringan dengan konsep cafe namun dengan gaya tradisional sehingga sepi konsumen.

Pendek kata, jika anda mau membuka usaha angkringan maka pastikan bukalah usaha angkringan dengan konsep modern dan gaul bukannya yang biasa. Konsumen ingin sesuatu yang lebih beda, menarik dan unik dari konsep usaha angkringan yang sobat dirikan. Hal ini untuk membedakan usaha angkringan sobat dengan usaha angkringan para pesaing. Mengingat bisnis kuliner ini sudah sangat banyak jumlah kompetitor.

Cara Membuka Usaha Angkringan Modern Lengkap dengan Menunya
Tanpa panjang lebar lagi, bagi anda yang berniat memulai bisnis angkringan yang menguntungkan, berikut ini cara membuka usaha angkringan modern lengkap dengan menunya, antara lain:

▪ Pangsa Pasar
Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis angkringan adalah pangsa pasar yang dibidik. Apakah pasar yang dituju kalangan menengah ke bawah atau kalangan menengah atas? Pangsa pasar yang dibidik kalangan pelajar, karyawan atau mahasiswa? Target market para wisatawan atau penduduk sekitar? Dan lain sebagainya. Pastikan lokasi usaha angkringan berada di dekat pangsa pasar yang dituju. Sehingga anda tak akan kesulitan mendapatkan konsumen dalam jumlah banyak.

▪ Lokasi Usaha Angkringan
Penulis melihat usaha angkringan banyak berdiri di berbagai tempat dan daerah di Indonesia. Namun semudah mendirikannya dan semudah pula gulung tikar. Salah satu penyebab usaha angkringan warung makan yang baru berdiri mengalami kegagalan dikarenakan letak usaha yang tidak strategis. Sehingga kesulitan untuk mendapatkan konsumen dan pelanggan baru dalam kuantitas banyak.

Penentuan lokasi usaha angkringan sangat mudah yaitu disesuaikan dengan pangsa pasar yang dibidik. Jika anda membidik pangsa pasar kalangan mahasiswa maka lokasi usaha angkringan harus berada di sekitar atau dekat kost-kostan mahasiswa atau kampus. Sebaliknya jika target market yang dibidik adalah kalangan karyawan maka anda harus mendirikan usaha angkringan di dekat perkantoran.

▪ Pelayanan
Hal pertama yang dilihat oleh calon konsumen dalam mengunjungi sebuah usaha angkringan adalah pelayanan yang diberikan. Pastikan gerai usaha angkringan anda memberikan kenyamanan bagi konsumen dengan pemandangan yang indah dan alami, pelayanan ramah dan cepat, suasana nyaman dan sejuk dan lain sebagainya.

▪ Fasilitas
Jika dahulu konsep warung angkringan ala kadarnya dan sederhana. Kini harus berubah seiring perkembangan jaman. Masyarakat ingin merasakan sesuatu yang beda dari sebuah gerai usaha warung angkringan. Baik dalam soal menu, lokasi usaha yang unik, desain dan konsep angkringan yang menarik dan lain sebagainya.

Dahulu usaha angkringan masih bersifat tradisional menggunakan gerobak mobile kaki lima atau warung angkringan sederhana hanya menyediakan kursi panjang. Kini trend konsep usaha angkringan berubah mengarah ke gaya hidup modern. Gerai warung angkringan dilengkapi fasilitas lengkap yang modern, berkelas dan elit. Seperti penyediaan wifi hotspot gratis, lahan parkir luas, desain kursi yang unik dan menarik, pemutaran musik gratis dll.

▪ Menu Kuliner
Yang tak kalah penting cara membuka usaha angkringan yang modern haruslah mempersiapkan menu angkringan andalan yang akan dihidangkan. Ada banyak jenis makanan dan menu minuman yang dapat disajikan dalam gerai usaha warung angkringan. Semakin banyak menu kuliner di gerai warung angkringan maka semakin bagus. Karena konsumen akan melihat bahwa bisnis angkringan sobat lebih lengkap.

Berikut ini beberapa menu makanan dan minuman yang bisa disajikan dalam usaha warung angkringan modern, antara lain : wedang jahe, sate usus, sate kambing, sate ayam, nasi kucing, nasi uduk, pecel lele, burger, pizza, donat, sate telur, minuman kopi susu, wedang jahe, aneka gorengan, dan jenis kuliner makanan dan minuman lainnya yang harganya sangat terjangkau.

Pastikan juga menu makanan dan minuman yang dijual di gerai warung angkringan modern bukan hanya menjual kuliner tersebut dengan harga murah tapi juga harus memperhatikan kualitas kuliner tersebut. Rasa yang enak dan lezat harus terdapat dalam menu makanan dan minuman yang disajikan di gerai angkringan.

Selain itu, sobat hendaknya membuka usaha gerai angkringan yang berbeda dan mempunyai ciri khas tersendiri dari kompetitor. Seperti membuat menu kuliner baru dengan nama unik yang membuat penasaran calon konsumen. Hal ini untuk membedakan usaha angkringan sobat dengan para pesaing. Dan bisa mendongkrak penjualan dan kesuksesan bisnis angkringan sobat di masa mendatang.

▪ Harga Kuliner
Setelah memastikan anda menjual menu minuman dan makanan di gerai usaha angkringan secara lengkap maka selanjutnya pastikan harga yang ditawarkan murah meriah. Hal ini untuk menimbulkan citra positif usaha warung angkringan anda di mata konsumen. Apalagi gerai usaha angkringan sobat membidik pangsa pasar kalangan menengah ke bawah yang sangat memperhatikan soal harga.

Sekarang bagaimana caranya menentukan harga jual kuliner di warung angkringan sobat lebih murah? Caranya sangat sederhana. Anda bisa membagi menu makanan atau menu minuman jadi bagian kecil. Sehingga harga yang ditawarkan lebih murah. Citra murah harus diperhatikan dalam memulai usaha angkringan modern baik di perkotaan maupun pedesaan terpencil sekalipun.

Itulah strategi bisnis angkringan yang bisa anda jalankan agar usaha kuliner sobat bisa sukses dan menguntungkan diawal. Apapun jenis usaha warung angkringan yang sobat dirikan pastikan memiliki unsur-unsur di atas. Seperti usaha angkringan kopi, gorengan, pecel lele, nasi goreng dan lain-lain.

Keuntungan Bisnis Angkringan
Jika melihat bagaimana potensi keuntungan dari bisnis angkringan maka jangan ditanya lagi. Yang namanya usaha kuliner memiliki prospek cerah. Disebabkan bisnis dalam bidang makanan dan minuman merupakan kebutuhan utama manusia yang selalu dicari orang setiap waktu. Manusia harus makan dan minum setiap hari supaya tubuh dapat beraktifitas dan tumbuh secara normal.

Dan apabila anda membuka usaha warung angkringan secara rumahan di wilayah sobat maka itu pilihan bisnis yang bagus. Anda bisa memberi nama usaha angkringan yang unik seperti angkringan 78. Keuntungan bersih usaha angkringan sama seperti bisnis kuliner lainnya sebanyak 100 persen dari modal yang telah dikeluarkan.